letak geografis indonesia

Letak geografis Indonesia merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Indonesia, oleh karenanya banyak hal yang dipengaruhi letak geografis tersebut sehingga memberikan Indonesia kekayaan alam, ragam budaya, suku bangsa dan lainnya.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau lebih yang memberikan pengaruh positif. Salah satunya karena faktor dari letak geografis Indonesia itu sendiri. Lantas apa sebenarnya pengertian dari letak geografis itu sendiri?

BACA JUGA: Keberagaman Masyarakat Indonesia Serta Faktor & Budayanya

Pengertian letak geografis

letak geografis indonesia
Memperoleh

Letak geografis adalah titik letak suatu wilayah yang dilihat dari posisi wilayah tersebut terhadap bumi, dibandingkan dengan posisi lainnya. Letak geografis Indonesia berdasarkan posisinya di Bumi berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta diapit di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak geografis Indonesia berdasarkan fakta di atas merupakan suatu kelebihan dan dianggap sebagai posisi strategis karena berada di titik persilangan antara dua benua dan dua samudera. Tentunya karena hal tersebut, banyak dampak positif yang dirasakan oleh Indonesia.

1. Menguntungkan secara ekonomi

Mokapog

Akibat letak geografis Indonesia yang pertama adalah memberikan Indonesia keuntungan secara ekonomi. Indonesia menjadi titik pertemuan antara benua Asia dan Australia serta menjadi pertemuan dua samudera. Hal tersebut membuat Indonesia jadi titik persilangan kegiatan ekonomi dunia.

Indonesia menjadi titik yang dilewati oleh negara-negara Industri, seperti Jepang, Korea, dan RRC dan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa. Indonesia juga mengambil peran dalam kegiatan perekonomian dunia. Ini tentu saja merupakan dampak positif bagi Indonesia dan turut berperan dalam kemajuan ekonomi Indonesia sebagai sebuah negara.

2. Memiliki keragaman budaya

letak geografis indonesia
Jurnalistika

Keuntungan letak geografis indonesia yang berada di antara dua benua dan diapit oleh dua samudera, membuat Indonesia merupakan wilayah yang strategis dan dikunjungi banyak kebudayaan dari luar. Letak Indonesia sedikit banyak membuat Indonesia mendapat pengaruh budaya dari negara-negara yang melaluinya dan membuat Indonesia menjadi negara dengan ragam budaya yang melimpah.

Budaya merupakan sebuah proses yang memakan waktu yang lama, tidak bisa terwujud dengan waktu yang sebentar. Persilangan budaya yang terjadi di Indonesia terjadi pada waktu yang sangat lama.

Satu kebudayaan bertemu dengan kebudayaan lain dan menghasilkan sebuah budaya baru merupakan bukti bahwa Indonesia sejak dari dulu sudah dilalui oleh berbagai macam orang dengan latar budaya yang beragam sehingga menghasilkan suatu kebudayaan baru melalui proses akulturasi.

3. Memiliki Dua Musim

Kumparan

Kondisi geografis Indonesia memberikan konsekuensi terhadap musim yang dimiliki, yaitu musim kemarau dan penghujan, yang menjadikan Indonesia sebagai negara tropis. Dari rentang bulan Oktober-April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga menimbulkan musim hujan.

Kemudian sekitar bulan April-Oktober angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga menyebabkan musim kemarau di Indonesia. Ini yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kaya dan subur.

4. Menjadi negara agraris

letak geografis indonesia
Apa Maksud

Letak geografis Indonesia seperti yang dijelaskan di atas, membuat Indonesia menjadi negara agraris, yaitu negara yang berbasis pertanian. Kondisi iklim Indonesia sangat cocok untuk mengembangkan pertanian. Sejumlah hasil bumi pun sudah bisa dihasilkan negara ini dengan melimpah seperti beras, jagung, sayur-sayuran, buah-buahan, karet, kopi, tebu hingga tembakau.

Menjadi negara agraris dengan tanah subur dan hasil bumi yang melimpah merupakan faktor utama bagi bangsa-bangsa Eropa mendatangi Indonesia dan menjaja kita selama beberapa abad. Tujuannya untuk mendapatkan hasil bumi yang melimpah dari negara kita tercinta ini.

BACA JUGA: 34 Provinsi di Indonesia Beserta Ibukota dan Luas Wilayah

5. Memiliki tanah yang subur

Sepuluh Teratas

Akibat dari letak geografis yang amat strategis tersebut, Indonesia memiliki tanah yang subur. Dukungan cuaca yang memberikan cukup sinar matahari dan curah hujan yang tinggi merupakan faktor utama yang membuat Indonesia menjadi negara dengan tanah yang subur.

Selain itu juga memiliki tanah yang subur karena terletak di kawasan cincin api Pasifik yang berupa gugusan gunung berapi di samudra Pasifik. Ini juga menjadi penjelasan mengapa di Indonesia seringkali terjadi bencana gempa bumi, tsunami atau gunung meletus. Akibat letaknya yang berada di kawasan cincin api Pasifik.

Akibat dari letak geografis dan astronomis Indonesia dan setelah mengetahui ragam keuntungannya di atas, kini kita menjadi sadar betul bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya, baik dari kekayaan hayati dan nabati, serta kekayaan dari ragam budaya yang terdapat di Indonesia.

Mengetahui hal ini juga merupakan sebuah titik balik bagi kita sebagai bangsa Indonesia untuk turut bangga terhadap Indonesia dan secara aktif menjaga segala kekayaan alam dan turut melestarikan ragam budaya yang menjadi milik Indonesia itu sendiri.

Nah, itulah tadi penjelasan terkait letak geografis Indonesia serta manfaat yang didapatkan oleh Indonesia akibat letak geografisnya yang amat strategis. Semoga penjelasan di atas bisa memupuk dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan kita terhadap negara yang kita sayangi ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!