Lompat kangkang adalah suatu gerakan ketangkasan yang diciptakan secara sistematis. Salah satu bagian dari senam lantai ini juga sering disebut sebagai straddle vault. Biasanya, gerakannya akan dikombinasikan dengan gerakan senam lantai lainnya seperti loncat jongkok, guling depan dan berbagai gerakan lainnya.

Tiga tahap melakukan lompat kangkang adalah awalan, tolakan, dan gerakan melayang di udara. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian salah satu gerakan senam lantai ini beserta teknik dasarnya? Yuk, ketahui selengkapnya disini.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

1. Pengertian lompat kangkang

lompat kangkang
Kompas

Lompat kangkang termasuk senam ketangkasan atau senam lantai. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertiannya memiliki definisi suatu aktivitas melompat yang bisa dilakukan dengan cara menggunakan kedua kaki yang terbuka lebar. 

-->

Lain halnya dengan Merriam Webster yang menyebutkan bahwa pengertiannya adalah suatu aktivitas senam yang dilakukan dengan cara melewati sebuah benda. Sementara itu, posisi gerakannya adalah duduk dengan kedua kaki yang terbentang lebar. Umumnya, gerakan ini akan dilakukan dengan cara melompati sebuah peti. 

Tinggi peti yang digunakan untuk meloncat untuk putra adalah 136 centimeter. Berbeda dengan untuk putri yang memiliki ukuran dengan tinggi 104 cm, panjang 120 cm, dan lebar bagian bawah 84 cm sedangkan lebar bagian atas adalah 41,5 cm.

2. Cara melakukan latihan lompat kangkang

Suara

Lompat kangkang mendarat dengan kaki lutut posisi tertekuk dan kedua tangan lurus ke atas. Sebelum melakukan pendaratan, ada beberapa cara untuk melakukannya supaya dihasilkan gerakan yang sempurna. Agar lebih jelas lagi, berikut adalah beberapa tahapan latihannya:

Cara melakukan latihan awalan

  • Pertama-tama, langkahnya bisa dimulai dengan lari sekuat dan secepat mungkin dengan posisi badan condong ke arah depan. 
  • Supaya kedua kaki tertolak pada papan tolakan, perhitungkan langkahnya. Kemudian, kedua tangan diarahkan ke bagian tepi papan tolakan.
  • Arah pandangan mata difokuskan ke peti loncatan. 
  • Secara berulang, lakukan latihan ini hingga mendapatkan keterampilan yang baik. 

Cara melakukan latihan tolakan

  • Untuk melakukan latihan tolakan, caranya adalah dengan berdiri dan posisi kaki agak rapat. Kemudian, badan diluruskan dan kedua tangan digunakan untuk memegang tepian peti. 
  • Tolakan dengan kedua kaki pada papan tolak dilakukan sampai panggul ke atas dan kedua tungkai menjadi terbuka. 
  • Teknik dasar ini dilakukan dengan menggunakan awalah beberapa langkah. 
  • Lakukan dengan teratur agar kaki menjadi lincah dan mudah untuk melakukan gerakannya. 

Cara melakukan latihan melewati peti lompat

  • Awalan ini diambil dengan beberapa langkah, lalu tolakan dilakukan. Kemudian, kedua tangan bertumpu di punggung rekan yang sedang membungkuk. Kemudian, dengan tungkai kangkang melewati punggung temannya. Alasan melakukan latihan ini adalah supaya bisa merasakan bagaimana sulitnya melewati berbagai macam rintangan. 
  • Jika sering melakukan latihan bersama dengan teman, tentunya Sedulur sudah bisa menguasai gerakan. Lalu, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah latihan meloncat melewati peti loncat.

Cara melakukan latihan mendarat

  • Pertama, berdiri dengan tegak di atas peti loncat. 
  • Lalu, meloncat dan lakukan pendaratan menggunakan kaki, lutut mengeper, serta kedua tangan diarahkan lurus ke atas. 
  • Lakukanlah latihan ini secara berulang-ulang supaya mahir dan terbiasa.

3. Cara melakukan lompat kangkang

lompat kangkang
Edukasi Center

Jika Sedulur telah melakukan latihannya dengan baik dan benar, kini saatnya mempraktikkan gerakannya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Pertama-tama, sebelum melakukan awalan badan diposisikan berdiri tegak dan menghadap peti lompat.
  • Arahkan pandangan untuk selalu fokus kepada peti lompat. 
  • Awalannya adalah dengan menggunakan tumpuan pangkal peti lompat. Lakukan cara ini dengan berlari secepat mungkin dan posisikan badan untuk condong ke depan. 
  • Langkah dari titik awalan berlari sampai peti lompat harus diperhitungkan untuk mempersiapkan diri melakukan lompatan. 
  • Ketika melompat, kedua tangan diluruskan dan sentuh peti lompat. 
  • Ketika melakukan gerakan lompat peti, tumpuannya adalah menggunakan kedua tangan dan kaki diposisikan melayang di udara.
  • Fokus pandangan tetap diarahkan ke depan untuk kemudian bersiap melakukan pendaratan.
  • Sikap akhir gerakan lompat kangkang adalah pendaratan dengan melewati peti lompat. Gerakan ini dilakukan dengan posisi lutut tertekuk dan kedua tangan yang lurus ke atas. 

BACA JUGA: Senam Ritmik: Pengertian, Unsur Unsur, Jenis & Manfaatnya

4. Manfaat lompat kangkang

Grid

Setelah mengetahui cara melakukan gerakannya, maka selanjutnya adalah membahas tentang manfaat lompat kangkang. Yuk langsung saja diketahui manfaatnya berikut ini:

Kebugaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lompat kangkang di atas peti lompat termasuk ke dalam olahraga senam ketangkasan atau senam lantai. Tentu saja, senam ini memiliki berbagai manfaat yang bisa diperoleh, salah satunya adalah untuk kebugaran tubuh.

Tubuh yang segar dan bugar akan membuat seseorang menjadi semakin bersemangat dalam melakukan aktivitas. Selain itu, kebugaran juga bisa menjauhkan diri dari penyakit. Supaya kesehatan tubuh terjaga, lakukan gerakan dasar senam lantai ini secara rutin. 

Menjaga keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh adalah salah satu aspek utama untuk semua orang dalam melakukan aktivitas. Nantinya, kondisi tubuh yang seimbang akan memberikan dampak pada aktivitas keseharian yang bisa membuat lebih fokus. Alasannya, karena adanya kebiasaan sikap lilin yang dilakukan secara rutin. Hasilnya, peredaran darah pada semua organ tubuh akan menjadi lebih terkontrol dan lancar.

Membuat tubuh lebih lentur

Banyak yang mengatakan bahwa ketika seseorang memiliki tubuh yang lentur, maka aktivitas sehari-hari akan menjadi lebih mudah. Hal ini benar terjadi karena tubuh yang lentur akan menghasilkan otot yang sehat. Jadi, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk bergerak dan jauh dari risiko cedera di bagian otot dan persendian sekitarnya. 

Otot lebih kencang

Walaupun terdapat beberapa perbedaan lompat kangkang dan lompat jongkok seperti tumpuan yang digunakan ketika mendarat, namun keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu membuat otot menjadi lebih kencang.

Jika gerakan ini dilakukan secara berulang dan terus menerus, maka sistem otot perut akan menjadi lebih kencang dan kuat karena tubuh terbiasa untuk terlatih. Jika otot perut kuat, maka postur tubuh juga akan tetap tegak ketika duduk atau berdiri. Tak sampai di situ saja, tubuh akan menjadi tetap seimbang ketika berlari.

Tubuh jadi lebih indah

Apabila Sedulur ingin tubuh menjadi lebih indah dan ideal, maka itu bukanlah suatu hal yang mustahil untuk didapatkan. Tujuan dari gerakan ini adalah supaya bisa meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Sedulur bisa merasakan hasilnya jika melakukan gerakan ini dengan rutin dan bersungguh-sungguh. 

Nah, setelah mengetahui pengertian dan cara melakukan gerakan lompat kangkang di atas, tentunya Sedulur sekarang sudah bisa mempraktikkannya, kan? Sebelum memutuskan untuk melakukannya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan, ya. Pemanasan bisa membantu otot supaya lebih rileks. Sehingga, tubuh tidak akan mudah untuk cedera. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!