Ide Menu Makanan Menyambut Idul Adha

Idul Adha selalu memiliki makanan khas sebagai bagian dari perayaan.

Idul Adha merupakan hari raya yang menjadi puncak ibadah haji bagi umat muslim. Hari Raya Idul Adha juga dibarengi dengan shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban. Daging merupakan bahan olahan utama saat Idul Adha tiba.

Pasti akan ada masa kita merasa bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja. Terutama, biasanya saat Idul Adha, daging akan kita sate dan diolah secara dibakar. Atau paling mending daging yang diperoleh saat Idul Adha diolah secara ditumis atau disemur.

Berikut ini ada beberapa ide menu makanan menyambut Idul Adha yang wajib Sedulur coba menghindari kebosanan dengan menu itu-itu saja. Apa saja menu makanan menyambut Idul Adha? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Aneka Resep Jajanan Ini Bisa Sedulur Coba. Berkreasi di Rumah Aja!

Ide Menu Makanan Saat Idul Adha Tiba

1. Rendang

Rendang merupakan menu makanan favorit banyak orang. Bahkan rendang sempat menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011 yang lalu.

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang dibuat dari daging sapi. Rendang sendiri memiliki cita rasa pedas dan menggunakan santan. Membuat rendang tidak harus dengan daging sapi, Sedulur juga bisa membuat rendang dengan daging kambing atau kerbau.

Jika Sedulur bosan dengan menu makanan saat Idul Adha, Sedulur Super bisa membuat rendang agar Idul Adha bisa dirayakan secara berbeda. Walaupun membuat rendang agak rumit, tapi Sedulur bisa membuatnya lebih sederhana lagi.

2. Gulai

Ide menu makan selanjutnya adalah gulai, gulai merupakan menu makanan yang menjadi ciri khas di pulau Jawa dan Sumatera. Gulai merupakan makanan dengan kuah yang terbuat dari bumbu rempah yang memiliki cita rasa gurih.

Ciri khas dari Gulai adalah kuahnya yang berwarna kuning dan kental. Bumbu gulai diracik dari berbagai rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis.

Racikan bumbu tersebut kemudian dimasak dalam santan beserta daging. Santan menyebabkan kuah menjadi kental, dan daging memberikan minyak alami pada kuah gulai yang sangat menggugah selera.

Sedulur juga bisa memasak Gulai sebagai ide menu makan untuk memeriahkan perayaan Idul Adha agar tidak mengolah makanan itu-itu saja.

3. Kambing Oven

Jika Sedulur mempunyai oven di rumah, Sedulur bisa mencoba resep masakan khas mesir yang satu ini. Kambing oven merupakan ide menu makanan saat Idul Adha yang cukup mudah pengolahannya.

Sedulur Super cukup oleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata, kemudian panggang dalam suhu 200 derajat Celcius hingga matang, atau selama panggang kurang lebih sekitar 45 menit.

Sedulur juga bisa menusuknya dengan garpu untuk mengecek tingkat kematangannya daging yang sedang dioven. Biasanya hidangan ini menggunakan bagian paha kambing, sebab lebih cepat empuk jika dimasak.

Baca Juga: Berbagai Olahan Singkong yang Cocok Dijadikan Bisnis

4. Sop Daging

Jika Sedulur ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan, maka sop daging adalah pilihan yang tepat. Ide menu makanan satu ini merupakan olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening ini biasanya ditambah dengan irisan sayuran.

Sayuran yang digunakan biasanya adalah kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri dalam rebusannya. Untuk menambah citarasanya, Kita juga bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop.

Tambahkan bawang goreng untuk menambah kenikmatan sop daging. Jangan lupa juga untuk menyantap sop daging dengan ditemani nasi hangat dan segelas teh manis.

5. Tengkleng dan Tongseng

Tengkleng merupakan makanan khas Solo. Olahan daging ini mirip seperti gulai kambing, namun memiliki kuah yang lebih encer. Tengkleng merupakan hidangan yang terdiri dari tulang, daging serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah tengkleng tidak jauh berbeda dengan bumbu gulai. Untuk menambah citarasa, kita juga bisa menambahkan taburan bawang goreng pada saat penyajiannya.

Selanjutnya adalah tongseng. Umumnya banyak masyarakat yang menganggap bahwa tengkleng dan tongseng adalah sama. Namun kedua makanan tersebut jelas beda.

Jika umumnya tongseng menggunakan daging kambing, tongseng merupakan menu makan yang menggunakan daging sapi. Makanan ini serupa gulai, namun menggunakan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai,.

Persis seperti Tengkleng, baik bumbu dan cara pengolahannya. Sedulur juga bisa menambah berbagai sayuran seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang. Saat menyajikannya kamu juga bisa menambah taburan bawang goreng serta emping.

Memasak tengkleng atau tongseng merupakan ide menu makanan yang patut dicoba saat Idul Adha, agar menu makan saat Idul Adha, tidak itu-itu saja.

6. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Olahan daging yang konon merupakan makanan favorit raja-raja pada masa lalu ini memiliki kuah berwarna hitam. Warna hitam tersebut berasal dari buah kluwak.

Selain kluwak, masakan ini menggunakan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, serta daun salam. Kita juga bisa menambahkan tauge atau sayuran lain sebagai pelengkap.

Rayakan Idul Adha dengan ide menu makan yang berbeda. Semoga 6 ide menu makan di atas bisa menjadi inspirasi untuk kita saat mengolah daging yang didapat pada saat Idul Adha. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu untuk memasak dengan belanja di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menjadi harga yang murah dengan kualitas tinggi. Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Rasakan kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.