mugwort

Beberapa waktu belakangan, ada sebuah kandungan yang tengah gencar dan booming. Mugwort adalah yang dimaksud. Tanaman herbal yang punya sebutan daun baru Cina ini punya banyak kegunaan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Setelah diteliti dan dikembangkan oleh para ahli, tumbuhan liar ini juga bisa diandalkan untuk menjadi pertolongan pertama pada kulit.

Tak perlu heran dan kaget lagi apabila kamu mendapati banyak brand lokal maupun luar negeri yang merilis produk barunya yang diformulasikan dari mugwort. Bagi yang penasaran dan tertarik untuk mengetahui fungsinya untuk kulit, simak ulasan di bawah ini. Setelah yakin dan mantap dengan kandungannya yang memang sesuai dengan kebutuhan wajah, tak masalah bila segera checkout.

BACA JUGA: 10 Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari Ini Wajib Dilakukan!

1. Mencegah munculnya jerawat

mugwort untuk jerawat
Sociolla

Salah satu jenis kulit yang menjadi target dari kandungan tanaman ini adalah oily acne prone yang memang lebih rentan berjerawat. Sedulur bisa mencegah datangnya jerawat dengan memakai produk mugwort untuk wajah. Misalnya saja toner, serum, bahkan masker.

-->

Tanaman ini memiliki sifat antimikroba yang mampu menghalau pertumbuhan bakteri yang sering bersarang di pori-pori. Dengan mendapat asupan dari ekstrak mugwort, bakteri yang menjadi pemicu jerawat dan beruntusan bisa diperlambat perkembangbiakannya.

2. Meredakan jerawat

Meredakan jerawat
Healthline

Selain mencegah, manfaat mugwort untuk jerawat yang baru muncul juga cukup efektif diredakan oleh tanaman ini. Apabila sering muncul jerawat merah yang sakit ketika dipegang, rasa cenut-cenutnya bakal berkurang dan akan lebih cepat kempes apabila dipakai pada pagi dan malam hari.

Tak hanya untuk kulit dengan tipe acne, bagi pemilik kulit sensitif juga bisa mengandalkan produk berbahan dasar tumbuhan hijau ini. Kebanyakan produk yang mengandung mugwort hadir dengan fragrance free dan non alcohol. Sangat ramah untuk kulit yang cukup pilih-pilih dengan kandungan produk skincare, bukan?

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

3. Mengurangi peradangan pada kulit

Unsplash

Ketika memakai rangkai produk skincare yang baru, besar kemungkinan bakal muncul efek di kulit. Misalnya saja peradangan yang seringkali muncul dalam bentuk beruntusan, jerawat breakout, bahkan iritasi yang diakibatkan oleh kulit yang kering berlebih. 

Untuk mengatasi hal tersebut, pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah menghentikan pemakaian produk baru tersebut. Fokus utamanya adalah dengan menenangkan dan mengurangi peradangan yang ada. Supaya lebih efektif dan cepat sembuh, kamu bisa merasakan mugwort manfaat dengan pemakaian di pagi maupun malam hari. Kandungan antiinflamasinya bakal bekerja untuk membuat kulit jadi tenang.

BACA JUGA: 12 Urutan Skincare Harian yang Benar, Jangan Asal Pakai!

4. Melembapkan

mugwort manfaat
Unsplash

Apabila masih dirasakan kulit kering yang berkelanjutan, kamu perlu memperbanyak hidrasi di wajah. Salah satu kandungan yang bisa diandalkan adalah dari mugwort. Vitamin E yang ada di dalamnya bisa memberikan nutrisi lebih untuk membuat kulit jadi terhidrasi dan lembap. Kulit bisa lebih plump dan tidak ada rasa perih karena ada adanya permukaan yang terkelupas.

5. Meningkatkan skin barrier

mugwort untuk wajah
Unsplash

Salah satu tanda yang menyebabkan kulit wajah bermasalah adalah karena menurunnya skin barrier. Fungsi pelindung di permukaan kulit yang didapat dari protein flaggrin dan loriclin bisa saja menurun produksinya. Untuk meningkatkan kembali, kamu bisa memancingnya dengan memakai mugwort.

Produk yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil maksimal bisa didapat dari toner yang lebih encer dan mudah diserap. Apabila dirasa masih kurang, kamu bisa menambah kadarnya dengan serum yang konsentrasinya lebih besar daripada toner.

BACA JUGA: 10 Skincare yang Mengandung Retinol Atasi Penuaan

6. Baik untuk menangani eksim

mugwort masker
Unsplash

Eksim dan psoriasis adalah kondisi munculnya ruam dan merah-merah yang disertai gatal. Keadaan ini sebagian besar diakibatkan oleh alergi. Apabila sedang kumat, ruam merah tersebut meninggalkan rasa gatal akibat permukaan kulit yang kering. Supaya bisa sembuh lebih cepat, kamu bisa memakai skincare dengan kandungan mugwort agar lebih terjaga kelembapannya.

7. Meredakan gatal di luka bakar

gatal di luka bakar
Unsplash

Ketika mengalami luka bakar di kulit, di sekitar area tersebut seringkali terasa gatal. Hal ini diakibatkan di area tersebut kondisi kulitnya lebih kering. Untuk meredakan rasa gatal tersebut, kamu bisa mengoleskan produk dalam bentuk lotion yang mengandung ekstrak mugwort. Selain itu, pastikan untuk meratakan di area luka bakar setelah mandi dalam keadaan bersih.

BACA JUGA: Niacinamide: Kandungan Skincare yang Kaya Manfaat

8. Produk mugwort yang direkomendasikan

Produk mugwort
Femaledaily

Bagi yang tertarik untuk mencoba berbagai lini produk dengan bahan dasar mugwort skincare, ada rekomendasi yang bisa kamu coba. Di bawah ini adalah pilihan produk yang dikeluarkan oleh brand lokal maupun impor yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Masker mugwort: 

  • Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask
  • Somethinc Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing Clay Mask
  • My Series Mugwort & Matcha Clay Mask
  • Everwhite Mugwort Pore Clay Mask
  • Scralett Whitening Hebalism Mugwort Masker

Produk lainnya:

  • Studio Tropik Herbitus Skin Tonic
  • Avoskin Your Skin Bae Ceramide + Mugwort + CICA Toner
  • Avoskin Your Skin Bae Ceramide + Mugwort + CICA Serum

Setelah mengetahui manfaat dan rekomendasi mugwort di atas, apakah Sedulur semakin yakin untuk mencoba khasiat yang dibutuhkan oleh kondisi kulitmu? Produknya yang hydrating sangat aman untuk dipakai pada pagi dan malam hari serta di-layer dengan berbagai bahan aktif.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.