doa bersyukur

Bersyukur merupakan tindakan paling mulia dan sangat disukai oleh Allah SWT. Sebab, dengan bersyukur mampu membuat seseorang merasa tenang, damai dan pastinya terhindar dari masalah. Sebagai kaum muslim, maka sudah sewajarnya mengetahui bacaan doa bersyukur atas segala nikmat yang Tuhan sudah berikan.

Mengucap bacaan doa bersyukur mampu membuat seseorang terhindar dari sikap kufur nikmat, iri, dengki dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, jika seseorang rajin bersyukur maka apapun yang mereka terima pasti tidak akan merasa kurang.

Penjelasan mengenai doa bersyukur islam pun sudah tertuang dalam firman Allah SWT dalam surat Ibrahim ayat ke-7 yang berbunyi:

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Agar Sedulur bisa memahami lebih dalam tentang bacaan doa bersyukur, simak penjelasan mengenai doa syukur Alhamduliah di bawah ini ya!

BACA JUGA: 12 Cara Bersyukur pada Tuhan, Bikin Hati Tentram & Bahagia!

Doa bersyukur singkat

doa bersyukur
Kompas

Mengucapkan kalimat syukur dibarengi dengan doa, tidak selalu panjang. Sebab, ada pula bacaan doa syukur secara singkat. Ucapan semacam ini merupakan bentuk selalu menerima apa adanya atas segala pemberian yang sudah diberikan. Doa syukur singkat juga memudahkan seorang muslim untuk bisa mengingat Allah dimanapun dan kapanpun situasinya. Berikut ini adalah bacaan doanya Sedulur.

Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Doa bersyukur arab

doa bersyukur
Bola

Mungkin beberapa dari Sedulur sangat menyukai dengan bacaan doa bersyukur menggunakan bahasa Arab. Sebab, bahasa Arab bisa menunjukan bahwa kita sebagai umat muslim bisa memahami juga makna dan kandungan yang ada pada doa tersebut.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu dan telah engkau anugrahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat- Mu ke dalam golongan hamba-hamba Mu yang saleh,” (Q.S. An-Naml: 19).

Doa bersyukur Islam

doa bersyukur
Kompas

Setiap agama pasti punya cara masing-masing dalam mengucapkan doa syukurnya kepada Allah SWT. Tidak terkecuali doa bersyukur cara Islam. Di bawah ini bagaimana bacaan doa bersyukur dalam ajaran Islam. Yuk simak dan pahami lebih dalam.

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Wa waṣṣainal-insaana biwaalidaihi iḥsaanaa, ḥamalat-hu ummuhụ kurhaw wa waḍa’at-hu kurhaa, wa ḥamluhụ wa fiṣaaluhụ ṡalāṡụna syahraa, ḥattaa iżaa balaga asyuddahụ wa balaga arba’iina sanatang qaala rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala ṣaaliḥan tarḍaahu wa aṣliḥ lii fi żurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal-muslimiin

Artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf: 15).

BACA JUGA: Bacaan Surat Ad Dhuha: Latin, Arab Beserta Terjemahannya

Doa syukur Alhamdulilah

doa bersyukur
Daarut Tauhid

Mengucap kata hamdalah atau alhamdulilah merupakan sifat mulia dan paling disukai oleh Allah SWT. Sebab, mereka tergolong dalam orang yang tidak pernah kufur nikmat, sehingga apabila mereka sering bersyukur, maka Allah SWT akan senantiasa menambah nikmatnya. Di bawah ini adalah bacaan lengkapnya.

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin khamdan katsira yuwafi ni’amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya: “Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya.”

Meski demikian ada kalimat lebih lengkapnya mengenai bacaan doa bersyukur lengkapnya beserta dengan latinnya. Di bawah ini adalah kalimat selengkapnya Sedulur.

Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Doa bersyukur rumaysho

Kompas

Penjelasan mengenai bacaan doa bersyukur ternyata banyak dijelaskan langsung oleh laman Islam bernama rumaysho. Dikutip dari laman tersebut, bahwa ketika seseorang menginginkan sesuatu, maka kita akan selalu terus memohon dan bersabar untuk menantinya. Namun di satu sisi, saat impian sukses belum dapat tercapai, sering kita lupa daratan dan bahkan paling berbahaya melupakan Allah SWT.

Sebagai orang muslim, ketika sedang menginginkan sesuatu sudah sewajarnya untuk memohon kepada-Nya. Paling penting adalah selalu bersyukur atas segala hal-hal yang suda didapatkan entah itu baik atau tidak.

Doa syukur nikmat sehat

doa bersyukur
Bola

Bersyukur tidak selalu identik dengan materi, bisa juga identik dengan kesehatan jiwa dan raga. Jiwa sehat raga kuat, adalah dambaan bagi setiap orang. Kesehatan adalah barang mahal, sebab, Allah SWT masih memberikan orang tersebut dapat menjalani aktivitas sehari-hari dan dapat berbuat baik kepada sesama.

Lantas bagaimana doa syukur nikmat sehat yang bisa Sedulur panjatkan dan amalkan sehari-hari. Di bawah ini adalah bacaan doa secara lengkapnya.

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni’matan minhu wa fadhlan. Allahummaj’alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi ‘afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min ‘umri. Allahumma ‘afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina ‘adzaban nar.

Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan dikhirat lindungilah aku dari siksa neraka.”

Demikian penjelasan mengenai doa bersyukur yang bisa Sedulur amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan di atas dapat meningkatkan keimanan dan ketawaan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!