Manfaat hidup rukun

Kerukunan telah lama menjadi nilai penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Berikut ragam manfaat hidup rukun dalam kehidupan!

Jika Sedulur masih ingat, dalam pelajaran SD kerap ditanyakan apakah yang dimaksud dengan kerukunan sebutkan manfaat hidup rukun, Pertanyaan ini meski terdengar sepele, namun memiliki arti penting dalam kehidupan dewasa. Kerukunan menjadi nilai penting yang banyak memengaruhi kelancaran hidup.

Hidup rukun adalah kunci untuk membangun masyarakat yang maju. Kerukunan adalah syarat penting yang harus ada untuk menciptakan solusi-solusi bagi permasalahan yang ada. Pasalnya, masyarakat yang rukun akan lebih mampu berdiskusi dan bermusyawarah tanpa harus tarik urat. Lewat diskusi sehat, masyarakat pun akan menemukan solusi yang konstruktif.

Tapi tak hanya itu. Lewat pembahasan kali ini, yuk kita telaah apa manfaat dari hidup rukun.

-->

Manfaat hidup rukun di rumah dan lingkungan tetangga

1. Lingkungan yang lebih aman

Manfaat hidup rukun bertetangga
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Kehidupan bertetangga yang rukun akan meningkatkan keamanan di lingkungan rumah. Bagaimana tidak, tetangga yang rukun akan saling menjaga satu sama lain. Dengan begini, kasus kriminalitas pun akan semakin minim. Selain itu, sistem ronda dan bahu membahu untuk saling menjaga juga akan mengurangi risiko terjadinya kejahatan di lingkungan sekitar.

Lingkungan yang aman ini dapat meningkatkan kualitas hidup Sedulur. Ketika kebutuhan Sedulur akan perasaan aman di rumah sudah terpenuhi, Sedulur akan nyaman dalam menjalani kehidupan dan bisa berfokus pada hal lain yang bersifat pengembangan. Misalnya, pengembangan diri atau pengembangan aktivitas di lingkungan tetangga.

2. Menghindari perselisihan dan persaingan tidak sehat

Manfaat hidup rukun
Photo by Pixabay from Pexels

Sedulur pasti sering dengar kisah-kisah tentang lingkungan tetangga yang saling berselisih dan bersaing? Jika si A beli mobil baru, maka tetangga lainnya akan nyinyir dan bersaing untuk membeli mobil baru pula. Hal-hal seperti ini tentu akan terasa melelahkan dan membuat kehidupan jadi kurang nyaman.

Meskipun Sedulur tidak terlibat secara langsung dalam perselisihan dan persaingan ini, namun Sedulur bisa kena getahnya juga lho. Coba saja misal tetangga samping rumah Sedulur berselisih dengan tetangga depan Sedulur, bukankah Sedulur akan merasa bingung dan tidak nyaman saat ada acara kumpul tetangga? Atau bahkan, Sedulur bisa terseret masalah mereka hanya lantaran mengobrol dengan salah satu pihak yang bermasalah. Duh, serba bingung!

3. Komunikasi antar tetangga yang baik

Manfaat hidup rukun bertetangga
Photo by Centre for Ageing Better from Pexels

Jika diminta untuk sebutkan manfaat hidup rukun bertetangga, tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik. Salah satunya adalah komunikasi yang baik antar tetangga. Hal ini kemudian akan berdampak pula pada kelancaran koordinasi dan keaktifan lingkungan dalam memakmurkan anggotanya. Komunikasi yang baik juga merupakan jalinan awal yang akan mendorong terjadinya hubungan saling tolong menolong serta gotong royong.

Ketika lingkungan tetangga mampu untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik, maka kemakmuran serta kualitas hidup di lingkungan tersebut pun akan meningkat. Tingkat kenyamanan serta kebahagiaan yang tinggi di rumah pada akhirnya juga akan berdampak pada kehidupan anggotanya di aspek-aspek lain.

Baca Juga: 8+ Manfaat & Contoh Perilaku Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat hidup rukun di sekolah

1. Saling menolong yang kesusahan

Manfaat hidup rukun saling menolong
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Sekolah merupakan tempat di mana anak menghabiskan banyak waktunya di sana. Interaksi anak dengan teman-teman dan gurunya mengambil peranan besar dalam kehidupan sang anak. Karena itu, hidup rukun juga akan sangat bermanfaat di sekolah anak.

Kerukunan di sekolah akan membangun semangat saling menolong yang kuat. Saat salah satu mengalami kesusahan, teman-temannya akan dengan ringan hati menolong. Hal ini akan menguatkan rasa solidaritas anak di sekolah, dan pada akhirnya membuat anak lebih semangat bersekolah.

2. Memiliki banyak teman

Manfaat hidup rukun memiliki banyak teman
Photo by Helena Lopes from Pexels

Siapa sih yang tidak mau memiliki banyak teman? Kehidupan yang rukun di sekolah akan membuat hubungan pertemanan yang terbangun jadi semakin luas dan kuat. Jaringan pertemanan yang kuat ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan di masa mendatang. Bukan hanya memperluas koneksi, namun kehadiran teman-teman itu juga dapat menjadi support system yang baik bagi Sedulur.

Karena itu, hiduplah dengan rukun bersama teman dan jagalah hubungan tersebut dengan baik.

3. Menjauh dari pertengkaran

Manfaat hidup rukun di sekolah
Photo by Matheus Bertelli from Pexels

Kehidupan yang rukun akan menjauhkan Sedulur dari pertengkaran di sekolah. Jika Sedulur kerap mendengar berita tentang aksi tawuran antar murid, hal ini diakibatkan oleh kerukunan antar sekolah yang kurang baik.

Hidup rukun tidak hanya penting dalam lingkup dalam sekolah saja, melainkan juga antar sekolah. Dengan adanya hidup rukun antar sekolah, alih-alih saling bertengkar, sekolah akan saling menjaga satu sama lain.

Baca Juga: Ini Arti dan Manfaat Membaca Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Manfaat hidup rukun dengan teman

1. Mempererat tali persatuan

Manfaat hidup rukun dengan teman
Photo by Alexander Suhorucov from Pexels

Siapa yang tidak ingin hidup tentram, memiliki banyak teman yang solid dan selalu siaga membantu satu sama lain? Hidup rukun dengan teman akan membuat Sedulur memiliki pertemanan yang solid seperti ini. Tali persatuan ini sama pentingnya dengan keluarga. Teman adalah pihak kedua yang akan mampu menjadi tempat Sedulur berlindung selain keluarga. Kerukunan akan memperkokoh hubungan antar teman dan membawa Sedulur pada kehidupan yang tentram.

2. Reputasi yang baik

Reputasi yang baik
Photo by fauxels from Pexels

Keuntungan lain dari hidup rukun adalah mampu menciptakan reputasi yang baik. Saat Sedulur tidak memiliki hubungan yang rukun dengan teman, atau terlibat pertengkaran, maka reputasi Sedulur pun dipertaruhkan. Saat Sedulur memiliki reputasi yang baik, maka Sedulur juga akan lebih mudah dalam berteman dan membangun jaringan. Sedulur juga akan lebih dipercaya dalam berbagai urusan karena berhasil memiliki hidup yang rukun dengan teman dan lingkungan sekitar.

Kalau menurut Sedulur, apa manfaat hidup rukun lainnya? Apa saja sih hal yang akan diperoleh melalui kehidupan yang rukun? Terlepas dari manfaatnya, kehidupan yang rukun merupakan sesuatu yang perlu untuk terus kita jaga.

Bagi Sedulur yang memiliki hubungan rukun dengan tetangga dan lingkungan sekitar, bisa mencoba profesi sampingan sebagai Super Agen. Menjadi Super Agen merupakan profesi yang memberikan Sedulur kesempatan untuk menjadi pahlawan bagi sekitar. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah dengan waktu kerja yang fleksibel. Yuk install Aplikasi Super sekarang dan daftarkan diri sebagai Super Agen. Bantu mereka di sekitarmu dan pupuk kerukunan dalam lingkungan lebih baik lagi.