Berbagai Olahan Singkong yang Cocok Dijadikan Bisnis

Olahan singkong merupakan salah satu ide bisnis yang menarik.

Seperti yang Sedulur Super ketahui, bahwa singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, singkong juga merupakan tumbuhan jenis umbi-umbian yang umum sekali dimakan oleh masyarakat Indonesia.

Keberadaan tanaman singkong bisa ditemukan di setiap daerah yang ada di Indonesia, karena singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh di segala jenis tanah. Mengingat keberadaannya yang berlimpah tersebut, olahan singkong juga wajib dipertimbangkan sebagai ide bisnis.

Sedulur Super bisa mencoba beberapa olahan singkong  yang akan diulas di bawah ini, untuk dijadikan sebagai ide bisnis. Apa saja olahan singkong yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tips Belanja Sembako di E-Commerce

Olahan Singkong Sebagai Ide Bisnis

1. Singkong Keju

Salah satu olahan singkong yang umum dijadikan sebagai ide bisnis dan sering kita temui di samping jalan adalah singkong keju. Singkong keju merupakan salah satu olahan singkong yang sangat mudah dibuat dan juga banyak yang menyukainya.

Tidak heran banyak yang menjadikan singkong keju sebagai ide bisnis. Walaupun terkesan sederhana, singkong keju juga bisa diolah sebagai makanan modern. Misalnya dengan mencampurnya dengan berbagai macam topping, seperti coklat dan lain sebagainya.

Membuat singkong keju sangat mudah, bumbu yang diperlukan hanya bawang putih saja. Haluskan bawang putih dan beri tiga sendok garam. Sediakan singkong yang telah dibersihkan dan direbus selama 30 menit.

Rendam singkong yang telah direbus dengan bumbu bawang putih yang telah dihaluskan, diamkan singkong selama 15 menit hingga bumbu menyerap kepada singkong. Siapkan minyak goreng hingga panas, lalu goreng singkong hingga merekah dan permukaannya kering.

Selain mudah dibuat, resep singkong keju juga sangat sederhana. Dengan cara pembuatan yang mudah dan bumbu yang sederhana, Sedulur Super bisa menjadikan singkong keju sebagai ide bisnis yang menguntungkan.

2. Singkong Rebus Pandan Wangi

Olahan singkong selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis adalah singkong rebus pandan wangi. Olahan ini merupakan camilan singkong yang sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari. Olahan ini belum banyak yang menjual.

Pada umumnya, kebanyakan pengusaha menjual singkong goreng atau singkong keju. Camilan singkong satu ini bisa dibuat untuk menemani minum kopi atau teh pada sore hari. Singkong rebus pandan wangi ini memiliki rasa manis.

Cara membuat camilan singkong ini sangat mudah, Sedulur Super tinggal mencampurkan air, gula, garam, pewarna dan daun pandan, lalu didihkan. Setelah panas dan mendidih, masukkan singkong, lalu rebus sampai empuk. Kemudian, setelah selesai, angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

3. Kolak Singkong

Tidak harus menunggu bulan puasa untuk menjual kolak. Kolak merupakan makanan tradisional yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Singkong juga bisa dijadikan sebagai olahan untuk ide bisnis. Bahan yang dibutuhkan tidak sulit didapat, dan cara membuatnya pun terbilang mudah.

Resep dan Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1/2 kg singkong , 200 m santan kental, 5 sendok makan gula pasir, 2 butir gula merah, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun salam, 1 liter air, dan garam secukupnya.

Cara membuat camilan singkong satu ini adalah sebagai berikut. Sediakan singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan.Lalu setelah itu masukkan singkong ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai empuk.

Selanjutnya, masukkan gula dan garam dalam rebusan singkong. Ketika singkong sudah lembut, masukkan santan dan aduk merata dengan perlahan. Masukkan bahan-bahan lain dan aduk merata. Kolak singkong pun siap disajikan selagi hangat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

4. Singkong Saus Gula

Jika menjadikan kolak singkong sebagai olahan singkong untuk ide bisnis terlalu sulit, Sedulur Super bisa membuat olahan singkong lain untuk dijadikan ide bisnis, yaitu Singkong Saus Gula. Resep singkong ini cocok untuk dijadikan sebagai sarapan atau camilan sore.

Resep singkong dan bahan yang dibutuhkan adalah singkong sebanyak 1 kg, 2 buah gula merah berukuran sedang, 1 lembar daun pandan, dan garam secukupnya. Cara membuat olahan singkong satu ini pun tidak terlalu sulit.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu pertama Sedulur hanya perlu merebus singkong dengan air, lalu tambahkan garam dan daun pandan. Teruskan merebus, sampai mendidih dan singkongnya menjadi empuk.

Bila perlu, rebus sampai airnya tersisa setengah dari yang semula penuh. Lalu, masukkan gula merah yang sudah disisir atau dihaluskan. Aduk sampai gulanya merata. Setelah itu, singkong saus gula merah sudah siap disajikan.

5. Kroket Singkong

Olahan singkong selanjutnya yang bisa dijadikan ide bisnis adalah kroket singkong. Sedulur Super juga bisa mengisi kroket singkong dengan daging ayam. Bahan utama yang dibutuhkan dalam resep singkong satu ini adalah singkong, mentega, telur dan terigu.

Sedulur membutuhkan 1 kg singkong yang telah dikukus dan kemudian dihaluskan, 100 gram margarin, 100 gram keju yang telah diparut, 1 butir telur, 4 sendok makan terigu, dan juga tepung panir. Untuk bahan isian daging ayam, Sedulur Super membutuhkan 300 gram daging ayam yang telah dicincang.

Jangan lupa juga tambahkan wortel, 1 batang bawang daun, dan cabai sesuai selera. Cara membuatnya pertama-tama tumis bahan-bahan untuk membuat isiannya. Lalu setelah itu siapkan adonan singkong dengan bahan-bahan yang telah disampaikan di atas.

Aduk dan campurkan, lalu dibuat bulat dan masukan isian yang telah ditumis di awal. Setelah itu siapkan satu butir telur yang telah dikocok, dan juga tepung panir. Masukan bulatan singkong ke dalam telur dan taburkan dengan tepung panir lalu goreng hingga menjadi kuning.

Kroket singkong pun telah siap dinikmati. Olahan singkong ini bisa dijadikan sebagai camilan sore atau malam bagi Sedulur Super yang malas untuk makan malam.

Resep dan olahan singkong di atas semoga bisa memberi tambahan ide untuk Sedulur Super berkreasi dan menjalankan bisnis agar mendapatkan untung super melimpah. Saat ini sulit sekali mendapatkan pekerjaan, berbisnis merupakan salah satu solusinya.