contoh energi alternatif

Manusia dituntut untuk menghemat pemakaian sumber daya alam terbatas. Sebab, Sumber Daya Alam sifatnya tidak dapat diperbaharui dalam arti diproduksi secara terus menerus. Untuk itu, perlu adanya pemanfaatan contoh energi alternatif, agar manusia tetap bisa menjalani hidup sembari melestarikan alam.

Minyak bumi, batu bara dan gas alam merupakan bagian dari sumber daya alam yang sifatnya terbatas atau unrenewable resources, sehingga perlu adanya energi alternatif. Contoh energi alternatif adalah yang bisa memenuhi hajat hidup banyak orang tanpa merusak lingkungan.

Terkait sumber energi alternatif, bisakah sedulur berikan satu contoh penggunaan energi alternatif? Aplikasi Super akan memberikan penjelasan lebih rinci apa pengertian, sebutkan tiga contoh energi alternatif atau lebih, serta bagaimana cara mencegah pemborosan Sumber Daya Alam dan manfaat sumber energi alternatif dalam kehidupan kita. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Pengertian Sumber Energi Alternatif

Energi dapat dibagi menjadi dua, yakni energi alternatif atau energi terbarukan dan energi yang tak terbarukan (bahan bakar fosil). Mengutip Encyclopedia Britannica, sumber energi alternatif merupakan energi yang berasal dari sumber yang dapat diperbarui, kekal, atau bisa dipulihkan, seperti matahari, sungai, angin, pasang surut, biogas, dan biomassa. Energi ini juga disebut sebagai energi pengganti fosil.

-->

Sementara itu, energi fosil merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui dalam arti apabila energi fosil habis, maka tidak bisa lagi memenuhi hajat hidup orang banyak.

Manfaat energi alternatif biasanya digunakan manusia untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang berpotensi merusak lingkungan. Tak hanya itu, meningkatkan pemanasan global dari emisi karbondioksida yang membludak.

Teknologi menjadi salah satu contoh sumber energi alternatif yang terus dikembangkan. Sejalan dengan hal tersebut, energi tak terbarukan perlahan mulai ditinggalkan lantaran dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk bagi generasi yang akan datang.

Lebih lanjut, sumber energi alternatif adalah:

1. Panas Matahari

sumber energi alternatif
Unsplash

Contoh energi alternatif pertama yaitu panas matahari. Panas matahari bisa diubah menjadi energi listrik melaui sebuah perantara bernama solar system. Tentu dengan hadirnya energi dari panas matahari, kita bisa menguranngi ketergantungan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Peralihan pemanfaatan energi panas matahari sebagai pembangkit listrik mulai diaplikasikan sebab jumlahnya yang tidak terbatas dan tidak akan habis. Selain itu, pemanfaatan sinar matahari juga bisa digunakan dalam berbagai alat elektronik, seperti mobil tenaga matahari dan ponsel pintar bertenaga matahari.

2. Air

Unsplash

Di urutan selanjutnya ada energi alternatif yang berasal dari Air. Ya, air yang selama ini kita pakai untuk kebutuhan mandi dan minum ini, ternyata bisa menjadi sumber energi alternatif. Sejauh ini, pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif mulai dilirik oleh beberapa orang salah satunya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ini menjadikan bahwa air bisa menjadi salah satu contoh sumber energi yang ramah lingkungan.

Sifat air yang bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Salah satu contohnya, air sungai yang dibendung dengan volume besar, lalu dilepaskan dengan debit tertentu bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk kehidupan manusia.

3. Energi panas bumi

contoh energi alternatif
Good News From Indonesia

Energi panas bumi bisa menjadi contoh sumber energi alternatif selanjutnya. Panas, bumi merupakan sumber energi kekal yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Panas yang berada di perut bumi akan menghasilkan uap yang nantinya dikelola sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Panas bumi yang keluar secara alami cenderung lebih efisien untuk memutar turbin generator listrik. Pemanfaatan panas bumi sebagai pembakit listrik sudah mulai diterapkan di Indonesia , seperti  PLTUKamojang, Bandung, Jawa Barat.

4. Angin

contoh energi alternatif
Unsplash

Angin jadi salah satu contoh sumber energi alternatif yang bisa dipakai sehari-hari. Sifatnya yang terus bergerak dan berpindah arah, tentu sangat menguntungkan dalam menghasillkan energi listrik. Untuk dapat menangkap angil dan dijadikan sumber energi listrik perlu dibuat sebuah turbin angin atau kincir angin.

Di beberapa daerah di Indonesia, sudah muncul PLTB atau pembangkit listrik tenaga bayu sebagai salah satu sumber energi listrik alternatif. Jika di luar negeri, ada negara Belanda yang terkenal sebagai negara kincir angin.

5. Biomassa

contoh energi alternatif
Suara Batam

Biomassa menjadi contoh sumber energi alternatif selanjutnya . Energi yang berasal dari sekam padi, cangkang sawit, ampas tebu, serbuk kayu, dan energi limbah ini ternyata bisa dipakai digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga.

6. Etanol

harga web

Bahan kimia ini memang masih asing di telinga kita, ya etanol bisa menjadi salah satu contoh sumber energi alternatif. Zat ini Etanol merupakan energi alternatif berasal dari alkohol yang mengalami proses fermentasi pada tumbuhan, seperti gandum dan jagung yang digunakan sebagai bahan bakar minyak.  Meski termasuk bagian sumber energi alternatif, ternyata pemanfaatan etanol sebagai energi alternatif masih terbatas.

7. Nuklir

liputan6

Contoh sumber energi alternatif selanjutnya adalah, Nuklir. Sampai saat ini, nuklir sudah digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk penelitian ataupun untuk pembangkit tenaga listrik. Namun, meski demikian, penggunaan PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia masih cukup rendah. Sebab, energi ini bisa memicu kebocoran seperti yang terjadi di reaktor nuklir di Fukushima, Jepang beberapa tahun lalu.

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai definisi sumber energi alternatif beserta dengan contoh-contohnya, jadi mulai sekarang kita perlu mengaplikasikan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari kita dan mulai mengehemat Sumber Daya Alam yang sifatnya terbatas.

Jika Sedulur ingin lebih berhemat, Sedulur bisa lho berbelanja kebutuhan pokok hanya lewat Aplikasi Super. Dengan berbelanja lewat aplikasi, Sedulur akan lebih menghemat energi lho dengan tidak ikut menghasilkan emisi kendaraan di jalan.