cream temulawak

Selama ini temulawak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai obat dan bumbu masakan. Di Indonesia, tanaman yang mirip dengan kunyit ini biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit-penyakit seperti gangguan pencernaan, antiradang, bahkan obat jerawat. Karena dikenal manfaatnya sebagai obat jerawat inilah, akhirnya muncu produk berupa cream temulawak.

Dilansir dari Halodoc, cream temulawak adalah cream wajah yang berasal dari Malaysia. Dan beberapa waktu belakang mulai cukup populer di negara tetangga, termasuk Indonesia. Namun, sebelum Sedulur menggunakan produk ini sebagai obat jerawat, lebih baik simak dulu tentang fakta-faktanya berikut ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker!

Manfaat cream temulawak

Sedulur tentu penasaran apa saja manfaat cream temulawak sehingga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai produk perawatan kulit atau skincare. Berikut beberapa manfaat cream temulawak yang dapat Sedulur simak.

-->

1. Sebagai obat anti jerawat

cream temulawak
iStock
 

Manfaat cream temulawak yang paling banyak dikenal adalah sebagai obat jerawat. Dikutip dari SehatQ, cream ini memang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Dari sebuah studi dari sejumlah peneliti di Institut Pertanian Bogor (IPB), ditemukan bahwa bunga temulawak yang dikeringkan dan diekstrak menjadi minyak atsiri bisa mencegah pertumbuhan P. acnes, bakteri kulit yang menyebabkan peradangan saat kulit berjerawat.

Selain itu, cream temulawak diklaim bisa menghambat bakteri jerawat 50 persen lebih baik dibandingkan antibiotik tetrasiklik yang biasa digunakan sebagai obat jerawat. Namun, tak hanya sebagai obat nati jerawat, ternyata cream temulawak juga diklaim mampu membantu menghilangkan bekas jerawat yang membandel di wajah.

BACA JUGA: Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

2. Melindungi kulit dari sinar UV

cream temulawak
Beauty Journal Sociolla

Paparan sinar UV diketahui memiliki dampak yang cukup buruk bagi kulit. Itulah mengapa Sedulur selalu disarankan untuk memakai cream sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV. Jika terpapar terus-terusan tanpa menggunakan pelindung, sinar UV dipercaya bisa menyebabkan kulit kusam, lalu muncul bercak hitam pada wajah, serta bisa memicu kanker kulit.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu manfaat cream temulawak adalah mampu membantu melindungi kulit dari efek negatif yang ditimbulkan karena terus-terusan terpapar sinar UV. Temulawak dipercaya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit.

3. Memutihkan dan mencerahkan kulit

iStock

Sedulur perempuan yang sangat memperhatikan kondisi kulit, pasti mengidamkan kulit yang putih dan cerah. Sayangnya, untuk mendapatkan kulit wajah idaman tersebut tak bisa sembarang cara dilakukan. Jika memakai krim pemutih, maka harus dipastikan krim tersebut aman digunakan untuk kulit. Agar ke depannya tidak menimbulkan masalah kulit seperti iritasi atau peradangan.

Cream temulawak asli dipercaya mampu menjadi pencerah sekaligus pemutih. Bahkan bisa menampakkan hasil dalam waktu yang singkat. Dikutip dari Halodoc, baik ekstrak maupun minyak atsiri dari temulawak dapat menghambat aktivitas enzim tyrosinase. Enzim ini yang berpengaruh pada pembentukan melanin yang dapat membuat kulit menjadi gelap. Gunakan cream temulawak secara teratur untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA: 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik Untuk Dewasa & Anak

4. Menyamarkan flek hitam pada wajah

iStock

Saat memasuki usia 30an, flek-flek hitam pada wajah mungkin akan muncul sebagai salah satu tanda penuaan dini. Sedulur yang sudah mulai mengalami hal ini, mungkin akan mengeluarkan lebih banyak dana untuk mencari perawatan kulit yang bisa menangkal tanda-tanda penuaan dini.

Namun, cream temulawak BPOM dan benar-benar asli mengandung 100 persen temulawak bisa digunakan untuk menangkal masalah penuaan dini. Kandungan dalam temulawak dipercaya dapat mengangkat dan mencegah flek hitam serta komedo.

Tak hanya masalah flek hitam, cream ini juga bisa untuk menangkal permasalahan penuaan dini lainnya seperti kerutan pada garis senyum dan mata yang sulit dihindari. Pemakaian yang teratur dipercaya akan membawa hasil yang maksimal.

5. Menenangkan kulit yang bengkak

iStock

Kondisi kulit yang bengkak atau mengalami peradangan bisa terjadi karena berbagai penyebab. Salah satunya bisa terjadi karena adanya gejala eksim. Sifat antiradang pada cream temulawak dipercaya bisa membantu menenangkan kondisi kulit yang bengkak akibat peradangan.

BACA JUGA: 12 Pilihan Cat Rambut yang Bagus Tidak Merusak & Tahan Lama

Ciri-ciri cream temulawak asli

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat cream temulawak, tak ada salahnya Sedulur juga menyimak beberapa ciri cream temulawak yang asli. Dengan begitu, Sedulur dapat terhindar dari risiko membeli produk palsu yang malah bisa mendatangkan bahaya bagi kulit.

1. Pastikan sudah memiliki izin edar dari BPOM

cream temulawak
Beautynesia

Cream ini ternyata memiliki cukup banyak jenis yang beredar di pasaran. Untuk membedakan cream yang asli atau palsu, Sedulur harus memastikan apakah cream temulawak sudah BPOM atau belum. Oleh karena itu sebelum membeli, pastikan produk cream tersebut sudah mendapatkan izin edar dari BPOM atau lembaga serupa.

Caranya dengan membuka situs BPOM, lalu masukkan data-data yang dibutuhkan untuk pengecekkan. Jika tidak ditemukan datanya maka bisa dipastikan tidak terdaftar di BPOM. Alternatif kedua, coba cari di situs lain yang serupa dengan BPOM dari negara lain seperti FDA. Jika tidak ditemukan datanya juga, maka Sedulur harus berhati-hati dalam membeli produk cream temulawak tersebut.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Pemutih Wajah yang Aman & Terpercaya

2. Bandingkan harga

Beautynesia

Jangan mudah tergiur dengan cream temulawak yang dijual dengan harga yang sangat murah. Bisa saja cream yang dibanderol harga murah memiliki kandungan berbahaya dan tak seperti aslinya. Pastikan Sedulur mengecek dengan benar harga pasaran cream ini.

Harga cream temulawak asli di apotik biasanya dibanderol sebesar Rp50 ribu hingga Rp65 ribu. Jadi kalau menemukan cream ini dijual di bawah harga tersebut, Sedulur patut curiga ya.

3. Perhatikan komposisi dan teksturnya

Beautynesia

Cream temulawak yang asli harus mengandung 100 persen esktrak temulawak asli. Jangan pilih produk cream ini yang memiliki kandungan kimia lain. Seperti misalnya titanium dioksida, zat ini digolongkan sebagai karsinogen. Sehingga dipercaya bisa memicu kanker. Selain itu pastikan juga cream yang akan Sedulur beli bebas dari paraben.

Selain itu, perhatikan pula tekstur cream ini. Cream temulawak yang asli memiliki tekstur yang berbentuk seperti krim lembut, terlihat mengkilap, dan warna yang cenderung pucat. Sementara cream yang palsu memiliki warna yang sangat cerah, teksturnya kasar, serta terasa kesat jika dipegang.

Cara menggunakan cream temulawak

iStock

Untuk hasil yang maksimal, Sedulur disarankan untuk juga menggunakan sabun temulawak sebelum mengoleskan creamnya pada wajah. Caranya pun sangat mudah, langkah pertama cuci bersih wajah Sedulur dengan sabun temulawak. Gosok-gosok ke wajah sampai berbusa, bisa juga sekalian mencuci daerah leher. Jika sudah terasa bersih, bilas dengan air bersih lalu keringkan.

Di siang hari, oleskan cream tersebut secara merata pada wajah. Tetapi gunakan secukupnya saja ya, jangan sampai telalu tebal. Sementara untuk penggunaan di malam hari, Sedulur bisa mengulang tahapan yang sama. Yakni cuci bersih wajah dengan sabun temulawak, lalu oleskan creamnya secara merata di wajah sebelum tidur. Saat bangun keesokan harinya, jangan lupa untuk kembali mencuci wajah hingga bersih.

Itu dia sejumlah fakta cream temulawak yang Sedulur harus ketahui. Sekali lagi, Sedulur harus berhati-hati dalam memilih cream ini karena banyak tiruan yang beredar di pasaran. Jika memakai cream yang tidak asli, maka kondisi dan kesehatan kulit Sedulur yang akan dipertaruhkan.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan kulit, Sedulur juga harus menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur dan buah-buahan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.