gorden minimalis

Pada saat mendesain sebuah interior rumah, hal kecil seperti gorden pun tidak boleh disepelekan begitu saja. Model gorden yang digunakan seperti gorden minimalis, tentu saja sangat berpengaruh pada hasil akhir desain yang diusung.

Nah, jika Sedulur sedang merancang desain ruangan rumah minimalis dengan desain interior rumah mungil, maka Sedulur bisa menggunakan model gorden minimalis. Yup, sejumlah gorden minimalis dapat ditempatkan di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan berbagai ruangan lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, di bawah ini akan diberikan beberapa rekomendasi merk gorden terbaik yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi. Yuk, langsung saja simak daftar berikut!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Meja TV Minimalis Agar Hunian Tambah Indah

-->

Apa fungsi gorden di rumah?

Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan inti rekomendasi gorden minimalis yang elegan dan terjangkau, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mengetahui sedikit seluk-beluk dari gorden yang ada di rumah.

Mungkin Sedulur sudah lazim dengan fungsi utama gorden sebagai penutup jendela rumah. Gorden menjadi pembatas privasi pemilik rumah yang tepat karena ia mampu menghalangi pandangan dari luar ke dalam. Akan tetapi, sejatinya fungsi gorden lebih daripada hal tersebut.

Kira-kira apa saja fungsi gorden di rumah kita?

  • Pengatur kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk – Gorden dapat berperan sebagai ‘pintu masuk’ cahaya dari luar rumah. Cahaya rumah yang masuk sangat penting bagi kelancaran dan kenyamanan aktivitas penghuni. Dengan gorden, Sedulur bisa mengatur seberapa banyak cahaya yang perlu masuk, atau bahkan menghalangi mayoritas cahaya agar tidak masuk ke rumah.
  • Elemen dekoratif – Memang harus diakui bahwa gorden dapat dijadikan elemen dekoratif yang memperindah interior ruangan di dalam rumah. Jika rumah diibaratkan seperti wajah, maka gorden menjadi alisnya. Seseorang yang tidak memiliki alis akan sekilas tampak normal, tetapi jika dilihat lebih detail lagi seperti ada sesuatu yang kurang. Sama halnya dengan ruangan tanpa gorden di jendelanya.
  • Memberikan rasa nyaman di dalam rumah – Tahukah Sedulur bahwa warna, motif, serta model gorden dapat secara tidak langsung mempengaruhi suasana hati penghuninya? Sebagai contoh, gorden berwarna oranye akan membangkitkan semangat serta menghangatkan suasana ruangan. Gorden warna biru cenderung memberikan kesan menenangkan dan dingin. Motif bunga dari gorden juga dapat menimbulkan kesan lembut, feminin.

Jenis bahan-bahan yang biasa dipakai dalam gorden

Pernahkah Sedulur bertanya-tanya apa saja bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuat gorden? Jika melihat dari sudut pandang material pembuatnya, gorden rumah biasanya dapat dibuat dari berbagai jenis kain. Berikut ini adalah daftar jenis kain yang lazim dibuat menjadi gorden cantik tersebut. Ada dari kain katun, sutra, hingga bahkan rayon.

  • Kain katun.
  • Kain linen.
  • Kain sutra.
  • Kain beludru.
  • Kain akrilik.
  • Kain polyester.
  • Kain rayon.
  • Kain brokat.
  • Kain renda.
  • Kain voile.

Tips memilih gorden minimalis agar interior rumah makin manis

Jangan khawatir apabila Sedulur masih kebingungan bagaimana cara memilih gorden untuk ruangan di rumah. Simak tips sederhananya berikut ini, yuk!

  • Lakukan pengukuran terhadap jendela rumah.
  • Memilih model serta bahan yang diinginkan/sesuai tema ruangan.
  • Pilih pengait gorden yang pas.
  • Sesuaikan anggaran dengan model gorden yang Sedulur kehendaki.

Coba terapkan beberapa langkah di atas agar tidak salah dalam memilih gorden, ya Sedulur!

1. Kombinasi netral dan putih minimalis

Depositphotos

Rekomendasi yang pertama, Sedulur bisa mengkombinasikan gorden yang berwarna netral dengan putih. Model gorden sederhana tapi elegan ini, memang sangat bisa diandalkan untuk membuat tampilan ruang keluarga yang cerah dan juga terlihat lebih luas.

Nah, inspirasi yang satu ini dapat Sedulur tiru dengan gorden jendela minimalis yang tidak terdapat banyak aksen atau dekor yang bermacam-macam, namun menghadirkan manfaat yang maksimal dan pastinya terlihat cantik.

Warna krem yang netral dengan kombinasi tirai putih tipis juga akan mudah dipadukan dengan furniture berbagai warna. Misalnya saja seperti furniture dari kayu, furniture berbahan logam, hingga sofa minimalis berwarna putih atau abu-abu.

2. Bingkai gorden jendela minimalis dengan pas

Depositphotos

Dengan gorden minimalis ruang tamu ini, dijamin akan semakin mempermanis ruangan. Terlebih lagi adanya bingkai yang terkesan benar-benar cocok, sesuai, dan juga pas dengan ukuran dari jendela yang berkaitan.

Dalam inspirasi ini, ruangan di rumah Sedulur mungkin sudah menggunakan gaya interior minimalis dengan window seat yang apik. Nah, agar kegiatan di daerah area window seat tidak terganggu, maka gorden minimalis tersebut dipasang dengan tidak terurai melebihi ukuran jendela itu sendiri.

Lalu bagaimana hasilnya? Tentu saja kamar terlihat jauh lebih lenggang, terasa serba praktis dan tentu saja semakin cerah serta ceria. Agar lebih cerah, Sedulur juga dapat menambahkan dekor di dalam ruangan.

Beberapa di antaranya seperti menambah hiasan dinding, memakai tanaman, hingga memilih tempat penyimpanan dekoratif sebagai variasi supaya ruangan tersebut terkesan lebih unik dan juga personalized.

3. Aksen minimalis sehelai tirai tipis

Depositphotos

Aksen minimalis di ruangan seperti kamar tidur dan ruang bersantai, akan membuatnya terlihat sederhana dan efektif. Hal ini bisa diwujudkan dengan memilih gorden minimalis yang hanya selapis dan sangat cocok untuk musim panas.

Tidak hanya membuat ruangan terlihat semakin cerah saja, tentunya gorden minimalis yang satu ini juga tidak memerlukan berbagai macam perawatan yang terkesan ribet. Namun, pastikan Sedulur memilih gorden dengan bahan yang berkualitas.

Selain itu, pastikan gorden tetap terlihat cantik walaupun hanya dipakai tanpa dikombinasikan dengan gorden yang lainnya. Ya, terkadang dekorasi yang terlalu banyak itu justru terlihat kurang menarik. Terlebih lagi bagi Sedulur yang ingin melakukan dekorasi ruangan berukuran kecil.

Sedikit tips, Sedulur bisa memadukan warna dari gorden dengan warna sprei yang sesuai. Bahkan lebih baik lagi, apabila warna sprei dan selimut yang Sedulur pilih itu senada dengan warna gorden.

4. Si kecil hijau yang memperindah suasana

Everypixel

Ruangan dengan konsep minimalis tidak harus selalu identik dengan warna-warna yang bersifat netral saja, lho! Buktinya, ada gorden jendela minimalis berwarna hijau yang terlihat sangat cocok untuk ditempatkan di dapur seperti gambar yang ada di atas.

Dengan menggunakan gorden minimalis berwarna segar, maka ruangan dapur dijamin akan terasa lebih hidup. Warna hijau atau warna primer yang lain, juga dapat memberikan aksen yang berbeda dalam ruangan yang serba hitam atau serba putih.

Sadar atau tidak, penambahan gorden atau tirai kecil semacam ini merupakan salah satu elemen yang cukup krusial namun sering dilupakan pada saat menata kitchen set, terutama jika Sedulur berniat untuk menata kitchen set minimalis.

5. Beda jendela, beda juga gorden minimalis

Etsy

Di dalam ruangan keluarga yang mengusung desain minimalis nan estetik ini, terlihat adanya penggunaan dua jenis gorden minimalis yang diaplikasikan pada jendela yang berbeda pula. Untuk jendela kaca utama di sebelah kanan, terlihat penggunaan gorden jendela minimalis bernuansa bunga biru.

Motif bunga biru tersebut terlihat sangat matching dengan suasana biru pada karpet dan juga bantal dekorasi yang digunakan pada sofa. Kemudian untuk jendela yang sebelah kiri, menggunakan gorden berwarna abu-abu polos yang membuat ruangan terasa nyaman.

6. Motif bunga nan dekoratif dalam gorden minimalis

 

Etsy

Tidak perlu ragu untuk bermain dengan motif gorden jendela minimalis yang tidak biasa alias unik. Ya, adanya aksen yang justru berbeda dari keseluruhan ruang minimalis, justru akan membuat ruang minimalis yang ada di rumah Sedulur terlihat lebih cantik lagi.

Hal ini bisa terjadi karena penggunaan gorden jendela minimalis dengan motif mampu menarik perhatian di salah satu sudut ruangan, yakni pada bagian jendela sebagai sumber cahaya. Namun jangan lupa untuk tetap menyesuaikan motif pada gorden dengan aspek-aspek lain di dalam ruangan, ya.

7. Tirai bambu khas oriental

Depositphotos

Apakah Sedulur ingin menciptakan unsur eco-friendly yang serba alami? Sedulur bisa mewujudkannya dengan menggunakan gorden minimalis dari material bambu. Ya, jenis gorden semacam ini memang lebih sering digunakan dalam konsep oriental.

Tidak hanya perawatannya yang lebih mudah dan praktis, gorden berbahan bambu tersebut juga sangat mudah untuk dipadukan dengan berbagai macam furniture lain pada umumnya. Jadi Sedulur tidak perlu merasa khawatir jika tirai bambu akan merusak penampilan ruangan di rumah.

Sebaliknya, aksen oriental yang satu ini malah akan membuat rumah terasa lebih nyaman. Tirai ini akan terlihat lebih fresh dan juga unik bagi setiap penghuni rumah.

8. Kombinasi vertical blind dengan gorden minimalis

Berita 99

Sedulur bisa coba mengkombinasikan salah satu model gorden minimalis terbaru dengan vertical blind. Tidak hanya menampilkan kesan yang minimalis dan tidak membosankan, kombinasi tersebut benar-benar multifungsi.

Nah, Sedulur bisa coba menggunakan kombinasi antara vertical blind berwarna putih dengan gorden minimalis berwarna netral seperti halnya abu-abu atau krem. Desain yang satu ini cocok untuk semua jenis ruangan minimalis, khususnya untuk kamar tidur.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih jenis blind untuk kamar yang terlihat lebih cerah dan praktis.  Kombinasi ini juga akan memudahkan Sedulur dalam merawat dan juga membersihkan gorden yang digunakan.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

9. Gorden minimalis dengan pemilih dua warna yang berbeda

gorden minimalis
Wayfair

Tidak hanya memadukan dua unsur berupa bahan kain di bagian samping serta tirai bambu tarik di bagian atasnya, desain gorden yang satu ini juga menggunakan dua jenis warna serta motif yang berbeda pada bagian kiri dan kanan jendela.

Perpaduan yang tidak biasa ini, justru menampilkan kesan yang segar, unik, serta jauh dari tampilan yang membosankan. Penggunaan model gorden cantik dan mewah dengan warna yang berbeda ini, sangat cocok juga diaplikasikan pada kamar anak perempuan Sedulur.

10. Multi gorden modern minimalis untuk efek yang maksimal

gorden minimalis
Pinterest

Apabila Sedulur tidak cukup dengan hanya memasangkan satu pasang tirai di bagian kanan dan kiri, maka bisa coba menggunakan sampai dua set gorden minimalis dari bahan, warna, dan juga model yang sama pula.

Dengan tirai yang tingginya lebih pendek daripada lebarnya, maka akan menampilkan kesan romantis yang dapat dirasakan di dalam ruangan minimalis di rumah Sedulur. Tidak hanya itu, pasti penampilan gorden minimalis ini juga semakin unik serta penuh dengan gaya.

Dekorasi ruang tamu yang sederhana juga dapat dimaksimalkan dengan adanya tipe gorden ini, plus dekorasi yang simpel. Misalnya saja untuk ruang tamu, Sedulur dapat memadukan gorden berwarna netral dengan furniture yang warnanya gelap.

11. Striped horizontal yang terkesan minimalis

gorden minimalis
Pinterest

Apa Sedulur merasa bosan dengan gorden bermotif bunga-bunga? Namun tidak terlalu suka dengan gorden polos karena terkesan monoton dan membosankan? Tidak usah khawatir, Sedulur bisa bereksperimen dengan menggunakan gorden bermotif garis-garis horisontal.

Nah, Sedulur bisa memilih gorden minimalis dengan motif strip horizontal yang kalem seperti gambar di atas. Sebenarnya untuk pemilihan warna sih, Sedulur bisa menyesuaikan dengan warna furniture atau warna favorit yang disukai.

Akan tetapi, disarankan untuk tetap memilih warna-warna yang bersifat netral. Dengan warna netral, dijamin gorden ini akan terlihat cocok dengan berbagai macam furniture.

12. Semakin keren dengan gorden minimalis berwarna hitam

gorden minimalis
Etsy

Berikutnya, ada inspirasi gorden minimalis dengan warna yang jauh lebih berani, seperti hitam atau bisa juga abu gelap. Kesan yang mewah tentu saja akan ditampilkan tanpa perlu mengorbankan suasana yang terang dan ceria di dalam ruangan tersebut.

Ya, warna-warna gelap memang cukup dihindari pada saat memilih gorden. Padahal mereka tidak tahu, jika warna gelap seperti hitam mampu membuat tampilan dalam ruangan terlihat lebih elegan, kaya, berkelas, dan juga tangguh.

Namun Sedulur harus tetap memperhatikan interior yang digunakan jika tidak ingin ruangan tampak suram, lho! Karena gorden yang digunakan sudah berwarna gelap, maka pastikan Sedulur memilih furniture dan perlengkapan lain yang warnanya terang.

13. Gorden shoji screen yang terlihat elegan

gorden minimalis
Shoji Designs

Pilihan model gorden minimalis yang selanjutnya adalah gorden shoji screen khas hunian yang ada di Jepang. Jenis gorden yang satu ini, dibuat dari panel kertas beras maupun kanvas yang disusun pada sebuah tongkat gorden.

Model gorden ini dinilai mampu memancarkan ketenangan dan juga kedamaian di dalam ruangan. Tidak hanya itu, gorden shoji screen sifatnya juga cenderung netral. Sehingga akan terlihat sangat cocok dengan berbagai macam gaya desain serta skema warna yang mungkin digunakan dalam rumah minimalis Sedulur.

Tidak hanya sampai disitu saja, Sedulur juga dapat membuat tampilan gorden semakin menarik lagi dengan memilih pola yang indah serta beberapa warna. Jangan lupa sesuaikan warna gorden yang digunakan dengan warna furniture agar ruangan tampak lebih hidup dan cantik.

14. Ruangan tampil cantik dengan gorden pompom

gorden minimalis
Pottery Barn Kids

Bisa dikatakan jika gorden pompom merupakan salah satu model lain yang dapat Sedulur pilih untuk membuat tampilan rumah minimalis menjadi lebih hidup. Ya, mode pompom ala bohemian tersebut, dijamin akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan pastinya terlihat menarik.

Untuk kesan atau tampilan ruangan yang minimalis, Sedulur dapat memilih gorden pompom dengan warna monokrom atau pastel. Yang penting, hindari pemilihan warna gorden yang terlalu menonjol seperti merah menyala, kuning terang, hijau, dan lain sebagainya.

Bukan hanya cocok digunakan untuk ruang tamu saja, namun model gorden yang satu ini juga akan terlihat sangat pas apabila diaplikasikan pada jendela kamar anak perempuan Sedulur. Akan tetapi, kekurangan dari model gorden ini mudah kotor. Jadi Sedulur harus menjaga dengan baik, ya.

15. Gorden satin yang membuat ruangan berkelas

gorden minimalis
Pinterest

Yang terakhir, ada gorden satin. Nah, mode gorden ini dapat menjadi pilihan model gorden minimalis yang menarik untuk dipilih. Bahannya yang lembut serta mengkilap, dijamin mampu membuat tampilan jendela di rumah Sedulur tampak lebih mewah dan juga elegan.

Nah, Sedulur dapat memilih gorden berbahan satin ini dengan warna-warna yang netral untuk menampilkan gaya yang terkesan minimalis. Akan tetapi, Sedulur harus memperhatikan cara merawat gorden satin apabila ingin tahan lama.

Jangan lupa pastikan supaya gorden tetap bersih selama digunakan. Apabila gorden terkena noda, maka segera bersihkan dengan menggunakan kain katun yang lembut dan bersih. Gorden ini tersedia dalam ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.

Misalnya saja untuk kamar tidur yang romantis, Sedulur dapat memilih gorden satin yang tipis. Sebaliknya, Sedulur dapat menggunakan gorden satin yang agak tebal di ruang keluarga, untuk menampilkan ruangan yang sifatnya lebih privat.

BACA JUGA: 20 Trend Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan & Modern

Nah, itulah beberapa model gorden minimalis yang dapat Sedulur jadikan sebagai pilihan. Yang paling penting, sebelum membeli model gorden untuk digunakan, Sedulur perlu bersabar dan juga teliti saat memilih model.

Jangan terlalu bersemangat untuk langsung memilih dan membawa gorden tersebut. Selain mempertimbangkan harga gorden minimalis, jangan lupa pertimbangkan bahan, warna, dan juga motif dari gorden tersebut, ya!