cara memutihkan ketiak

Apa Sedulur selalu merasa kurang percaya diri ketika mengenakan pakaian sleeveless karena kulit ketiak gelap atau hitam? Ya, kulit ketiak hitam ini sering menjadi masalah sebagian besar orang, terutama kamu hawa karena dianggap mengganggu penampilan. Namun tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas beberapa cara memutihkan ketiak yang bisa Sedulur coba di rumah.

Warna gelap pada kulit ketiak ini muncul karena adanya sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, kondisi ketiak yang selalu basah alias berkeringat juga bisa menyebabkan ketiak jadi hitam, karena menjadi sarang bakteri kulit. Maka dari itu, langsung saja simak cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi atau bahan-bahan lainnya sebagai berikut.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Pasta gigi

cara memutihkan ketiak
pexels

Selain berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, ternyata pasta gigi dapat Sedulur manfaatkan untuk memutihkan ketiak yang hitam. Bahkan, pasta gigi ini juga dipercaya mampu menghilangkan bulu ketiak.

-->

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi sebenarnya cukup mudah. Sedulur hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada bagian ketiak yang gelap. Kemudian pijat-pijat secara perlahan 5 menit sampai pasta gigi mengering.

Jika sudah, bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur bisa menerapkan metode ini minimal 2 kali dalam satu hari.

2. Mentimun

cara memutihkan ketiak
pexels

Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap makanan, mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah memutihkan kulit ketiak. Adanya kandungan antioksidan pada mentimun, mampu membantu mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, antioksidan tersebut juga bisa memicu pembentukan sel kulit yang baru. Sedulur bisa menggunakan mentimun ini dengan cara mengambil sarinya atau mengirisnya tipis-tips. Kemudian oleskan sari atau potongan mentimun di area ketiak yang gelap.

Biarkan saja sampai kurang lebih 60 menit, lalu bilang dengan menggunakan air bersih. Jika Sedulur ingin hasil yang lebih maksimal, maka bisa mengkombinasikan sari mentimun dengan perasan jeruk lemon. Dan jangan lupa untuk melakukan metode ini secara rutin.

3. Bengkoang

cara memutihkan ketiah
faunadanflora

Bengkoang memang sudah lama dipercaya mampu memutihkan kulit wajah dan juga tubuh. Bahkan sudah ada banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung sari bengkoang. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika Sedulur menggunakan bengkoang asli untuk diterapkan pada kulit.

Bengkoang ini memiliki kandungan vitamin dan zat lain yang terbukti mampu memutihkan kulit, termasuk juga dengan kulit ketiak. Sedulur bisa mengambil satu buah bengkoang, lalu kupas kulitnya. Kemudian parut bengkoang hingga benar-benar halus.

Nah, Sedulur hanya perlu menggosokkan parutan bengkoang tersebut pada kulit ketiak yang gelap. Biarkan saja menempel hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih apabila sudah mengering. Lakukan cara ini secara teratur tiap habis mandi.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami. Bisa Dicoba!

4. Minyak zaitun

cara memutihkan ketiak
pexels

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E alami yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Minyak yang satu ini, dipercaya mampu menjaga kelembaban kulit dan juga membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, minyak zaitun juga bisa mempercepat proses regenarsi kulit.

Cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun ini juga tidak susah. Sedulur hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian ketiak yang hitam. Lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit, dan pastikan minyak sudah meresap ke dalam pori-pori kulit.

Setelah itu, langsung saja bilang dengan air sampai benar-benar bersih. Ulangi metode tersebut setiap hari usai mandi untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Lemon

cara memutihkan ketiak
pexels

Mungkin sudah banyak yang tahu jika lemon bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami. Ya, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya, berperan untuk membuat kulit ketiak menjadi lebih cerah dari sebelumnya.

Kandungan asam yang ada pada buah ini juga mampu melawan bakteri penyebab penumpukan sel kulit mati. Cara memutihkan ketiak dengan lemon ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu mengambil 1 buah lemon yang sudah dicuci bersih.

Kemudian iris tipis buah tersebut, dan langsung saja gosokkan pada area ketiak yang gelap selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air bersih. Sedulur bisa melakukan cara ini rutin 2 hari sekali untuk menghasilkan kulit ketiak yang putih dan cerah.

BACA JUGA: 12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan & Kecantikan Alami

6. Kulit jeruk

cara memutihkan ketiak
pexels

Kulit jeruk sering digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati di bagian ketiak. Hal ini karena kulit jeruk mempunyai butiran-butiran cukup kasar yang memiliki kandungan asam tinggi untuk mempermudah pengelupasan kulit mati.

Sedulur bisa langsung mengambil 1 buah jeruk, dan kupas kulitnya. Kemudian jemur terlebih dahulu kulit jeruk tersebut langsung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jika sudah, haluskan kulit jeruk menggunakan blender.

Nah, sekarang gosokkan pada area ketiak yang hitam selama kurang lebih 10 menit sampai nampak kulit mati yang terkelupas. Namun jangan terlalu keras pada saat menggosok, karena bisa menjadi iritasi. Terakhir, bisa menggunakan air dingin sampai bersih.

7. Baking soda

cara memutihkan ketiak
royco

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda. Baking soda ini bisa Sedulur manfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak.

Akan tetapi, Sedulur harus berhati-hati saat menggunakan bahan yang satu ini. Sebab, baking soda memiliki sifat abrasif dan tidak bisa digunakan pada kulit sensitif. Namun jika Sedulur sudah yakin, maka bisa mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok maka air.

Aduk hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut ke area ketiak, dan pijat pelan-pelan sebentar. Biarkan selama 25 hingga 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Sedulur cukup melakukan metode ini 2 kali saja dalam seminggu.

BACA JUGA: 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang & Cara Mengobatinnya

8. Kunyit

hellosehat

Untuk cara memutihkan ketiak alami yang berikutnya, adalah menggunakan kunyit. Seperti yang telah diketahui, bahwa kunyit termasuk salah satu bumbu dapur yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan, salah satunya untuk mencerahkan kulit ketiak.

Kunyit ini mempunyai sifat antibakteri yang mampu menghilangkan bakteri penyebab bau pada ketiak. Untuk menggunakannya, Sedulur hanya perlu mencampurkan kunyit yang sudah ditumbuk dengan 2 sendok makan jus lemon segar.

Kemudian aduk-aduk hingga jadi pasta. Nah, oleskan pasta tersebut secara merata pada area ketiak yang gelap. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

9. Jeruk nipis

pexels

Jeruk nipis dipercaya menjadi salah satu bahan yang ampuh dalam mengatasi kulit ketiak gelap. Akan tetapi, tidak semua ketiak hitam bisa diatasi atau dicerahkan dengan menggunakan jeruk nipis. Dalam kondisi medis tertentu seperti iritasi, diabetes, atau obesitas tidak dianjurkan menggunakan metode ini.

Untuk memutihkan kulit ketiak dengan jeruk nipis, Sedulur bisa mengambil satu buah jeruk nipis. Kemudian potong menjadi beberapa bagian. Peras dan oleskan airnya di bagian ketiak yang hitam. Kemudian diamkan selama 1 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Agar kulit ketiak tidak terasa kering, Sedulur bisa memberi pelembab setelah melakukan metode yang satu ini.

10. Kentang

pexels

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang mampu memberikan manfaat untuk kulit ketiak. Banyak yang percaya jika kentang ini mampu memutihkan ketiak yang gelap. Tidak hanya itu, sifat anti-inflansi yang dimiliki oleh kentang juga bisa mengurangi rasa gatal setelah bercukur.

Cara menggunakan kentang untuk memutihkan ketiak ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu memarut kentang dan memeras air yang terkandung di dalamnya. Setelah itu, oleskan air dari kentang tersebut pada area ketiak yang hitam. Bilas dengan air dingin setelah kurang lebih 10 menit.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jagung Untuk Menjaga Kesehatan & Kecantikan Tubuh

11. Tea tree oil

thebodyshop

Selanjutnya ada tree tea oil, yang sangat efektif untuk memutihkan ketiak yang hitam. Caranya, Sedulur bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan sedikit air. Lalu oleskan pada permukaan kulit ketiak yang hitam.

Namun Sedulur perlu berhati-hati ketika ingin mencoba metode yang satu ini. Pasalnya pada beberapa orang, tree tea oil justru menyebabkan iritasi dan memicu reaksi alergi seperti bengkak, kulit memerah, dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut terjadi pada Sedulur, segeralah untuk memeriksakan pada dokter agar mendapatkan penanganan yang paling tepat.

12. Minyak kelapa

pexels

Tidak hanya tree tea oil, Sedulur juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Cara menggunakan minyak yang satu ini, juga tidak kalah mudah dari minyak-minyak yang sebelumnya.

Sedulur bisa langsung mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada bagian ketiak yang hitam. Kemudian pijat secara perlahan sampai minyak menyerap ke dalam pori-pori kulit Sedulur. Jika sudah 15 menit, bilas dengan menggunakan air bersih dan juga sabun.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukan metode ini dua atau tiga kali sehari secara rutin.

BACA JUGA: Manfaat Baking Soda, Daftar Merek & Harga Terlengkap 2021

13. Lidah buaya

pexels

Tentu saja Sedulur sudah tahu jika lidah buaya ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, ternyata tanaman yang satu ini juga cukup efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit ketiak yang hitam.

Lidah buaya ini bekerja dengan menghambat pembentukan enzim yang menjadi penyebab pigmentasi kulit. Dengan begitu, maka tanaman ini bisa Sedulur manfaatkan untuk membantu mencerahkan kulit ketiak.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang mampu menenangkan kulit akibat adanya iritasi. Sedulur hanya perlu mengupas bagian kulit luar dari lidah buaya. Kemudian oleskan gel lidah buaya pada ketiak. Diamkan selama 15 menit, lalu bisa menggunakan air dingin.

14. Minyak kayu putih

sehatq

Pernahkah Sedulur mendengar jika minyak kayu putih itu bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak? Ya, memang belum ada bukti ilmiah jika minyak kayu putih mampu melakukan hal tersebut. Namun tidak ada salahnya jika Sedulur mencoba metode yang satu ini

Selain murah, cara memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih tidaklah susah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ketiak dan keringkan dengan menggunakan handuk terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan minyak kayu putih ke area kulit ketiak hitam secukupnya.

Tunggu dan biarkan selama 15 menit. Ambil handuk dengan permukaan halus, dan basahi dengan air hangat. Gosokkan handuk tersebut pada ketikan secara perlahan hingga bersih.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

15. Air mawar

pexels

Cara memutihkan ketiak yang terakhir adalah dengan menggunakan air mawar. Air mawar sendiri dipercaya bisa dimanfaatkan untuk melembabkan, menenangkan, dan juga mencerahkan kulit ketiak. Semua kandungan dalam air mawar ini sangat efektif untuk memutihkan ketiak yang hitam.

Untuk melakukan metode yang satu ini, Sedulur hanya perlu membasahi ketiak dengan air mawar secukupnya. Kemudian diamkan saja selama 5 hingga 7 menit. Jika sudah, langsung saja bilas dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

Itu dia beberapa cara memutihkan ketiak dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Namun jika Sedulur mengalami masalah seperti iritasi setelah melakukan metode-metode di atas, sebaiknya langsung hentikan. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai masalah yang Sedulur hadapi. Walaupun bahan-bahan yang digunakan adalah bahan alami, namun tidak semuanya baik dan cocok untuk semua jenis kulit ketiak.

Agar lebih aman terpercaya, sebaiknya Sedulur membeli produk perawatan diri melalui Superstyle dari Aplikasi Super. Di sini Sedulur bisa mendapatkan beragam produk perawatan diri termasuk untuk merawat ketiak yang menghitam. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga dan rasakan beragam manfaatnya!