Keragaman masyarakat Indonesia

Indonesia terkenal akan kekayaan suku, budaya dan bahasa dari Sabang hingga Merauke. Kekayaan tersebut juga menjadi bukti keberagaman masyarakat Indonesia. Keberagamaan ini juga menjadi salah satu hal yang perlu disyukuri dan menjadi kebanggaan, karena dengan adanya hal ini, bangsa Indonesia mendapat apresiasi dari negara luar.

Keberagaman masyarakat Indonesia tak hanya soal budaya, suku hingga bahasa. Namun keberagaman masyarakat Indonesia meliputi agama-agama yang dianut. Indonesia telah mengumumkan ada lima agama besar yang diakui dan bisa dianut oleh warganya. Mulai dari agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu hingga Budha bahkan ada pula Konghucu. Semua agama ini hidup berdampingan dan menjunjung tinggi toleransi.

Bicara mengenai faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, maka kamu perlu menyimak beberapa ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Contoh Geguritan Bahasa Jawa Berbagai Tema Terlengkap

Pengertian keberagaman

keberagaman masyarakat indonesia
Tirto

Keberagaman adalah suatu kondisi dan terjadi di masyarakat serta terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Keberagaman lantas diartikan sebagai memahami bahwa setiap individu memiliki keunikan masing-masing dan mengakui akan perbedaan individu lainnya. Berikutnya perbedaan individu biasa meliputi etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, politik dan Idiologi lainnya. 

Lalu bagaimana pengertian tentang Keberagaman masyarakat Indonesia? Istilah ini bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman yang berbeda-beda. Mulai dari segi suku, ras, agama maupun itu ideologi dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Lalu cerminan keberagaman masyarakat Indonesia bisa kita lihat dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan diartikan walau berbeda-beda tetap satu jua.

Penyebab keberagaman masyarakat

keberagaman masyarakat indonesia
Kampung Ilmu

Keberagaman masyarakat Indonesia terjadi akibat adanya persebaran dari segi geografis. Indonesia memiliki ratusan pulau yang dihuni oleh jutaan orang. Pada tiap pulau pun banyak wilayah seperti dataran tinggi dan rendah. Dengan adanya bentang alam yang begitu besar itu, maka menciptakan sekat antara daerah satu dengan daerah lain di Indonesia sehingga terjadilah keberagamaan masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya masih banyak lagi faktor penyebab hal ini yaitu sebagai berikut.

Respon masyarakat atas perubahan

Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh respon masyarakat atas perubahan. Masyarakat cukup terbuka akan sesuatu sehingga bisa mempengaruhi keragaman. Contohnya masyarakat yang tinggal di pedalaman lebih cenderung sulit menerima hal baru. Berbeda halnya jika mereka tinggal di luar pedalaman atau hanya pinggiran kota. Maka akan sangat mudah menerima kebiasaan baru dan teknologi baru seperti penggunaan HP atau sesuatu lainnya.

Kondisi alam

Tak hanya respon masyarakat, munculnya hal ini antara lain juga disebabkan oleh kondisi alam. Bentuk negara kita memang kesatuan hanya saja setiap daerah disekat oleh bentang alam seperti lautan, pegunungan, perbukitan hingga gunung-gunung berapi. Hal ini yang membuat setiap masyarakat Indonesia memiliki budaya dan ragam kebiasaan yang berbeda satu dengan lainnya.

Letak strategis

Keberagaman masyarakat Indonesia ditandai dengan perbedaan suku, agama, ras hingga etnis. Hadirnya perbedaan ini disebabkan oleh letakknya strategis Indonesia di mana negara ini berada di antara dua samudra dan dua benua. Ya, Indonesia berada di tegah-tengah jalur lalu lintas perdagangan dunia sehingga disebut-sebut letaknya strategis Sedulur.

Kemudian pedagang-pedagang yang masuk ke Indonesia tak hanya membawa dagangan, mereka juga membawa agama, adat istiadat dan kebudayaan dari negara asalnya. Akibatnya muncul keberagaman masyarakat Indonesia hingga sampai sekarang.

Keadaan transportasi dan komunikasi

Indonesia disekati oleh pulau, pegunungan, laut hingga perbukitan. Sehingga dibutuhkan peralatan transportasi yang memadahi. Misalnya untuk mencapai pedalaman, dibutuhkan transportasi pesawat terbang perintis. Kemudian saat hendak pergi ke Pulau Sumatra melalui jalur laut, tentu membutuhkan kendaraan berupa kapal feri untuk menyebrangkan penumpang dari pulau satu ke pulau lain.

Indonesia negara kepulauan

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya ialah akibat Indonesia merupakan negara kepulauan. Jika Sedulur mempelajari peta Indonesia disebutkan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa pulau yaitu 13.466 pulau Sedulur. Dengan banyaknya pulau di Indonesia menjadi penyebab hal ini terjadi sampai sekarang.

BACA JUGA: Mengenal Rumah Adat Lampung: Sejarah, Jenis & Keunikannya

Pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia

keberagaman masyarakat indonesia
lsplbwiki

Adanya hal ini di Indonesia ternyata disikapi beragam. Ada sisi positifnya namun ada pula sisi negatifnya. Nah, berikut ini penjelasan dilihat dari sisi positif dan negatifnya yaitu:

Dampak positif hadirnya keberagaman di Indonesia

Pertama dapat menciptakan integrits dan persatuan nasiona. Kemudian menjadi sarana memajukan pergaulan antar suku, agama, budya dan golongan di Nusantara. Terakhir adanya keragaman ini mampu memperkaya khazanah budaya bangsa, baik itu kebudayaan benda ataupun warisan budaya tak benda (WBTB).

Dampak negatif keberagaman di Indonesia

Selain dilihat dari dampak positifnya, ternyata keberaagamanan di masyarakat Indonesia bisa memunculkan konflik. Sebab masyarakat berbeda-beda dan memiliki kebiasaan berbeda. Sehingga apabila ada suku lain kurang menerima perbedaan budaya di suku daerah lainnya, maka perpecahan dan konflik bisa terjadi.

Tak hanya rawan akan konflik, muncul juga masalah etnosentrisme yaitu suatu pandangan dan menganggap bahwa suku bangsanya sendiri lebih unggul dibandingkan dengan suku lainnya.

Tujuan keberagaman masyarakat Indonesia

Budaya Indonesia
Kumparan

Berikutnya setelah membahas mengenai pengaruh dari keberagaman, maka selanjutnya adalah tujuan hadirnya keberagaman di masyarakat. Nah di bawah ini tujuan dari hal ini adalah.

Sebagai identitas di masyarakat

Hadirnya hal ini di Indonesia bertujuan sebagai identitas di masyarakat. Identitas suatu bangsa ini sudah tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika dan merupakan semboyan bangsa Indonesia. Makna Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Membentuk masyarakat yang toleran

Keberadaan tentang keberagaman masyarakat Indonesia ternyata bisa memunculkan sikap toleransi. Toleransi merupakan sikap saling menghargai, menghormati dan memberikan privasi kepada orang lain.

Menjadi objek wisata di setiap daerah

Selain sebagai bentuk mewujudkan sikap toleransi, ternyata hadirnya hal ini bisa menjadi peluang menjanjikan di bidang pariwisata. Ya, hal ini karena kemajemukan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Hal ini terbukti bahwa daerah yang memegang kuat kebudaayaan mampu menarik turis mancanegara atau domestik.

Menambah pendapatan negara

Tak hanya bisa dijadikan obyek wisata, ternyata hadirnya hal ini malah bisa menambah pendapatan negara. Mengapa bisa demikian? Jika masyarakat memiliki keberagaman profesi, seni, dan budaya, tentu hal ini dapat menambah pemasukan masyarakat dan negara.

Itulah pembahasan mengenai pengertian, manfaat dan faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Indonesia tersusun atas gugusan pulau-pulau kecil dan disekati oleh lautan, pegunungan hingga lautan, sehingga lahirlah keberagaman.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!