Banyak sekali kegiatan dan hal lainnya yang Identik dengan Agustusan.

Setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari Perayaan dan Peringatan Kemerdekaan Indonesia. Tentunya, mengetahui hal tersebut, sudah terbayang apa yang kemudian kita pikirkan? Iya, banyaknya pernak-pernik di sekeliling desa dan kampung yang identikan dengan hari kemerdekaan.

Ditambah lagi, kemeriahan acara-acara tertentu yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja, ada beberapa hal-hal lain yang sangat identik dengan Agustusan. Bukan hanya upacara dan mengenang tentang perjuangan para pahlawan.

Penasaran ada apa saja hal yang identik dengan Agustusan? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: 9 Lomba Agustusan yang Kreatif, Dijamin Menarik Perhatian!

Beberapa Hal yang Identik dengan Agustusan

1. Perlombaan dan Permainan

Biasanya, banyak sekali kegiatan, permainan dan perlombaan yang diadakan saat hari kemerdekaan Indonesia tiba. Segala jenis perlombaan diadakan dan diperlombakan. Mulai dari panjat pinang, makan kerupuk, balap karung, tarik tambang dan lain sebagainya.

Tentunya, hal ini menambahkan kemeriahan dan keceriaan di saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Warga juga sangat antusias pergi dan berkumpul di lapangan desa atau di balai desa, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun turut merayakannya.

Perlombaan menjadi hal yang identik dengan Agustusan karena meriahnya sambutan warga dan keterlibatan warga untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, perlombaan dan Agustusan juga bisa menjadi ajang untuk warga refreshing, terutama bagi warga yang jarang mendapatkan hiburan.

2. Upacara Bendera

Hal yang identik dengan Agustusan selanjutnya adalah upacara bendera. Kegiatan ini juga menjadi kegiatan yang resmi dilakukan oleh institusi pemerintahan. Upacara bendera dilakukan untuk menghormati sejarah hari kemerdekaan.

Setiap intansi baik tingkat daerah maupun pusat akan menggelar upacara bendera. Mulai dari instansi tingkat kementerian, kelurahan, kecamatan, sekolah serta kampus-kampus pun mengadakan upacara bendera.

Hal ini dilakukan selain untuk menghormati sejarah hari kemerdekaan, juga dilakukan sebagai tanda penghormataan  kepada perjuangan para pahlawan demi tercapainya kemerdekaan dan Indonesia bisa terbebas dari penjajahan yang telah membelenggu selama ratusan tahun.

Oleh karena itu, upacara bendera menjadi hal yang identik dengan Agustusan. Walaupun umumnya kita menjumpai upacara bendera dilakukan setiap hari senin di setiap sekolah. Namun, pada saat 17 Agustus, mau hari apapun itu, upacara bendera sudah pasti dilakukan.

3. Pawai, Karnaval dan Gerak Jalan

Kegiatan pawai, karnaval dan gerak jalan pun turut mewarnai meriahnya peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Masyarakat dan tiap penyelenggara kegiatan mengadakan gerak jalan yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat.

Bahkan di beberapa daerah ada yang mengadakan gerak jalan  yang menempuh jarak hingga 40-50 km dengan berjalan kaki. Makna yang terkandung dalam simbolisasi tersebut sesungguhnya mengajarkan individu tentang perjuangan, semangat pantang menyerah, pengorbanan dan lain sebagainya.

Hal ini juga sebagai momentum untuk mengenang bagaimana pahlawan Indonesia saat itu merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Di samping juga mengenang betapa pahit dan kerasnya perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

4. Memasang Bendera di Depan Rumah

Di setiap halaman rumah, kantor, dan lembaga dihiasi dengan pengibaran bendera merah putih. Seluruh masyarakat sangat antusias dan partisipatif dalam merayakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Bahkan setiap kendaraan pun, baik motor, mobil, bus pun wajib mengenakan aksesoris perayaan kemerdekaan Indonesia, yakni bendera merah putih. Hal yang identik dengan Agustusan satu ini sudah menjadi tradisi yang terjadi puluhan tahun.

Selain itu, hal ini juga menjadi simbol bahwa setiap masyarakat Indonesia terhubung dengan kemerdekaan negaranya, dan juga terhubung dengan setiap perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan, dengan memasang bendera merah-putih saat perayaan hari kemerdekaan.

5. Menghiasi Kampung

Biasanya, di sejumlah daerah atau wilayah, para warga masyarakat berlomba-lomba untuk menghias dan memperindah tampilan kampung. Mulai mengecat kembali tugu masuk perkampungan, memasang spanduk, hiasan bendera di setiap sudut jalan kampung atau desa.

Tentunya, hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap perayaaan kemerdekaan Indonesia. Bahkan tidak jarang pula, kegiatan menghias kampung atau desa ini diperlombakan dan diberikan hadiah bagi mereka kampung yang memiliki hiasan yang baik.

Hiasan kampung yang baik tentunya memiliki makna filosofis di balik setiap pernak-pernik dan aksesoris yang menjadi hiasan. Dan tentu saja memiliki tampilan visual yang bagus dan enak dipandang. Kebersihan dan kerapihan juga merupakan komponen penting dalam penilaian.

Secara tidak langusng, sesungguhnya tradisi yang baik ini tentunya akan menjadi warisan budaya yang akan diteruskan dan dijaga secara turun-temurun hingga generasi masyarkat Indonesia di masa depan.

Hal yang identik dengan kemerdekaan Indonesia di atas sebentar lagi akan kita lakukan. Persiapkan segala sesuatunya agar kita bisa merayakan hari kemerdekaan dengan sehat dan semangat. Salah satu hal yang jangan sampai terlupakan adalah menyiapkan persediaan sembako.

Karena biasanya pada momentum perayaan tertentu, harga beberapa barang sembako selalu naik. Tidak ada salahnya kita menyediakan stok sembako sebelum hal tersebut terjadi. Kita bisa membeli persediaan sembako di Aplikasi Super.

Selain belanja sembako jadi mudah dan memiliki harga murah, sembako di Aplikasi Super juga memiliki kualitas yang baik dengan standar kualitas yang sesuai dengan ketentuan. Kita juga berkemungkinan mendapatkan bonus yang sangat menarik dari Aplikasi Super.

Jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super, untuk mempelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Super dan juga mencari tahu bagaimana cara daftar Aplikasi Super. Klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super, jangan lupa gunakan Aplikasi Super untuk belanja sembako mulai saat ini juga