Media massa adalah sarana atau saluran yang digunakan kepada orang banyak (channel of mass communication). Lewat sarana ini, masyarakat di seluruh dunia bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi mengenai pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hiburan, hingga hukum. 

Alat-alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi sangat beragam, mulai dari televisi, surat kabar, dan radio. Pada zaman dahulu, alat komunikasi hanya sebatas selebaran, koran, majalah, atau papan reklame. Seiring berkembangnya zaman, ada berbagai alat lain yang bisa dijadikan sarana seperti internet. Cari tahu pengertian media massa beserta karakteristik dan fungsinya berikut ini, yuk.

BACA JUGA: Contoh Interaksi antar Ruang Beserta Pengertian & Bentuknya

1. Pengertian media massa

media massa adalah
Pexels

Mass communication merupakan sarana untuk berkomunikasi dalam penyampaian pesan dan sebagai alat untuk bisa menyebarkan berita untuk masyarakat luas. Caranya adalah dengan menggunakan alat komunikasi seperti surat kabar, radio, film, dan televisi.

-->

Sedangkan, struktur dalam organisasi media massa adalah terdiri dari redaksi, pemasaran, administrasi, dan teknologi. Dengan demikian, level dari manajemen media mempunyai struktur top management yang terdiri dari pemimpin umum, pemimpin redaksi, pemimpin usaha, manajer pemasaran, dan kepala kantor atau kepala sekretariat.

2. Karakteristik media massa

media massa adalah
Pexels

Karakteristik dari media massa elektronik dan bentuk lainnya itu kurang lebih sama, yaitu isinya bersifat umum dan disebarluaskan kepada masyarakat. Selain itu, terdapat berbagai karakteristik lainnya yang bisa dipahami, seperti:

  • Publisitas. Artinya adalah disebarluaskan kepada masyarakat, atau bisa diakses dan dikonsumsi oleh umum atau orang banyak.
  • Kontinuitas. Terbit secara terus-menerus atau berkesinambungan, sesuai dengan periode jadwal terbitnya, misalnya adalah harian, mingguan, atau bulanan.
  • Aktualitas. Karakteristik yang satu ini berisi hal-hal baru, seperti info atau laporan momen paling terkini (berita), tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga memiliki makna kecepatan dalam penyampaian informasi kepada khalayak.
  • Periodisitas. Terbit atau dipublikasikan dengan cara yang konsisten atau berkala. Misalnya adalah siaran sekian jam per hari atau minggu. Biasanya, surat kabar atau koran terbit harian, tabloid terbit mingguan, kemudian majalah setiap bulan.
  • Universalitas. Isi atau pesannya bersifat umum, tentang seluruh aspek kehidupan dan seluruh momen pada berbagai tempat. Hal ini juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya adalah khalayak ramai atau masyarakat umum.

3. Isi dari media massa

media massa adalah
Pexels

Biasanya, hal ini memiliki isi yang terbagi menjadi tiga bagian atau tiga varian tulisan. Ketiganya merupakan jurnalistik atau jenis tulisan jurnalistik. Isi dan contoh media massa adalah sebagai berikut:

  • Opini (Views). Opini bisa juga disebut sebagai artikel opini. Maksudnya adalah tulisan yang berisi pendapat, analisis, ulasan, atau pemikiran mengenai suatu masalah atau isu secara aktual.
  • Berita (News). Definisi dari berita adalah berupa tulisan, gambar, audio, atau video berisi informasi atau laporan peristiwa yang paling baru.
  • Karangan Khas (Features). Feature merupakan tulisan yang berisi gabungan antara fakta dan opini yang ditulis dengan gaya bahasa sastra seperti cerpen atau novel. Foto dan video bernilai seperti minat insani (potret dari kehidupan seseorang yang menimbulkan simpati) termasuk kategori feature.

BACA JUGA: Sistem Informasi: Pengertian, Fungsi, Komponen & Jenisnya

4. Jenis-jenis media massa

Pexels

Setelah mengetahui isinya, kali ini adalah memahami jenis dari media massa apa saja. Menurut bentuknya, jenis yang dimiliki terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Elektronik. Jenis sarana yang satu ini isinya disebarluaskan lewat suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti televisi, radio, dan film.
  • Cetak. Seperti namanya, sarana ini memiliki jenis yang dicetak dalam lembaran kertas. Dari segi format dan ukuran kertasnya, jenis ini secara detail mencakup koran atau surat kabar, tabloid, buku, majalah, buletin, hingga newsletter.
  • Media Online, yaitu sarana yang bisa didapatkan melalui internet atau situs web. Sarana digital sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan signifikan. Sarana yang cetak seperti koran perlahan beralih ke online. Contoh media massa online adalah mengakses konten video yang bisa dilakukan melalui YouTube maupun platform lainnya. 

5. Fungsi media massa

Pexels

Seperti apapun bentuk serta perkembangannya, fungsi media massa adalah penting bagi kehidupan manusia. Berikut adalah fungsinya seperti yang dikutip dari berbagai sumber:

  • Fungsi Persuasi. Persuasi berfungsi untuk mengarahkan opini atau pandangan khalayak umum sesuai dengan apa yang diperlihatkan. Akibatnya, masyarakat akan memiliki pandangan atau opini suatu persoalan yang cenderung sama. 
  • Fungsi Hiburan. Selain mengarahkan, fungsi lainnya adalah untuk menyediakan hiburan, misalnya film, infotainment, sinetron, sampai tayangan konser musik. Walaupun kebanyakan masyarakat menganggapnya tidak penting, fungsi ini tetap mempunyai banyak peminat.
  • Fungsi Informasi. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi darinya. Itulah mengapa fungsi ini sangat umum dan mendasar. 
  • Fungsi Interpretasi. Fungsi dari media massa adalah jurnal salah satunya interpretasi. Ini bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu khalayak untuk bisa memahami sebuah persoalan atau peristiwa yang kerap kali muncul. Selain itu, interpretasi juga digunakan untuk menjelaskan sesuatu, sehingga masyarakat bisa mudah untuk memahaminya. Contohnya adalah layanan masyarakat tentang vaksin covid 19 yang penting dilakukan.
  • Fungsi Pengawasan. Pengawasan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kesalahan yang mungkin terjadi dalam khalayak umum. Dari informasi yang tersedia, masyarakat dapat mengetahui berbagai kemungkinan ancaman yang bisa saja terjadi kepada mereka.
  • Fungsi Pendidikan. Lewat adanya berita, tayangan maupun artikel sains, sampai liputan teknologi, masyarakat bisa mendapatkan ilmu pengetahuan. Dalam sejumlah platform, telah tersedia banyak konten yang berkaitan dengan pendidikan. 

6. Peran media massa di Indonesia

Pexels

Telah diketahui sebelumnya mengenai pengertian, isi, serta contoh media massa modern dan bentuk lainnya. Selanjutnya adalah perannya menurut UUD No. 40/1999:

  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui;
  • Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi
  • Menghormati kebhinekaan;
  • Mendorong terwujudnya supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM);
  • Mengembangkan pendapat umum (public opinion) berdasarkan informasi yang cepat, akurat, dan benar;
  • Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum;
  • Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Dapat disimpulkan bahwa media massa adalah sebuah sarana untuk menyampaikan pesan dan diarahkan untuk masyarakat luas. Selain untuk menginformasikan sesuatu, sarana ini juga bisa dijadikan sebagai hiburan dan pendidikan. Pesan yang dimiliki sarana ini bisa diterima oleh siapapun dan dimanapun, tanpa memandang jenis kelamin, nama, usia, ataupun suku bangsa.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.