butsir adalah

Butsir adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam teknik pembuatan patung. Bagi Sedulur yang berkecimpung dengan dunia seni rupa terutama spesialisasi patung pasti akan sangat familier dengan istilah butsir. Selain karena sering menggunakannya, juga sudah sangat khatam menggunakannya.

Namun bagi yang awam terhadap dunia patung dan seni rupa, tentu butsir adalah hal yang asing dan tidak diketahui. Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tuntas terkait butsir dan seni perpatungan untuk memperluas wawasan Sedulur. Yuk, mari langsung kita mulai dengan pembahasan terkait apa itu butsir.

BACA JUGA: Apa Itu Karya Seni Montase: Definisi, Fungsi & Teknik Membuat

Apa itu butsir?

butsir adalah
Kumparan

Butsir adalah alat bantu untuk membuat patung, sebagaimana yang telah disinggung di awal kalimat pembuka di atas. Butsir adalah alat yang terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Alat butsir terbuat dari kawat atau kayu yang digunakan untuk pembuatan model berbahan tanah liat atau balok sabun.

Alat butsir adalah alat untuk membuat patung, dan teknik butsir adalah salah satu teknik membuat patung menggunakan butsir itu sendiri. Biasanya butsir digunakan bersamaan dengan sudit. Kedua alat ini berfungsi untuk mengambil, menambal, atau menambahkan bahan serta menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau oleh tangan.

Secara umum, teknik butsir adalah pembuatan patung dengan mengurangi sedikit demi sedikit bahan menggunakan sudip hingga bahan terbentuk. Namun peralatan untuk membuat patung bukan hanya alat butsir kayu saja. Ada beberapa alat lain yang bisa digunakan.

Alat dan bahan untuk pembuatan patung

Pengadaan Barang

Selain butsir patung, terdapat beberapa alat dan bahan pembuatan patung lainnya. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan patung:

  • Pisau, kapak, martil, ampelas, dan gergaji: Untuk membuat patung berbahan kayu.
  • Kompor pengecor, alat cetak, dan gerinda: Untuk pembuatan patung cetak dari bahan logam.
  • Pahat baja, martil besi, gerinda: Untuk pembuatan patung dari bahan batu, granit, marmer.
  • Pisau, martil, dan tang: Untuk membuat patung berbahan dasar semen.

Teknik-teknik pemakaian butsir

butsir adalah
Kompas

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa butsir adalah alat untuk membuat patung. Tentu sebagai salah satu alat, pasti digunakan dengan teknik tertentu. Berikut ini adalah beberapa teknik-teknik pembuatan patung yang umum digunakan dalam seni rupa dengan menggunakan butsir atau alat lainnya:

  1. Teknik merakit merupakan salah satu teknik pembuatan patung. Teknik satu ini mirip dengan permainan puzzle yang dalam proses pembuatannya dilakukan dengan marakit dan merangkai bahan dasar patung itu sendiri.
  2. Teknik pahat merupakan teknik dalam membuat patung, teknik pahat digunakan dengan bahan dasar keras. Misalkan kayu, atau batu granit. Nah, dalam teknik ini alat butsir digunakan. Salah satu contoh teknik butsir yaitu dengan menggunakan teknik pahat. Teknik ini dilakukan dengan mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar, sehingga menghasilkan patung yang diinginkan.
  3. Teknik modeling adalah teknik pembuatan patung dengan cara membuat model terlebih dahulu dan setelah itu akan dibentuk patung yang sebenarnya. Butsir juga biasanya digunakan dalam teknik pembuatan patung satu ini.
  4. Teknik cor adalah teknik terakhir, teknik ini cocok digunakan untuk membuat patung berbahan dasar logam. Teknik ini dilakukan dengan memanaskan logam hingga mencair. Selanjutnya, cairan dituangkan ke dalam cetakan patung yang berbentuk.
  5. Teknik putar yang menggunakan alat kichwheel atau handwheel mungkin sering Sedulur lihat jika seorang seniman membuat patung menggunakan tanah liat. Nah, yang Sedulur lihat itu adalah teknik putar.
  6. Teknik lintingan adalah teknik lainnya yang ada dalam proses pembuatan patung. Teknik ini digunakan dengan cara menyusun lintingan-lintingan kecil menjadi sebuah patung atau sebuah bentuk estetik.
  7. Teknik pijat yaitu teknik patung dengan menyusun keratan lempengan bahan sesuai dengan rencana dari pematung itu sendiri. Teknik ini hampir mirip dengan teknik putar.

BACA JUGA: 16 Teknik Fotografi Dasar yang Wajib Dikuasai Para Pemula

Jenis-jenis patung

Kumparan

Pembasan terkait butsir adalah salah satu alat membuat patung, tidak afdol jika tidak membahas jenis-jenis patung. Karena dari salah satu jenis patung yang ada, dapat dibuat dengan menggunakan teknik butsir. Berikut ini adalah beberapa jenis patung:

  • Patung Monumen: Patung yang dirancang untuk memperingati peristiwa atau tokoh tertentu yang berjasa besar.
  • Patung Miniatur: Patung yang merupakan tiruan bangunan atau arca dalam bentuk lebih kecil.
  • Patung Dekorasi: Patung yang dibuat sebagai ornamen atau penghias.
  • Patung Pemujaan: Patung yang digunakan untuk lambang pemujaan atau sesembahan dalam acara keagamaan.

Beberapa patung di atas hanya beberapa contoh jenis patung, yang umum ditemui di kehidupan sehari-hari. Namun secara spesifik banyak jenis patung dalam ranah seni rupa itu. Karena seni adalah bidang yang tidak terbatas dan bebas berekpresi menghasilkan karya.

Itulah pembahasan lengkap tentang butsir. Karena butsir adalah salah satu teknik patung, Sedulur bisa mempelajari teknik patung lainnya jika Sedulur memiliki ketertarikan dalam dunia seni rupa patung. Semoga penjelasan kali ini bisa menjadi pembuka bagi Sedulur untuk mempelajari lebih lanjut dan lebih spesifik lagi tentang kesenian ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!