kasur lantai

Kasur lantai bisa jadi alternatif pilihan bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi kasur untuk istirahat di rumah. Ada banyak keunggulan dari menggunakan kasur lantai ketimbang kasur besar pada umumnya. Terutama bagi Sedulur yang memiliki ruang kamar terbatas, menggunakan kasur di lantai bisa menjadi pilihan.

Nah dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas beberapa model kasur lantai yang bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang tengah bingung memilih kasur. Apa saja kasur untuk lantai yang dimaksud? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

Cara memilih kasur lantai

Houzz

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait daftar jenis kasur lantai yang bisa jadi pilihan Sedulur, tentu saja Sedulur harus tahu bagaimana tips memilih kasur lantai agar Sedulur tidak salah pilih membeli kasur lantai. Karena memang saat ini tersedia banyak jenis kasur lantai yang bisa jadi pilihan.

-->

Ada beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara memilih kasur lantai. Penjelasan di bawah ini bisa jadi panduan dan referensi bagi Sedulur untuk dapat memilih kasur lantai yang tepat sesuai kebutuhan Sedulur. Yuk, mari langsung kita cek!

1. Pilih berdasarkan material kasur

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah dengan memilih kasur berdasarkan material kasur. Setidaknya ada tiga macam material kasur yang bisa jadi pilihan Sedulur, pertama kapuk, busa dan lateks. Setiap jenis kasur memiliki karakteristik masing-masing.

Tentu dengan mengenali karakteristiknya, Sedulur bisa memilih kasur sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Berikut ini adalah penjelasan setiap karakteristik material kasur yang dimaksud:

  • Busa

Material busa merupakan material ringan dengan harga yang bersahabat. Kasur lantai busa sangat populer di Indonesia. Hal ini karena kasur busa memiliki harga yang ekonomis daripada kasur dengan isian material lainnya. Mayoritas kasur lantai busa juga berbobot ringan sehingga mudah diangkat dan dibersihkan. Dengan begitu, Sedulur akan lebih mudah saat membersihkan lantai yang ditempati kasur busa.

Namun, setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, kasur busa akan makin mengempis. Jika terkena air, kualitas busanya juga dapat menurun. Tidak hanya itu, kasur busa juga dapat membuat Sedulur merasa gerah saat tidur di atasnya selama berjam-jam. Oleh karena itu, Sedulur harus memasangi kasur busa dengan seprai yang memberikan sensasi dingin.

  • Kapuk

Material kasur dengan penyerapan panas yang sangat baik. Kasur yang berisi material kapuk juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena kasur bermaterial kapuk mampu menyerap panas dengan sangat baik. Tidak mengherankan jika kasur lantai kapuk cocok untuk dipakai di Indonesia yang beriklim tropis. Sedulur yang tidak ingin kegerahan saat tidur bisa menjadikan kasur lantai kapuk sebagai solusinya.

Sama halnya dengan kasur busa, setelah digunakan dalam jangka waktu lama, kasur kapuk akan mengempis. Sedulur bisa mengatasinya dengan menjemur di bawah sinar matahari atau menambahkan kapuk. Namun, saat ini banyak masyarakat tidak memilih kasur lantai kapuk. Selain dinilai sudah ketinggalan zaman, kasur kapuk juga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

  • Lateks

Material terakhir adalah material lateks. Yang secara alami tahan terhadap jamur dan tungau. Seiring dengan perkembangan zaman, kasur lantai ada yang berisi material lateks. Lateks merupakan material yang berasal dari getah kental tumbuhan. Keunggulan dari kasur lantai lateks adalah memiliki resistansi yang sangat baik terhadap jamur dan tungau. Oleh karena itu, kasur lantai bermaterial lateks menjadi pilihan tepat bagi Sedulur yang kesulitan meluangkan waktu untuk membersihkan kasur.

Kasur lantai berbahan lateks juga mampu membantu memperbaiki postur tubuh sekaligus meredakan nyeri punggung. Selain itu, kasur lantai lateks juga terbilang lebih awet. Sedulur akan tetap nyaman tidur di atasnya meskipun kasur lantai telah lama digunakan. Namun, Sedulur harus menyisihkan uang lebih karena harga kasur lantai lateks ini lebih mahal dibandingkan kasur dengan material lainnya.

2. Sesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan

Ukuran kasur lantai menjadi hal penting yang harus Sedulur pastikan. Sesuaikanlah ukuran kasur lantai dengan kebutuhan. Misalnya, kasur lantai berukuran kecil dapat Sedulur gunakan untuk tempat bersantai di ruang keluarga. Sementara itu, kasur lantai dengan ukuran besar bisa Sedulur tempatkan di ruang tidur. Berikut ini adalah jenis kasur lantai berdasarkan ukurannya.

  • King size: Kasur king size memiliki ukuran 180 cm x 200 cm. Kasur dengan ukuran ini sering diberi label nomor 1. Kasur dengan ukuran ini bisa digunakan oleh sepasang suami istri.
  • Queen size: Kasur berukuran 160 cm x 200 cm termasuk dalam queen size. Kasur queen size dilabeli dengan nomor 2. Kasur ini direkomendasikan bagi Sedulur yang tinggal di rumah mungil.
  • Double size: Meskipun namanya double, kasur ukuran ini lebih diperuntukkan untuk perorangan. Ukuran kasur ini adalah 120 cm x 200 cm. Kasur ini mendapat label nomor 3 dengan ukuran yang cocok untuk orang dewasa.
  • Single size: Kasur single size disebut juga kasur nomor 1. Ukurannya adalah 90 cm x 200 cm atau 100 cm x 200 cm. Kasur ini bisa dipakai satu orang, baik anak-anak maupun dewasa.

3. Perhatikan kemudahan penyimpanannya

Kemudahan penyimpanan juga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih kasur lantai. Ketika tidak digunakan, kasur lantai bisa disimpan. Penyimpanan kasur lantai setidaknya ada dua cara, yaitu dilipat atau digulung. Cara penyimpanan tersebut bergantung pada produsen pembuat kasur.

  • Dilipat: Kasur lantai yang dilipat biasanya memiliki tas tempat penyimpanan. Karena itulah, kasur lantai yang dilipat lebih praktis. Namun, Sedulur harus berhati-hati karena bisa memunculkan robekan pada lipatan kasur.
  • Digulung: Kasur lantai yang digulung memang tidak ada bekas lipatan. Akan tetapi, Sedulur kemungkinan akan kesulitan setiap kali menggulungnya karena tidak ada bekas gulungan. Maka dari itu, Sedulur sebaiknya mencari kasur lantai yang memiliki tali sebagai pengekangnya.

Ada juga kasur lantai yang tidak bisa disimpan dengan cara dilipat atau digulung. Jika Sedulur memilih kasur yang demikian, Sedulur harus menyiapkan ruang untuk menyimpannya. Sedulur juga bisa meletakkan kasur lantai di ranjang. Selain itu, kasur lantai bisa Sedulur sandarkan di dinding.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik dan Terbaru 2023

1. Kasur Palembang

kasur lantai
Wiguna Nusantara

Macam macam kasur lantai yang bisa jadi rekomendasi pertama bagi Sedulur adalah kasur Palembang. Selain kasur di lantai, kasur ini juga merupakan kasur lipat. Salah satu kasur legendaris yang akrab bagi Sedulur pernah mengalami kos-kosan saat kuliah atau sekolah.

Harga kasur Palembang ini sangat terjangkau, bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp160.000. Namun, kasur palembang ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai kasur utama. Kasur ini bisa Sedulur gunakan sebagai kasur untuk bersantai bersama keluarga di teras depan rumah atau di ruang keluarga.

2. Elite Travel Bed

kasur lantai
Elite Springbed

Berikutnya adalah travel bed dari brand Elite. Kasur lantai yang bisa dilipat ini terdiri dari material kain matras yang diquilting dengan alas oscar hitam. Material tersebut membuat kasur lantai ini sangat nyaman digunakan. Apalagi dengan packaging yang praktis, Sedulur akan lebih mudah saat membawanya dalam perjalanan ataupun melakukan kegiatan outdoor.

Memiliki ukuran 90 x 190 dan 120 x 190 dengan ketebalan 7-8 cm, kasur ini sudah cukup empuk untuk digunakan. Tertarik untuk menggunakan kasur ini? Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp390.000 saja.

3. Dream Care kasur kesehatan

kasur lantai
MyBest

Selain sebagai kasur lantai terbaik, ini juga mungkin merupakan kasur lipat paling mahal. Karena harga kasur ini dibanderol dengan harga Rp6.400.000. Harga mahal sebanding dengan kualitas, kasur ini merupakan kasur kesehatan yang dapat membuat kamu terhindar dari sakit punggung.

Sedulur bisa bebas dari rasa sakit punggung dengan menggunakan produk yang satu ini. Kasur ini memiliki high density pressed foam pada tiga zona penopang sesuai dengan bagian tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan sakit ketika tidur berjam-jam di atasnya. Ketebalan kasur ini juga mencapai 24 cm. Membuat kasur dapat bertahan dalam waktu yang lama.

4. Quantum Topper Greentea

kasur lantai
Quantum Springbed

Merupakan kasur lantai terbaru dengan bagian depan yang bisa digunakan untuk bersandar. Kasur ini selain cocok untuk istirahat, juga sangat cocok digunakan untuk bersantai. Kasur lantai ini dilengkapi dengan headboard berbahan silikon. Dengan adanya headboard tersebut, waktu santai Sedulur akan makin berkesan. Sedulur bisa mendapatkan kasur lantai ini dengan harga mulai dari Rp2.400.000.

Kasur berbahan lateks dan busa ini juga telah sesuai dengan standar keamanan Eropa. Kasur Quantum dinyatakan bebas dari sembilan belas bahan kimia berbahaya dan enam bahan beracun. Tidak hanya memberikan kenyamanan, Greentea Latex juga dirancang untuk keamanan karena bebas dari logam berat.

5. Inoac folded matress

Futonland

Inoac terkenal dengan produk kasur lantai busa yang berkualitas. Folded Matress dari Inoac ini dapat digunakan sebagai alas ketika Sedulur sedang menonton televisi. Setelah selesai menggunakannya, Sedulur tinggal melipat kasur dan disimpan di dalam tas.  Sedulur bisa mendapatkan kasur ini dengan harga Rp450.000.

Jika Sedulur tidak sengaja menumpahkan minuman, Sedulur bisa mencuci cover kasur. Hal ini karena pada cover kasur dilengkapi dengan ritsleting sehingga kasur bisa dimasukkan dan dikeluarkan. Busa kasur juga dapat Sedulur bersihkan dengan lebih optimal. Ketebalan busa dari kasur ini adlaah 80 cm x 180 cm.

6. Florence kasur lipat (travel bed)

kasur lantai
Harga Belanja

Harga kasur lantai masuk dalam kategori mahal, karena untuk mendapatkan kasur lipat ini, Sedulur harus mengeluarkan uang sejumlah Rp2.000.000. Namun, kualitas dari kasur florence tidak perlu dipertanyakan lagi. Florence adalah salah satu produsen kasur yang telah mendapatkan sertifikasi International Sleep Products Association.

Tidak mengherankan jika kasur produksi Florence terjamin kualitasnya, seperti halnya kasur lipat yang satu ini. Kasur ini terbuat dari bahan fiber foam yang dibungkus dengan katun sehingga nyaman ketika digunakan.

7. Domi kasur trifold eucalyptus

Ganpati

Kasur ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp150.000. Merupakan kasur yang murah dengan kenyamanan yang tidak kalah sebagaimana kasur biasanya. Saat cuaca sedang tidak bersahabat, Sedulur baiknya menjaga imunitas tubuh. Hal ini agar Sedulur  tidak mudah terserang penyakit.

Sedulur bisa menjajal tiduran di atas kasur busa dari Domi. Kasur ini akan memberikan tubuh Sedulur treatment khusus dengan aroma minyak kayu putih. Wangi kayu putih mampu memberikan efek relaksasi yang membuat tidur Sedulur lebih nyaman dan imun tubuh pun meningkat.

8. Elite topper ultra plush latex

kasur lantai
Elite Springbed

Kendati merupakan kasur lantai, karus dari Elite ini memiliki harga yang lumayan, yaitu sekitar Rp1.500.000. Sedulur bisa mendapatkan kasur ini uang sejumlah itu. Beberapa orang memiliki alergi terhadap kasur sebagai alas tidur. Jika Sedulur mengalami demikian, kasur dari Elite sangat direkomendasikan.

Selain lembut, kasur ini juga hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan alergi. Kasur berbahan lateks ini pun antibakteri sekaligus antidebu. Apakah Sedulur ingin posisi tidur lebih tinggi? Kasur lantai ini juga dapat dijadikan sebagai pelapis bagian atas kasur lain. Supaya tidak terlalu tinggi, Sedulur harus mempertimbangkan ketebalan kasur sekitar 7 cm hingga 8 cm.

9. Royal foam kasur lipat

Pinterest

Kasur ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp750.000. Kasur lipat lantai dengan motif batik yang menunjukan identitas budaya Indonesia. Sebagai kebanggaan terhadap batik, royal foam mengeluarkan kasur dengan motif batik. Kasur lipat bermotif batik ini dapat Sedulur tempatkan di kamar untuk memunculkan nuansa lokal.

Kasur lipat ini juga dapat Sedulur gunakan dengan fleksibel. Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa hingga bisa digunakan untuk bersandar. Sedulur pun dapat memanfaatkannya sebagai tempat duduk setelah dilipat penuh.

BACA JUGA: 10 Cara Membasmi Kutu Kasur Sampai Tuntas Hingga Telurnya

10. Uniland kasur lipat

kasur lantai
Uniland

Rekomendasi terakhir adalah Uniland kasur lipat. Selain sebagai kasur, produk ini juga bisa Sedulur gunakan sebagai karpet lembut untuk menghabiskan waktu bersantai dengan keluarga di ruang tengah. Kasur ini juga dilengkapi dengan tas sehingga Sedulur mudah membawanya bepergian.

Jika Sedulur membawa kasur lantai busa ini untuk piknik, Sedulur harus waspada. Hal ini karena kasur lantai ini berwarna dasar putih. Sedulur harus menjaganya supaya tidak terkena noda yang susah. Kasur ini dibanderol dengan harga Rp1.000.000.

11. Topper Ultra Plush Latex New Edition

Nolah Mattress

Rekomendasi jenis kasur lantai selanjutnya yang bisa jadi pilihan Sedulur adalah Topper Ultra Plush Latex New Edition. Kasur ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.569.750. Kasur ini merupakan kasur hypoallergenic yang tidak akan menimbulkan bakteri.

Karena beberapa orang memiliki alegri terhadap kasur yang disebabkan oleh bakteri di dalamnya. Tentu kasur ini cocok bagi Sedulur yang memiliki alergi tersebut. Selain lembut, kasur ini juga hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan alergi. Kasur berbahan lateks ini pun antibakteri sekaligus antidebu.

Apakah Sedulur ingin posisi tidur lebih tinggi? Kasur lantai ini juga dapat dijadikan sebagai pelapis bagian atas kasur lain. Supaya tidak terlalu tinggi, Sedulur harus mempertimbangkan ketebalan kasur sekitar 7 cm hingga 8 cm.

12. Kasur Kesehatan Healthy Spine

Foter Magazine

Harga kasur kesehatan ini agak mahal dengan harga dibanderol hingga Rp6 juta. Namun kasur ini bisa menjadikan tulang punggung Sedulur jadi lebih sehat. Ketika bangun tidur, beberapa orang mengalami sakit punggung karena kasur yang tidak nyaman.

Sedulur bisa bebas dari rasa sakit punggung dengan menggunakan produk yang satu ini. Kasur ini memiliki high density pressed foam pada tiga zona penopang sesuai dengan bagian tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan sakit ketika tidur berjam-jam di atasnya.

Kasur dengan tebal 24 cm ini juga diklaim bebas tungau, kutu, dan debu. Hal ini tentunya menjadikan kasur lebih awet dan tahan lama sehingga bisa menghemat pengeluaran Sedulur. Selain itu, Sedulur bisa tidur di kedua sisi kasur ini.

BACA JUGA: 12 Masker Pengecil Pori-Pori untuk Wajah Terbaik di 2023

Tips membersihkan kasur lantai

myBest

Setelah Sedulur mengetahui bagaimana tips memilih kasur lantai beserta dengan daftar rekomendasi jenis kasur lantai yang bisa Sedulur pilih di atas. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan untuk membersihkan kasur lantai agar awet dan bisa digunakan dalam waktu lama

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan berdasarkan dengan jenis kasur lantai yang Sedulur miliki, yaitu:

  • Kasur kapuk: Kasur lantai dengan material kapuk dapat dibersihkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan alat pemukul saat dijemur di bawah sinar matahari. Sedulur juga bisa membersihkannya menggunakan alat penyedot debu. Sedulur harus rutin membersihkan kasur kapuk agar terhindar dari jamur dan tungau yang menyebabkan tubuh gatal.
  • Kasur busa: Alat penyedot debu dapat juga dimanfaatkan untuk membersihkan kasur lantai dengan material busa. Setelah itu, kasur busa bisa dijemur sambil ditepuk-tepuk. Jika merasa belum yakin, Sedulur bisa menyemprot kasur busa menggunakan campuran air dan detergen. Selain itu, Sedulur lap hingga kering menggunakan kain mikrofiber, kemudian dijemur di bawah paparan sinar matahari.
  • Kasur lateks: Untuk kasur lantai berbahan lateks, Sedulur bisa menggunakan cuka putih dan baking soda. Campurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air. Semprotkan campuran tersebut ke kasur lateks, lalu gosok perlahan dengan kain. Setelah itu, taburi dengan baking soda, lalu gosok kembali hingga berbusa. Setelah busa dihilangkan, jemur kasur di bawah sinar matahari hingga kering.

Dengan tips di atas, Sedulur bisa merawat kasur yang Sedulur miliki sehingga kasur tersebut bisa bertahan lama dan bisa digunakan untuk setiap kebutuhan Sedulur di rumah. Selain itu, merawat peralatan rumah tangga sangat penting agar bisa awet dan Sedulur tidak perlu mengganti kasur dalam waktu cepat.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Spring Bed Terbaik yang Paling Nyaman

Keunggulan menggunakan kasur lantai

kasur lantai
iStock

Nah, setelah kamu tahu apa saja daftar rekomendasi kasut lantai di atas. Mungkin sebagian dari Sedulur ada yang berpikir bahwa kasur dengan dipan lebih baik daripada kasur bawah. Namun, jangan salah. Sedulur harus tahu bahwa ada beberapa keuntungan dengan menggunakan kasur seperti ini. Nah, berikut adalah daftar dari keunggulan menggunakan kasur lantai itu sendiri:

1. Memiliki ruangan yang lebih luas

Dengan menggunakan kasur ini, Sedulur bisa merasakan ruangan yang terasa lebih luas. Selain itu, jarak antara kasur dengan langit-langit kamar pun menjadi lebih tinggi. Meskipun sempit, kamu bisa memiliki kamar yang luas dan sirkulasi udara di dalam kamar menjadi lebih baik lagi.

Keuntungan lainnya, biasanya kasur di lantai berbentuk kasur lipat atau kasur busa. Setelah digunakan, bisa dilipat, disimpan, atau dipindahkan sehingga ruangan tetap rapi dan lega.

2. Cocok untuk anak-anak

Keunggulan selanjutnya sangat cocok untuk anak-anak, karena kasur berada langsung di atas lantai, Sedulur tidak perlu khawatir anak-anak jatuh saat tidur atau saat bermain. Selain itu, anak-anak selalu memiliki hobi untuk loncat-loncat di atas kasur. Risiko jatuh tentu menjadi perhatian Sedulur jika tidak menggunakan kasur di lantai.

3. Harga yang jauh lebih murah

Ini bisa jadi solusi bagi yang memiliki dana terbatas. Harga kasur dengan dipan cenderung tinggi, namun kasur dibutuhkan untuk istirahat. Solusinya adalah dengan membeli kasur untuk lantai yang jauh lebih murah tanpa mengabaikan kenyamanan Sedulur untuk istirahat.

Kasur yang disimpan di lantai merupakan solusi bagi Sedulur yang masih memiliki dana terbatas. Sambil menambung mengumpulkan uang untuk membeli kasur yang lebih besar, Sedulur bisa menggunakan kasur yang disimpan di lantai terlebih dahulu.

4. Tidak sulit dibersihkan

Nah ini adalah keunggulan yang paling penting. Kasur seperti ini juga sangat mudah untuk dibersihkan, dan tentu sangat mudah untuk dijemur. Tidak seperti kasur besar yang memakan banyak ruang di kamar, kasur di lantai bisa dengan mudah dibersihkan dan diangkat untuk sekalian dijemur. Sedulur juga bisa sambil memukul-mukul kasur, untuk mengusir debu yang berada di kasur.

Itulah daftar rekomendasi kasur lantai beserta alasan mengapa kamu lebih baik menggunakan kasur yang langsung disimpan di lantai. Semoga daftar rekomendasi kasur di atas, ada yang cocok untuk Sedulur. Baik dari ukuran, motif, bentuk serta yang paling penting dari segi harga.