forget me not

Bagi pecinta bunga, tentu sudah tidak asing dengan bunga Forget Me Not. Bunga yang berwarna biru ini memang memililiki daya tarik tersendiri. Bunga forget me not artinya adalah jangan lupakan aku yang mana bunga ini juga merupakan simbol dari cinta dan kesetiaan sesuai dengan namanya. 

Harga bunga Forget Me Not sangat bervariasi di pasaran. Mulai dari Rp5000 hingga Rp30.000untuk satu potnya.  Lantas apakah bunga Forget Me Not di indonesia dapat tumbuh subur ? Yuk simak informasinya di bawah ini. 

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Legenda bunga Forget Me Not

forget me not
99.co

Bunga yang sangat istimewa ini memiliki legenda yang cukup mengesankan. Ada cerita menarik dari asal mula penamaan bunga ini.

“Ketika itu, Tuhan baru menciptakan alam semesta ini dan tiba waktunya Tuhan menghiasi dengan berbagai tanaman bunga yang sangat indah dan berbagai macam.

Hingga waktunya menamai bunga yang tadi sudah Tuhan ciptakan, satu per satu bunga dinamai: mulai dari bunga mawar dinamai rose, bakung dinamai lily, tulip, kemudian magnolia, dilanjutkan dengan bunga frangipani, bunga poppy, pansy, bunga melati alias jasmine, bunga lavender, bunga geranium, dan bunga aster. Mereka sangat senang dengan nama-nama mereka tadi, lalu ada satu bunga kecil yang indah berada di antara semak-semak dibawah bunga mawar yang belum dipanggil namanya oleh Tuhan.

Maka bunga yang sudah dinamai tadi berseru-seru memanggil Tuhan dan berkata: “forget me not, my lord! Forget me not!” lalu Tuhan tersenyum sambil memandang mereka dan berkata: “Then shall it be your name!”.

Maka, bunga kecil, indah nan mempesona tadi dinamai bunga Forget Me Not. Dimana arti dari bunga tersebut adalah Tuhan yang Mahaesa tak akan pernah sedetikpun melupakan makhluknya walaupun dia kecil dan tak terlihat oleh makhluk yang lain.”

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bunga forget me not

forget me not
ilmubudidaya

Berikut manfaat bunga Forget Me Not untuk Kesehatan dan kecantikan yang perlu Sedulur ketahui.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bunga ini mengandung banyak vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh.

2. Membuat tubuh lebih sehat

Meski mengandung kafein, manfaat teh bunga forget me not justru dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

3. Melembapkan kulit dan mengurangi keriput

Mengkonsumsi teh bunga ini secara rutin bermanfaat untuk melembabkan kulit dan juga mengurangi kerutan. Hal ini karena teh ini kaya akan vitamin C.

4. Merelaksasi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa teh bunga ini mengandung vitamin C yang juga bermanfaat untuk merelaksasikan tubuh dan juga menenangkan ketegangan saraf. Jadi ketika Sedulur sengan merasa stress maupun gelisah, Sedulur dapat meminum teh ini merasakan sensasi tubuh lebih rileks.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi teh bunga ini secara rutin dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menjadi detoksifikasi liver.

 BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Bunga Forget Me Not sebagai lambang kesetiaan

forget me not
Pixabay

Perlu Sedulur ketahui bahwa bunga Forget Not Me dijadikan sebagai symbol kesetiaan, cinta dan juga kasih sayang. Sama halnya dengan namanya, bung ini memiliki arti tentang sebuah cinta, perasaan sayang dan juga melambangkan kesetiaan kasih.

Tak hanya itu, bung aini juga menyiratkan adanya kelanggengan dalam hubungan, kepedulian dan juga cinta untuk orang-orang yang menderita. Hal itulah yang mmebuat bung ini sering dijadikan sebagai buket bunga pernikahan karena menyiratkan doa untuk kebahagiaan pengantin yang sedang menikah.

Bunga favorit Putri Diana

Outerbloom

Tak hanya menjadi lambing kesetiaan, bunga ini juga menjadi bunga favorit dari Putri Diana semasa ia hidup. Oleh karena itu, bung aini menjadi pilihan Harry untuk dipersembahkan bagi isterinya sebagai bukti dan tanda cinta kasihnya kepada Meghan sekaligus menjadi pengingat bagi sang ibu yaitu Putri Diana.

BACA JUGA : 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

Ditanam menggunakan metode khusus

ilmubudidaya

Bunga Forget Me Not merupakan bunga yang istimewa ini memerlukan treatment yang khusus. Bunga ini merupakan salah satu jenis tumbuhan biennial, yaitu tanaman yang akan berbunga setelah itu akan mati di tahun selanjutnya, maka bunga ini harus ditanaman pada waktu khusus.  Untuk bisa membuat bunga ini tumbuh dengan sempurna, maka harus memilih waktu terbaik yaitu disaat musim bunga masih jauh. Hal tersebut dikarenakan saat musim bunga datang, bung aini baru dapat ikut berbunga.

Selain itu, bunga ini membutuhkan tanah yang subur, gembur dan juga sistem pengairan yang baik agar bunga dapat tumbuh dengan sempurna. Forget Me Not juga memerlukan pencahayaan yang baik karena bung aini tidak boleh terkena sinar matahari sepanjang waktu.

Aroma dan rasa

forget me not
99.co

Bunga istimewa yang berwarna biru keunguan ini memiliki aroma yang sangat harum dan banyak diolah menjadi minuman teh. Rasanya Pun sudah tidak diragukan lagi. Sedulur dapat menikmati the bung aini dengan campuran gula dan madu atau hanya cukup diminum secara tawar tanpa tambahan bahan lain.

Demikianlah informasi tentang Arti bunga Forget Me Not dan juga fakta menariknya. Perlu Sedulur ketahui bahwa bunga Forget Me Not tumbuh di daerah yang lembab dan lingkungan yang teduh seperti pada ketinggian 500-1000 mdpl. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.