Apa itu niacinamide? Kandungan yang ada di setiap skincare yang mungkin telah Sedulur kenali namanya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Seperti yang Sedulur ketahui niacinamide adalah vitamin yang bisa membuat kulit wajah tetap sehat dan lembut. Dalam kesempatan kali, Superapp.id akan menjelaskan manfaat niacinamide untuk wajah dan fungsi niacinamide. Selain itu, akan juga dibahas tentang manfaat niacinamide dan segala fungsi kebutuhannya.

Sebelum membahas kegunaannya untuk kulit wajah, alangkah lebih baiknya kita bahas terlebih dahulu niacinamide untuk apa. Yuk, mari saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Retinol, Kandungan Skincare Untuk Cegah Penuaan

Apa Itu Niacinamide?

Apa Itu Niacinamide
wikimedia.org

Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit, seperti keriput, menjaga kesehatan kulit dan memberikan anti inflamasi. Pertanyaan seputar niacinamide untuk apa, jawabannya adalah untuk kesehatan kulit wajah agar tetap terjaga.

Selain itu, niacin juga merupakan bahan yang berfungsi sebagai pelindung kulit, hal tersebut sangat efektif untuk menangkal polusi dan mencegah dari gangguan eksternal seperti sinar UV dan bahan yang berbahaya lainnya. Dan dapat mencegah kulit tetap sehat.

Lantas apa saja manfaat dari niacin untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh? Apa manfaatnya sehingga setiap produk dari skincare pasti mengandung niacin sebagai salah satu kandungannya? Bagi Sedulur yang penasaran, yuk mending kita langsung saja simak ulasan terkait manfaat dari niacin di bawah ini.

Manfaat dan Kandungan Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

1. Mengatasi Jerawat

1. Mengatasi Jerawat
alodokter.com

Manfaat dan kegunaan niacinamide adalah untuk mengatasi jerawat. Karena niacin merupakan salah satu jenis vitamin B3 yang sangat ampung mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya seperti eksim dan rosacea. Rosacea merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit wajah, terutama pada bagian hidung menjadi warna kemerahan.

Tidak heran jiga niacinamide merupakan salah satu kandungan utama yang ada pada setiap produk skincare. Karena salah satu tujuan setiap orang menggunakan skincare adalah untuk membuat wajah putih bersih dan terhindar dari jerawat, yang seringkali membuat kita tidak percaya diri.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Wajah, Bisa Sembuhkan Jerawat!

2. Menyamarkan Noda Hitam

2. Menyamarkan Noda Hitam
liputan6.com

Salah satu hal ini merupakan manfaat niacinamide untuk kulit wajah. Setelah jerawat berhasil di atas, biasanya jerawat akan menimbulkan noda atau bercak hitam di wajah. Hal tersebut merupakan persoalan lain yang bisa membuat setiap orang tidak percaya diri. Bekas jerawat atau luka pada wajah akan menimbulkan noda hitam di wajah.

Bekas noda jerawat di wajah itu sendiri, jika tidak ditangani dengan tepat, dapat mengganggu rasa percaya diri. Selain itu, jika dibiarkan noda hitam pada wajah akan sulit sekali hilang. Perlu penanganan khusus, salah satunya dengan menggunakan skincare yang mengandun niacin secara rutin dan disiplin.

3. Melembabkan Kulit

3. Melembabkan Kulit
kompas.com

Salah satu skincare yang dapat membuat kulit wajah lembab dan  juga terjaga kebersihannya karena sudah terlindung adalah dengan menggunakan serum. Serum niacinamide bisa sangat efektif untuk mempertahankan kulit wajah agar tetap lembab. Kelembaban wajah juga dapat memberikan segudang manfaat.

Salah satu manfaat yang paling ampuh adalah kulit wajah dapat menjadi halus dan dapat mengurangi atau menghindari peradangan pada kulit wajah. Hal ini bukan hanya berlaku pada kulit wajah saja, namun untuk setiap kulit yang ada pada tubuh Sedulur. Dengan catatan, menggunakan skincare secara rutin tentu saja.

4. Mengatur Produksi Minyak di Wajah

4. Mengatur Produksi Minyak di Wajah
keepo.me

Seringkali setiap permasalahan yang terjadi pada wajah, terutama munculnya jerawat, diakibatkan oleh produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Ditambah dengan polusi dan radikal bebas, dan juga kondisi internal seperti hormon dan banyaknya pikiran, dapat memicu munculnya jerawat.

Oleh karena itu, setiap produk yang mengandung niacinamide akan mencantumkan manfaatnya untuk dapat mengatur produksi minyak pada wajah agar tidak terlalu berlebih, karena hal tersebut merupakan salah satu manfaat dari niacin itu sendiri. Yang dapat mengatur produksi minyak pada wajah sewajarnya.

5. Mencegah Penuaan Dini

5. Mencegah Penuaan Dini
tribunnews.com

Salah satu hal yang ditakuti dan dihindari oleh setiap orang, terutama kaum hawa adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Baik itu kerutan atau garis halus yang ada di sekitar wajah. Selain manfaat niacinamide untuk jerawat, kandungan ini juga sangat ampuh untuk mencegah penuaan dini.

Memang, menjadi tua merupakan sesuatu hal yang pasti, namun penuaan yang terjadi pada wajah di waktu yang tidak wajar, hal tersebut merupakan sebuah masalah. Penuaan dini merupakan kondisi di mana wajah mengalami gejala penuaan di usia kita yang relatif masih muda.

6. Meningkatkan Imunitas Kulit

6. Meningkatkan Imunitas Kulit
fimela.com

Setiap serum yang mengandung niacinamide juga dapat secara efektif meningkatkan imunitas kulit. Bukan hanya tubuh bagian dalam saja yang memiliki imunitas. Kulit juga memiliki imunitas, ditambah lagi, kulit yang merupakan sebuah bagian tubuh yang paling luar, disarankan untuk selalu optimal kesehatannya.

Karena, kulit yang memiliki imunitas yang tinggi dan baik dapat mencegah segala macam bakteri, kuman dan virus untuk masuk dalam tubuh dan dapat mencegah terjadinya penyakit. Oleh karena itu, dengan rutin menggunakan skincare atau kosmetik yang mengandung niacin, akan dapat secara efektif meningkatkan imunitas kulit. Selain tetap sehat, juga akan mampu menangkal setiap penyakit.

7. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

7. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi
tribunnews.com

Salah satu manfaat the ordinary niacinamide adalah dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi. Salah satu skincare yang mengandung bahan ini adalah Sombe By Mi Yuja Niacin. Kandungan Yuja Niacin bisa mengatasi hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan pada kulit, khususnya saat kulit terkena paparan sinar matahari. Menggunakan skincare yang mengandung bahan ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki masalah hiperpigmentasi.

Semoga pembahasan berkaitan dengan niacinamide yang dijelaskan di atas bisa menambah pemahaman Sedulur untuk merawat kulit wajah. Sedulur juga bisa menambah produk kecantikan dan perawatan kulit Sedulur dengan membelinya di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super untuk membeli setiap kebutuhan perawatan kulit wajah Sedulur. Sedulur juga bisa membeli bahan kebutuhan sehari-hari lainnya di Aplikasi Super. Selamat mencoba!