kamar tanpa jendela

Mungkin pembuatan kamar tanpa jendela menjadi pilihan yang tidak umum di dalam desain interior. Biasanya hal ini juga dihindari karena berpeluang menghadirkan beberapa masalah kesehatan dan juga kenyamanan bagi para penggunanya.

Namun meskipun begitu, mungkin saja Sedulur mempunyai alasan tertentu untuk membuat kamar tanpa jendela ini. Entah itu karena memang keinginan pribadi, dana yang terbatas, atau memang karena model ruangan yang sudah paten dan tidak bisa diubah lagi.

Akan tetapi tidak usah khawatir, berikut ini akan diberikan beberapa tips terbaik untuk bisa tetap menghasilkan suasana dan nuansa yang nyaman di dalam kamar tanpa jendela. Tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja simak beberapa tips yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Ruangan Adem dan Sejuk Tanpa AC

-->

1. Pencahayaan buatan

kamar tanpa jendela
Divisare

Entah itu pada siang maupun malam hari, pencahayaan buatan dalam model kamar tanpa jendela sangat penting. Ya, salah satu fungsi utama dari jendela adalah memberikan pencahayaan alami ke dalam sebuah ruangan atau kamar.

Sementara tanpa adanya jendela, tentu kamar ini tidak akan bisa mendapat cahaya alami dari matahari di siang hari. Oleh sebab itu, Sedulur harus bisa merencanakan pencahayaan buatan yang baik. Gunakanlah lampu langit-langit, lampu meja, maupun lampu dinding yang mampu menerangi seluruh ruangan.

2. Memasang cermin

Livespace

Cermin menjadi salah satu hal penting dalam dekorasi ruangan, terutama kamar tidur. Tidak hanya membuat ruang terasa lebih lega, keberadaan dari cermin sendiri juga dapat memberikan efek yang lebih terang pada ruangan. Sehingga sangat cocok sebagai solusi pada kamar tanpa jendela.

Cermin memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya buatan atau lampu, sehingga membuat ruang menjadi lebih terang. Khusus untuk kamar yang sempit, Sedulur harus bisa memilih ukuran cermin yang proporsional. Jadi keberadaannya tidak memakan terlalu banyak tempat.

3. Sirkulasi udara

Domino

Tidak adanya jendela tentu memaksa pengguna lebih memperhatikan sirkulasi udara dalam ruangan. Terlebih lagi untuk kamar dengan ukuran yang cenderung kecil dan sempit, maka udara yang ada di dalamnya akan mudah pengap dan menimbulkan kelembaban.

Selain menimbulkan ketidaknyamanan, hal itu juga tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu, pastikan kamar mempunyai ventilasi udara yang cukup dan juga bersih. Jangan lupa pula untuk sering membuka pintu kamar, supaya pergantian udara tetap ada. Atau juga ada dana lebih, belilah dehumidifier.

4. Cat warna terang

kamar tanpa jendela
Treehouse

Secara tidak langsung, pemilihan warna dinding kamar juga berpengaruh pada kenyamanan pengguna kamar, lho. Untuk kamar yang tidak punya jendela, disarankan untuk memilih warna-warna yang terang pada cat temboknya, misalnya saja putih.

Dengan menggunakan warna yang cerah ini, maka akan memberi kesan yang lebih lapang dan luas. Selain itu, rasa pengap dan sesak karena tidak adanya jendela juga dapat diminimalisir. Hindari penggunaan warna cat yang gelap, karena dapat membuat kamar terkesan sempit, sumpek, atau bahkan suram.

BACA JUGA: Bedanya AC Inverter dan Non Inverter? Mana yang Lebih Baik?

5. Material dinding

Architectural Digest

Tidak hanya warna cat yang digunakan, jenis material dinding juga tidak boleh luput dari diperhatikan. Pada saat merancang kamar tanpa jendela, pertimbangkan untuk menggunakan material dinding yang benar-benar sesuai.

Dianjurkan untuk menggunakan bahan yang tahan lama untuk menghindari masalah seperti keropos dan retak. Pastikan juga material tersebut mudah untuk dibersihkan, agar kebersihan dan kualitas udara di dalam kamar bisa tetap terjaga dengan baik.

6. AC atau kipas angin gantung

The Spruce

Tips untuk mendekorasi kamar tanpa jendela yang berikutnya adalah dengan memasang AC atau kipas angin. Penggunaan salah satu dari kedua alat tersebut, tentu saja bertujuan agar udara yang ada di dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan tidak pengap.

Jika Sedulur memilih untuk memasang kipas angin, maka dianjurkan untuk memilih model kipas angin gantung atau kipas angin tembok agar tidak memakan banyak tempat. Oh iya, jangan lupa untuk rutin membersihkannya agar udara yang berputar dalam ruangan tetap segar dan bersih.

7. Memasang exhaust fan

Decor

Pemasangan exhaust fan bisa dilakukan untuk memastikan sirkulasi udara yang ada di dalam tetap terjaga dengan baik. Bagi yang belum tahu, exhaust fan sendiri memiliki kegunaan untuk menghisap udara kotor, kemudian menggantinya dengan udara dari luar yang masih bersih.

Pemasangan exhaust fan juga terbilang hemat tempat, karena dapat dilakukan di plafon maupun dinding kamar. Menariknya, alat yang satu ini juga dapat membantu dalam menghilangkan hawa pengap serta bau yang tidak sedap tanpa perlu ada saluran pipa.

8. Furniture ramping dan multifungsi

Architectural Digest

Sedulur juga harus memperhatikan pemilihan furniture yang akan digunakan di kamar tanpa jendela, agar tetap terasa lega dan luas. Pastikan furnitur yang dipilih, memiliki ukuran dan juga desain yang pas, tidak terlalu besar dan memakan banyak tempat.

Selain itu, usahakan untuk memilih furniture yang multifungsi agar bisa menyisakan ruang yang lebih pada kamar. Hindari penggunaan furniture dengan desain atau motif terlalu mencolok, karena secara tidak langsung hal itu bisa memberikan efek “penuh” di dalam kamar.

Perlu untuk diketahui jika desain kamar tanpa jendela mungkin bukan pilihan yang ideal bagi banyak orang. Terdapat beberapa kekurangan dan juga masalah yang harus diatasi. Namun dalam kondisi tertentu, memang mengharuskan kita untuk tetap bisa mengoptimalkan desain kamar tersebut.

Semoga dengan beberapa tips yang ada di atas, Sedulur bisa mendekorasi kamar tanpa jendela yang tetap nyaman untuk ditinggali. Tidak hanya sekadar nyaman saja, namun faktor kesehatan juga tetap bisa dijaga dengan baik.