Kalori Nasi Putih

Jika Sedulur sedang menjalankan program diet, menghitung kalori makanan yang masuk perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar Sedulur mengetahui apakah jumlah kalori yang masuk sudah seimbang dengan jumlah kalori yang keluar. Mengetahui jumlah kalori makanan erat kaitannya dengan mengatur porsi makanan. Salah satu hal yang harus Sedulur ketahui adalah cara mengatur kalori nasi putih yang dikonsumsi sehari-hari.

Kamu juga mungkin bertanya-tanya apakah bisa menakar kalori nasi putih tanpa menggunakan timbangan? Dilansir dari Hello Sehat, ternyata ada cara yang bisa digunakan untuk menakar kalori nasi tanpa menggunakan timbangan, lho. Seperti apa caranya? Simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Resep & Trik Membuat Nasi Tumpeng Putih yang Kokoh & Lezat

1. Menakar kalori nasi putih dalam gram

kalori nasi putih 100 gram
Pixabay

Untuk menakar kalori dengan peralatan yang ada di dapur, kamu bisa memulainya dengan memakai cup beras yang beratnya kurang lebih ada di kisaran 100 gram. Menurut Fat Secret Indonesia seperti dilansir dari Orami, ada penjelasan tentang berapa kalori nasi putih. Yakni:

  • Kalori nasi putih 100 gram sekitar 112 kalori

2. Cara menghitung kalori nasi putih dengan cup beras

Cara menghitung kalori nasi putih dengan cup beras
Pixabay

Sedulur yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan tentu akan diminta untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk. Cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi porsi makanan, salah satunya nasi putih.

Dan bagi Sedulur yang tak memiliki timbangan untuk menghitung kalori, tak perlu khawatir. Ternyata ada cara yang Sedulur bisa gunakan, meski tanpa timbangan. Dilansir dari Hello Sehat, 100 gram nasi mengandung 175 kalori itu setara dengan satu centong nasi. Jika perlu mendapatkan 300 kalori, maka Sedulur bisa mengonsumsi dua centongyang setara dengan nasi putih 200 gram. Cara yang cukup mudah ‘kan, Sedulur?

3. Cara menghitung kalori nasi putih dengan centong nasi

kalori nasi putih 1 centong
Pixabay

Dikutip dari Very Well Fit, dalam 1 cup nasi sebanyak 186 gram atau sekitar mengandung nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 242
  • Lemak: 0.4 g
  • Natrium: 0 mg
  • Karbohidrat: 53.4 g
  • Serat: 0.6 g
  • Gula: 0 g
  • Protein: 4.4 g
  • Mangan: 0,7 mg
  • Besi: 2.7 mg
  • Tiamin: 0.3 mg

Bila ingin menghitung jumlah kalori dalam sepiring  nasi putih, terdapat sekitar 204 kalori. Dari takaran tersebut, terdiri dari 2% lemak, 89% karbohidrat, dan 9% protein.

BACA JUGA: Manfaat Nasi Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat untuk kesehatan

Manfaat nasi putih
Pixabay

Setelah mengetahui tentang nasi putih berapa kalorinya, Sedulur juga harus tahu mengenai manfaat apa saja yang bisa didapat dengan mengonsumsinya setiap hari. Banyak manfaat kesehatan dari beras berasal dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Beberapa di antara adalah sebagai berikut:

  • Menyehatkan tulang, saraf, dan otot

Untuk kesehatan tulang, saraf, dan otot dibutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan ketiganya. Dikutip dari Very Well Fit, magnesium adalah komponen struktural tulang yang membantu dalam ratusan reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA dan protein, sehingga diperlukan untuk konduksi saraf dan kontraksi otot yang tepat.

Dalam nasi, terdapat 14,9 mg magnesium yang dapat membantu Sedulur mencapai 420 mg, jumlah dosis harian magnesium yang disarankan dalam per hari.

  • Aman bagi penderita penyakit celiac

Dikutip dari Alodokter, penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang gejalanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Sementara beras adalah biji-bijian yang sama sekali tak mengandung gluten. Selain menjadi nasi putih, beras juga bisa diolah menjadi tepung, mie, atau roti. Bahkan bisa juga diolah menjadi susu sebagai pengganti susu sapi.

  • Sumber energi

Sudah menjadi rahasia umum jika nasi putih adalah salah satu sumber terbaik karbohidrat. Hal ini sesuai dengan data nutrisi yang sudah disebutkan di atas bahwa nasi putih mengandung 53,4 gram karbohidrat.

Sementara karbohidrat bisa memberikan tubuh banyak energi. Sehingga bagi Sedulur yang sedang membutuhkan banyak tenaga untuk beraktivitas, selalu disarankan untuk mengonsumsi nasi putih terlebih dahulu.

Itu dia sejumlah manfaat nasi putih yang perlu Sedulur tahu. Namun yang perlu diingat, meski memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mengonsumsi nasi putih tetap harus ada batasan dan tak boleh berlebihan.

Tips makan nasi putih saat diet

tips diet
Pixabay

Sedulur mungkin sering mendengar saran untuk menghindari mengonsumsi makan nasi putih saat sedang menjalankan program diet. Saran ini muncul karena kalori nasi putih yang cukup tinggi. Namun sebenarnya saran ini tak sepenuhnya benar. Kamu tetap bisa lho makan nasi putih selama diet, asal cara ini Sedulur lakukan.

  • Kontrol porsi dalam sekali makan

Kamu tentu sudah mengetahui berapa kalori nasi putih 100 gram tanpa menggunakan timbangan. Setelah mengetahuinya, tentu Sedulur harus bisa mengontrol porsi nasi putih dalam sekali makan. Jangan sampai porsi makan kamu melebihi kalori yang dibutuhkan dalam sehari.

  • Perhatikan pengolahannya

Nasi putih memang bisa dimasak dengan berbagai olahan. Mulai dari nasi uduk, nasi goreng, dan semacamnya. Jika sedang menjalani diet, pastikan Sedulur hanya makan nasi dengan cara ditanak saja tanpa tambahan apapun. Hindari makan nasi yang digoreng. Selain kalori yang bertambah, kandungan lemak pun akan ikut bertambah.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian

Inti saat melakukan program diet adalah jumlah kalori yang masuk tidak lebih banyak dari jumlah kalori yang keluar. Oleh karena itu, setelah mengonsumsi nasi putih, sebaiknya Sedulur juga menyeimbangkannya dengan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Hal ini agar kalori yang keluar bisa lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk. Upayakan untuk melakukan kegiatan fisik 30 menit per hari.

Beras Buncit
Aplikasi Super

Itu dia cara menghitung kalori nasi putih dan sejumlah tips yang bisa Sedulur terapkan untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Manfaat nasi putih di atas bisa Sedulur dapatkan jika mengonsumsi beras dengan kualitas premium. Salah satu produk yang bisa dijadikan andalan untuk memenuhi kebutuhan harian esensial tersebut adalah Beras Buncit.

Beras putih pulen premium ini hadir dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp57.000 untuk kemasan 5 kilogramnya. Meski murah, sama sekali tak murahan dan kualitasnya sudah teruji.

Tertarik untuk membeli Beras Buncit? Sedulur bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Tinggal unduh Aplikasi Super di Google Play Store dan cari Beras Buncit di kolom pencarian. Segera dapatkan beras premium ini untuk hidangan nasi pulen hanya di Aplikasi Super, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.