Merayakan kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, bisa dilakukan dengan cara kreatif yaitu dengan lomba online. Simak daftar ide lomba online di bawah ini. Menarik untuk diikuti!

Pandemi virus Covid-19 bukan sebuah halangan. Di tengah kemeriahan HUT Republik Indonesia yang akan segera kita sambut sebentar lagi, halangan untuk tidak berkegiatan langsung dan juga berkerumun bukan sebuah kendala untuk merayakan dan memeriahkan hari kemerdekaan.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti berbagai lomba online gratis bersertifikat. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas ide lomba online yang bisa Sedulur ikuti dalam memeriahkan hari kemerdekaan. Beberapa lomba online di masa pandemi beriringan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Apa saja daftar perlombaan yang dimaksud? Yuk, kita ulas satu persatu!

Baca Juga: Camilan yang Dicari Saat Lomba 17an

-->

Daftar Ide Perlombaan Online untuk Memeriahkan 17 Agustus Tahun Ini!

1. Lomba Selfie Kemerdekaan

1. Lomba Selfie Kemerdekaan
superapp.id

Saat ini, selfie merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh setiap orang. Siapa saja yang memiliki smartphone saat ini pasti pernah melakukan selfie. Karena selfie merupakan kegiatan baru, bisa dijadikan sebagai salah satu ide lomba online. Misalkan, membuat lomba selfie dengan tema kemerdekaan. Bagi foto selfie yang unik dan menarik, akan mendapatkan hadiah yang menarik. Pasti banyak yang mengikuti lomba ini, karena selfie merupakan kegiatan yang mudah dilakukan.

2. Lomba TikTok Kemerdekaan

2. Lomba TikTok Kemerdekaan
teknologi.bisnis

Rekomendasi ide lomba online kemerdekaan yang sangat brilian adalah membuat lomba TikTok kemerdekaan. Seperti yang Sedulur ketahui, TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sangat banyak digunakan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat lomba memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Setiap peserta diminta untuk membuat video TikTok terbaik tentang hari kemerdekaan Indonesia. Berikan hadiah yang menarik, dijamin banyak warga yang mengikuti lomba ini.

3. Lomba Video Kreatif

3. Lomba Video Kreatif
glints.com

Membuat video kreatif bisa menjadi ide menarik sebagai materi lomba online. Membuat konten video seperti penjelasan hari kemerdekaan, pemaknaan hari kemerdekaan atau juga video kreatif lainnya terkait hari kemerdekaan. Lumrah saat ini menjadikan video kreatif sebagai salah satu materi perlombaan.

4. Lomba Video Ucapan Kemerdekaan

4. Lomba Video Ucapan Kemerdekaan
idcloudhost.com

Di zaman serba online saat ini, membuat video ucapan bukan hal yang sulit dilakukan. Banyak media sosial yang memiliki fitur video beberapa detik saja. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai ide lomba online oleh Sedulur, agar dapat memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, meski dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: 17 Agustus, Inilah Barang yang Biasa Dicari untuk Lomba

5. Lomba Menghias atau Membuat Barang

5. Lomba Menghias atau Membuat Barang
99.co

Rekomendasi ide lomba online selanjutnya adalah menghias atau membuat barang dari hal-hal unik. Jika biasanya perlombaan diadakan langsung, selama pandemi Covid-19 saat ini, perlombaan bisa diadakan online dengan mengirim barang hasil hiasan dan buatan, kemudian kirim file proses pembuatannya. Barang yang unik yang terpilih sebagai pemenang bisa dijadikan sebagai barang pacangan atau dilelang.

6. Lomba Game Online atau E-Sport

6. Lomba Game Online atau E-Sport
tempo.co

Game Online saat ini bukan hanya sekedar permainan saja, namun juga merupakan sebuah hal yang dapat membanggakan. Karena saat ini, beberapa game online telah dijadikan sebagai ajang perlombaan olahraga elektrik atau E-Sport. Seperti contohnya pada Asian Games 2018 yang lalu, beberapa game online dimasukkan sebagai cabor yang dipertandingkan. Salah satu game online dimenangkan oleh Indonesia dan menymbangkan emas pada negara.

Ide ini bisa dijadikan sebagai salah satu lomba yang diadakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan dengan format online. Tidak perlu kerumunan banyak orang dan lomba bisa dilakukan di rumah. Syaratnya hanya satu, asal pihak penyelenggara dan peserta harus memiliki koneksi internet yang stabil.

7. Lomba Mewarnai Online

7. Lomba Mewarnai Online
pagiberbicara.com

Jika Sedulur mencari ide lomba untuk anak TK, PAUD dan SD, lomba mewarnai online bisa jadi ide menarik. Sebelum masa pandemi pun, anak-anak selalu dilibatkan dalam perlombaan dengan mengikuti lomba mewarnai. Biasanya gambar yang dipilih adalah gambar seputar perayaan kemerdekaan Indonesia. Ide ini juga bisa digunakan, agar anak-anak bisa ikut memeriahkan hari kemerdekaan.

8. Kuis atau Jawab Pertanyaan Online

8. Kuis atau Jawab Pertanyaan Online
ceritabumi.com

Ide perlombaan ini bisa dijadikan sebagai lomba online yang menarik untuk class meeting bagi siswa yang saat ini melaksanakan pembelajaran secara online. Menjawab kuis dengan pertanyaan seputar kemerdekaan menjadi ide menarik untuk direalisasikan sebagai lomba. Hal ini juga dapat merangsang siswa untuk berpikir dan menghafal materi pelajaran yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

9. Lomba Membaca Proklamasi Online

9. Lomba Membaca Proklamasi Online
gurune.net

Pembacaan proklamasi merupakan momentum sakral bagi bangsa Indonesia. Dari pembacaan proklamasi tersebut bangsa Indonesia lahir dan terbebas dari penjajahan. Pembacaan teks proklamasi bisa menjadi salah satu ide lomba online. Sedulur bisa membuat video sekreatif mungkin, seperti reka ulang adegan proklamasi. Yang terbaik dan yang paling menyerupai merupakan pemenang. Lomba ini juga bisa mengasah imajinasi peserta.

10. Lomba Hias Masker Kemerdekaan

10. Lomba Hias Masker Kemerdekaan
antaranews.com

Selama masa pandemi virus Covid-19 ini, masker menjadi salah satu barang penting yang wajib kita gunakan agar tidak tertular virus corona. Sebagai bagian dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, kita bisa mengadakan loba hias masker kemerdekaan, dan mengirimkan desain masker secara online. Desain terbaik bisa dicetak dan dibagikan kepada masyarakat, sebagai bentuk penghargaan terhadap pemenang.

11. Lomba Desain Kartu Ucapan

10. Lomba Hias Masker Kemerdekaan
pikiran-rakyat.com

Kartu ucapan menjadi salah satu alternatif untuk mengucapkan sesuatu di moment penting seperti momen hari kemerdekaan. Oleh karena itu, mengadakan lomba desain kartu ucapan kemerdekaan bisa sebagai ide untuk mengadakan perlombaan online, mengatasi persoalan pandemi yang tidak memungkinkan kita mengadakan perlombaan secara langsung.

12. Lomba Cipta Puisi Online

12. Lomba Cipta Puisi Online
tempo.co

Rekomendasi lomba untuk 17 Agustusan dengan konsep online selanjutnya adalah lomba cipta puisi. Kita bisa membuat puisi dengan tema kemerdekaan dan mengirimkannya ke panitia penyelenggara lomba. Siapa yang memiliki puisi dengan lirik dan syair yang indah menjadi pemenangnya. Sebagai panitia, kita bisa menentukan tema kemerdekaan yang dikaitkan dengan kondisi pandemi saat ini misalnya.

13. Lomba Kostum Unik Kemerdekaan Online

13. Lomba Kostum Unik Kemerdekaan Online
hipwee.com

Kita juga bisa mengadakan lomba kostum yang unik. Setiap perayaan hari kemerdekaan, ketika sebelum pandemi Covid-19, sebagai warga negara kita selalu pawai arak-arakan menggunakan berbagai kostum unik untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Karena sedang pandemi, pawai dan arak-arakan tentu saja dilarang untuk diadakan.

Namun konsepnya bisa kita ubah dengan lomba kostum unik secara online. Kita bisa mengirimkan video kita menggunakan kostum unik kepada panitia penyelenggara lomba, dan menilai mana kostum yang unik sebagai pemenang.

14. Lomba Karaoke Online

14. Lomba Karaoke Online
liputan6.com

Lomba karaoke bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 yang melarang kerumunan warga. Tidak perlu berkaraoke langsung, bentuknya bisa merupakan rekaman video dan dikirim ke panitia penyelenggara. Formatnya pun bisa dibuat seunik mungkin. Patokan pemenang bukan yang memiliki suara bagus misalnya, namun yang memiliki konsep unik atau lucu.

15. Lomba Menulis Artikel Online

15. Lomba Menulis Artikel Online
campusnesia.co.id

Salah satu rekomendasi lomba online SMA, yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk setiap sekolah adalah membuat perlombaan menulis artikel online bagi siswa-siswa SMA. Lomba menulis ini bisa merangsang daya pikir siswa, terutama dalam mendorong siswa merefleksikan diri dan memaknai ulang hari kemerdekaan Indonesia. Terutama jika tema artikel dikaitkan dengan kondisi saat ini di tengah pandemi.

16. Lomba Pidato Online

16. Lomba Pidato Online
gontor.ac.id

Lomba pidato merupakan contoh lomba online sekolah yang bisa diterapkan. Bagi siswa atua pelajar bisa mengikuti perlombaan ini. Lomba ini juga bisa menjadi ide untuk setiap sekolah dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Teknisnya tidak berbeda dengan lomba pidato pada umumnya, hanya formatnya dilakukan secara online karena masa pandemi Covid-19.

17. Lomba Desain Logo Kemerdekaan

17. Lomba Desain Logo Kemerdekaan
suara.com

Lomba desain logo kemerdekaan menjadi salah satu lomba yang rutin dirayakan setiap tahunnya. Pagi karang taruna atau institusi negara juga bisa menjadikan ide satu ini sebagai salah satu ikhtiar untuk memeriahkan kemerdekaan di tengah pandemi virus Covid-19 yang masih mengancam saat ini. Desain pemenang bisa menjadi logo yang digunakan oleh penyelenggara lomba.

Semoga daftar ide lomba online yang diulas oleh Superapp.id di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk dapat selalu merayakan kemerdekaan meskipun sedang di masa pandemi Covid-19. Jangan lupa juga untuk turut memeriahkan kemerdekaan dengan merayakannya bersama Aplikasi Super.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa Sedulur dapatkan bersama Aplikasi Super, mulai dari harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya yang sangat murah tetapi tidak mengurangi kualitasnya. Terdapat juga pelayanan yang memudahkan, sehingga Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan bahan pokok kebutuhan sehari-hari.

Jangan lupa untuk klik di sini, bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Rayakan kemerdekaan bersama Aplikasi Super, lalu rasakan setiap kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super di tengah hari kemerdekaan saat ini. Selamat mencoba!