makanan pokok

Makanan pokok yang dikonsumsi oleh penduduk di setiap negara bakal berbeda antara  satu sama lain. Hal ini umumnya  disebabkan oleh sumber daya alam yang tersedia, juga sesuai dengan iklim di negara tersebut. Di Indonesia sendiri, ada bahan makanan yang dikonsumsi secara massal dan lebih dirasa bisa memberikan energi, misalnya nasi hingga singkong. Namun di beberapa kawasan, ada juga beberapa alternatif sumber karbohidrat lain yang biasa disantap oleh warganya.

Selain karena mudah didapatkan dan harganya terjangkau, kandungan gizi yang terdapat di setiap porsinya juga bisa dirasakan secara nyata. Apabila ingin menjajal bahan makanan pokok yang berbeda dari yang biasanya kamu konsumsi setiap hari, Sedulur wajib menyimak list jenis makanan pokok dan asalnya di bawah ini supaya bisa tahu informasinya dengan lebih jelas. 

BACA JUGA: Cara Takar Jumlah Kalori Nasi Putih untuk Menjaga Berat Badan

1. Sagu

makanan pokok dari sulawesi adalah
hellosehat.com

Makanan pokok dari Sulawesi adalah sagu yang bisa menjadi alternatif penyumbang karbohidrat untuk memberi asupan tenaga setelah disantap. Sagu sendiri merupakan hasil olahan dari batang tanaman rumbia yang bentuknya menyerupai palem dan dihadirkan dalam bentuk tepung. 

-->

Selain cukup banyak dikonsumsi di Sulawesi, bahan makanan ini juga makanan pokok Indonesia bagian timur. Mulai dari Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua. Supaya asupan gizi harian bisa terpenuhi, Sedulur wajib menambahkan lauk untuk mendongkrak energi di dalam tubuh. Badanmu tak akan menjadi lebih gemuk, pencernaan jadi semakin lancar, dan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Singkong

umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena
Unsplash

Selain sagu, umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Umbi ini juga ditanam secara massal dan bisa dipanen sewaktu-waktu. Maka dari itu, untuk mendapatkan singkong juga semudah dengan mendatangi pasar tradisional hingga supermarket. Singkong sendiri bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari camilan yang manis hingga yang rasanya gurih. 

BACA JUGA: Manfaat Nasi Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Jagung

salah satu makanan pokok khas jawa barat adalah
Unsplash

Salah satu sumber karbohidrat yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap adalah jagung. Bisa diolah menjadi bahan pelengkap ketika membuat sayur, jagung yang hanya direbus juga sudah nikmat untuk dimakan. Bila membutuhkan referensi gambar makanan pokok ini bisa diolah menjadi apa saja, segera cari tahu saja lebih banyak di mesin pencari. 

Tak hanya mengenyangkan dan memberikan asupan tenaga ekstra, bahan pokok ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

4. Kentang

Kentang
Unsplash

Bila Sedulur ingin menjajal olahan makanan yang lain, kamu bisa mencoba memasak kentang. Bisa diolah dengan berbagai teknik, kamu bisa menyulapnya menjadi berbagai makanan yang lezat. Misalnya direbus untuk dijadikan mashed potato. Selain itu, kamu juga bisa menggorengnya ketika akan membuat potato wedges dan melengkapi menu western lainnya yang tak kalah lezat.

BACA JUGA: Resep & Trik Membuat Nasi Tumpeng Putih yang Kokoh & Lezat

5. Labu kuning

Labu kuning
Unsplash

Salah satu alternatif makanan pokok yang bisa dimakan untuk menu sarapan adalah labu kuning. Kamu bisa mengonsumsinya setelah dihaluskan untuk dijadikan sebagai kukusan. Selain karbohidrat, bahan makanan ini juga mengandung serat dan vitamin A yang tinggi. Memiliki rasa yang manis, Sedulur juga bisa menjadikannya sebagai menu MPASI hingga diet.

6. Sukun 

gambar makanan pokok
Unsplash

Bagi Sedulur yang suka menyantap gorengan, mungkin saja sukun goreng menjadi favoritmu. Buah ini memang memiliki rasa yang manis dan bisa dijadikan sebagai menu makanan pokok alternatif. Labu bisa dimasak menjadi berbagai menu yang lezat. Bahkan, kamu juga bisa merasakan berbagai manfaat dari labu seperti membantu melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga sistem peredaran darah.

BACA JUGA: Trik Efektif Mencegah Beras dari Serangan Kutu

7. Ubi jalar

Ubi jalar
Unsplash

Umbi yang disebut sebagai sweet potato dalam Bahasa Inggris ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok alternatif. Cukup berbeda dengan bahan pokok lainnya yang rasanya plain, ubi jalar memiliki cita rasa manis tanpa tambahan gula dan pemanis buatan lainnya. Sangat pas untuk dimakan oleh kamu yang tengah menjalani program diet.

BACA JUGA: Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Jangan Sampai Salah Pilih!

8. Nasi

Beras Buncit
Aplikasi Super

Sudah tak perlu dipertanyakan lagi bila nasi menjadi makanan pokok di Indonesia. Disantap oleh sebagian besar penduduk di tanah air, ada banyak menu khas di daerah yang membutuhkan olahan nasi gurih untuk membuat rasa hidangan jadi lebih lezat. Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah beras yang kemudian diolah menjadi menu nasi timbel misalnya. 

Nah, untuk membuat nasi yang pulen kamu juga perlu memilih beras yang berkualitas. Agar tak salah pilih, kamu bisa mempercayakan pilihanmu kepada Beras Buncit yang sudah terbukti nyata kualitas dan harganya terjangkau. Beras putih premium ini hadir dengan harga Rp57.000 untuk kemasan 5 kilogram. Murah ‘kan, Sedulur?

Tertarik untuk membeli Beras Buncit, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Hanya perlu mengunduh Aplikasi Super di Google Play Store, cari Beras Buncit di kolom pencarian, dan checkout.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.