teknologi ramah lingkungan

Teknologi ramah lingkungan sedang ramai dikembangkan oleh berbagai negara di dunia. Hal ini tak lepas dari munculnya keresahan tentang banyaknya kerusakan lingkungan akibat kemajuan zaman.

Teknologi dengan basis ramah lingkungan pun makin banyak diciptakan supaya kelestarian tetap ikut terjaga tanpa mengurangi kebutuhan manusia. Ada beberapa bidang teknologi ramah lingkungan yang telah berhasil dikembangkan, yakni pertanian, perhutanan, tambang, kegiatan industri besar, sampai industri rumahan.

Bagi yang masih penasaran dan ingin tahu lebih jauh, berikut ini ulasan lengkap tentang pengertian teknologi ramah lingkungan beserta contohnya. Yuk langsung simak bersama!

BACA JUGA: Honai, Rumah Adat Papua yang Unik dan Ramah Lingkungan

Pengertian teknologi ramah lingkungan

Teknologi Ramah Lingkungan
Malaysia Rubber Council

Dikutip dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlhk), teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang dalam pembuatan serta penerapannya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan.

Sementara itu menurut Kemdikbud, teknologi berbasis lingkungan atau green technology adalah bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip pelestarian lingkungan.

Selain itu, proses yang efektif dan efisien dalam mengeluarkan limbah yang minimal juga jadi contoh teknologi ramah lingkungan sederhana yang bisa diterapkan dalam sebuah industri.

Hal ini berfungsi unguk mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang lebih buruk.

Sumber teknologi berbasis lingkungan contoh berasal dari alam seperti sinar matahari, air, dan angin. Tiga elemen ini merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan tergolong tidak terbatas.

Ciri teknologi ramah lingkungan

Ciri Teknologi Ramah Lingkungan
ThinGeoEnergy

Teknologi berbasis lingkungan memiliki sejumlah ciri khusus. Hal ini pun akan jadi poin pembeda dengan teknologi tidak ramah lingkungan yang masih banyak dilakukan oleh sejumlah orang.

Ciri teknologi ramah lingkungan juga akan mempermudah masyarakat untuk bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan supaya industri yang dilakukannya tidak merusak alam.

Berikut ini ciri-ciri teknologi ramah lingkungan:

  1. Memiliki prinsip keberlangsungan. Prinsip ini bisa dilihat dari penggunaan bahan baku yang bisa didaur ulang serta limbah yang dihasilkan tidak memberikan dampak kerusakan.
  2. Selalu mengedepankan kelestarian alam. Hal ini bisa terlihat dari penggunaan bahan baku dari alam yang datur secara ketat dan tidak digunakan secara berlebihan. Salah satu contohnya pembuatan kertas dari pohon yang dilakukan dengan pemilihan secara ketat.
  3. Beroritentasi pada pengurangan global warming atau pemanasan global. Industri besar terkadang memiliki hasil limbah yang sangat merusak, salah satunya adalah Co2 yang bisa merusak lapisan ozon.

Tujuan teknologi ramah lingkungan

Teknologi Ramah lingkungan
The Guardian Nigeria

Lalu apa sih tujuan dari teknologi ramah lingkungan? DIkutip dari laman Kemdikbud, teknologi berbasis lingkungan memiliki tujuan untuk memberi kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan manusia baik itu berupa produk atau jasa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang bisa diperbaharui.

Ini merupakan salah satu prinsip dari teknologi berbasis lingkungan yaitu sustainable. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang bisa diperbaharui seperti ini, maka limbah yang dihasilkan akan lebih sedikit dan tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Fungsi teknologi ramah lingkungan

Efek Teknologi Ramah lingkungan
EU Reporter

Setelah memahami tujuan teknologi ramah lingkungan, maka kita bisa berlanjut pada penerapan sehingga mengetahui fungsinya.

Adapun fungsi teknologi ramah lingkungan itu selalu berorientasi pada kelestarian alam. Berikut ini 4 fungsi dari teknologi berbasis lingkungan.

  1. Menjaga kelestarian alam dari kerusakan.
  2. Menjaga lingkungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
  3. Meminimalkan limbah keluaran pabrik sehingga mencegah penyemaran lingkungan yang berbahaya.
  4. Memanfaatkan barang yang tidak berguna untuk menjadi produk yang memiliki manfaat lebih lanjut.
  5. Memudahkan segala pemenuhan kebutuhan manusia.

Meskipun tujuan dan fungsi dari teknologi berbasis lingkungan sangat baik, ada sejumlah kendala yang juga harus dihadapi. Salah satu yang utama adalah menciptakan teknologi ramah lingkungan masih membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Hal ini sendiri terkadang membuat banyak industri atau pabrik belum bisa menerapkan prinsip ramah lingkungan karena biayanya yang besar. Namun, semakin banyak perhatian dari masyarakat tentang hal ini akhirnya membuat banyak perusahaan berusahaan menerapkan prinsip ini.

Contoh teknologi ramah lingkungan

contoh teknologi ramah lingkungan
BNP Paribas

Dalam penggunaan teknologi berbasis lingkungan, banyak negara maju yang telah menerapkannya. Beberapa negara yang menggunakan konsep ini ada seperti Finlandia, Jepang, hingga Jerman.

Keragaman teknologi berbasis lingkungan pun begitu besar. Ada yang berada di bidang energy industri sampai transportasi. Berikut ini 5 contoh teknologi ramah lingkungan yang telah berhasil dikembangkan.

BACA JUGA: Pengertian Sampah Organik dan Cara Mengelolanya di Rumah!

Biogas

Biogas di Jerman
Biogasanlage

Contoh teknologi ramah lingkungan yang pertama adalah biogas. Biogas merupakan jenis bahan bakar alternatif yang saat ini banyak dikembangkan oleh banyak negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah mulai menekankan kepada industri rumahan dan besar untuk menggunakan biogas sebagai sumber utama energi perusahaan sehingga prinsip ramah lingkungan bisa dicapai.

Biogas sendiri diperoleh dari proses fermentasi bahan organic oleh bakteri anaerob atau bakteri yang hidup dalam lingkungan tanpa oksigen.Bakteri ini disebut mampu mengubah zat organik menjadi gas metana. Gas metana inilah yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar utama.

Beberapa hasil olahan zat organik yang bisa menghasilkan biogas sendiri ada seperti kotoran dan urin ternak. Salah satu yang populer adalah gas metana dari kotoran sapi yang dikembangkan oleh masyarakat di Desa Urutsewu, Boyolali, Jawa Tengah.

Biofuel

Ladang biofuel
ThoughtCo

Selanjutnya ada biofuel. Teknologi ramah lingkungan ini merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui dimana biofuel dibuat dari bahan organic.

Biofuel sendiri menjadi alternatif tenaga untuk menggantikan bahan bakar fosil yang jumlahnya kian menipis dari tahun ke tahun. Belum lagi, hasil pengolahan bahan bakar fosil juga tidak ramah lingkungan.

Penggunaan biofuel kebanyak dari olahan tumbuh-tumbuhan yang difermentasi hingga menghasilkan etanol dan biodiesel. Dua senyawa ini nantinya yang akan menjadi sumber energy terbaharukan.

Etanol bila dijelaskan secara ilmiah merupakan jenis alcohol yang dibuat dengan fermentasi karbohidrat. BIasanya zat ini dihasilkan dari tumbuhan seperti jagung, sorgum, dan singkong.

Sedangkan biodiesel adalah bahan bakar alami yang dihasilkan dari lemak nabati tumbuhan. Lemak ini akan dibakar sehingga menghasilkan energy yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Beberapa kendaraan yang dijual sekarang pun sudah mulai menggunakan biofuel sebagai bahan bakar utamanya. Kendaraan ini pun sudah cukup populer di kalangan masyarakat dan banyak diminati karena performanya yang apik walaupun tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Sel surya

Panel surya
DW

Panel surya atau sel surya adalah alat yang bisa mengubah energy matarhi menjadi listrik. Hal ini jelas menjadi salah satu teknologi berbasis lingkungan karena pemanfaatan cahaya matahari. Seperti yang sudah kita ketahui, cahaya matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak terbatas.

Proses pembuatan listrik pada panel surya sendiri dimulai dari masuknya cahaya ke dalam alat sehingga menghasilkan emisi elektron. Elektron ini nantinya akan dihubunggan dengan sistem listrik yang dihubungkan ke batre.

Penggunaan panel surya bisa menjadi energy listrik cadangan dan lebih ramah lingkungan dibandingkan listrik pada umumnya. Hal ini karena energi listrik biasanya diolah menggunakan batu bara atau sumber daya alam yang tidak bisa dperbaharui secara cepat.

Pembangkit listrk tenaga air

Pembangkit Listrik Tenaga Air
Kerr Dam

Contoh teknologi ramah lingkungan sederhana yang cukup mudah dijumpai di sekitar kita adalah pembangkit listrik tenaga air. Penciptaan energi listrik ini memanfaatkan energy gerak dari air.

Pemanfaatan pembangkit listrik tenaga air bisa dijumpai di waduk atau danau alami di Indonesia. Beberapa contohnya ada Waduk Cirata di Jawa Barat, PLTA Musi di Bengkulu, sampai Waduk Jatiluhur.

Rata-rata PLTA yang ada di Indonesia ini bisa menghasilkan listrik sebesar 1.000 juta Kwh per tahunnya. Jumlah ini pun sangat cukup untuk memenuhi pasokan listrik suatu daerah dalam waktu yang lama.

Pembangkit listrik tenga angin

Pembangkit listrik tenaga angin
National Geographic

Energi listrik juga bisa dihasilkan dari pemanfaatan angin. Biasanya pembangkit listrik tenaga angin dibangun di kawasan pesisir pantai karena memiliki aliran yang berasal dari pasang surut air laut.

Tenaga dari angin pun sangat ramah lingkungan dan bebas polusi. Energy yang dihasilkan pun besar dengan sumber daya alam yang melimpah.

Ada beberapa negara yang terus mengembangkan penggunaan energy ini seperti Belanda. Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga angina banyak dibangun di kawasan Nusa Penida hingga Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Kenali Contoh Limbah Anorganik & Cara Pengelolaannya

Biopori

Biopori
Waste4Change

Kalau teknologi berbasis lingkungan satu ini termasuk dalam pengaplikasiaan di kehidpan sehari-hari. Biopori merupakan lubang resapan berbentuk silinder yang ditujukan untuk mengatasi genangan air di tanah.

Metode ini dicetuskan oleh peneliti dari Institut Pertanian Bogor, Dr. Kamir Raziudin Brata. Penggunaan biopori selain bisa mengatasi masalah genangan air, juga mampu untuk menjaga kesuburan tanah lho.

Fitoremediasi

Media fitoremediasi
UtakAtikOtak

Fitoremediasi merupakan proses bioremediasi yang menggunakan berbagai tanaman untuk menghilangkan kontaminasi pada tanah. Konsep pemanfaatan tanaman ini bisa jadi cara untuk emngatasi limbah di udara dan air.

Beberapa tanaman yang sering dijadikan media teknologi ramah lingkungan satu ini adalah alang-alang dan tanaman apung seperti eceng gondok.

Fitoremediasi juga jadi salah satu teknologi berbasis lingkungan di bidang lingkungan yang banyak diterapkan oleh sejumlah negara beberapa tahun terakhir.

Kendaraan hydrogen

Mobil hidrogen
CNBC

Selanjutnya ada kendaraan hydrogen yang jadi teknologi ramah lingkungan contoh di bidang transportasi. Kendaraan hydrogen adalah kendaraan yang meggunakan gas hydrogen sebagai bahan bakar.

Kendaraan jenis ini sudah cukup banyak dikembangkan jenisnya, baik itu mobil, pesawa, sampai motor roda dua. Keunggulan kendaraan ini selain bahan bakarnya tidak terbatas, polutan yang dihasilkan ramah lingkungan dan tidak merusak ozon.

Mobil listrik

Mobil listrik
University of Chicago News

Sedulur pasti cukup familiar dengan mobil listrik. Yup, kendaraan satu ini merupakan salah satu terobosan di bidang transportasi yang menggunakan teknologi berbasis lingkungan.

Penggunaan mobil listrik sendiri sudah cukup populer di beberapa negara maju seperti Jepang, Jerman, sampai Amerika Serikat.

Selain mobil, banyak perusahaan transportasi juga mengembangkan moda transportasi lain yang ramah lingkungan seperti kereta listrik, kapal listrik, pesawat listrik, hingga sepeda listrik.

Mobil surya

Mobil surya
CNN

Mobil tenaga surya atau solar car adalah hasil dari penerapan teknologi ramah lingkungan. Mobil ini menggunakan energy matahari sebagai bahan bakar penggerak.

Melihat sumber energinya saja, sudah dipastikan polusi yang dihasilkan dari mobil ini sangat minim. Beberapa kampus dan kalangan akademisi di Indonesia pun sudah mencoba mengembangkan mobil ini agar bisa jadi solusi di masa depan.

Demikian penjelasan tentang teknologi ramah lingkungan beserta dengan contohnya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan dan ilmu Sedulur ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.