Dalam ilmu geografi, terdapat materi mengenai pengertian dan contoh interaksi antar ruang. Pengertian dari ruang adalah tempat di permukaan bumi yang ditempati dan ditinggali oleh makhluk hidup. Terdapat beberapa cakupan dari hal ini, mulai dari batuan, atmosfer, perairan, organisme, sampai lapisan tertentu.

Pada hakikatnya, setiap ruang yang terdapat pada permukaan bumi mempunyai ciri khas tertentu antar wilayah. Perbedaan inilah yang menyebabkan timbulnya interaksi antar ruang di bumi. Untuk membahasnya lebih lanjut, simak artikel berikut ini, ya.

BACA JUGA: Contoh Interaksi Sosial, Pengertian, Ciri Ciri, Syarat, & Faktornya

1. Konsep ruang

contoh interaksi antar ruang
Unsplash

Ruang adalah suatu tempat yang ada pada permukaan bumi, baik sebagian maupun keseluruhan yang digunakan oleh setiap makhluk hidup untuk sebuah tempat tinggal. Di dalam ruang ini, ada berbagai hal seperti perairan yang berada di atas permukaan bumi (laut, sungai, danau, dan lain sebagainya) ataupun yang berada di bawah permukaan bumi seperti tanah.

-->

Tidak hanya udara yang ada di atas permukaan bumi yang bersentuhan, namun ada juga lapisan atmosfer terbawah yang juga memengaruhi. Agar lebih mudah untuk belajar mengenai konsep ruang, perhatikan beberapa kesimpulan berikut ini.

  • Ruang bukan hanya terbatas udara yang bersentuhan dengan bumi, namun juga lapisan atmosfer terbawah yang mempengaruhi permukaan bumi. 
  • Ruang adalah tempat dari segala peristiwa terjadi.
  • Semua ruang yang ada di permukaan bumi mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain, diikuti dengan sumber daya yang dihasilkannya.
  • Ruang tidak berdiri sendiri, namun memengaruhi kejadian di suatu ruang lainnya.
  • Ruang merupakan tempat manusia untuk saling berinteraksi. 

2. Apa itu interaksi antar ruang?

contoh interaksi antar ruang
Unsplash

Definisi dari hubungan antar tempat adalah suatu cara untuk mengelola tempat berdasarkan masalah dan potensi yang berkaitan dengan sekitarnya. Berdasarkan cara melihatnya, hal ini dibagi menjadi dua, yaitu fisik dan non fisik.

Apabila dilihat secara fisik, setiap tempat pasti memiliki karakteristik tersendiri yang sesuai dengan perannya pada wilayah tertentu. Contoh interaksi antar ruang di Indonesia adalah untuk pusat perdagangan. 

Sedangkan untuk non fisik, bisa dilihat dari adanya kesenjangan sosial dan secara ekonomi. Pertumbuhan ekonomi serta kegiatan sosial akan selalu memiliki pusat di lokasi yang mempunyai pelayanan publik yang bagus. Inilah yang menjadi faktor berpengaruh pada perkembangan pada lokasi tertentu.

3. Syarat interaksi antar ruang

contoh interaksi antar ruang
Unplash

Terdapat beberapa kondisi yang saling bergantung dan diperlukan dalam terjadinya sebuah hubungan antar tempat. Contoh interaksi antar ruang ditunjukkan oleh kesempatan antara, keadaan yang dapat diserahkan atau dipindahkan, dan saling melengkapi. Kondisi ini bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Saling melengkapi (complementarity). Hal ini bisa terjadi apabila suatu daerah dengan daerah lain saling membutuhkan. Contohnya pada daerah A kelebihan sayuran dan kekurangan ikan, sedangkan pada daerah B kelebihan ikan namun kekurangan sayuran. Maka solusinya adalah daerah A dan B bisa saling berinteraksi. 
  • Kesempatan antara (intervening opportunity). Tempat satu dengan yang lainnya bisa mempunyai kesempatan untuk saling berhubungan karena adanya kemungkinan perantara yang bisa menghambat terjadinya suatu hubungan. Contohnya adalah tempat A membutuhkan sayuran, kemudian tempat B dan C adalah penghasil sayur. Akan tetapi, B memiliki lokasi yang cukup jauh daripada C. maka, A akan memilih untuk melakukan interaksi dengan C.
  • Kemudahan Transfer (transferability). Selanjutnya adalah kemudahan pemindahan barang, informasi, serta manusia. Kemudahan transfer atau pemindahan ini bergantung dengan jarak, biaya transportasi, serta kelancaran dan kemudahan dalam transportasi.

BACA JUGA: Apa itu SDLC: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Tahapannya

4. Bentuk interaksi antar ruang

Unsplash

Berikut adalah beberapa contoh interaksi antar ruang di bidang sosial, komunikasi, dan lain sebagainya.

  • Mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk menjadi salah satu bentuk hubungan karena memiliki artian bentuk pergerakan dan perpindahan manusia.
  • Transportasi. Merupakan hubungan dalam bentuk perpindahan barang dari satu tempat menuju tempat yang lainnya. Misalnya adalah perdagangan antar wilayah, pengangkutan barang, dan lain sebagainya.
  • Komunikasi. Merupakan sebuah bentuk hubungan antar tempat yang berbentuk perpindahan ide, cita-cita, dan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh interaksi antar ruang komunikasi adalah melihat berita di televisi, mencari informasi melalui internet, dan melihat berita di televisi.

5. Dampak interaksi antar ruang

Unsplash

Terdapat beberapa dampak dari interaksi antar ruang, di antaranya adalah:

  • Perubahan dalam penggunaan lahan.
  • Perubahan dalam bentuk sosial budaya.
  • Perubahan komposisi penduduk.
  • Berkembangnya berbagai pusat pertumbuhan.
  • Berkembangnya sarana dan prasarana di sekitar.
  • Perubahan orientasi dalam mata pencaharian.

6. Contoh penerapan interaksi antar ruang

Unsplash

Berikut ini merupakan beberapa contoh interaksi antar ruang di bidang budaya dan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diketahui:

  • Dalam bentuk perubahan iklim, misalnya adalah hujan di Indonesia disebabkan oleh angin muson barat yang terjadi di Samudera Pasifik.
  • Adanya bencana gunung meletus di kawasan A, banyak masyarakat dari kawasan lainnya yang mengumpulkan dana untuk membantu korban di kawasan A.
  • Penggunaan media telepon. Dengan adanya media ini, maka semua orang bisa saling berhubungan satu sama lain walaupun tidak secara langsung bertatapan muka.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, bentuk, syarat, serta contoh interaksi antar ruang yang bisa Sedulur ketahui dan pahami. Dengan adanya aktivitas tersebut, maka mobilitas dan pengetahuan penduduk pada masing-masing wilayah bisa semakin meningkat karena adanya interaksi.

Namun, mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya juga memberikan dampak negatif yaitu semakin berkurangnya jumlah penduduk produktif di daerah asal. Akibatnya, pembangunan kota menjadi terhambat.  Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.