Cuddling adalah adalah kata lain dari berpelukan yang lebih mesra dan penuh kasih. Berbeda dengan pelukan biasa yang bisa dilakukan oleh sesama teman, keluarga, bahkan kenalan yang baru bertemu, cuddling lebih identik dilakukan oleh pasangan atau kerabat dekat seperti putra-putri Sedulur yang masih kecil, bahkan termasuk binatang peliharaan. 

Cuddle sendiri meliputi beberapa kegiatan seperti berpegangan tangan, berpelukan erat, bahkan mencium hingga memijat. Intinya aktivitas-aktivitas yang menunjukan afeksi secara fisik pada orang lain. Meski terdengar sepele, ada banyak manfaat cuddle yang baik untuk kesehatan jasmani maupun mental. Lengkap dengan posisi cuddling yang bisa kamu coba bersama pasangan. Penasaran? Jawabannya ada di bawah. Mari cek. 

BACA JUGA: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

Mari mulai dengan manfaatnya dulu. Ternyata cuddling memiliki banyak khasiat yang tak bisa kamu abaikan, lho. 

-->

1. Baik untuk kesehatan jantung 

unsplash.com

Menurut artikel dari Fakultas Kedokteran University of Pennsylvania, studi menunjukkan bahwa perempuan yang lebih sering memeluk pasangannya cenderung memiliki tekanan darah yang normal ketimbang yang jarang melakukan sentuhan fisik. Ini berhubungan dengan fakta bahwa sentuhan fisik bisa memicu produksi hormon oksitosin. Oksitosin merupakan hormon yang sering diasosiasikan dengan kebahagiaan, kepercayaan, cinta, hingga aktivitas seksual. Ia sering disebut pula dengan hormon cinta yang membuat siapapun merasakan kenyamanan dan kebahagiaan. Hormon ini dilepaskan saat seseorang berpelukan, melakukan aktivitas seksual, melahirkan, dan saat menyusui. Oksitosin terbukti dapat memperlambat detak jantung dan memperlebar pembuluh darah

2. Bisa meredakan stres

cuddling adalah
unsplash.com

Salah satu benefit penting dari cuddling adalah meredakan stres. Masih berkaitan dengan peran oksitosin mengurangi tekanan darah, secara otomatis hormon stres yang kita kenal dengan kortisol pun akan ikut turun. Kita akan merasakan nyaman, bahkan keinginan untuk tersenyum dan tertawa melupakan sejenak beban hidup. Dengan kepala dingin seperti ini, kamu mungkin akan menemukan solusi atas masalahmu. 

BACA JUGA: 7 Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota, Aman!

3. Hormon oksitosin membuat tidur lebih berkualitas

unsplash.com

Selain jantung yang sehat, oksitosin dari aktivitas cuddling ternyata mampu membuat tidurmu lebih lelap. Studi yang dilakukan Vivek Jain, dkk. di The American Journal of Physiology bahkan menemukan bahwa oksitosin mampu mengurangi gejala-gejala ngorok saat tidur sehingga membuat tidur jauh lebih nyenyak dan berkualitas. 

4. Meningkatkan imun 

cuddling adalah
unsplash.com

Studi dari Sheldon Cohen, dkk. dalam Psychological Science menemukan bahwa sentuhan fisik dapat meredakan bahkan menghambat infeksi virus. Pelukan sebagai sentuhan fisik non seksual merupakan bagian dari support system yang memberikan keamanan rasa terjamin. Tidak peduli waktunya, saat kita sedang tertekan atau tidak, efek cuddle atau sentuhan fisik lainnya sangat berarti dalam melindungi seseorang dari serangan virus atau penyakit. 

5. Mengurangi nafsu makan 

unsplash.com

Oksitosin juga dipercaya merupakan salah satu hormon yang mengontrol nafsu makan. Saat produksinya cukup, kita akan merasakan sensasi kenyang dan berhenti makan. Ini dibuktikan oleh berbagai penelitian yang diungkap Elizabeth Lawson dalam Nature Reviews Endocrinol. Ia tidak melakukan penelitian langsung pada manusia karena masalah etik, tetapi ia membuktikannya pada tikus percobaan dan hasilnya positif. Namun, keberadaan oksitosin berlebih juga bisa berbahaya. Mengingat penelitian juga menunjukkan bahwa kadar oksitosin pada pengidap gangguan makan anoreksia dan bulimia ternyata cukup tinggi. Intinya, oksitosin baik untuk meredakan nafsu makan berlebih, tetapi jika berlebihan juga bisa berakibat buruk. 

BACA JUGA: Begini Cara Mudah Menghitung Weton Kamu & Pasangan

6. Memperlancar komunikasi antar pasangan 

cuddling adalah
unsplash.com

Saat dalam posisi cuddle, pasangan akan lebih nyaman mengutarakan apa yang ia rasakan atau inginkan. Di momen tersebut pula, kalian bisa melakukan sentuhan fisik lain seperti saling membelai atau bahkan mencium kening, tangan, dan lain sebagainya. Cuddling adalah salah satu cara mempereratikatan emosi kalian berdua. 

Sudah tahu beberapa manfaat cuddle dan sentuhan fisik. Mari cari tahu cara dan macam-macam posisi cuddle yang bisa Sedulur praktikan. 

1. Spoon 

unsplash.com

Spoon cuddling artinya adalah posisi memeluk yang searah. Jika biasanya berpelukan dilakukan saling berhadapan, pasangan yang memilih posisi ini akan menghadap arah yang sama. Satu orang memeluk dari belakang dengan menyelipkan tangan ke bawah ketiak atau pinggang pasangannya. Posisi ini ideal dilakukan saat berbaring sehingga perut orang pertama akan bertemu punggung orang kedua. Ada dua macam spoon cuddling, big spoon jika ukuran tubuh orang pertama yang memeluk lebih besar dan little spoon bila pasangan yang memeluk ukuran tubuhnya lebih kecil. 

2. Arm drapper  

unsplash.com

Perbedaan arm drapper cuddle dan spoon cuddling jelas pada posisinya. Jika kamu tak nyaman dengan posisi spoon yang membuatmu tak berhadapan dengan pasangan, arm drapper bisa jadi alternatif. Caranya dengan merangkul pasangan dengan tanpa harus menghadap arah yang sama. Kamu juga bisa menentukan jaraknya agar tidak merasa gerah atau tak nyaman. Letakkan satu tangan di belakang pasanganmu dan gunakan satu tangan lainnya untuk menggenggam tangan si dia. Posisi cuddle ini juga bisa dilakukan sambil duduk sambil saling menyandarkan kepala ke satu sama lain. 

BACA JUGA: Begini Ciri-ciri Wanita Hormon Tinggi yang Bergairah

3. Sweetheart craddle 

cuddling adalah
unsplash.com

Posisi ini membolehkan Sedulur dan pasangan untuk saling berhadapan dan berpelukan. Kamu bisa menempatkan posisi lebih rendah atau lebih tinggi dari pasangan, sehingga salah satu dari kalian bisa memposisikan kepala di ceruk leher atau bisa juga mengistirahatkan kepala di dada pasangan. Sementara, tangan kalian bisa bergandengan atau saling memeluk punggung masing-masing. 

4. Leg hug 

cuddling adalah
unsplash.com

Tidak harus berpelukan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh, kamu bisa melakukan cuddle hanya di bagian kaki saja. Leg hug namanya merupakan posisi tidur di mana kakimu dan kaki pasangan saling terhubung. Ini bisa memberikan rasa hangat dan aman, tetapi tetap menjamin personal space masing-masing. 

BACA JUGA: 6 Manfaat Daun Sungkai, Diyakini Dapat Mengobati Covid?

5. Lap pillow

cuddling adalah
unsplash.com

Cuddle meliputi banyak aktivitas, tidak harus berpelukan intens. Sedulur bisa menempatkan kepala di pangkuan pasangan atau sebaliknya. Di momen ini, kalian bisa saling bertatapan dan melakukan deep talk alias obrolan yang dalam bisa mengenai masa depan, rencana keuangan, atau bahkan mengingat momen-momen manis berdua. Selain meletakkan kepala pada pangkuan pasangan, Sedulur bisa juga meletakkan paha dan kaki di pangkuan pasangan tersebut. Dengan begitu, kalian akan sama-sama di posisi terduduk. 

6. Cuddle untuk orang tua ke anak 

cuddle adalah
unsplash.com

Selain dengan pasangan, cuddle bisa dilakukan antara anak dan orangtua. Terutama untuk bayi dan balita yang masih membutuhkan perhatian lebih. Lakukan dengan memeluk anak dengan erat dari belakang atau dari depan. Silakan dahului dengan meminta izin dari sang anak jika mereka sudah cukup usia untuk mengutarakan preferensinya. Sambil memeluk, orangtua bisa mencium kening atau pipi anak dan memberikannya pujian atau ungkapan sayang dan cinta. Seiring bertambahnya usia, biasanya anak akan mulai malu memberikan pelukan pada orangtua, jadi masa-masa balita dan bayi adalah waktu yang ideal bagi orangtua untuk menunjukan perhatian secara fisik. 

7. Cuddle untuk si jomblo 

cuddle adalah
unsplash.com

Bagi lajang atau jomblo, cuddling adalah  sesuatu yang menurutmu mustahil dilakukan. Padahal kamu bisa melakukannya dengan bantuan guling atau bantal misalnya. Memeluk guling atau bantal juga bisa memberikan sensasi nyaman dan aman saat kita tidur. Selain itu, kamu bisa pula melakukan cuddling dengan binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Memeluk saudara, orangtua, atau sahabat juga bisa dilakukan. Tentunya tidak dengan cara mesra seperti dengan pasangan, ya. 

Sekarang Sedulur sudah paham apa saja manfaat dan cara cuddle yang bisa dilakukan baik dengan pasangan, anak, binatang peliharaan, bahkan diri sendiri. Khusus untuk pasangan, pastikan kalian berdua memahami pula konsep consent yaitu menanyakan dan memberi persetujuan sebelum dilakukannya kontak fisik. Kamu boleh saja jadi cuddle addict, tetapi pastikan dulu pasanganmu mau dan rela melakukannya. Tetap tunjukan penghargaan bila pasangan Sedulur ingin tetap memiliki ruang personal sesekali. 

Cuddle memang punya banyak manfaat utamanya secara psikologi, tetapi jangan lupa untuk tetap penuhi nutrisi jasmanimu dengan makan-makanan sehat dan bergizi. Pastikan isi kulkasmu aman dalam sebulan ke depan dengan belanja sembako di Aplikasi Super.