doa masuk masjid

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Sebelum memasukinya, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk membaca doa masuk masjid. Bacaan doa yang sesuai ajaran Rasulullah SAW dapat dinukil dari salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud serta Ibnu Majah.

Dalam beberapa hadist tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda,”Jika salah satu di antara kalian itu masuk masjid, salamlah kepada Nabi SAW (bershalawat), kemudian berdoalah, ‘Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku,’ Ketika keluar, berdoalah sebagaimana lafalnya, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepadaMu,'” (HR Imam Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah).

Lantas, seperti apa bacaan lengkapnya? Berikut lafal doa masuk dan keluar masjid latin dan bahasa arab yang sesuai dengan riwayat hadist di atas.

BACA JUGA : Bacaan Sholawat Jibril, Amalan Doa Penarik Rezeki

1. Doa masuk masjid versi panjang

doa masuk masjid
Pixabay

Berikut doa masuk masjid dan artinya versi panjang yang dibaca ketika akan memasuki masjid.

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan latin: A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

2. Doa masuk masjid pendek

Mosque in Europe
Pixabay

Jika Sedulur belum dapat menghafal doa ketika masuk masjid dengan versi panjang, Sedulur dapat membaca doa masuk masjid pendek seperti berikut ini.

  • Doa masuk masjid arab:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

  • Bacaan latin:

Allahummaftha lii abwaaba rahmatika

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i. dan Ibnu Majah).

Doa masuk masjid tersebut merupakan bentuk munajat kita kepada Allah SWT agar kita dibukakan pintu-pintu rahmat Allah SWT setelah memasuki rumahNya. Sehingga ibadah yang kita lakukan di dalam masjid nantinya akan diterima oleh Allah.

Ketika hendak masuk masjid, disunahkan melangkah kaki kanan terlebih dahulu semabri membaca doa di atas.

BACA JUGA : Sejarah Muhammadiyah Beserta Tujuan dan Perkembangannya

3. Doa keluar masjid versi panjang

doa masuk masjid
Headtopics.com

Setelah selesai menunaikan ibadah di masjid, ketika hendak keluar, alangkah baiknya sedulur membaca doa keluar masjid sesuai dengan sunah Rasulullah Saw.

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Doa keluar masjid latin: A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

4. Doa keluar masjid versi pendek

Sholat jamaah
iStock

Untuk bacaan versi pendeknya, Sedulur bisa membaca doa berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Bacaan latin: Allaahumma innii as’aluka min fadhlika.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhya aku memohon fadilah kepada-Mu.”(HR. Abu Dawud, Nasa’i. dan Ibnu Majah).

Saat hendak keluar dari masjid, disunahkan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

BACA JUGA : Penulisan Waalaikumsalam dan Keutamaan Menjawabnya

5. Adab ketika di dalam masjid

doa masuk masjid
Pixabay

Berikut adab yang harus dijaga saat berada di dalam masjid:

1. Menjaga pakaian, badan dan mulut dari bau yang tidak sedap

Rasulullah Saw bersabda yang artinya : “Barangsiapa memakan bawang putih atau bawang merah, maka hendaklah ia menyingkir dari kami. Atau beliau bersabda,“Menjauhi masjid kami dan hendaknya ia duduk saja di rumahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Membaca doa saat masuk maupun keluar masjid

 

doa masuk masjid
pixabay

Adab selanjutnya adalah membaca doa ketika hendak masuk maupun keluar dari masjid. Sedulur dapat membaca doa yang sudah dijelaskan di atas.

4. Memakai pakain yang bersih, suci dan menutup

doa masuk masjid
Pixabay

Masjid adalh tempat suci sekaligus tempay untuk beribadah. Maka hendaknya ketika di dalam masjid Sedulur menutup aurat, dan mengenakan pakaian yang bersih dan suci. Allah berfirman yang artinya : “Hai anak Adam, pakailah pakainmu yang indah di setiap (memasuki) masjid …” ( Q.S Al-A’raf : 31).

5. Sholat dua rakaat tahiyatul masjid (sebelum duduk)

Pixabay

Rasulullah SAW bersabda:

 إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ

Artinya : “Apabila salah seorang di antara kalian masuk masjid maka janganlah ia duduk hingga ia sholat dua rakaat.” (HR. Bukhari)

Sementara itu, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim juga meminta umat Muslim melaksanakan sholat sunnah 2 rakat ketika baru masuk ke dalam masjid. Berikut ini bunyinya:

”Apabila salah seorang di antara kalian masuk masjid maka hendaknya ia melaksanakan sholat dua rakaat sebelum ia duduk,” (HR. Muslim)

Nah, itu dia bacaan doa masuk masjid dan keluarnya sesuai sunnah Rasulullah SAW. Yuk, kita sama-sama hafalkan dan diamalkan ya Sedulur.

6. Berdoa diantara adzan dan iqomah

doa masuk masjid
lampung.inews.id

Salah satu waktu yang mustajab saat berdoa adalah di antara adzan dan iqomah. Maka hendaknya setiap muslim dapat memanfaatkan kesempatan waktu ini untuk berdoa kepada Allah Swt. Selain berdoa, Sedulur juga dapat mengerjakan sholat sunnah, seperti sabda Rasulullah :

Artinya “ Antara setiap dua azan )azan dan iqomah) ada kesempatan untuk mengerjakan shalat, antara setiap dua azan (adzan dan iqomah) ada kesempatan untuk mengerjakan shalat. Kemudian beliau mengatakan pada kali ketiganya, “barang siapa yang mau.” (HR. Muslim)

7. Tidak mencari barang di dalam masjid

Mosque
Pixabay

Banyak yang mengetahui mengenai adab untuk tidak mencari barang hilang ketika di masjid.Rasulullah Saw bersabda :

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: مَنْ سَمِعَ رَجُلاً يَنْشُدُ ضَالَّةً فِى الْمَسْجِدِ فَلْيَقُلْ لاَ رَدَّهَا اللَّهُ عَلَيْكَ فَإِنَّ الْمَسَاجِدَ لَمْ تُبْنَ لِهَذَا “Barangsiapa mendengar seseorang mencari barangnya yang hilang di dalam masjid, maka katakanlah kepadanya:”Semoga Allah tidak mengembalikan barangmu !” Karena masjid bukan dibangun untuk ini” (HR. Muslim)

Demikianlah rangkuman doa masuk dan keluar masjid sesuai sunnah yang diajarkan nabi Muhammad Saw. Selain memba doa masuk dan keluar masjid, hendaknya umat Muslim menjaga adab ketika berada di dalam masjid, mengingat masjid adalah tempat beribadah umat Muslim yang harus dijaga kesuciaannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!