Manfaat Jagung

Tak hanya enak dan bergizi, jagung juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Masyarakat Indonesia telah lama mengenal jagung. Menurut sejarah, bangsa Portugis adalah pihak yang menanam jagung di bumi Indonesia pada abad ke-16. Tak heran jika kini banyak makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar jagung seperti lepet jagung, tinutuan, marning, hingga yang paling populer, nasi jagung.

Menilik dari kandungan nutrisinya, jagung adalah salah satu superfood juga lho. Panganan satu ini kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan berbagai senyawa bioaktif lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Agar tak penasaran, yuk simak manfaat buah kuning istimewa yang satu ini!

12 Manfaat Tanaman Jagung Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Sedulur Tahu. Bisa Cegah Alzheimer!

1. Jagung Menambah Energi

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Jagung sudah lama dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini akan diolah secara perlahan oleh tubuh sehingga membuat Sedulur kenyang lebih lama. Karena itu pula, jagung dapat menambah energi bagi Sedulur yang padat aktivitas atau gemar berolahraga.

Jika bisa, pilihlah jagung manis karena gula di dalamnya akan menambah asupan energi juga. Ciri-ciri jagung manis yang enak adalah yang rumbainya berwarna cokelat terang atau keemasan dan bau harum.

2. Menyehatkan Mata dengan Jagung

Photo by Noelle Otto from Pexels

Buah kuning satu ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang tergolong dalam karotenoid di dalamnya. Sehingga, konsumsi makanan ini baik untuk kesehatan mata. Kedua kandungan ini berperan dalam melindungi kerusakan oksidatif pada mata akibat cahaya biru dari gadget, lampu, atau matahari.

3. Jagung Menjaga Kolesterol dan Gula Darah

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

Makanan satu ini sudah terkenal sebagai santapan yang baik bagi penderita kolesterol dan diabetes. Pasalnya, jagung dapat membantu melancarkan aliran darah, membantu penyerapan kolesterol, dan mengatur kadar insulin dalam darah. Hal ini membantu penderita diabetes dan kolesterol menjaga tubuh mereka tetap sehat.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa makanan satu ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Sehingga penderita diabetes perlu berhati-hati dalam konsumsinya. Pastikan Sedulur tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan ini agar kadar gula darah tak terlalu tinggi.

Baca Juga: 8 Makanan Pokok Khas Indonesia Yang Tinggi Gizi & Menyehatkan

4. Jagung Melancarkan BAB

Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Kandungan serat yang tinggi dalam makanan ini membuatnya jadi salah satu makanan terbaik untuk memperlancar pencernaan. Kandungan dalam jagung menjadi makanan bagi bakteri baik di usus besar. Sehingga selain melancarkan buang air besar, makanan ini juga akan menjaga kesehatan usus besar dan menghindarkan Sedulur dari kanker usus besar.

5. Mencegah Divertikulosis

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Bagi Sedulur yang belum tahu, diverticulosis adalah kondisi di mana muncul kantung-kantung dalam dinding usus besar. Kondisi ini terjadi akibat terlalu sering konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat. Selain itu, rendahnya aktivitas fisik juga menjadi salah satu faktor pemicu divertikulosis.

Kandungan serat pada jagung yang tinggi dapat membantu Sedulur mengurangi risiko divertikulosis sekaligus menyehatkan usus besar.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Photo by Angela Roma from Pexels

Penelitian dari Oregon State University menemukan bahwa kandungan beta karoten dalam jagung dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh. Termasuk untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Akan tetapi, Sedulur perlu mencermati olahan jagung yang dikonsumsi seperti apa. Upayakan untuk mengolah panganan ini secara sehat, tanpa menambahkan lemak jahat atau garam yang terlalu tinggi. Terutama jika akan menyajikannya bagi anak-anak.

Jika Sedulur kebingungan bagaimana cara mengolah panganan satu ini dengan sehat, coba deh lihat berbagai resep di Website Aplikasi Super. Siapa tahu, Sedulur jadi muncul ide masak yang seru! Bahan-bahannya pun pasti bisa Sedulur dapatkan melalui Aplikasi Super.

7. Membantu program penurunan berat badan

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Sebagai karbohidrat kompleks, panganan satu ini berjasa dalam membuat Sedulur kenyang lebih lama. Hal ini sangat menguntungkan bagi Sedulur yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dengan mengganti konsumsi karbohidrat harian dengan jagung, Sedulur akan dapat menjaga tubuh kenyang lebih lama sekaligus memberi energi ekstra untuk berolahraga.

Untuk menggunakan panganan satu ini sebagai bagian dari program diet, Sedulur perlu memerhatikan proses memasaknya. Baiknya, Sedulur mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus. Pilihlah jagung yang manis dan segar, lalu rebus atau kukus hingga berwarna kuning keemasan. Beri sedikit garam untuk rasa. Siap deh, bekal jagung untuk diet Sedulur!

8. Menurunkan risiko anemia

Photo by Roger Brown from Pexels

Sedulur yang kerap mengalami anemia, cobalah untuk sering-sering konsumsi panganan satu ini. Kandungan asam folat, vitamin B12 serta zat besi di dalamnya mampu membantu proses pembuatan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko anemia sekaligus membuat tubuh lebih bugar.

Anemia adalah kondisi kesehatan di mana penderitanya kekurangan sel darah merah dalam tubuh atau sel darah merah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dampaknya, sirkulasi oksigen dalam tubuh pun terhambat. Gejala anemia yang banyak dirasakan adalah kulit pucat, kelelahan, sesak napas dan sering pusing atau bahkan pingsan.

Baca Juga: Resep Olahan Bihun Jagung Yang Enak & Mudah Dibuat

9. Menjaga kesehatan kehamilan

Photo by lucas mendes from Pexels

Bagi ibu hamil, kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Saat hamil, seorang perempuan rawan mengalami masalah kesehatan pada dirinya maupun pada bayinya. Guna menjaga kesehatan kehamilan, Sedulur bisa mencoba konsumsi jagung.

Makanan ini kaya akan asam folat dan zeaxanthin yang dapat mencegah masalah kesehatan pada bayi seperti malformasi syaraf dan risiko kehamilan lainnya.

10. Meningkatkan daya ingat

Photo by Anna Shvets from Pexels

Daya ingat merupakan hal yang kerap kita sepelekan saat masih muda. Padahal, menjaga daya ingat tetap prima adalah syarat penting bagi Sedulur untuk terhindar dari penyakit Alzheimer di masa tua kelak. Kandungan Thiamine dan vitamin B1 membantu meningkatkan daya ingat otak dan menjaga sel-sel otak agar tetap prima.

Selain dua kandungan di atas, panganan satu ini juga kaya akan potassium. Kandungan potassium tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Termasuk pula sirkulasi darah ke otak. Hal inilah yang kemudian membantu menyehatkan sel-sel otak sekaligus meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer.

11. Menjaga kulit dari tanda penuaan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Bukan hanya jeruk, jagung pun memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini berdampak pada kesehatan kulit secara general, terutama pada kemampuan kulit untuk memerangi tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksidan ini juga dapat membantu mencegah efek buruk dari sinar UV.

Tentu saja, untuk mencegah tanda penuaan tidak akan cukup dengan hanya mengonsumsi buah kuning ini saja. Sedulur juga perlu menjaga kulit dengan rangkaian skincare yang sesuai dengan jenis kulit Sedulur untuk hasil yang maksimal.

12. Mencegah kerontokan rambut

Photo by Jaspereology from Pexels

Konsumsi panganan satu ini juga memiliki dampak positif bagi rambut. Jika Sedulur bermasalah dengan rambut rontok, makanan ini dapat menolong. Jagung mengandung vitamin C, lycopene dan berbagai vitamin lainnya yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area kulit kepala.

Aliran darah yang lancar serta kandungan antioksidan yang tinggi akan membuat helai rambut kian kuat dan mengurangi risiko kerontokan rambut. Namun, Sedulur juga perlu melakukan konsultasi ke dokter jika kerontokan yang terjadi cukup parah. Pasalnya, bisa jadi ada kondisi atau penyakit lain yang menjadi penyebabnya.

Bagaimana Cara Mendapat Manfaat Baik dari Jagung?

Photo by NEOSiAM 2021 from Pexels

Konsumsi tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini memang baik bagi tubuh. Tapi tak berarti semua jagung dapat memberi manfaat positif. Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti cara pengolahannya, bahan tambahannya, hingga kesegarannya.

Jagung yang paling baik adalah yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Cara ini dapat menjaga kandungan nutrisi pada jagung dan tidak menambahkan berbagai bahan lain yang mungkin kurang sehat.

Sedulur juga dapat mengolah panganan ini dengan cara dibakar atau dipanggang. Cara ini juga cukup baik untuk menjaga kandungan nutrisinya. Selain itu, rasanya pun juga akan lebih nikmat dibandingkan dengan metode rebus atau kukus. Sedulur dapat menambahkan sedikit mentega dan garam untuk rasa yang lebih nikmat.

Efek Samping

Photo by Cats Coming from Pexels

Meski makanan satu ini baik bagi tubuh dan sudah menjadi bagian dari pola diet masyarakat Indonesia, namun terdapat efek samping yang perlu diperhatikan pula. Konsumsi buah kuning ini jika terlalu banyak, bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti perut kembung, diare, dan gas berlebih dalam perut.

Selain itu, makanan satu ini juga mengandung phytic acid yang dapat menghambat penyerapan mineral pada tubuh. Dengan begini, maka Sedulur perlu moderasi dalam konsumsi makanan satu ini. Menurut ahli, jumlah maksimal konsumsi makanan ini dalam sehari adalah 2 ½ cangkir saja. Jika berlebihan, maka justru akan meningkatkan risiko kesehatan.

Meski kerap mendapat cap buruk karena menjadi bahan dasar berbagai makanan cepat saji, namun jagung ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan ‘kan? Karena itu, jangan takut untuk mengonsumsi makanan satu ini.

Sedulur mungkin dapat mencoba untuk mengganti konsumsi karbohidrat harian Sedulur dengan panganan asal Amerika Tengah ini selama beberapa waktu. Atau, Sedulur dapat mengintip beberapa resep olahan jagung yang banyak tersedia di internet. Dengan begitu, Sedulur tak akan cepat bosan dengan cita rasa buah kuning satu ini.

Sedulur bisa mendapatkan makanan ini dari Aplikasi Super, lho. Begitu pula dengan bahan-bahan pendukung untuk membuat hidangan yang lezat. Harga miring serta pelayanan yang cepat jadi alasan kenapa Aplikasi Super patut jadi pilihan. Yuk, install Aplikasi Super sekarang dan dapatkan berbagai promo menguntungkan!