karya seni aplikasi

Karya seni aplikasi adalah salah satu jenis karya seni selain karya seni kolase, montase, dan mozaik. Karya seni ini menjadi karya seni termudah diantara yang lainnya. Teknik aplikasi karya seni ini dapat menggunakan kain, jarum, dan kertas saja.

Karya seni jenis aplikasi dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan anak usia sekolah dasar pun juga dapat mempelajari dan membuatnya dengan mudah. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai karya seni satu ini, Sedulur bisa simak artikel berikut.

BACA JUGA: Apa Itu Karya Seni Montase: Definisi, Fungsi & Teknik Membuat

Pengertian 

karya seni aplikasi
donat.gepics

Karya seni aplikasi adalah salah satu seni yang berguna untuk menghias kain. Karya seni ini termasuk ke dalam seni menjahit yang paling mudah dilakukan dibandingkan karya seni lainnya.

-->

Karya seni aplikasi dibuat dengan cara memotong kain sesuai bentuk yang diinginkan dan menempelkannya pada kain yang lain. Bentuk yang dibuat merupakan bentuk yang sederhana. Karya seni aplikasi contohnya pada tas, baju, maupun hiasan dinding.

Contoh karya seni aplikasi biasanya berbentuk binatang, daun, bunga, bangun datar, ataupun bentuk-bentuk yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Karya seni aplikasi dari kertas origami juga dapat menjadi pilihan apabila tidak ada kain untuk membuatnya. 

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

Cara membuat

karya seni aplikasi
donat.gepics

 

Karya seni aplikasi paling banyak terbuat dari kain sisa atau kain perca. Dengan menggunakan kain perca, karya seni ini menjadi lebih bernilai. Karya seni ini sangat cocok digunakan untuk melatih motorik anak usia dini. Tidak hanya itu, karya seni ini juga bisa digunakan sebagai aktivitas selingan setelah lelah melakukan kegiatan sehari-hari.

Berikut adalah cara membuat karya dengan teknik aplikasi yang dapat Sedulur coba di rumah. Selain mudah, bahan dan alat yang diperlukan juga murah dan mudah didapatkan.

  1. Pilihlah desain dan kain yang sesuai. Sedulur dapat menggunakan jenis bahan kain yang sesuai dengan desain dan sesuai warna yang ingin diaplikasikan.
  2. Gambarlah desain pada selembar kertas dengan baik untuk memudahkan proses pemotongan serta sesuai dengan gambar yang diinginkan.
  3. Potonglah gambar di kertas  yang sudah dibuat tadi perlahan-lahan dengan hati-hati.
  4. Tempellah gambar aplikasi (pola kain yang sudah dipotong) itu pada bahan yang menjadi dasarnya.
  5. Supaya lebih rapi, jahitlah aplikasi pada bahan dasar dengan menggunakan teknik menjahit sederhana menggunakan benang biasa atau dengan teknik jahit sulam menggunakan benang sulam.
  6. Rapikanlah benang-benang yang masih berlebih ke sisi belakang dengan memotongnya, dan bersihkanlah benang-benang yang sudah tidak digunakan.
  7. Terakhir, Setrikalah hasil tempelan tadi sehingga bisa menghasilkan aplikasi yang halus dan rapi sesuai dengan keinginan kita.

Cukup sekian penjelasan mengenai karya dengan teknik aplikasi dan cara membuatnya. Sedulur dapat mencoba membuatnya untuk menghasilkan hiasan estetik dan dapat menjadi hiasan di ruang tamu rumah masing-masing.

BACA JUGA: Mengenal Butsir, Ini Fungsi beserta Teknik Pemakaiannya

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!