Sedulur pasti tahu sayuran yang bernama pakcoy. Namun, apakah Sedulur tahu manfaatnya? Yuk simak ulasan terkait kandungan gizi pakcoy di bawah ini!

Banyak yang telah mengetahui pakcoy, namun sebagian mungkin akan bertanya apa itu pakcoy? Pakcoy adalah sayuran hijau yang serupa dengan sawi. Oleh karena itu, sayur pakcoy juga dikenal dengan naman sawi pakcoy atau sawi sendok. Hal ini dikarenakan bentuk pakcoy yang mungil dan terlihat seperti sendok.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar manfaat pakcoy, baik itu manfaat untuk orang dewasa hingga manfaat pakcoy untuk bayi. Banyak yang sering mengkonsumsi pakcoy hijau, namun belum mengetahui manfaatnya. Seperti apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Namun sebelum itu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalam sayuran sehat satu ini.

Baca Juga: Tips Mengolah Sayur Agar Nutrisi Tidak Hilang Ala SUPER

-->

Daftar Kandungan Nutrisi

Daftar Kandungan Nutrisi
idntimes.com

Kandungan nutrisi dari sayuran ini dapat memberikan berbagai manfaat, dari 70 gram sayuran sawi sendok ini, kurang lebih mengandung nutrisi yang terdiri dari:

  • Karbohidrat: 1,5 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Serat: 0,7 gram
  • Kalori: 9,1

Semantara itu, kandungan vitamin dan zat mineral dari sekitar 170 gram sayuran ini mengandung kurang lebih sebagai berikut:

  • Vitamin C: 44,2 gram
  • Vitamin E: 0,2 miligram
  • Vitamin K: 57,8 mikrogram
  • Vitamin B6: 0,3 miligram
  • Folat: 69,7 mikrogram
  • Kolin: 20,6 miligram
  • Kalsium: 158 miligram
  • Zat besi: 1,8 miligram
  • Magnesium: 18,7 miligram
  • Fosfor: 49,3 miligram
  • Kalium: 631 miligram
  • Natrium: 57,8 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram
  • Selenium: 0,7 mikrogram

Lantas apa saja manfaat yang bisa diberikan dari kandungan yang telah dipaparkan di atas? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Manfaat Sayuran dan Tanaman Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh!

1. Kesehatan Jantung

1. Kesehatan Jantung
hariansuara.com

Dalam rangka untuk mengenal sayuran satu ini, tentu saja kita harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa diberikan untuk tubuh. Salah satu manfaat yang penting adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalori dan kandungan kolesterol yang sangat rendah dalam sayuran sawi sendok ini.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung folat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6. Semua kandungan nutrisi dan kandungan gizi yang terdapat dalam sawi sendok atau pakcoy putih dapat tetap menjaga jantung tetap sehat. Dan, tentu saja, dapat mencegah munculnya homosistein, yang beresiko merusak pembuluh darah dan memperbesar risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Mulailah Kebiasaan Hidup Sehat dengan 8 Cara Unik Ini

2. Menjaga Tekanan Darah

2. Menjaga Tekanan Darah
alodokter.com

Karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, oleh karenya sayuran ini juga dapat mencaga tekanan darah dalam batas normal. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang terdiri dali kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Berdasarkan penelitian para ahli gizi dan kesehatan yang telah dirangkum dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah Bernama American Journal of Clinical Nutrition di Amerika, dengan mengkonsumsi kalium hingga 4.700 miligram setiap harinya, dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh asupan natrium dari bahan makanan lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

3. Menjaga Kesehatan Tulang
temp.co

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi sawi sendok adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc dan vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Kita ambil contoh seperti kandungan fosfor dan kalsium misalnya, kedua kandungan gizi tersebut dapat memperkuat struktur tulang. Kemudian juga hal tersebut semakin didukung dengan adanya vitamin K yang dapat menjaga kestabilan kalsium yang ada pada tulang. Bagi Sedulur yang memiliki masalah pada tulang dan persendian, sayuran satu ini sepertinya sangat ampuh untuk mengobati permasalahan yang Sedulur alami.

4. Mencegah Peradangan dalam Tubuh

4. Mencegah Peradangan dalam Tubuh
detik.com

Peradangan di dalam tubuh bisa dirasakan dengan sakit panas dalam atau sariawan misalnya. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya asupan vitamin dan kolin. Namun hal tersebut bisa diatasi tanpa meminum obat, Sedulur hanya perlu mengkonsumsi sawi sendok secara teratur.

Karena kandungan klon yang terdapat dalam sayuran ini dapat mencegah munculnya peradangan dalam tubuh dan juga dapat mengobati peradangan yang sedang dialami. Selain itu, kolin juga sangat ampuh untuk menjaga pergerakkan oto dan meningkatkan daya ingat. Hal paling penting adalah, kolin dapat membuat kualitas istirahat dan tidur kita menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
lifebouy.co.id

Hal ini sangat penting, karena sistem imun merupakan hal yang sangat diandalkan. Terutama di tengah pandemi virus corona saat ini, yang kabar terkait vaksin Covid-19 masih belum dapat dipastikan. Imun tubuh menjadi andalan utama untuk menolak masuknya virus corona ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumis sayuran satu ini secara rutin, Sedulur dapat memiliki sistem imun yang kuat untuk menangkat setiap virus dan bakteri dari luar.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

6. Menjaga Kesehatan Kulit
sindonews.com

Salah satu manfaat dari sayuran satu ini adalah dapat menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan kandungan kolagen dan juga vitamin C yang terdapat di dalamnya. Vitamin C dan kolagen dapat secara efektif mencegah kulit keriput dan juga menangkal kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap kendaraan.

Semoga daftar manfaat pakcoy dan juga kandungan yang terdapat didalamnya, yang telah dijelaskan di atas bisa memberi informasi bagi Sedulur agar semakin mengenal pakcoy. Sedulur bisa membeli pakcoy yang super fresh di Aplikasi Super. Namun, sebelum itu, Sedulur perlu download Aplikasi Super terlebih dahulu dengan klik di sini, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.