Memiliki kulit berminyak menuntut orang tersebut untuk memberi perhatian ekstra dalam perawatannya. Terlebih lagi pelembab atau moisturizer. Pasalnya, mencari moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat membutuhkan usaha ekstra.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah komposisi utama dari kandungannya. Ada beberapa bahan aktif yang harus dihindari agar tidak menimbulkan breakout dan iritasi. Supaya tidak salah pilih, simak rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak di bawah ini. Meskipun harganya dipatok sedikit lebih mahal, dijamin tidak akan menambah masalah untuk kulit yang mudah rewel ini.

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipecaya!

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak beserta kisaran harga

Yuk, simak apa saja rekomendasi krim pelembab yang sangat cocok dipakai bagi kulit Sedulur yang berminyak!

-->

1. Azarine Oil Free Brightening Moisturizer

moisturizer untuk kulit berminyak
Azarine Cosmetic

Harga: Rp69 ribu.

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak lainnya yang dipatok dengan harga terjangkau adalah Oil Free Brightening Moisturizer. Produk kecil-kecil keluaran Azarine ini dibanderol dengan harga 60 ribuan untuk kemasan 40 gramnya. Kamu bisa memakai pelembab ini pada pagi maupun malam hari.

2. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

moisturizer untuk kulit berminyak
Sociolla

Harga: Mulai dari Rp75 ribu.

Dari brand luar negeri, ada Neutrogena yang juga merilis produk moisturizer untuk kulit berminyak. Apabila memerlukan hidrasi lebih, kamu bisa memakai pelembab ini di pagi hari sebagai pelembab sekaligus primer. Di malam hari juga bisa dipakai untuk mengunci skincare di bagian paling akhir.

3. Bloomka Bakuchiol + Grapeseed Facial Oil

moisturizer untuk kulit berminyak
Reviews Female Daily

Harga: Rp92 ribu.

Bila lebih suka dengan pelembab dalam bentuk facial oil, kamu bisa menjadikan Bakuchiol + Grapeseed Facial Oil ini sebagai moisturizer untuk kulit berminyak. Agar tak terasa berat, kamu bisa menjadikannya sebagai pelembab di skincare routine pada malam hari. 

Kandungan grapeseed oil-nya diklaim mampu menghidrasi kulit. Selain itu, bakuchiol-nya mampu menjadi antiaging agent untuk mencegah penuaan dini.

BACA JUGA: Jangan Sampai Lewat! Ini 8 Urutan Skincare Pria

4. ElsheSkin Daily Protection for Oily Skin

moisturizer untuk kulit berminyak
Reviews Female Daily

Harga: Rp93 ribu.

Brand dalam negeri yang juga mengeluarkan produk acne series adalah ElsheSkin. Pelembab yang sudah bisa dibeli di pasaran adalah Daily Protetction for Oily Skin. Pelembab yang mengandung SPF ini disarankan untuk dipakai pada pagi hari. Meskipun sudah ber-SPF, kamu tetap bisa me-layer dengan sunscreen lagi untuk perlindungan ekstra.

5. Skingame Kind Moisturizer

moisturizer untuk kulit berminyak
Review SOCO

Harga: Mulai dari Rp95 ribu.

Jika membutuhkan moisturizer untuk kulit berminyak yang mampu meningkatkan kondisi skin barrier, kamu bisa menjajal pelembab keluaran Skingame ini. Hadir dalam kemasan botol besi 50ml dan 100 ml, kamu bisa memakainya dalam waktu beberapa bulan ke depan sekaligus.

Tanpa ada kandungan aktif, kandungan ceramide-nya diklaim mampu memberikan kelembaban pada kulit tanpa membuat terasa lengkat. Dari segi harga pun jauh lebih hemat daripada kemasan 30 ml standar yang dikeluarkan oleh brand lain.

6. BIYU Daily Light Moisturizer

moisturizer untuk kulit berminyak
Reviews Female Daily

Harga: Rp99 ribu.

Berkolaborasi dengan beauty influencer Biya, brand lokal BIYU juga tak mau ketinggalkan untuk menambah produknya dalam bentuk pelembab. Daily Light Moisturizer-nya bisa diandalkan untuk menenangkan redness akibat jerawat. 

Moisturizer untuk kulit berminyak dan harganya yang dipatok di angka 100 ribuan ini bisa dipakai oleh segala jenis kulit. Terlebih lagi untuk yang memiliki masalah kulit mudah berjerawat, kemerahan, dan kering. Kandungan ceramide, olibe squalane, Canadian willowherb, dan bahan lainnya mampu memberikan hasil maksimal untuk membuak tekstur dan kondisi kulit jadi lebih sehat.

BACA JUGA: Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Cara Mengatasinya

7. Jarte Cica Cream

moisturizer untuk kulit berminyak
Review SOCO

Harga: Rp115 ribu.

Jarte merupakan salah satu rekomendasi moisturizer brand lokal yang merilis seri cica yang ditujukan untuk kult oily acne prone. Salah satunya adalah pelembab. Moisturizer untuk kulit berminyak dan kering ini mengandung ekstrak centella asiatica yang diklaim mampu menenangkan kulit berjerawat, kemerahan, dan iritasi.

Teksturnya yang berupa gel kental ini mampu mengunci kelembaban kulit tanpa membuat terasa semakin berminyak. Dikemas dalam tube, isi 50 ml-nya bisa dipakai untuk 3 bulan bila digunakan pada pagi dan malam hari.

8. True to Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream

moisturizer untuk kulit berminyak
Reviews Female Daily

Harga: Rp115 ribu.

Mugwort Tripeptide Gel Cream dari True to Skin bisa dijajal sebagai salah satu moisturizer untuk kulit berminyak dan kering. Kandungan mugwort dan tripeptide-nya bisa merawat skin barrier agar kembali sehat, terawat, dan kembali kenyal.

Krim berisi 30 ml ini hadir dalam warna packaging yang menarik. Aksen pink dan hijau kalemnya bisa membuat siapa saja yang ikut kalem setelah memakai produknya ke permukaan wajah.

9. Bio Beauty Lab Acne Treatment Facial Oil Serum

moisturizer untuk kulit berminyak
Beauty Haul

Harga: Rp120 ribu.

Jika ingin mencoba facial oil yang tidak terlalu berat sebagai pelembab, kamu bisa mencoba Acne Treatment Facial Oil Serum keluaran Bio Beauty Lab. Produk hybrid antara serum dan oil ini bisa dipakai sebagai moisturizer untuk kulit berminyak pada malam hari. 

Meskipun teksturnya minyak, saat dipakai akan tetap nyaman dan tidak memberikan efek lain seperti penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat baru. Kandungannya diklaim mampu merawat dan menyembuhkan jerawat di wajah.

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 12 Penyebab Jerawat di Rahang

10. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

moisturizer untuk kulit berminyak
Sociolla

Harga: Rp129 ribu.

Pelembab yang disarankan untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat adalah yang water based. Krim bisa cepat diserap kulit tanpa menimbulkan clogged pores yang memicu munculnya jerawat. Produk moisturizer untuk kulit berminyak dan kusam ini dimiliki oleh Skin Barrier Water Cream.

Krim pelembab keluaran Dear Me Beauty ini mampu merawat kulit berminyak sekaligus mencerahkan karena kandungan Niacinamide sebesar 5%. Selain itu, ada bahan lain yang mampu mengunci kelembaban kulit yakni ceramide, peptide, dan HA. Masih ada banyak kandungan jagoannya yang bsa membuat kondisi semakin membaik.

11. Bloomka Happy Barrier Melted Moisturizer

moisturizer untuk kulit berminyak
Reviews Female Daily

Harga: Rp129 ribu.

Kamu bisa mencoba moisturizer untuk kulit berminyak dan kusam keluaran Bloomka ini dengan harga terjangkau. Brand lokal yang terbilang pemain baru dalam beberapa tahun terakhir ini mampu memenuhi kebutuhan banyak orang yang mencari pelembab untuk kulit bermasalah.

Diklaim mampu melembabkan, menenangkan, menghaluskan, menghidrasi, serta memperbaiki skinbarrier ini laris di pasaran sejak pertama kali dirilis. Selain terjangkau, efeknya yang nyata lah yang bisa membuat produknya laris manis.

12. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Reviews Female Daily

Harga: Mulai dari Rp169 ribu.

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak yang bisa dicoba adalah pelembab keluaran brand Somethinc. Kandungannya yang didominasi dengan collagen mampu memberikan hidrasi dan memperkuat skin barrier.

Tekstur gelnya yang ringan mudah diratakan di wajah. Efek lembabnya bisa bertahan lama. Bila dipakai pada malam hari, krim terserap sempurna dan tidak kering sampai pagi harinya.

BACA JUGA: Tampil Pede & Modis! Ini 35 Model Kebaya untuk Orang Gemuk

13. Studio Tropik Fresh Skin Barrier Cream

Reviews Female Daily

Harga: Rp199 ribu.

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak dan mencerahkannya juga datang dari brand lokal Studio Tropik. Menyasar pemilik kulit normal dan oily, krim ini diklaim mampu menjaga kelembaban serta memperbaikin skin barrier.

Dari segi packaging cukup besar karena memang hadir dalam 50 ml. Mugwort, centella asiatica, black cumin seed, dan bisabolol adalah hero ingridient yang dijagokan di produk ini. Tekstur kentalnya yang tergolong ringan ini mudah diratakan di seluruh wajah dengan mengambil satu totol kecil krimnya. 

14. COSRX Aloe Vera Oil-free Moisturizer

Review SOCO

Harga: Rp220 ribu.

Dari Korea Selatan, ada COSRX yang mengeluarkan pelembab berbahan dasar aloe vera. Diklaim bebas minyak, pelembab ini memiliki tekstur ringan yang nyaman dipakai pada pagi dan malam hari. 

15. Lacoco Watermelon Glow Mask

Reviews Female Daily

Harga: Rp225 ribu.

Memiliki kulit berminyak bukan berarti kamu tidak boleh memakai sleeping mask. Tujuannya agar kulit terhidrasi dengan baik agar  meminimalisir munculnya jerawat. Watermelon Glow Mask dari Lacoco ini bisa menjadi moisturizer untuk kulit berminyak dan kusam. Kamu bisa memakainya seminggu 3 kali dalam seminggu untuk merasakan hasil maksimalnya.

16. Azarine Easy White Light Moist Day Cream

Azarine Cosmetic

Harga: Rp23 ribu.

Sebelumnya telah kita bahas mengenai salah satu produk moisturizer yang dikeluarkan oleh Azarine, yaitu Azarine Oil Free Brightening Moisturizer. Tetapi, tahukah Sedulur bahwa Azarine juga mengeluarkan pelembab kulit yang sekaligus memiliki formula untuk mencerahkan wajah?

Ya, produk yang dimaksud adalah Azarine Easy White Light Moist Day Cream. Krim pelembab ini termasuk ke dalam day cream, alias krim yang dikenakan pada pagi hari, terutama sebelum beraktivitas. Azarine Easy White Light Moist Day Cream memiliki tekstur yang watery dan ringan, alhasil sangat cocok dikenakan oleh semua tipe kulit bahkan yang berminyak sekalipun. Sedulur tidak perlu lagi khawatir ia akan membuat kesan lepek di wajah karena kandungan niacinamide-nya yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

17. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

Woop ID

Harga: Rp29 ribu.

Sedang mencari moisturizer untuk kulit berminyak buatan produsen lokal? Coba gunakan Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel! Pelembab ini diformulasikan dengan sedemikian rupa sehingga cocok bagi Sedulur yang memiliki kulit berminyak serta rentan tumbuh jerawat.

Wardah sekali lagi berhasil membuktikan bahwa ia bukanlah pemain kaleng-kaleng dalam dunia skincare dalam negeri. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel termasuk ke dalam salah satu pelembab favorit banyak orang, dengan tekstur gel yang sangat aman bagi kulit sensitif.

Lebih daripada itu, Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel mengandung SPF 18 yang cukup untuk melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar UV matahari. Kandungan vitamin B5 dan vitamin E di dalamnya juga dapat mencegah radikal bebas merusak kulit dan menekan timbulnya flek-flek hitam yang membandel.

18. Sariayu Moisturizer Jeruk Relaxing Aromatic

Reviews Female Daily

Harga: Rp12 ribu.

Produsen skincare lokal yang tidak kalah lainnya adalah Sariayu. Berbicara tentang moisturizer untuk kulit berminyak, salah satu produk paling laris dari Sariayu adalah Sariayu Moisturizer Jeruk Relaxing Aromatic.

Sesuai dengan namanya, Sariayu Moisturizer Jeruk Relaxing Aromatic mengandung ekstrak dan manfaat-manfaat dari jeruk, seperti mencerahkan sekaligus menyamarkan flek hitam pada kulit wajah Sedulur.

Jika Sedulur tidak keberatan dengan menggunakan pelembab yang memiliki parfum, mungkin Sariayu Moisturizer Jeruk Relaxing Aromatic ini adalah pilihan yang sangat tepat. Aroma jeruknya sangat memberikan kesan rileks, menenangkan, dan juga mengurangi stres pada kulit akibat polusi luar. 

Tertarik mencobanya? Sedulur dapat menemukan Sariayu Moisturizer Jeruk Relaxing Aromatic di toko-toko terdekat!

19. Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Reviews Female Daily

Harga: Rp27 ribu.

Masih membahas tentang produk-produk perawatan kulit lokal, tentunya nama Emina tidak bisa dilupakan begitu saja. Emina menjadi salah satu produsen skincare lokal yang merajai segmentasi pasar tersebut, terutama bagi kalangan remaja yang baru pertama kali menjajal skincare.

Salah satu moisturizer untuk kulit berminyak asal Emina adalah Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel. Ekstrak witch hazel dan vitamin E dalam krim tersebut mampu mengunci kelembaban dan menutrisi kulit wajah Sedulur. Jangan khawatir wajah menjadi lepek dan lengket, Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel memiliki tekstur yang sangat ringan dan mudah diratakan ke kulit sehingga tidak akan mengurangi penampilan sempurna wajah Sedulur.

20. Pond’s Flawless White Lightening Day Cream

Reviews Female Daily

Harga: Rp28 ribu.

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak selanjutnya datang dari Pond’s, yaitu Pond’s Flawless White Lightening Day Cream. Ia merupakan salah satu pelembab yang diperkaya SPF 18 PA +++ sehingga menjadikannya produk yang tepat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini.

Pond’s sendiri mengatakan bahwa krim pelembab ini juga mampu mencerahkan kulit wajah dalam waktu yang singkat berkat formulasi eksfoliasinya. Selain itu, Pond’s Flawless White Lightening Day Cream juga mampu menyamarkan noda hitam dan membuat kulit wajah menjadi kenyal dan lembut. Wah, paket lengkap sekali, ya Sedulur!

21. The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture

The Body Shop

Harga: Rp360 ribu.

Siapa nih, di antara Sedulur yang langganan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit dari The Body Shop? Ya, The Body Shop merupakan salah satu produsen skincare terlengkap dan terbesar di dunia. Pertama kali dirilis pada 1976 silam, The Body Shop yang berasal dari negara Inggris ini setidaknya mempunyai 1.000 lebih rangkaian produk perawatan kulit yang sangat bermanfaat.

Salah satunya adalah The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture. Varian produk tersebut termasuk ke dalam moisturizer untuk kulit berminyak. Manfaat rumput lautnya tidak perlu diragukan lagi karena ia terbukti mampu memberikan kelembaban berjam-jam, tanpa lengket dan kilap, serta merelaksasi kulit wajah Sedulur.

22. Innisfree Green Tea Moisture Cream

Innisfree

Harga: Rp230 ribu.

Dari The Body Shop asal Inggris, kita beralih ke salah satu produk skincare asal Negeri Ginseng yang paling populer yaitu Innisfree. Innisfree juga menawarkan krim pelembab yang tidak kalah formulasi serta manfaatnya dibanding yang lain, loh Sedulur!

Produk tersebut adalah Innisfree Green Tea Moisture Cream. Sesuai dengan tajuknya, krim pelembab tersebut mengandalkan manfaat dari green tea, salah satu herbal yang dipercaya dapat merawat kesehatan kulit. Jadi selain untuk melembabkan kulit, ia juga mampu mengatasi jerawat meradang, mencegah paparan radikal bebas, serta mengatasi kulit kusam.

Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak di atas yang sesuai dengan kebutuhan, kendungan, dan budget. Kamu bisa mencoba dari yang produk lokal terlebih dulu. Dari segi harga jauh lebih terjangkau dan bisa repurchase bila memang cocok dengan pelembabnya.

Selain menjaga kulit dengan pemakaian skincare dan pelembab, kamu juga harus menjaga asupan gizi yang cukup dari makanan dan minuman. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan minuman yang bebas pemanis, ya. Bagi yang tinggal di Jawa Timur dan Makassar, kamu bisa membeli kebutuhan tersebut di Aplikasi Super. Harganya murah, pembayaran mudah, dan diantar sampai rumah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.