contoh teks eksplanasi

Mengetahui contoh teks eksplanasi bisa membantu Sedulur untuk mengetahui apa itu teks eksplanasi secara keseluruhan. Kamu mungkin pernah membaca sebuah teks yang berisi tentan proses terjadinya suatu fenomena atau suatu hal. Seperti misalnya bencana alam atau peristiwa lainnya. Teks yang dibaca tersebut adalah eksplanasi.

Dalam teks ini terdapat beberapa proses tentang kejadian dan peristiwa secara kronologis. Sebelum masuk dalam contoh teks eksplanasi, kita bisa memulai dengan definisi dan hal yang berkaitan dengan teks eksplanasi terlebih dahulu.

BACA JUGA: Struktur Teks Hikayat: Pengertian, Struktur, Kaidah & Contoh

Apa itu kalimat eksplanasi?

contoh teks eksplanasi singkat
Line Today

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang dapat terjadi. Kejadian yang ada di sekitar kita yang memiliki hubungan sebab akibat dan proses biasanya ditulis dengan teks eksplanasi.

-->

Kejadian atau peristiwa yang terjadi di teks eksplanasi tidak hanya diamati serta dirasakan, tetapi juga sekaligus dijadikan pembelajaran sehingga pembaca mengetahui mengapa kejadian tersebut bisa terjadi. Selanjutnya, lebih spesifik teks eksplanasi memilliki beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda.

Ciri-ciri teks eksplanasi

contoh teks eksplanasi singkat tentang covid-19
Gramedia

Teks eksplanasi memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ini beberapa ciri dari teks eksplanasi itu sendiri:

  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual)
  • Hal yang dibahas, yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan
  • Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas
  • Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya

Struktur teks eksplanasi

contoh teks eksplanasi dan strukturnya
Pinhome

Strukut kalimat eksplanasi sangat khusus dan berbeda dengan teks dan kalimat lainnya. Hal ini disebabkan karena kalimat eksplanasi merupakan kalimat yang membuat informasi tentang fenomena atau topik tertentu.

Teks eksplanasi biasanya berisi tentang sebuah proses atau topik dan berbicara tentang mengapa dan bagiamana. Agar Sedulur lebih jelas lagi, berikut ini beberapa bagian atau struktur yang membentuk teks eksplanasi itu sendiri:

1. Pernyataaan umum (identifikasi fenomena)

Pernyataaan umum
Harian Haluan

Bagian pertama adalah pernyataan umum atau identifikasi fenomena, yang menjelaskan tentang gambaran umum dari topik yang dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi, atau berisi tentang bagaiaman peristiwa tersebut terjadi secara kronologis.

2. Urutan peristiwa (rangkaian kejadian)

Urutan peristiwa
Detik

Bagian selanjutnya adalah tentang kejaian atau urutan peristiwa. pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.

3. Interpretasi (ulasan)

Interpretasi
Suara

Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai ulasan atau penarikan kesimpulan. Sedulur bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut. Padangan khusus terkait peristiwa atau informasi yang disampaikan penulis disampaikan pada bagian ini sekaligus sebagai penutup juga.

Tujuan teks eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi
Sekolahnesia

Teks eksplanasi dibuat bukan tanpa tujuan. Tujuan teks eksplanasi secara garis besar adalah teks tersebut mampu menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa.

Selain menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa, teks eksplanasi juga menjelaskan sebab dan akibat suatu peristiwa. Pembahasannya biasanya meliputi alasan mengapa peristiwa itu terjadi dan apa akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Itulah mengapa teks eksplanasi kemudian disebut sebagai kumpulan berbagai informasi yang berisi fakta.

Kaidah kebahasaan yang digunakan

contoh teks eksplanasi alam
Line Today

Berdasarkan ciri dan tujuan dari teks eksplanasi di atas, kaidah kebahasaan yang digunakan oleh teks eksplanasi pun khusus. Berikut ini beberapa kaidah kebahasaan yang khusus, yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan kalimat pasif
  • Menggunakan konjungsi kasual dan waktu
  • Terdapat istilah ilmiah
  • Menggunakan kata kerja material dan rasional
  • Bersifat informatif

Setelah mengetahui beberapa poin penting dalam kalimat eksplanasi di atas, berikut ini adalah beberapa kalimat eksplanasi yang bisa jadi referensi Sedulur:

1. Contoh teks eksplansi banjir

contoh teks eksplanasi banjir
katadata

Pertama adalah contoh teks eksplanasi banjir. Contoh teks yang dimaksud adalah sebagai berikut:

(Pertanyaan umum)

Banjir merupakan bencana yang disebabkan oleh kelalaian manusia. Penyebab terjadinya banjir biasanya karena kesalahan manusia yang membuang sampah sembarangan hingga penggundulan hutan. Banjir akan muncul setelah curah hujan yang tinggi, dan airnya mengalir. Akibat daya serap yang buruk karena hutan gundul, serta banyak sampah yang mengalangi aliran air hujan.

(Urutan peristiwa)

Kota Jakarta merupakan salah satu kota yang langganan banjir. Hal ini disebabkan oleh kontur kota Jakarta yang rendah dan merupakan daerah pesisir, menyebabkan seringkali air hujan membendungi jalanan dan menyebabkan banjir. Sejak zaman penjajahan Belanda, banjir telah sering terjadi di Jakarta dan banyak dibangun kanal-kanal untuk mengalirkan air hujan ke sungai agar tidak terjadi banjir.

Hingga saat ini, kita curah hujan tinggi, kota Jakarta seringkali tertimpa banjir. Persoalannya menjadi sangat kompleks, bukan hanya karena daya serap yang kurang dan persoalan sampah yang menumpuk. Beralih kepada persoalan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tidak banjir lagi ketika curah hujan tinggi.

(Interpretasi)

Oleh karena itu, memberikan pemahaman dan edukasi terkait kesadaran lingkungan hingga memberikan pelatihan agar masyarakat bisa memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi merupakan salah satu fokus yang harus dilakukan oleh pemerintah. Bukan hanya mengatasi banjir secara teknis, memberikan edukasi dan pemahaman terkait kesadaran lingkungan merupakan hal yang sangat esensial untuk dijelaskan kepada masyarakat.

2. Contoh teks eksplanasi tsunami

contoh teks eksplanasi tsunami
Pikiran Rakyat

Berikut ini adalah contoh kalimat eksplanasi tentang tsunami:

(Pertanyaan umum)

Tsunami berasal dari bahasa Jepang dan terdiri dari 2 suku kata, yaitu “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang. Para ilmuwan dulu mendefinisikannya sebagai “gelombang pasang” yang berarti gelombang pasang atau “gelombang laut seismik” yang berarti gelombang laut yang disebabkan oleh gempa bumi. Tsunami adalah gelombang laut berkecepatan tinggi yang tiba-tiba tiba di pantai. Terjadinya tsunami disebabkan oleh munculnya aktivitas vulkanik yang mengakibatkan gempa bumi yang terjadi di bawah laut.

(Urutan peristiwa)

Ketika gempa bumi terjadi dan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, saat itulah tsunami terbentuk. Patahan tersebut menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar pula. Saat itu, air laut akan surut sesaat setelah gempa terjadi. Kemudian setelah itu air laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).

Tsunami juga dapat terjadi akibat letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Tsunami berbeda dengan gelombang air laut yang biasanya memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar. Bahkan mencapai 700 km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat.

Biasanya ketinggian gelombang tsunami 50 sampai 100 meter dan menyebar ke segala arah. Ketinggian tsunami yang terjadi juga dapat dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai yang pada saat terjadi gempa di dasarnya. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya tsunami akibat gempa bumi di dasar laut.

(Interpretasi)

Tsunami merupakan salah satu peristiwa alam yang sangat berbahaya bagi manusia karena menimbulkan kerusakan yang besar bahkan dapat merenggut ribuan nyawa jika terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kita harus waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana alam tsunami. Meskipun tidak semua gempa bumi dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami.

3. Contoh kalimat eksplanasi sejarah gempa

sejarah gempa
Suara

Berikutnya adalah contoh teks eksplanasi ilmiah tentang sejarah gempa, yaitu:

(Pernyataan Umum)

Terletak di pertemuan tiga lempeng tektonis, Indonesia merupakan wilayah yang rentan terkena bencana gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Rekaman mengenai peristiwa-peristiwa tersebut bisa ditelusuri sampai jauh ke masa lalu, mulai dari catatan di naskah-naskah lokal, tulisan para pelancong Eropa, sampai dengan laporan dari para pegawai kolonial. Meskipun demikian, kajian terhadap tulisan-tulisan tersebut masih sangat jarang dilakukan dalam kajian ilmu sosial dan humaniora.

Padahal kajian tersebut sangatlah penting. Kajian naskah-naskah lokal, dalam studi filologi misalnya, akan bisa menguak bagaimana penduduk lokal merekam sebuah bencana besar dan juga cara bagaimana menghadapinya. Tidak jarang, naskah-naskah tersebut juga berisi informasi tentang tanda-tanda berkaitan dengan kemunculan bencana itu sendiri. Sementara itu, kajian sejarah misalnya, bisa merekonstruksi sebuah peristiwa bencana dan penanganannya dari masa lalu yang mungkin bisa dipraktikkan kembali di masa kini.

(Urutan Peristiwa)

Banyak terjadi gempa bumi di Jawa Barat pada masa kolonial. Catatan mengenai letusan Gunung Papandayan dan Gunung Galunggung pun dapat dijumpai. Kami menemukan fakta bahwa sepanjang 1931 kedua gunung trsebut menujukkan aktivitasnya. Aktivitas di Papadayan dan Galunggung menyebabkan gempa bumi. Di Bandung sendiri disebut bahwa gempa yang terjadi cukup kuat. Dapat dibayangkan kerentanan akan bencana di Jawa Barat saat itu belum diikuti dengan kemapanan teknologi dan informasi.

Salah satu bencana yang paling menonjol dalam catatan sejarah Nusantara ialah letusan Gunung Krakatau pada 1883, letusan yang mengguncang seluruh negeri. Rupanya letusan besar saat itu bukan menjadi akhir dari aktivitas vulkanik Krakatau. Dalam sumber-sumber yang kami peroleh, aktivitas Krakatau terus berlanjut bahkan sampai tahun-tahun akhir kekuasaan pemerintah kolonial. Gunung Krakatau yang terus aktif mengundang para ahli bumi Belanda untuk terlibat menelitinya. Rangkaian erupsi di Krakatau dicatat dengan baik dalam artikel-artikel koran Bintang Timoer.

(Interpreatasi)

Pada titik inilah, penelitian ilmu sosial humaniora terkait persoalan bencana menjadi sangat penting untuk dilakukan. Pertama, dokumentasi peristiwa bencana sangat diperlukan untuk mengetahui potensi bencana yang dimiliki oleh satu wilayah. Jejak historis suatu bencana gempa bumi dan gunung meletus bisa menjadi material dasar untuk memprediksi kemungkinan terulangnya kembali peristiwa serupa di masa yang akan datang. Pada bagian ini kajian bencana juga diperlukan untuk mengetahui cara bagaimana suatu masyarakat berhadapan dengan suatu bencana.

Kedua, terkait dengan alasan keilmuan, sejarah bencana juga sangat perlu dilakukan untuk memperkaya perspektif kajian ilmu sejarah, yang tidak lagi terfokus ke peristiwa politik, tapi juga ke peristiwa alam. Model penelitian ini perlu dilakukan untuk memberi penekanan bahwa pada akhirnya sejarah juga sedikit banyak digerakkan oleh peristiwa-peristiwa alam. Ketiga, dengan memusatkan penelitian di Jawa Barat, tulisan ini juga memiliki tujuan praktis, supaya kita yang tinggal di Jawa Barat, lebih memiliki kesadaran akan potensi bahaya bencana alam yang bisa terjadi.

4. Contoh teks eksplanasi panjang

contoh teks eksplanasi panjang
Quipper

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi panjang, yang sering kita jumpai dalam jurnal penelitian ilmiah, yaitu:

(Pernyataan Umum)

Pemerintah dan beberapa golongan dapat memanfaatkan kekuasaannya untuk mendesak agenda publik. Kekuasaan sendiri merupakan kemampuan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi perilaku seseorang atau kelompok lain, sesuai dengan keinginan perilaku. Salah satu media yang dapat digunakannya ialah arsip. Dari arsip tersebut dapat dilihat relasi kuasa  menggunakan definisi kuasa menurut Michel Foucaut.

Michel Foucault adalah tokoh pemikir post strukturalis yang mendefinisikan kuasa berbeda dengan cara pandang kaum strukturalis.  Dalam membantu mendeskripsikan wacana kekuasaan, Foucault mengatakan bahwa dalam setiap masyarakat, produksi wacana selalu dikendalikan, dipilih, diorganisasikan dan didistribusikan kembali sesuai dengan prosedur atau regulasi tertentu. Dengan kata lain, setiap produksi wacana selalu ada yang terpinggirkan

(Urutan peristiwa)

Dalam pandangan Foucault istilah ‘kuasa’ merujuk pada “totalitas struktur tindakan” untuk mengarahkan tindakan individu-individu yang merdeka. Kuasa dijalankan kepada yang memiliki posisi memilih. Akan tetapi mempengaruhi pilihan mereka. Kekuasaan selalu mempengaruhi mereka yang memiki kebebasan dalam memilih. Kuasa dianggap mereka yang lebih kuat dan berkuasa. Digunakan atau tidaknya tergantung kepada mereka yang ‘berkuasa’.

Kata berkuasa terkadang memiliki konotasi yang negatif dalam penyampaiannya. Orang-orang yang memiliki hak memilih atau kebebasan dalam memilih. Namun, dapat terpengaruhi oleh mereka yang berkuasa.  Konsep berkuasa ini menurut Foucault beresiko menghalangi pemahaman kita akan semakin meningkatnya intervensi-intervensi kuasa dalam kehidupan sosial 

(Interpretasi)

Bagi Foucault persepsi kita tentang objek dibentuk dalam batasan aturan diskursus: diskursus dicirikan oleh penentuan batas bidang objek, penentuan perspektif yang legitimete bagi agen pengetahuan, dan penetapan norma untuk penyusunan berbagai konsep atau teori.

Analisis wacana Foucault tidak hanya berfokus pada tekstual saja. Akan tetapi analisis wacana Foucault adalah sama seperti studi kasus atau etnografi dalam ilmu komunikasi . Analisis wacana Foucault dapat dilakukan pada riset komunikasi karena berfokus pada pengetahuan.

BACA JUGA: Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan & Contohnya

5. Contoh teks eksplanasi wilayah

wilayah
Detik

Teks eksplanasi yang menjadikan topik utama adalah sebuah wilayah atau daerah, berikut adalah contohnya:

(Pernyataan umum)

Kecamatan Jatinangor di awal masa kemerdekaan ditandai dengan nasionalisasi lahan perkebunan karet milik Baron Baud menjadi milik pemerintah daerah (Pemda) Sumedang. Perkembangan Jatinangor sebagai wiliyah milik Pemda Sumedang yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, berjalan sebagaimana adanya. Perkembangan pesat di Jatinangor mulai pesat ketika ditunjuk sebagai kawasan pendidikan.

 (Urutan peristiwa)

Beberapa perguruan tinggi yang terdapat di Jatinangor adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), Ikopin (Institut Manajemen Koperasi  Indonesia), Unpad (Universitas Padjadjaran), Unwim (Universitas Winaya Mukti) dan ITB (Institut Teknologi Bandung) kampus Jatinangor.

Perkembangan perguruan tinggi tersebut turut memberikan perubahan yang begitu besar bagi kawasan Jatinangor itu sendiri. Yang semula merupakan wilayah bekas kawasan perkebunan pada masa kolonial Belanda, menjadi kawasan pendidikan yang ramai oleh mahasiswa dan juga masyarakat sekitar. Tidak bisa dipungkiri, dengan menjadi kawasan pendidikan, mendorong pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi bagi kawasan Jatinangor itu sendiri.

(Interpretasi)

Kawasan Jatinangor semakin ramai dengan kehadiran Kampus Ikopin. Ikopin resemi menggunakan kampus yang berada di Jatinangor pada 12 Juli 1987. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Soeharto, dan dihadiri oleh beberapa pejabat Menteri dan juga Duta Besar negara sahabat dan juga pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta. Kehadiaran kampus Ikopin di Jatinangor semakin memperkuat Jatinagor sebagai wilayah pendidikan. Konsep kawasan pendidikan pun berangsur terwujud di Jatinangor.

6. Contoh teks eksplanasi tentang copy trading

copy trading
Detik

Sedulur mungkin asing dengan istilah copy trading, berikut ini adalah contoh kalimat eksplanasi tentang copy trading:

(Pertanyaan umum)

Copy trading adalah salah satu layanan yang memungkinkan trader atau investor secara otomatis dapat menyalin (copy) posisi trading yang dilakukan oleh para trader ahli dan profesional dengan menautkan akun yang dimiliki. Namun masih banyak yang keliru pengertian di atas dengan pengertian social trading.

(Urutan peristiwa)

Istilah copy trading sebenarnya sudah tidak asing bagi kalangan trader dan investor. Karena istilah tersebut telah dikenal sejak dekade 2000-an di pasar keuangan atau bursa efek saham. Namun istilah copy trading forex ramai lagi diperbincangkan dan muncul kembali kepermukaan saat ini sejak trend cryptocurrency dan bitcoin banyak dimainkan oleh masyarkat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

(Interpretasi)

Copy trading merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para trader atau investor untuk menyalin trading yang dilakukan oleh para ahli dan profesional. Perihal pelaksanaan copy trading forex di Indonesia tidak usah dikhawatirkan lagi, terutama untuk legalitas dan keamanan. Karena, hal tersebut diawasi dengan ketat pleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan) Republik Indonesia.

7. Contoh teks eksplanasi Covid-19

Covid-19
Kompas

Kali ini adalah contoh teks eksplanasi singkat tentang Covid-19, yang sangat relate dengan kondisi yang tengah kita alami saat ini, yaitu:

(Pernyataan umum)

Selama pandemi, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Pandemi terus mengingatkan warga untuk selalu cuci tangan dan memakai masker.

(Urutan peristiwa)

Cuci tangan mengurangi penyebaran Covid-19 karena mencegah rantai penularan melalui droplet yang menempel di tangan. Droplet merupakan cairan dari tubuh manusia, seperti dari hidung dan mulut. Droplet tersebut dapat menempel pada berbagai macam benda sehingga orang lain yang sebelumnya tidak terinfeksi, jadi tertular akibat droplet penderita. Itu sebabnya, mencuci tangan adalah hal yang penting dilakukan selama pandemi.

(Interpretasi)

Sementara memakai masker dapat menghindari penularan Covid-19 melalui droplet yang menyebar melalui udara. Ketika seseorang penderita bersin atau batuk, droplet dapat menyebar melalui udara, sehingga orang lain di sekitarnya akan menyebar.

8. Contoh teks eksplanasi gerhana

gerhana
Tirto.Id

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi alam, yang berkaitan dengan fenomena alam gerhana:

(Pertanyaan umum)

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi ketika bulan berlawanan dengan matahari. Tetapi oposisi bulan terhadap matahari tidak selalu menghasilkan gerhana bulan. Hal ini disebabkan oleh kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika. Ada kalanya terjadi perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menimbulkan munculnya dua titik yang disebut juga titik simpul. Di titik simpul inilah gerhana bulan terjadi. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari bagi bulan untuk berpindah dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya.

(Urutan Peristiwa)

Bahkan, terkadang penampakan bulan masih bisa terlihat saat terjadi gerhana bulan. Hal ini disebabkan oleh adanya perputaran sisa sinar matahari ke arah bulan yang disebabkan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan memiliki spektrum cahaya kemerahan. Inilah alasan mengapa saat gerhana bulan, bulan akan tampak lebih gelap, yang biasanya berwarna merah tua, jingga atau bahkan coklat. Anda dapat mengamati gerhana bulan dengan mata telanjang tanpa bahaya sedikit pun. Umat Islam yang melihat dan mengamati gerhana ditenggelamkan untuk shalat gerhana (salat khusuf) pada saat gerhana bulan.

(Interpretasi)

Ketika bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, maka saat itulah terjadi gerhana bulan. Apalagi ketika bumi menempati posisi antara matahari dan bulan yang berada pada satu garis lurus yang sama. Hal ini mencegah sinar matahari mencapai bulan karena terhalang oleh posisi bumi saat ini.

9. Contoh teks eksplanasi peristiwa sejarah

sejarah
Nesabamedia

Ada juga contoh teks eksplanasi tentang peristiwa sejarah, yaitu sebagai berikut:

(Pernyataan umum)

Sejarah merupakan pengetahuan yang didasarkan pada jejak. Melalui jejak-jejak yang ditinggalkan, manusia bisa melihat masa lalu menjadi lebih hidup. Pada titik ini, sejarah merupakan jembatan antara masa kini dan masa lalu, yang melaluinya manusia di masa kini bisa melihat sebuah realitas dari masa lalu menjadi lebih jelas.

(Urutan peristiwa)

Pandangan terhadap sejarah semacam ini memang belum terlalu umum, karena sejarah selama ini seringkali dimaknai hanya sebatas studi teks. Padahal, jejak-jejak yang ditinggalkan dari peristiwa sejarah bisa dimaknai lebih dari itu. Mulai dari benda-benda, visual dan peninggalan sejarah lainnya.

(Interpretasi)

Sejarah merupakan pengetahuan yang amat penting bagi umat manusia, karena dengan sejarah umat manusia bisa melihat ke masa lalu dan menjadikannya sebagai jembatan untuk menjalankan hidup di masa kini. Masa lalu juga dapat menjadi refleksi bagi kita untuk menjalani hidup lebih baik lagi dari masa lalu.

10. Contoh teks eksplanasi lainnya

contoh lainnya
Line Today

Terakhir adalah contoh teks eksplanasi singkat yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi, yaitu:

(Pernyataan umum)

Deflasi adalah sebuah kondisi terjadinya penurunan harga-harga barang secara besar-besaran dan terjadi secara terus menerus pada waktu yang sangat singkat. Berbeda dengan lawannya yaitu inflasi. Inflasi dan deflasi adalah kedua hal yang bertolak belakang, untuk menjelaskan suatu kondisi ekonomi sebuah negara yang sedang terjadi.

(Urutan peristiwa)

Sementara itu, inflasi adalah kondisi harga-harga barang yang terus naik secara besar-besaran. Arti inflasi dan deflasi tersebut sangat relevan jika melihat kondisi Indonesia saat ini yang tengah mengalami krisis ekonomi di tengah pandemi. Secara sederhana, kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengertian deflasi dan inflasi merupakan kondisi ekonomi sebuah negara.

(Interpretasi)

Perbedaan inflasi dan deflasi menyebabkan kondisi ekonomi sebuah negara menjadi tidak stabil dan mempengaruhi kondisi masyarakatnya itu sendiri. Maka dari itu sangat penting untuk kita mengetahui penjelasan terkait apa itu deflasi dan inflasi.

Hal yang wajib diperhatikan

Hal yang wajib diperhatikan
Ilmu Bahasa

Untuk membuat teks eksplanasi, setidaknya Sedulur harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi aspek penting dalam teks eksplanasi. Selain harus logis dan sistematis, kalimat eksplanasi juga harus mudah dibaca. Untuk mendapatkan hal tersebut Sedulur bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Gagasan utama
  • Kalimat utama
  • Kalimat penjelas
  • Unsur-unsur paragraf: koherensi, kohesi, kelengkapan paragraf dan diksi
  • Ejaan dan tanda baca

Cara menyusun teks eksplanasi

Cara menyusun
Tribunnews

Mengetahui contoh teks eksplanasi saja tidak cukup, Sedulur juga harus dapat membuatnya sendiri. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat teks eksplanasi dengan mudah. Pertama, Sedulur harus menentukan kejadian atau fenomena atau juga topik yang akan ditulis.

Setelah menentukan topik, cari informasi lanjutan terkait topik yang akan ditulis. Setelah proses pencarian informasi dirasa cukup, selanjutnya Sedulur bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu, sesuai dengan urutan dari teks eksplanasi seperti pernyataan umum, urutan peristiwa dan interpretasi.

Setelah kerangka selesai, Sedulur bisa lanjut dengan membuat pengembangan kerangka menjadi sebuah kalimat yang jadi. Setelah itu, Sedulur bisa merevisi dan edit kalimat eksplanasi setelah melakukan beberapa kali pembacaan ulang dari kalimat eksplanasi.

Itu tadi daftar contoh teks eksplanasi dan strukturnya beserta penjelasan lainnya yang berkaitan dengan teks eksplanasi. Semoga artikel kali ini membantu Sedulur untuk lebih memahami lagi bahasa Indonesia dan dapat membuat kalimat lebih jelas, ringkas dan padat. Sebagaimana teks yang dijumpai dalam kalimat eksplanasi itu sendiri.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.