dapur cantik

Bagian ruangan yang tidak boleh dilewatkan di sebuah rumah adalah dapur. Jika memiliki dapur cantik, maka penghuni rumah akan merasa nyaman dan lebih percaya diri ketika sedang menjamu kerabat atau saudara yang berkunjung ke rumah. Tidak hanya itu saja, memiliki ruangan memasak yang indah juga bisa membuat penghuninya makin bersemangat untuk mencoba resep baru dan betah berada di sana.

Maka dari itu, Sedulur harus pintar mengoptimalkan penataan ruang memasak agar bisa menghasilkan ruang yang nyaman. Selain memilih desain yang menawan, atur pemilihan dekorasi dan tema warna agar tampilan rapi. Supaya tidak salah ketika menata dapur cantik, berikut adalah inspirasinya.

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Terbaru di 2022

1. Desain dapur perpaduan abu-abu dan coklat

dapur cantik
lazada

Inspirasi desain dapur cantik yang pertama adalah dengan memadukan warna abu-abu dan coklat. Dengan memadukannya, maka ukuran ruang untuk memasak akan menjadi tampak ringkas. Sehingga, Sedulur tetap bisa leluasa menyiapkan kebutuhan makanan sehari-hari untuk keluarga di rumah.

-->

Supaya terkesan mewah, gunakan gabungan antara meja bar dan kursi stool yang memiliki desain minimalis. Jangan lupa untuk memilih meja dan kursi dengan warna yang senada dengan cat dapur agar terlihat sempurna. 

2. Dapur minimalis perpaduan putih dan coklat

dapur cantik
edupaint

Mengatur desain ruangan yang minimalis dan estetik memang memberikan tantangan tersendiri bagi sang pemilik rumah. Walaupun memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, Sedulur tetap bisa mengatur ruangannya menjadi elegan dan apik.

Padukan warna putih dan coklat untuk cat utama desain dapur cantik Sedulur. Tampilan ruangan akan bisa dimanipulasi menjadi lebih luas sekaligus elegan. Selain menambahkan perpaduan warna putih dan coklat pada cat ruangan, pilih juga kabinet kitchen set dengan warna senada. 

Jangan takut akan kotor, tambahkan pelitur pada kitchen set agar warnanya mengkilap dan tetap terjaga. Ruangan memasak yang berwarna putih dan coklat akan membuat suasana positif. Sehingga, momen memasak akan menjadi lebih membahagiakan.

3. Desain minimalis warna hitam

dapur cantik
rumah123

Desain dapur cantik kekinian memang biasanya identik dengan warna-warna yang natural. Namun, sebagian orang menganggap bahwa ruangan dengan warna hitam memiliki timeless design. Hitam tidak selalu identik dengan pria yang maskulin, ya. 

Ruangan memasak dengan warna hitam juga cocok untuk Sedulur yang gemar menjamu tamu dengan sajian koktail. Namun, perlu diingat bahwa ruang memasak dengan warna hitam kurang cocok untuk hunian yang memiliki ruangan sempit dan apartemen. 

Bisa-bisa, memilih desain warna hitam pada ruang memasak akan membuatnya terlihat sesak. Agar tidak terlalu gelap, tambahkan lampu LED strip atau hidden lamp dengan warna yang senada. Pastinya, ruangan akan menjadi lebih elegan sekaligus mewah.

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

4. Minimalis putih dan silver

dapur cantik
ruparupa

Menambahkan warna putih dan silver bisa menjadikan dapur cantik modern. Apabila Sedulur tidak memiliki jendela di dapur, maka bisa mencoba untuk memasang beberapa lampu tambahan untuk pencahayaan utama. Biasanya, ruangan akan menjadi rapi dan terang dengan memilih warna putih. 

Cobalah untuk menambah lampu tepat di atas kompet maupun bagian bawah kabinet. Pencahayaan di setiap sudut akan menjadi lebih rapi dan maksimal. Jangan lupa untuk memilih kabinet atas dengan warna putih, lalu memadukannya dengan warna abu-abu pada kabinet bawah supaya tampak mewah. Untuk perlengkapan memasaknya, pilih warna yang senada seperti warna silver. 

5. Desain dapur Skandinavia putih

dapur cantik
arsitag

Memilih gaya interior ala Skandinavia memang tidak lekang oleh waktu dan tidak pernah gagal untuk memikat hati siapa pun. Gaya Skandinavia akan membuat ruangan tampak bersih serta luas karena memiliki furnitur yang serba putih.

Satu dari berbagai ciri khas desain dapur cantik ini adalah motif lantai yang mengkilap dan memberikan nuansa elegan. Tidak hanya itu, pilih lampu gantung yang senada agar interior ruangan terlihat keren. 

Selain menciptakan pencahayaan yang baik di dalam hunian, warna putih yang dominan juga akan membuatnya menjadi terlihat bersih. Putih sering dikaitkan dengan kesucian, kebaikan, dan kemurnian.

Maka, ketiga hal itu sangat tepat berada di ruangan memasak. Ruangan yang kotor akan menjadi jelas jika Sedulur belum membersihkannya. Hal ini dapat mendorong Sedulur lebih rajin untuk membersihkannya.

6. Desain dapur monokrom

dapur cantik
grid

Masyarakat modern mulai banyak menggandrungi dan memilih hunian dengan tema monokrom. Hal ini karena desain monokrom memiliki karakteristik simpel dan tidak banyak dekorasi. Sehingga, tampilan ruangan akan menjadi cantik secara effortless.

Biasanya, pemilihan warna dari tema monokrom adalah hitam, abu, putih, serta coklat. Supaya dapur cantik terkesan mewah, gunakan meja motif berwarna hitam, namun tidak begitu gelap. Tidak perlu menambahkan banyak furnitur, cukup gabungkan warna hitam dan putih pada dinding supaya ruangan tampak elegan.

Desain ruangan dengan tema monokrom ini juga cocok untuk Sedulur yang memiliki ruangan sempit. Desain ini juga cocok untuk mewakili selera pria tanpa mengurangi adanya sisi feminim pada seorang wanita. Ruangan akan terlihat lebih hidup dengan adanya unsur gradasi.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Desain Plafon Minimalis Terbaik & Terbaru 2022

7. Desain dapur Japandi ala drama Korea

dapur cantik
dekoruma

Desain ini menggabungkan antara dua gaya populer, yaitu gaya Japanese dan Scandinavian. Perpaduan antara keduanya menghasilkan desain dapur cantik minimalis dan unik dari yang lainnya. Tambahkan ventilasi atau jendela agar tampilan estetik.

Pemilihan desain ini akan membuat ruangan tertata, menarik, dan rapi. Tidak hanya itu, inspirasi ini juga akan membuat keseluruhan bagian tampak hangat. Area ruangan juga akan terasa luas. Yang paling penting, momen memasak makin menyenangkan.

Agar suasana asri dan homey, tambahkan tanaman hijau yang diletakkan di dekat jendela. Ciri khas konsep ini adalah pemilihan warnanya netral, dekorasi pencahayaan yang hangat, serta furnitur yang fungsional. Tidak terdapat satu pun dekorasi yang terlihat mencolok, cukup tanaman yang akan menambah kesan asri dan bersih. 

8. Desain dapur dilengkapi meja dan kursi ala bar

dapur cantik
howieandbelle

Desain dapur mini bar cantik yang dilengkapi dengan meja dan kursi ala bar akan membuat tampilan menjadi elegan sekaligus terlihat dewasa. Siapkan storage atau kitchen stage yang diletakkan di bawah wastafel agar penampilan makin maksimal. 

Selain memberikan suasana kesan yang hangat, Sedulur juga bisa menikmati sajian makanan dan minuman di ruang masak ala-ala suasana privat. Tambahkan aksen kayu agar kesan yang ditampilkan lebih nyaman.

Jika ingin mengubah penampilan lebih maksimal, buat sebuah rak khusus untuk menyimpan alat makan. Selain membuat kesannya menjadi rapi, menambahkan rak khusus juga membuat ruangan tampak luas dan mempermudah pengambilan barang.

9. Perpaduan desain kontemporer

dapur cantik
arsitag

Perpaduan desain kontemporer merupakan model dapur cantik dan minimalis selanjutnya yang bisa dipilih. Apalagi, jika Sedulur tidak memiliki lahan yang terlalu luas. Desain kontemporer yang diciptakan dari warna hitam klasik ini akan menambah kesan luas pada suatu ruangan.

Warna hitam klasik bisa ditambahkan pada berbagai peralatan memasak dan furnitur ruangan, misalnya kaki kursi, meja makan, corong lampu, serta berbagai peralatan lainnya. Kesan mewah dan elegan akan didapatkan dari perpaduan kontemporer ini. Sementara itu, bagi Sedulur yang sudah memiliki buah hati juga bisa memberikan ruang bagi anak untuk membuat catatan di ruangan tersebut yang bisa dihapus kapan pun. 

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

10. Gaya dapur dengan keramik heksagonal putih

dapur cantik
rumah123

Dapur yang cantik bisa membantu menaikkan mood atau suasana hati bagi sang penghuni rumah. Sama halnya dengan memilih gaya ruang memasak yang mengusung konsep keramik heksagonal putih seperti gambar di atas. Dekorasi dinding keramik segi enam ini akan membuat ruangan tampak hidup serta tidak monoton.

Desain ruangan yang tepat sesuai dengan keinginan bisa memberikan “nyawa” dan semangat ketika sedang memasak. Penggunaan keramik heksagonal putih ini bisa membuat hati merasa tentram dan nyaman. Gunakan kombinasi warna dengan memilih backsplash yang menarik. 

11. Desain dapur cantik kafe industrial

interiordesign

Memilih konsep kafe industrial merupakan desain dapur cantik dan unik yang bisa dicoba. Apalagi jika Sedulur sudah bosan dengan suasana yang terkesan monoton. Gunakan konsep dan tema industrial dengan ruangan yang terpisah. Seperti gambar di atas, Sedulur tentunya bisa bersantai bersama keluarga sambil melihat seseorang yang sedang menyiapkan hidangan minuman bak barista di sebuah kafe.

12. Konsep earth tone warna terang

tokopedia

Usahakan untuk memilih perpaduan warna yang senada untuk desain dapur cantik. Dengan begitu, ruangan akan menjadi rapi dan luas. Seperti konsep warna earth tone terang yang sedang populer di masa kini. Ruangan akan tampak lebih luas sekaligus elegan.

Kombinasikan ruangan dengan warna yang netral seperti putih pada kabinet ruangan, dekorasi perabotan, perlengkapan memasak, serta furnitur ruangan agar makin cerah dan senada.

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

13. Konsep earth tone warna gelap

archify

Warna earth tone tidak hanya identik dengan terang, jika Sedulur menyukai nuansa yang gelap, bisa memilih desain dapur cantik dengan warna earth tone gelap seperti warna hitam dan coklat. Tampilan akan menjadi maskulin dan elegan. Seperti contoh dekorasi di atas, perpaduan antara warna earth tone yang gelap akan membuat ruangan menjadi mudah untuk dibersihkan.

14. Desain dapur semi terbuka

mustikaland

Inspirasi desain dapur cantik selanjutnya adalah dengan konsep semi terbuka yang pastinya menarik untuk dipilih. Desain yang satu ini akan membuat sirkulasi udara hunian menjadi lebih baik. Pastinya, Sedulur bisa membuat tempat makan di area luar yang lokasinya ada di taman.

Memilih konsep semi terbuka juga akan membuat tempat yang leluasa di rumah. Sedulur bisa merasakan hangatnya matahari pagi maupun sejuknya angin malam dengan bintang di langit saat sedang menyajikan suatu hidangan.

Suasana kekeluargaan juga menjadi erat dan semua penghuni rumah akan menjadi betah untuk berlama-lama di sana. Tambahkan beberapa dekorasi tanaman hias pada setiap sudutnya agar asri.

Walaupun begitu, Sedulur tetap harus memperhatikan dan mempertimbangkan alur penyajian makanannya nanti. Hal ini bertujuan agar Sedulur tidak menjadi repot lagi harus bolak-balik ke ruang makan. Kelebihan desain semi terbuka ini adalah lebih mudah untuk dibersihkan. Namun, kekurangannya bila hujan tiba, air akan membasahi meja dan kursi apabila tidak dilengkapi dengan atap. 

15. Menggunakan material kayu kekinian

ruparupa

Dengan memilih material kayu kekinian, ini bisa menjadi inspirasi dapur cantik sederhana di kampung maupun di perkotaan. Misalnya, dengan memilih keramik bermotif kayu atau menggunakan berbagai macam furnitur kayu dalam ruangan. Hunian akan menjadi cantik sekaligus berwarna. Apalagi, jika dipadukan dengan warna putih bersih. Ruangan akan terlihat mewah dan asri.

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

16. Dapur mini berbentuk lorong

kabarsiger

Jika Sedulur cuma memiliki sisi ruangan yang berukuran kecil atau mini, serta memiliki bentuk seperti lorong, maka bisa memilih desain dapur cantik dengan bentuk seperti gambar di atas. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, namun desain yang ditawarkan sangat menarik. Terlebih, jika penataan ruangannya bagus dan rapi. Maka, nuansa yang akan ditampilkan nyaman dan tenang. 

17. Model shabby chic

rumah123

Konsep shabby chic merupakan salah satu model dapur cantik terbaru yang desainnya sangat feminim. Seperti yang sudah diketahui, shabby chic merupakan desain dengan ciri khas motif bunga, kain renda, serta warna-warna pastel. 

Dengan memilih model ini, maka tampilan ruangan menjadi makin cantik. Tambahkan renda pada beberapa aksesori ruangan. Padukan dengan warna yang lembut dan feminim. Ruangan juga akan menjadi menawan dilengkapi perabotan rumah tangga dengan warna yang selaras.

18. Desain dapur minimalis dengan ruang makan

liputan6

Menggabungkan ruangan untuk memasak dengan ruang makan menjadi salah satu ide unik yang patut dicoba. Biasanya, kedua ruangan tersebut dipisah. Namun, jika hunian yang Sedulur tempati memiliki area luas yang tidak terlalu lebar, maka Sedulur bisa menggabungkannya.

Untuk menambah kesan rapi, pilihlah desain dapur cantik dengan deretan lemari yang bisa dijadikan sebagai meja makan. Konsep ini tentunya sangat berguna bagi hunian yang minimalis dengan menggabungkan keduanya menjadi satu ruangan.

Masukkan peralatan memasak ke dalam lemari tersebut. Dapur akan menjadi tampak cantik, luas, serta rapi dengan memaksimalkan ruangan yang ada. Tidak lupa, tambahkan sentuhan bohlam lampu kekinian agar ruangan mungil Sedulur bisa lebih cantik lagi.

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

19. Desain dapur soft pink

grid

Kesan dapur akan menjadi cantik dan feminim dengan memilih warna soft pink. Desain yang satu ini sangat cocok dipadukan dengan peralatan berwarna biru muda atau putih karena keduanya merupakan warna yang netral. Jika perlu, tambahkan berbagai peralatan memasak dengan warna yang selaras. Pastinya, hunian menjadi lebih indah dan sesuai dengan keinginan.

20. Dapur berbentuk L

content

Desain ruangan berbentuk L merupakan salah satu desain dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik. Seperti namanya, desain yang satu ini berbentuk seperti huruf L. Modelnya sangat simpel sehingga tidak perlu menambahkan furnitur yang berlebihan.

Supaya ruangan makin cantik dan asri, tambahkan beberapa tanaman hias, rak buah, atau pajangan lainnya. Model ini biasanya memiliki kombinasi satu sampai dua pilihan warna saja. Dengan menambahkan dekorasi sayur, buah, atau tanaman, dapur terlihat sehat dan asri.

Itu dia 20 inspirasi desain dapur cantik yang bisa Sedulur pilih. Jangan lupa untuk memberikan furnitur dengan warna selaras agar lebih terkonsep. Perhitungkan juga nilai fungsi dan kegunaan dari konsep yang dipilih untuk menghemat biaya maupun waktu. Jangan lupa membuat daftar barang yang dibutuhkan saat membeli perlengkapan agar tidak over budget. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.