hadiah lomba agustusan untuk anak2

Salah satu momen perayaan paling besar di Indonesia adalah perayaan Hari Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Tidak hanya melaksanakan upacara bendera, hampir setiap daerah biasanya akan mengadakan karnaval dan lomba Agustusan. Nah, jika Sedulur ditunjuk sebagai salah satu panitia lomba tersebut, jangan bingung untuk memilihkan apa saja hadiah lomba agustusan untuk anak2, ya.

Hadiah yang cocok untuk lomba agustusan anak-anak sangatlah beragam. Mulai dari hadiah untuk menunjang aktivitas belajar, peralatan sekolah, hingga permainan edukasi. Jika Sedulur masih bingung, berikut adalah beberapa rekomendasi ide hadiah lomba 17 Agustus untuk anak-anak. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 20 Ide Hadiah Valentine untuk Pasangan yang Paling Berkesan

1. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa alat tulis

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Contoh hadiah lomba agustusan untuk anak yang pertama dan paling sering dipilih adalah alat tulis. Panitia dapat memberikan block note atau buku tulis kosong, bolpoin, pensil, tempat pensil, penghapus, dan alat pengoreksi tulisan. Semua hadiah tersebut dapat dibungkus dengan kertas kado warna-warni untuk membuat tampilan hadiah menjadi lebih menarik.

-->

Memberikan hadiah alat tulis dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak yang menerimanya, terutama bagi mereka yang masih berada di bangku sekolah dasar. Bisa jadi, dengan hadiah alat tulis dari hasil jerih payah mereka mengikuti lomba dapat meningkatkan semangat belajar. Tidak hanya melihat dari sisi penerima, jika perhatikan, hadiah alat tulis tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar karena harganya yang murah dan mudah didapatkan dimana saja. 

2. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa sepeda

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Salah satu contoh hadiah lomba agustusan yang bermanfaat adalah sepeda. Melihat usia penerima yang sebagian besar berada di bangku sekolah dasar, pemberian hadiah sepeda tentu dapat dipertimbangkan lagi. Hal ini karena pada umumnya anak-anak akan senang berkegiatan di luar rumah serta bersepeda bersama teman-temannya.

Namun, yang harus diperhatikan ketika akan memberikan hadiah sepeda adalah anggaran lomba yang dimiliki oleh panitia. Jika anggaran yang dimiliki berlebih, hadiah sepeda merupakan pilihan yang baik. Sedulur dapat menjadikan sepeda sebagai hadiah utama lomba perorangan sehingga pemenangnya tidak bingung dalam sistem pembagiannya.

BACA JUGA: 15 Pilihan Hadiah Untuk Bayi Baru Lahir yang Pasti Terpakai

3. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa

tas sekolah

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Hadiah lomba agustusan yang bermanfaat selanjutnya adalah tas sekolah. Hal ini dapat dipertimbangkan karena bulan Agustus merupakan masa awal anak-anak akan kembali ke sekolah untuk melakukan kegiatan belajar lagi. Dengan hadiah tas dari lomba agustusan yang didapatkannya, bisa jadi anak-anak akan menjadi lebih semangat dalam belajar.

Pemberian tas sekolah ini sangat bermanfaat karena tas merupakan salah satu barang dengan fungsi yang cukup banyak. Selain digunakan untuk membawa buku, tas sekolah juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang lain ketika berangkat ke sekolah. Panitia dapat mempertimbangkan untuk memberikan tas jenis ransel atau backpack yang bisa memuat banyak isi dan lebih nyaman ketika digunakan anak-anak. 

4. Celengan bentuk hewan

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Setelah melihat ide hadiah agustusan yang bermanfaat, sekarang saatnya mengetahui hadiah lomba agustusan yang unik. Ya, jika Sedulur menjadi panitia lomba Agustusan, Sedulur dapat memilih celengan bentuk hewan sebagai hadiahnya. Tidak hanya unik, celengan juga memiliki manfaat bagi anak-anak.

Bentuk celengan yang unik dan lucu, akan membuat anak semakin rajin menabung. Mereka akan mengerti seberapa penting memiliki tabungan pribadi. Dengan begitu, mereka juga akan lebih bersemangat untuk menabung dan membiasakan diri melakukannya sejak usia dini. Sedulur dapat memilih celengan yang berbentuk gajah, babi, ataupun sapi.

BACA JUGA: 10 Hadiah Lomba 17 Agustus yang Menarik dan Murah

5. Baju sehari-hari

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Contoh hadiah agustusan yang cocok bagi anak-anak lainnya adalah baju sehari-hari. Pemberian baju sehari-hari tentunya memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Selain membuat mereka senang, hadiah baju sehari-hari juga bisa menambah koleksi baju yang mereka pakai saat bermain bersama teman-temannya. 

Sedulur dapat memilihkan baju dengan motif yang menarik untuk membuat para anak-anak menyukai hadiah yang mereka dapatkan. Usahakan untuk memilih model baju unisex yang dapat digunakan oleh perempuan ataupun laki-laki. Perhatikan pula ukuran tubuh dari anak-anak yang mengikuti perlombaan sehingga ketika mereka mendapatkan hadiah baju, ukuran yang mereka gunakan dapat pas dan tidak terlalu kecil.

6. Peralatan makan dan minum

hadiah lomba agustusan untuk anak2
iStock

Contoh hadiah yang lain adalah peralatan makan dan minum. Hadiah ini tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih membawa bekal ke sekolah. Dengan peralatan makan dan minum yang baru, semangat untuk membawa makanan bekal bisa jadi akan meningkat. Dengan begitu, Sedulur secara tidak langsung telah membantu para orang tua dalam mengajarkan anak mengonsumsi makanan yang higienis dan mengurangi jajanan sembarangan.

Sedulur dapat memilih alat makan dan minum dengan desain gambar yang menarik, seperti tokoh superhero maupun tokoh kartun yang disukai oleh anak-anak. Dengan desain yang menarik, anak-anak akan lebih senang dalam membawa bekal dan menjadi terbiasa menjalankan kebiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. 

Tidak hanya itu, dengan botol minum yang lucu dan ergonomis akan membuat anak gemar membawa minum sendiri tanpa membeli minuman sembarangan di luar. Terutama jika anak suka mengonsumsi air putih, botol minum yang menarik akan menambah rasa percaya diri mereka ketika membawanya kemana-mana. 

BACA JUGA: Daftar Kuliner Khas 17 Agustus yang Selalu Memeriahkan Hari Kemerdekaan

7. Blok dan puzzle mainan

hadiah lomba agustusan
iStock

Hadiah lomba agustusan yang unik lainnya adalah dengan memberikan permainan edukasi berupa blok dan puzzle. Kedua jenis permainan ini akan membantu anak-anak untuk meningkatkan kemampuan otak, terutama dalam hal imajinasi, konsentrasi, motorik, dan kreativitas. 

Puzzle merupakan salah satu permainan yang banyak dimainkan oleh anak-anak karena dinilai sangat seru dan menantang. Sedulur dapat memberikan puzzle yang bergambar kartun atau tokoh lain yang disukai oleh anak-anak. Sementara blok merupakan mainan yang dapat melatih anak-anak dalam hal kerjasama tim, karena mereka biasanya akan bermain blok bersama dengan teman-teman lainnya.

8. Paket kuota internet

hadiah lomba agustusan
iStock

Selanjutnya, ide hadiah lomba agustusan untuk anak-anak yang unik namun juga bermanfaat adalah paket kuota internet. Kita ketahui bersama bahwa masa pembelajaran pada beberapa sekolah saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Dengan demikian, kuota internet merupakan hadiah yang sangat bermanfaat bagi anak-anak, terutama bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas WiFi di rumah. 

Dapat dikatakan bahwa kebutuhan terhadap akses internet saat ini merupakan hal yang wajib dimiliki. Hal ini karena segala informasi dapat didapatkan dengan mudah melalui pencarian di internet. Oleh karena itu, hadiah paket kuota internet tentu akan menjadi hadiah yang sangat berguna bagi anak-anak dan membantu mereka untuk lebih bersemangat ketika belajar.

BACA JUGA: 7 Hal Penting dalam Persiapan Lomba Agustusan

9. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa

alat mewarnai

hadiah lomba agustusan
iStock

Selain seperangkat alat tulis, Sedulur juga dapat memberikan hadiah lomba agustusan berupa seperangkat alat mewarnai. Beberapa alat yang dapat dipilih dalam satu paket meliputi buku gambar, crayon, spidol warna, pensil warna, hingga cat air dan kanvas. Selain berguna dalam pelajaran Seni Budaya di sekolah, seperangkat alat mewarnai ini juga bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu luang ketika liburan. Dengan begitu, daya imajinasi dan kreativitas mereka akan lebih berkembang.

10. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa

topi

hadiah lomba agustusan
iStock

Hadiah lomba agustusan yang unik lainnya adalah topi. Meskipun sebenarnya secara umum topi lebih bernilai sebagai suatu souvenir. Namun, topi juga bisa dijadikan sebuah hadiah untuk para pemenang yang mendapatkan juara terakhir. Bahkan, pemberian topi juga dapat dijadikan hadiah kepada seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri pada setiap cabang lomba. 

Sedulur dapat memberikan topi yang berjenis unisex sehingga dapat digunakan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Jika dana yang dimiliki cukup berlebih, topi yang digunakan sebagai hadiah tersebut dapat disablon dengan nama daerah tempat tinggal masing-masing disertai lambang bendera merah putih untuk lebih menambah kemeriahan acara peringatan 17 Agustus di daerah masing-masing. 

BACA JUGA: 17 Agustus, Inilah Barang yang Biasa Dicari untuk Lomba

11. Hadiah lomba agustusan untuk anak2 berupa

boneka

hadiah lomba agustusan
iStock

Hadiah selanjutnya yang dapat digunakan saat menyelenggarakan lomba agustusan adalah boneka. Ada banyak bentuk boneka yang dapat dipilih menyesuaikan anggaran lomba yang dimiliki. Sedulur dapat memilih mulai dari boneka tokoh kartun, boneka bentuk minuman boba, hingga boneka bentuk beruang.  

Secara umum, sebagian besar anak-anak sangat menyukai boneka dan sering bermain bahkan tidur bersama boneka-boneka kesayangannya. Dengan begitu, memberikan hadiah boneka adalah pilihan yang tepat dan paling aman untuk anak-anak dari berbagai umur. Jika tidak ada boneka, Sedulur juga menggantinya dengan hadiah lain seperti bantal dengan desain gambar yang unik.

12. Flashdisk

hadiah lomba agustusan
iStock

Ide hadiah lomba agustusan untuk anak2 selanjutnya adalah flashdisk. Banyak yang tidak menjadikan benda ini sebagai pilihan karena dinilai tidak ada gunanya. Namun, sebenarnya hadiah berupa flashdisk ini sangatlah bermanfaat. Hal ini karena anak-anak usia sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas sudah mulai menggunakan alat-alat elektronik. Flashdisk sangat penting untuk membantu memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, terutama saat akan mengeprint tugas sekolah.

Tidak hanya bermanfaat, flashdisk juga dapat menjadi hadiah yang berkesan bagi penerimanya. Hadiah ini juga dinilai lebih modern jika dibandingkan dengan hadiah lainnya. Sedulur dapat memilih flashdisk dengan kapasitas sedang untuk menghindari harga yang terlalu mahal. Hal ini karena semakin besar kapasitas penyimpanan yang mampu dilakukan, maka akan semakin mahal pula harga yang diberikan.

BACA JUGA: 5 Hal yang Identik dengan Agustusan

13. Jam dinding

hadiah lomba agustusan
iStock

Ide hadiah lomba agustusan untuk anak2 yang lain adalah jam dinding. Selain harganya yang terjangkau, jam dinding juga memiliki nilai manfaat yang besar. Jam dinding dapat digunakan untuk menunjukkan waktu, sehingga anak-anak dapat belajar membagi waktu untuk belajar, bermain, dan beristirahat dengan baik. 

Selain dijadikan hadiah kepada para pemenang, jam dinding juga dapat digunakan untuk menjadi souvenir bagi setiap peserta yang sudah mendaftarkan diri pada setiap cabang lomba. Sama seperti topi, bagian dalam jam dinding juga dapat di custom dengan nama daerah dan lambang bendera merah putih untuk semakin memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di bulan Agustus tersebut.

14. Payung

hadiah lomba agustusan
iStock

Selanjutnya adalah payung. Ya, hadiah yang biasanya sangat disukai oleh para ibu-ibu ini juga sangat cocok dijadikan hadiah lomba agustusan untuk anak2. Selain dapat diberikan kepada semua orang, baik anak laki-laki dan perempuan, payung juga bisa diberikan kepada anak-anak dengan berbagai usia.

Payung sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Payung dapat digunakan ketika anak-anak berangkat atau pulang sekolah saat musim hujan. Selain semua alasan di atas, payung juga memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan hadiah-hadiah besar lainnya.  

BACA JUGA: 17 Ide Lomba Online Untuk 17 Agustus, Kerjain di Rumah Aja!

15. Piala

hadiah lomba agustusan
iStock

Ide hadiah lomba agustusan untuk anak2 yang terakhir adalah piala. Memang benar jika hadiah satu ini tidak bisa digunakan atau dimanfaatkan, namun piala dapat menjadi salah satu hadiah yang paling bernilai bagi anak-anak. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena piala merupakan simbol keberhasilan. 

Piala dapat dijadikan pajangan di rumah dan akan membuat anak-anak yang memilikinya memiliki rasa percaya diri dan kebanggan tersendiri. Piala juga dapat dijadikan sebagai bukti bahwa seseorang pernah berhasil dalam sesuatu, meskipun pada kenyataannya hanya menang dalam acara lomba agustusan. Sedulur dapat memilih piala berukuran sedang untuk menghemat anggaran yang dimiliki.

Sekian informasi mengenai ide hadiah lomba agustusan untuk anak2 yang bermanfaat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang bertugas sebagai panitia acara sehingga tidak kebingungan dalam menyiapkan hadiah lomba. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan anggaran yang dimiliki sehingga hadiah yang akan diberikan kepada peserta dapat disesuaikan dengan baik. Selamat bekerja!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.