bedanya ac inverter dan non inverter

Ada dua jenis AC, pertama AC inverter dan AC non inverter. Banyak yang belum mengetahui bedanya AC inverter dan non inverter. Untuk memudahkan Sedulur, dalam kesempaan kali ini kita akan bahas perbedaan kedua jenis AC tersebut.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak pembahasan terkait bedanya AC inverter dan non inverter di bawah ini!

BACA JUGA: 17 Merk AC Terbaik 2023, Dingin dan Hemat Listrik!

Apa itu AC Inverter?

Rekomendasi AC terbaik 2023
Pinterest

Sederhananya, AC inverter adalah mesin pintar yang menggunakan kompresor terkontrol untuk mengurangi penggunaan energi. Kompresor adalah komponen unit pendingin udara yang memampatkan gas refrigeran (freon) menjadi bentuk cair, yang kemudian mulai menghasilkan udara dingin yang menyesuaikan suhu di dalam ruangan.

AC inverter mengontrol frekuensi arus listrik yang masuk ke kompresor. Dengan cara ini, kompresor dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda dan lebih hemat energi bagi pengguna. Sistem inverter biasanya dimulai pada kecepatan rendah.

Akibatnya, AC mengonsumsi daya yang jauh lebih sedikit sebelum meningkat secara bertahap hingga mencapai kapasitas maksimumnya. Setelah mencapai suhu yang tepat, kompresor inverter tidak sepenuhnya mati.

Sebaliknya, AC berjalan pada kecepatan yang dikurangi untuk mempertahankan suhu yang disetel, meminimalkan pemborosan energi, dan memungkinkan pengguna menikmati suhu yang lebih konsisten.

Apa itu AC Non Inverter?

rekomendasi ac low watt terbaik
This is Money

Seperti yang dijelaskan di atas, AC inverter menggunakan kompresor yang diatur, sedangkan AC non inverter kurang canggih dan menggunakan kompresor standar. Kompresor standar AC non inverter tidak dapat mengatur kecepatan sehingga mesin akan mendinginkan ruangan dengan daya penuh atau tidak sama sekali.

Dengan begitu, AC non inverter akan mulai mendinginkan ruangan dengan kapasitas penuh dan mati setelah suhu yang diinginkan tercapai. Akibatnya, AC mengonsumsi lebih banyak listrik dan kurang hemat energi daripada jenis AC inverter.

Konsumsi Daya AC Inverter vs Non Inverter

Satu perbedaan besar antara AC inverter dan non inverter adalah berapa banyak daya yang mereka gunakan. Kompresor pada AC inverter tidak terus-menerus beroperasi pada kapasitas penuh karena ia dapat menyesuaikan diri pada kecepatan yang bervariasi pada waktu yang berbeda.

 Ini secara signifikan mengurangi penggunaan energi AC inverter dibandingkan AC non inverter. Di sisi lain, cara AC non inverter berfungsi dapat mengakibatkan konsumsi energi yang berlebihan dan tidak perlu sehingga meningkatkan biaya listrik.Jika dibandingkan dengan AC non inverter, AC inverter bisa menghemat tagihan listrik hingga 58 persen.

BACA JUGA: Tips Mematikan dan Menyalakan AC Tanpa Remote, Mudah Lho!

Kelebihan AC Inverter

cara menyalakan ac tanpa remot
Unsplash

Ada beberapa kelebihan AC inverter yang perlu Sedulur ketahui. Kelebihan ini bisa menjadi pertimbangan bagi Sedulur untuk memilih jenis AC ini. Berikut ini adalah keuntungannya.

1. Hemat tagihan listrik

AC inverter memiliki banyak keuntungan, tetapi yang paling penting adalah mereka menghemat energi, yang akan menghemat listrik dalam jangka panjang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, AC inverter mengontrol motor kompresornya, menghasilkan penghematan energi yang signifikan.

2. Tidak berisik

Karena kecepatan motor kompresor yang berubah-ubah, AC inverter juga lebih senyap dalam pengoperasiannya. Alih-alih selalu beroperasi pada kapasitas penuh, AC inverter dapat bekerja pada tingkat yang lebih rendah, membuatnya jauh lebih tenang daripada AC non inverter.

3. Daya tahan lama

Motor kompresor AC inverter berjalan terus-menerus pada kecepatan variabel, mengurangi konsumsi daya dan keausan sebagai hasilnya. Karena motor kompresor pada AC inverter tidak hidup dan mati sebanyak AC non inverter, ini meminimalkan beban daya, memungkinkannya bertahan lebih lama.

Pendinginan yang lebih cepat adalah keuntungan lain dari AC tipe inverter karena kompresor dimaksudkan untuk mengatur suhu secara konstan sesuai kebutuhan. Alih-alih fluktuasi suhu yang dihasilkan oleh unit AC non inverter yang hidup dan mati, motor kecepatan variabel AC inverter akan menjaga suhu ruangan dengan lebih baik.

Kekurangan AC Inverter

Disamping kelebihan di atas, ada juga kekurangan dari AC inverter. Harganya mahal Harga AC inverter lebih mahal untuk dibeli daripada sistem non inverter, tetapi dianggap sebagai investasi yang baik dalam jangka panjang.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik di Indonesia 2023!

Kelebihan AC Non Inverter

rekomendasi ac low watt terbaik
Medium

Lebih terjangkau   Secara umum, tidak ada keuntungan substansial menggunakan AC non inverter dibandingkan tipe AC inverter. Satu-satunya keuntungan yang dimilikinya dibandingkan AC inverter adalah harganya yang terjangkau.

AC non inverter lebih murah daripada AC inverter, membuatnya lebih terjangkau untuk dibeli jika Sedulur memiliki anggaran terbatas.

Kekurangan AC Non Inverter

Selain kelebihan yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa poin yang menjadi kelemahan dari AC non inverter. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya.

1. Bising

Karena AC non inverter dimaksudkan untuk hidup dan mati pada waktu yang ditentukan, AC ini lebih berisik daripada tipe inverter. Karena kebisingannya, AC non inverter mungkin bukan pilihan terbaik bagi orang-orang yang lebih menyukai lingkungan yang tenang saat bekerja atau bersantai.

2. Konsumsi energi

Tingginya biaya listrik adalah kelemahan lain dari AC non inverter. Jika menggunakan AC non inverter secara teratur, Sedulur mungkin melihat peningkatan tagihan listrik Sedulur.

3. Kurang tahan lama

Bagi banyak orang, produk elektronik yang mereka investasikan harus awet dan tahan lama. AC non inverter sering hidup dan mati, yang membuat sistem menjadi aus dan mengurangi masa pakainya. Akibatnya, AC non inverter mungkin bukan investasi yang bijaksana karena kinerjanya menurun seiring waktu.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Ruangan Adem dan Sejuk Tanpa AC

Jenis AC yang Harus Dibeli

rekomendasi ac low watt terbaik
Bob Vila

Pilihan AC Sedulur tergantung pada kebutuhan, anggaran, dan penggunaan. Manfaat utama memasang AC inverter adalah lebih hemat energi daripada non-inverter dan cenderung lebih tenang saat bekerja pada kecepatan yang lebih rendah daripada model standar. Secara umum sebagai berikut:

  • Biaya inverter lebih mahal di awal tetapi menghemat uang untuk tagihan listrik dari waktu ke waktu. Non-inverter lebih murah untuk pembelian tetapi biaya pengoperasian AC non-inverter tinggi.
  • AC inverter cenderung lebih tahan lama dan memiliki masa pakai yang lebih lama, dan biaya perawatan AC inverter relatif tinggi; Masa pakai AC non-inverter relatif lebih singkat, tetapi biaya perawatan AC non-inverter rendah;
  • AC non-inverter mengeluarkan banyak suara selama pengoperasian dan saat menghidupkan atau mematikan; AC inverter tidak mengeluarkan suara sama sekali atau hanya mengeluarkan sedikit suara saat beroperasi.
  • Suhu ruangan dengan AC non-inverter dapat bervariasi; AC inverter menjaga suhu ruangan tetap stabil.
  • Dengan AC inverter, pendinginan cepat dapat dilakukan, tetapi sebaliknya dengan AC non-inverter.

Secara keseluruhan, baik AC inverter maupun AC non inverter dapat melakukan tugasnya dengan baik, yaitu menjaga ruangan tetap sejuk dan nyaman. Meskipun AC inverter memiliki banyak keunggulan dibandingkan AC non inverter, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor lain.

Demikian tadi  beberapa poin dan penjelasan terkait bedanya AC inverter dan non inverter. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama untuk kebutuhan AC di rumah.