Manfaat air lemon

Buah lemon terkenal sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, manfaat air lemon  juga dipercaya memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Tak heran, mulai banyak orang yang kini beralih minum air lemon ketimbang kopi atau teh untuk memulai hari.

Hal ini diperkuat dengan beberapa penelitian yang membuktikan sejumlah manfaat air lemon bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi air lemon pun bisa menjadi salah satu alternatif gaya hidup sehat yang bisa Sedulur lakukan. Namun tentu jangan pernah melewatkan olahraga dan pola makan yang teratur.

Jika ingin mulai rutin mengonsumsi air lemon, yuk simak manfaat air lemon apa saja yang bisa  Sedulur dapatkan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Air Lemon Untuk Ibu Hamil, Bikin Sehat!

Nutrisi yang terkandung dalam air lemon

Dilansir dari Medical News Today, lemon adalah buah yang memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya. Dalam satu perasan lemon, sudah memenuhi 21 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari bagi tubuh.Tak hanya itu, dibandingkan buah sitrus lainnya seperti jeruk, lemon mengandung lebih banyak flavonoid. Ini adalah senyawa yang bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Masih dilansir dari Medical News Today , air lemon yang mengandung perasan lemon sebanyak 48 gram memiliki kandungan nutrisi antara lain:

  • 10,6 kalori
  • 18,6 miligram (mg) vitamin C, atau 21% dari kebutuhan harian
  • 9,6 mikrogram (mcg) folat, atau 2% dari kebutuhan harian
  • 49,4 mg kalium, atau 1% dari kebutuhan harian
  • 0,01 mg vitamin B-1, atau 1% dari kebutuhan harian
  • 0,01 mg vitamin B-2, atau 1% dari kebutuhan harian
  • 0,06 mg vitamin B-5, atau 1% dari kebutuhan harian

Manfaat air lemon

1. Membantu tubuh tetap terhidrasi

manfaat air lemon
Unsplash

Manfaat pertama air lemon adalah bisa membantu tubuh terhindar dari kondisi dehidrasi. Dilansir dari Healthline, wanita harus mendapatkan air lemon setidaknya 91 ons per hari dan pria harus mendapatkan setidaknya 125 ons air lemon per hari.

Selain itu, agar tubuh tetap terhidrasi, Sedulur juga harus secara rutin minum air sesuai dengan dosis yang disarankan, yakni 8 gelas per hari. Sayangnya, beberapa orang mengaku tak menyukai minum air putih karena rasanya yang hambar. Oleh karena itu, menambahkan perasan air lemon pada air putih, akan menambah cita rasa dan tak membuatnya eneg saat diminum.

Namun hal penting yang perlu diingat, pastikan Sedulur hanya menambahkan perasan air lemon saja pada air putih, jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya untuk tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari air lemon.

BACA JUGA: 10 Manfaat Vitamin A Tak Hanya untuk Mata tetapi Juga Tubuh

2. Sumber vitamin C yang baik

manfaat air lemon
Unsplash

Seperti sudah dijelaskan di atas, lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan sumber terbaik untuk antioksidan, yang mampu menangkal dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan makin baik

Tak hanya itu, vitamin C dari air lemon juga akan membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, stroke, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Mencerahkan kulit

manfaat air lemon
Unsplash

Tak hanya bagi kesehatan tubuh bagian dalam, ada pula manfaat air lemon untuk wajah. Air lemon dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah. Lagi-lagi, hal ini karena kandungan vitamin C dalam air lemon yang mampu membuat kulit wajah lebih sehat.

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan ini tak hanya mampu menjaga tubuh dari penyakit berbahaya, namun juga menjaga kesehatan kulit dan membuatnya lebih cerah serta bersih. Tak berhenti di situ, konsumsi air lemon secara rutin juga mampu menjaga kelembaban wajah, sehingga kerutan atau keriput pada kulit wajah Sedulur bisa dikurangi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur bisa mulai dengan mengonsumsi air lemon hangat setiap malam sebelum tidur.

4. Manfaat air lemon dan madu

manfaat air lemon
Unsplash

Jika Sedulur tak terlalu suka rasa air lemon yang terlalu asam, Sedulur bisa menambahkan madu murni sebagai pemanis. Sehingga rasa air lemon tidak akan terlalu asam.

Dan kabar baiknya, ternyata air lemon dan madu juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan lho. Dilansir dari Hello Sehat, ada beberapa manfaat air lemon dan madu yang bisa Sedulur dapatkan. Pertama, mencegah infeksi saluran kencing. Hal ini karena madu memiliki fungsi antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi.

Kedua, membersihkan hati dari racun. Jika Sedulur rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu atau alkohol, kerja hati biasanya akan lebih berat. Oleh karena itu, hati perlu dibersihkan dari racun-racun yang menempel akibat konsumsi obat atau alkohol. Minum air lemon dan madu secara rutin bisa membantu membersihkan hati.

Ketiga, membersihkan saluran pencernaan. Air lemon dan madu memiliki fungsi antibakteri yang dapat berperan sebagai detox.

BACA JUGA: 15 Manfaat Apel Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Manfaat air lemon untuk diet

manfaat air lemon
Unsplash

Lemon telah lama dikenal sebagai salah satu buah yang bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk menginduksi obesitas.

Untuk Sedulur yang sekarang sedang dalam masa diet, bisa mencoba mengonsumsi air lemon secara rutin. Cara membuat air lemon untuk diet yakni siapkan 2 sdm perasan air lemon, segelas air putih, 2 sdm gula. Campurkan bahan-bahan ini, dan minum setiap kali merasa lapar. Namun batasi minum air lemon untuk diet 6-12 kali dalam sehari.

Namun yang perlu diingat, jangan memulai diet lemon secara mendadak. Lima hari sebelum memulai diet lemon, sebaiknya Sedulur mulai mengatur pola makan. Seperti misalnya mulai kurangi asupan karbo dan olahan daging serta susu. Sebaliknya, Sedulur harus mulai banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

6. Melancarkan siklus haid

Unsplash

Tak banyak yang tahu tentang manfaat lemon untuk melancarkan haid. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa untuk melancarkan haid adalah meminum racikan kunyit dan asam jawa. Namun ternyata, air perasan lemon memiliki manfaat yang sama.

Manfaat air lemon untuk haid dipercaya bisa mengurangi volume pendarahan dan mempercepat siklus  haid Sedulur.

7. Menyegarkan nafas

Unsplash

Sedulur menyukai makanan-makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih, petai, jengkol, ikan asin, dan semacamnya? Jika iya, makanan kesukaan Sedulur ini mungkin saja menimbulkan masalah bau mulut. Apalagi jika Sedulur seringkali lupa langsung menyikat gigi setelah makan.

Salah satu manfaat air lemon yang Sedulur harus tahu adalah bisa membantu membuat nafas Sedulur lebih segar. Air lemon membantu merangsang air liur, sehingga dapat mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut karena bakteri.

BACA JUGA: 12 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk Dikonsumsi Tubuh

8. Mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur

Unsplash

Ternyata tak hanya cokelat yang bisa memiliki manfaat mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur. Air lemon ternyata juga bisa memiliki manfaat yang sama. Air lemon dipercaya bisa membuat tubuh dan pikiran lebih tenang, sehingga risiko depresi lebih rendah.

Tak hanya itu, air lemon juga bisa membuat tidur Sedulur lebih berkualitas. Cara membuat air lemon untuk tidur yang berkualitas antara lain campur perasan lemon dengan air hangat, lalu minum setiap kali sebelum Sedulur tidur.

9. Menjaga kesehatan mata

Unsplash

Untuk menjaga kesehatan mata ternyata tak hanya dengan asupan vitamin A saja, melainkan juga butuh asupan vitamin C yang cukup. Salah satu sumber vitamin C yang baik adalah dari buah lemon. Oleh karena itu, mengonsumsi air lemon secara rutin akan membantu Sedulur menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko gangguan kesehatan mata.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Yogurt untuk Diet Rendah Lemak Kaya Protein

10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Unsplash

Semakin bertambahnya usia, kesehatan tulang dan gigi harus semakin dijaga. Sebab semakin bertambah usia, tulang dan gigi juga akan semakin rentan mengalami kerusakan. Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium untuk merawat tulang dan gigi, Sedulur juga bisa menambah asupan vitamin C.

Kandungan mineral dan vitamin C pada air lemon dipercaya mampu bisa turut menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itu dia sejumlah manfaat air lemon yang ternyata cukup banyak dan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh. Lalu mungkin Sedulur akan bertanya-tanya, bagaimana sih cara minum air lemon yang benar? Sedulur bisa minum air lemon setiap pagi dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, minum air lemon setiap pagi dengan kondisi perut masih kosong. Cara ini sekaligus menjadi detox bagi tubuh.

Sementaran itu cara membuat air lemon dalam botol cukup mudah. Jika Sedulur tak terlalu suka dengan rasa lemon yang terlalu asam, Sedulur bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Selain itu, Sedulur juga bisa membuat infused water dalam botol. Caranya, Sedulur tinggal isi botol dengan air lalu masukkan potongan lemon, apel, strawberry, dan buah lainnya. Tutup rapat botol, masukkan ke dalam kulkas, diamkan selama beberapa jam hingga seharian. Selamat mencoba, Sedulur!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.