Ekologi adalah

Salah satu istilah dalam ilmu biologi yang sering dianggap sama adalah ekologi dan ekosistem. Meskipun memiliki kaitan, namun kedua istilah di atas memiliki makna yang berbeda. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Sementara ekosistem termasuk ke dalam ruang lingkup ekologi.

Ekologi terbagi menjadi beberapa jenis. Tidak hanya itu, ruang lingkup ilmu ini juga sangat luas. Oleh karena itu, mempelajari ilmu ekologi tentunya memiliki manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Jika Sedulur tertarik untuk mengetahui informasi mengenai ilmu ini, artikel berikut akan membahas mengenai ekologi adalah dan contohnya. Simak dengan baik, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 6 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Hidup

Definisi ekologi adalah

ekologi adalah
iStock

Definisi secara umum, ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara suatu organisme dengan lingkungannya. Ilmu ini juga dapat diartikan sebagai cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “oikos” dan “logos”. Oikos berarti habitat, sedangkan logos berarti ilmu. Ecology atau ekologi mulai diperkenalkan oleh Ernst Heinrich Philipp August Haeckel, seorang ahli biologi Jerman.

Pengertian para ahli

ekologi adalah
iStock

Berikut adalah beberapa pengertian ekologi dari para ahli yang didasari oleh dasar keilmuan yang berbeda dari para ahli.

1. Ernst Haeckel

Ekologi adalah ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.

2. E. P. Odum

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam atau “The study of the structure and function of nature”.

3. C. J. Krebs

Ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

4. Andrewartha

Ekologi adalah cabang ilmu yang membahas penyebab serta kelimpahan organisme.

5. Pianka

Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dan seluruh faktor fisik dan biologis yang saling berpengaruh dan mempengaruhi.

6. C. Elton

Ekologi adalah ilmu yang mengkaji kehidupan alam secara ilmiah atau dapat di singkat ilmu yang mempelajari sejarah alam.

7. Resosudarmo

Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

 8. G. Tyler Miller

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain serta lingkungannya.

9. Charles Elton

Ekologi adalah sejarah alam yang sifatnya ilmiah “Scientific natural history”.

10. Otto Soemarwoto

Ekologi sebagai suatu ilmu tentang interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

11. Lynn Margulis

Ekologi adalah bagaimana setiap organisme dapat membuat kehidupan.

BACA JUGA: Teknologi Ramah Lingkungan: Pengertian, Contoh & Fungsinya

Aspek ekologi adalah

ekologi adalah
iStock

Beberapa aspek penting dalam belajar ekologi yaitu:

  • Studi mengenai hubungan organisme dengan lingkungannya.
  • Studi mengenai hubungan kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Studi mengenai struktur dan fungsi alam.

Prinsip ekologi adalah

ekologi adalah
iSock

Beberapa prinsip dalam ekologi, meliputi:

  • Adanya keanekaragaman (diversity)
  • Adanya interaksi (interaction)
  • Adanya saling ketergantungan (interdependence)
  • Adanya keharmonisan (harmony)
  • Adanya kemampuan berkelanjutan (sustainability)

Jenis ekologi 

iStock

Terdapat beberapa jenis ekologi yang diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, antara lain.

  • Ekologi manusia adalah cabang ekologi dengan fokus mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.
  • Ekologi tumbuhan, merupakan cabang ekologi yang mempelajari tentang tumbuhan sebagai suatu organisme dengan mengabaikan hewan dan manusia.
  • Ekologi populasi, merupakan cabang ekologi yang berfokus pada berbagai hubungan antara kelompok organisme dan jumlah individu serta mempelajari faktor penentu besarnya suatu populasi dan penyebarannya.
  • Ekologi sosial, merupakan cabang dari ekologi yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan alam dan teknologi yang ada di sekitarnya.
  • Ekologi hewan, merupakan cabang ekologi yang memusatkan fokus pada hewan sebagai suatu organisme dengan mengabaikan manusia dan tumbuhan.
  • Ekologi perairan, yaitu cabang ekologi yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan perairan, seperti sungai, waduk, muara dan laut.
  • Ekologi habitat adalah ilmu yang memusatkan fokusnya pada pembahasan mengenai sifat dari suatu habitat.
  • Ekologi bahasa, merupakan cabang ekologi yang mempelajari dan melakukan penyelidikan terhadap hubungan antara bahasa dengan lingkungan manusia.
  • Ekologi antariksa, merupakan cabang ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang dapat menopang kehidupan manusia selama ada dalam penerbangan antariksa.

BACA JUGA: 12+ Fakta dan Manfaat Hutan Bakau untuk Kehidupan dan Lingkungan

Ruang lingkup ekologi adalah

iStock

Sebelum membahas ruang lingkup, Sedulur harus mengetahui komponen ekologi, yakni:

1. Komponen Biotik

Komponen biotik terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme (makhluk hidup) yang dibedakan menjadi produsen, konsumen, pengurai, dan detritivor.

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah lingkungan hidup yang tersusun atas benda-benda tak hidup yang mendukung kehidupan makhluk hidup agar tetap tumbuh dengan baik.

Ruang lingkup ekologi, meliputi:

1. Individu

Merupakan satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu pada suatu lingkungan. Sebagai contoh adalah seorang manusia, seekor ikan, dan seekor burung.

2. Populasi

Merupakan suatu kelompok dari individu-individu sejenis yang berada di suatu tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Sebagai contoh adalah populasi manusia, populasi burung, dan populasi rumput.

3. Komunitas

Merupakan suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri atas beberapa populasi yang saling melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya pada suatu tempat dan waktu tertentu. Sebagai contoh adalah komunitas padang rumput yang terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, populasi burung, dan populasi ular.

4. Ekosistem

Merupakan suatu kondisi terjadinya hubungan timbal balik dan hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sebagai contoh adalah ekosistem hutan dan ekosistem pantai.

5. Biosfer

Merupakan tingkatan organisasi biologi yang di dalamnya terdapat semua kehidupan yang ada di bumi. Biosfer adalah tingkatan organisasi biologi terbesar.

6. Lanskap

Merupakan faktor yang mengendalikan pertukaran energi, materi dan organis dalam suatu ekosistem.

7. Global

Merupakan pertukaran energi regional dan pengaruh materi terhadap fungsi dan distribusi organisme pada tingkatan biosfer.

Contoh ekologi adalah

iStock

Contoh ekologi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Aktivitas petani

Saat seorang petani menggarap lahan sawahnya, maka ia akan menaburkan pupuk kompos atau pupuk lainnya supaya padi dapat tumbuh dengan baik.

2. Upaya pelestarian lingkungan

Ilmu ekologi dapat membantu manusia dalam mengupayakan konservasi terhadap spesies-spesies tertentu dengan menunjukkan sejauh mana kerusakan lingkungan dan memberikan prediksi mengenai tingkat kerusakan yang terjadi.

3. Meningkatkan konservasi energi

Untuk memahami kebutuhan energi terhadap lingkungan maka kita membutuhkan ilmu ekologi. Dengan memahami ilmu ekologi, manusia tentunya dapat mengambil keputusan tentang pengelolaan dan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.

4. Sumber belajar

Ekologi digunakan sebagai sumber belajar untuk mempelajari tentang individu, populasi, komunitas, ekosistem, hingga biosfer. Melalui penelitian ekologi, maka manusia akan memahami interaksi antara organisme dan lingkungan secara dua arah, yaitu lingkungan mempengaruhi organisme dan sebaliknya.

BACA JUGA: Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, & Dampaknya

Manfaat ekologi adalah

iStock

Berikut adalah beberapa manfaat ekologi.

1. Mengenal keanekaragaman hayati

Manfaat ekologi yang pertama adalah memberikan manfaat kepada manusia dalam memahami berbagai makhluk hidup serta hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Sebagai contoh, mengenai bagaimana tanaman kaktus dapat bertahan hidup pada lingkungan kering bersuhu tinggi dan bagaimana seekor penguin dapat bertahan hidup pada lingkungan dengan suhu yang dingin.

2. Mengenal perilaku makhluk hidup

Ekologi juga memberikan manfaat kepada manusia untuk bisa mengenali perilaku makhluk hidup dan bagaimana hubungannya dengan lingkungan. Seperti contoh, sistem sonar pada kapal selam yang meniru indera dari hewan kelelawar untuk menentukan target atau lokasi.

3. Mengetahui peran manusia terhadap lingkungan

Ilmu ekologi akan memberikan pengetahuan kepada manusia mengenai perannya dalam lingkungan. Seperti contoh pembuangan limbah yang belum diolah akan mencemari lingkungan manusia dan organisme lainnya.

4. Pemetaan konsumsi pangan

Ekologi memiliki manfaat untuk memetakan konsumsi pangan dan mengetahui struktur serta skala pangan dari setiap makhluk hidup. Seperti contoh, tumbuhan sebagai produsen dan hewan herbivora sebagai konsumen tingkat I. Kemudian hewan karnivora adalah konsumen tingkat II dan manusia adalah konsumen tingkat III. Ada pula hewan pengurai yang mana hasil dari penguraian tersebut akan dikonsumsi kembali oleh produsen sebagai sumber energi.

5. Solusi masalah pertanian

Manfaat lainnya adalah memecahkan berbagai macam masalah pertanian seperti saat petani membutuhkan beberapa mikroba yang dapat menghasilkan nitrat dan ammonium untuk menjaga kesuburan tanah.

6. Solusi masalah kesehatan

Manfaat terakhir ekologi adalah membantu manusia untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti contoh, mengenai penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Nah, itulah informasi mengenai ekologi yang meliputi aspek, ruang lingkup, manfaat, hingga contohnya. Semoga informasi berikut ini dapat membantu Sedulur dalam memahami ilmu ekologi lebih dalam lagi. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.