Dalam karya musik pasti ada yang namanya notasi. Notasi adalah bentuk penulisan dalam sebuah musik. Untuk bentuknya pun bisa dari angka, huruf, maupun gambar. Sehingga dengan notasi ini, seorang pemusik bisa memainkan lagu sesuai dengan notasinya. Musik yang dihasilkan pun akan sangat indah dan enak untuk didengar.

Notasi musik adalah sebuah pegangan atau pedoman pemusik dalam memainkan sebuah lagu. Dalam jurnal Pembelajaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (2015) oleh Putri Sola Gratia, dkk, notasi adalah cara penulisan dalam sebuah musik. Notasi ini sering dilambangkan dalam sebuah not dan wujudnya tulisan atau yang biasa disebut dengan partitur.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran tentang penjelasan lebih lanjut soal notasi? Berikut ini adalah penjelasannya lengkapnya mulai dari pengertian, jenis, sampai dengan contoh notasi. Yuk, langsung scroll sampai bawah!

BACA JUGA: Musik Orchestra: Pengertian, Sejarah, Alat Musik & Jenisnya

-->

1. Apa itu notasi?

pexels.com

Bagi kamu yang belum tahu, notasi adalah sistem penulisan dalam ekspresi musik yang dituangkan dalam bentuk seperti simbol berupa angka atau gambar not. Lambang atau tanda yang tertulis di dalamnya juga disebut dengan tulisan musik. Penulisan notasi ini tujuannya adalah memudahkan pemusik untuk memainkan sebuah lagu, terutama bagi mereka yang memainkannya secara kelompok yang umumnya diiringi dirigen. Selain itu, para pencinta musik juga bisa tahu apa saja not dalam sebuah musik.

2. Jenis-jenis notasi

pexels.com

Untuk jenis-jenisnya terbagi notasi angka dan notasi balok. Keduanya memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Lalu apa saja bedanya? Yuk, simak penjelasannya!

Notasi angka

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka-angka. Menurut pendpat Thusan(a) Hakim dalam buku Lagu-lagu Daerah dalam Permainan Gitar Pop Klasik (2006), notasi angka terdiri dari angka 1 sampai 7. Contohnya adalah do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6) si (7) do (i).

Untuk penulisannya, nada tinggi diberi titik di bagian atas angkanya. Sedangkan nada rendah, titik diletakkan di bagian bawah angkanya. Notasi angka cukup banyak digunakan dan dianggap lebih mudah dibaca dibanding jenis notasi musik lainnya.

Notasi balok

Notasi balok adalah simbol atau tanda untuk menandakan tinggi rendah nada yang diwujudkan gambar. Penulisan notasi ini jauh lebih lengkap daripada notasi angka. Sebab setiap simbol atau gambar memiliki nilai tertentu.

Dalam buku Mahir Bermain Gitar (2016) karya Ahmad Faisal Al Kautsar, penulisan notasi balok didasarkan pada paranada yang memiliki lambang berbeda untuk tiap nadanya. Perbedaan lambang ini juga menunjukkan durasi serta ketinggian nada tersebut.

Contohnya, nada tinggi digambarkan secara vertikal. Sedangkan waktu atau ritme digambarkan horizontal, serta durasi nada digambarkan dengan ketukan. Notasi balok digambarkan di garis paranada berbentuk garis lurus horizontal memanjang.

BACA JUGA: Alat Musik Sasando, Ini Jenis, Sejarah dan Cara Memainkannya

3. Apa yang dimaksud notasi gambar?

pexels.com

Selain notasi angka dan balok, ada juga notasi gambar berupa simbol dan gambar. Lalu apa bedanya dan bagaimana cara bacanya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Notasi gambar

Notasi ini berbentuk gambar atau sebuah ilustrasi untuk petunjuk nadanya. Umumnya jenis gambar yang suka digunakan adalah hewan. Contohnya, nada ‘do’ dilambangkan ikan, nada ‘re’ dilambangkan angsa, dan seterusnya.

Notasi simbol

Untuk notasi simbol umumnya digambarkan pakai isyarat tangan atau gerakan tubuh. Contohnya, untuk menunjukkan nada rendah, tangan diarahkan ke bawah, lalu nada tinggi, tangan diarahkan ke atas.

4. Notasi dalam matematika

pexels.com

Notasi dalam matematika adalah istilah yang biasa dipakai dalam matematika, fisika, teknik, bahkan ekonomi. Untuk bentuknya sendiri bisa berupa simbol sederhana seperti + dan dy/dx; sampai persamaan, fungsi, dan variabel. Beberapa simbol yang menjadi notasi dasarnya adalah +, -, x, ÷ atau /, dan √. Tentunya untuk mempelajari ini akan lebih susah dan butuh waktu.

BACA JUGA: 18 Alat Musik Betawi yang Populer Serta Cara Memainkannya

5. Contoh notasi dalam sebuah lagu

pexels.com

Untuk lebih jelasnya, contoh notasi bisa kamu lihat dalam sebuah lagu Indonesia Raya berikut ini. Dari sini kamu bisa sambil belajar seperti apa notasinya:

Not Angka Lagu Indonesia Raya

 

3   4   5    3    3    2  2 1  5  5   5

In do ne sia . ta nah a ir ku ta nah

6     5    4    3   2  .  2   3   4  2  . 2  1   1

Tum pah da rah ku . di san a lah . a ku ber

7   6 5  5  7    6   5 4  3  . 3  4

Di ri ja di pan du I bu ku . in do

5    3  .  3     2    2   1   5    5      5    6  5    1   2

Ne sia . ke bang sa an ku bang sad an ta nah a

7  6   6  6  4   4  3   2    5  1  7   6

Ir ku ma ri lah ki ta ber se ru in do

5    4   3     2   1 . 5   5    6     4   4    4   4   4

Ne sia ber sat u . hi dup lah . ta nah ku hi dup

3     1    1  1

Lah ne gri ku

7       1   2   5    5    5   4   4   3  1

Bang sa ku rak yat ku se mu a nya

5     5     6   4  4    4     4    4    3     1    1    1

Ba ngun lah ji wa nya ban gun lah bad an nya

7    1   2   5   5   3    2  1

Un tuk in do ne sia ray a

 

Reff : 

1   1   4   6   6   6   6    6   5   3     3   3

In do ne sia ray a mer de ka mer de ka 

5    5    4   2   2   2    5     4   3    1

Ta nah ku ne gri ku yang ku cin ta 

1  1   4    6    6  6   6     6  6    5    3  3

In do ne sia ray a mer de ka mer de ka 

5    5    5   4  3   2   3   2  1

Hi dup lah in do ne sia ra ya

Itulah tadi penjelasan mengenai notasi mulai dari pengertian, jenis, sampai contohnya dalam sebuah lagu. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!