macam-macam beatbox

Seperti yang diketahui, ada berbagai jenis aliran musik di dunia ini. Salah satu yang paling menarik untuk dipelajari lebih jauh adalah beatbox. Seni ini berfokus menghasilkan musik ritmis dan dentuman khas menggunakan mulut. Beatbox adalah genre musik yang pada dasarnya masih memiliki keterkaitan dengan hip-hop. Namun, macam-macam beatbox dapat pula diterapkan untuk genre musik lainnya seperti pop, rock, R&B, dan sebagainya.

Lantas, apa saja macam-macam beatbox dan bagaimana cara melatihnya secara mudah? Bagi Sedulur yang ingin belajar beatbox, mari cermati ulasan singkatnya berikut ini.

BACA JUGA: Alat Musik Melodis: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Pengertian dasar beatbox

macam-macam beatbox
Freepik

Beatbox adalah salah satu seni yang fokus utamanya menghasilkan bunyi-bunyi ritmis, ketukan drum, instrumen musik hingga tiruan suara lainnya. Suara beatbox yang lama biasanya merupakan suara turntable melalui alat ucap manusia, mulai dari mulut, lidah, dan bibir.

Beberapa orang yang dikenal sebagai pelopor musik beatbox, antara lain Doug E. Fresh, Leonardo, dan Darren Robinson. Namun tentunya setiap musisi punya ciri khas dan gaya beatbox masing-masing sehingga bisa menjadi inspirasi untuk beatboxer selanjutnya. Dari tahun ke tahun, perkembangan musik beatbox makin pesat. Bahkan, kini ada banyak sekali macam-macam beatbox yang bisa Sedulur dengar.

Macam-macam beatbox

Freepik

Pada awalnya, genre musik ini sering dinilai memiliki keterkaitan dengan budaya dan musik hip-hop. Namun seiring berkembangnya waktu, praktik beatbox juga bisa digunakan untuk genre musik lain seperti rock, pop, R&B, dan lainnya. Makin banyaknya penerapan beatbox di berbagai jenis musik tentunya membuat seni ini terbagi menjadi beberapa macam. Berikut macam-macam beatbox berdasarkan penggunaannya.

1. BTK

Jenis satu ini menggunakan teknik dasar B (bass drum), T (hi-hat), dan K (snare). Bisa dibilang, teknik BTK adalah gabungan dari keseluruhan teknik dasar beatbox.

2. Snare pft

Macam-macam beatbox berikutnya adalah snare pft. Adapun fokus suara dari jenis ini yaitu snare drum yang dibentuk dari huruf ‘P’. Kemudian, langsung disambung dengan huruf ‘F’ sehingga bunyi yang dikeluarkan seperti ‘Pf’ atau ‘Puff’.

3. Hi-hat

Sesuai namanya, jenis ini menghasilkan bunyi mirip hi-hat, sebuah alat musik bagian dari drum-set yang terbuat dari 2 buah lempengan logam, kemudian disatukan dan dimainkan secara kombinasi dengan kaki kiri saat drum dipukul. Bunyi dari jenis beatbox hi-hat mirip alat musik tersebut.

4. Zipper

Zipper bunyinya hampir sama dengan ritsleting yang ada dalam celana, tas, maupun pakaian. Biasanya, zipper dalam beatbox dimainkan dalam tempo fast-beat.

5. Sega sound

Hampir sama seperti zipper, sega sound juga mengeluarkan bunyi mirip ristleting. Hanya saja, kedengarannya seperti suara video game klasik. Jika Sedulur mendengar jenis beatbox ini, mungkin akan terlintas pemikiran bahwa suara tersebut berasal dari game Sega Genesis.

BACA JUGA: Gambang Kromong: Sejarah, Instrumen & Contoh Alat Musiknya

6. Cricket sound

Menghasilkan suara seperti jangkrik. Cara memainkannya yaitu dengan menggetarkan tenggorokan atau lidah. Jenis cricket sound umumnya terdengar lebih menarik bila dipadukan dengan bunyi lainnya.

7. Lip roll

Lip roll merupakan termasuk macam-macam beatbox yang serbaguna. Dengan cara menggulung bibir, teknik ini dapat digunakan dalam berbagai variasi bunyi.

8. Outward click roll

Salah satu rangkaian suara beatbox yang mampu menghasilkan bunyi seperti alat musik perkusi. Dilakukan dengan langit-langit mulut serta di dekat bagian atas gigi.

9. Spit snare

Spit snare dikenal juga dengan sebutan BMG atau Döme. Beatbox ini memiliki suara snare seperti suara pendek yang renyah namun kencang, misalnya dalam musik trap.

10. Inward bass

Inward bass diartikan suara dalam yang kuat. Termasuk suara yang paling sering digunakan beatboxer karena cara melatihnya tergolong mudah. Sedulur hanya perlu menghirup udara dalam-dalam saat melakukan beatbox ini.

BACA JUGA: Notasi/Not Musik: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Teknik dasar suara beatbox

Freepik

Sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa teknik dasar suara beatbox terdiri dari 3 bagian, antara lain B (bass drum), T (hi-hat), dan K (snare). Dasar pertama yaitu B fokus dengan cara mengucapkan huruf ‘B’ menjadi suatu bunyi. Untuk melakukan teknik ini, Sedulur bisa menutup mulut rapat-rapat, lalu ucapkan ‘bu’ atau ‘buf’ dengan napas ditahan.

Selanjutnya yaitu meniru suara dari hi-hat, yang merupakan suara cymbal di drum. Suara ini identik dengan desisnya. Agar bisa menirukan suara hi-hat dengan baik, maka cara pengucapannya adalah mengeluarkan kata ‘tci’ atau ‘tchi’ sambil meletakkan lidah di langit belakang gigi atas.

Ketiga, ada teknik dasar snare. Untuk melakukannya, ucapkan huruf ‘K’ terlebih dahulu, lalu ucapkan ‘kih’ hingga terasa bersih dan lendir di tenggorokan tidak mengganggu. Apabila sudah bisa, selanjutnya coba sedot dan hirup udara layaknya orang sakit gigi. Sedulur bisa memposisikan gigi geraham seolah sedang sakit, kemudian ucapkan ‘kih’ sambil lewatkan udara yang keluar ke sela-sela gigi.

Latihan cara beatbox mudah

macam-macam beatbox
Freepik

Jika Sedulur ingin mempelajari beatbox dengan mudah, ada beberapa cara latihan yang bisa diterapkan dari awal. Berikut 3 latihan untuk meningkatkan skill menjadi beatboxer. Yuk, simak!

1. Memahami teknik dasarnya

Freepik

Teknik dasar beatbox sudah dibahas singkat di poin sebelumnya. Kini, Sedulur hanya perlu memahami dan berlatih teknik tersebut. Makin sering berlatih, makin mahir lagi Sedulur dalam menghasilkan bunyi ritmis.

2. Amati dan tiru

macam-macam beatbox
Freepik

Cara kedua adalah banyak mengamati dan meniru beatboxer profesional. Tirukan teknik-teknik yang digunakan oleh musisi mahir dalam beatbox tersebut. Selain itu, Sedulur juga bisa mengamati macam-macam beatbox yang dibawa oleh sang musisi. Setelah mengamati dan menirunya, baru mulailah berinovasi agar mampu membuat musik beatbox sendiri yang enggak kalah keren.

3. Mendengarkan musik beatbox

macam-macam beatbox
Freepik

Cara terakhir yaitu dengan memperbanyak aktivitas mendengarkan musik beatbox. Jika memang tertarik mempelajari beatbox, Sedulur akan menyukai musik-musiknya. Secara tidak langsung, playlist musik Sedulur akan lebih banyak musik beatbox dibandingkan musik pop, jaz, rock, R&B, dan sebagainya. Musik beatbox yang sering didengarkan akan membantu Sedulur makin familiar dengan teknik yang digunakan.

Sampai sini, Sedulur sudah punya bekal informasi terkait genre musik beatbox dan cara melatihnya. Sekarang saatnya berlatih lebih giat bila ingin mengasah kemampuan beatbox. Jika perlu, tunjukkan hasil dari belajar teknik macam-macam beatbox di depan umum. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!