Simak daftar manfaat lidah buaya di bawah ini untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh Sedulur secara alami!

Kita mungkin hanya mengenal manfaat lidah buaya untuk rambut, untuk menjawab setiap pertanyaan apa manfaat lidah buaya. Namun, lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami tubuh, bukan hanya untuk permasalahan rambut saja.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa khasiat dari lidah buaya yang bisa kita gunakan demi kebaikan kesehatan tubuh kita. Mulai untuk permasalah kesehatan kulit tubuh, hingga permasalah kesehatan untuk tubuh lainnya. Tanpa harus berlama-lama, mari saja langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 12 Manfaat Yakult Untuk Jaga Kesehatan Keluarga, Wajib Tahu!

-->

Daftar Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menghilangkan Jerawat

1. Menghilangkan Jerawat
alodokter.com

Khasiat pertama yaitu manfaat lidah buaya untuk wajah, dengan mampu secara efektif menghilangkan jerawat. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara rutin di waktu pagi dan sore akan dapat berfungsi untuk mengurangi jerawat dan menghilangkannya secara efektif. Bahkan, penggunaan secara rutin bisa menghilangkan jerawat sebanyak 35%.

Jerawat pada wajah dapat menghilang dengan gel lidah buaya didapatkan dari kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lainnya. Senyawa tersebut dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat timbul, dan hal tersebut bisa bahkan menghilangkan jerawat.

2. Mengatasi Kulit Kering

2. Mengatasi Kulit Kering
halodoc.com

Mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembab. Bagi Sedulur yang sering terkena paparan sinar matahari, bisa menggunakan lidah buaya secara rutin, agar kulit tetap lembab dan terhidrasi.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
k24klik.com

Manfaat lidah buaya untuk luka adalah daftar khasiat lidah buaya selanjutnya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2). Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep yang biasa diresepkan untuk luka bakar ringan.

4. Meredakan Gatal dan Ruam Pada Mulut

4. Meredakan Gatal dan Ruam Pada Mulut
detik.com

Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dapat menyebabkan rasa gatal di kulit dan mulut. Hal ini tentu dapat mengganggu makan, minum, dan kenyamanan secara umum.

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Khasiat yang sama juga bisa didapatkan jika gel lidah buaya dioleskan sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

5. Lidah Buaya untuk Pria

5. Lidah Buaya untuk Pria
kompas.com

Terdapat juga manfaat lidah buaya untuk pria, secara umum lidah buaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit alat vital Sedulur. Cara penggunaannya tentu saja mengolah lidah buaya dengan dijadikan sebagai gel. Karena dengan menjadikan lidah buaya sebagai gel, penggunaan lidah buaya untuk kesehatan alat vital pria bisa dilakukan dengan maksimal. Penggunaan secara rutin juga dapat memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6. Melancarkan Buang Air Besar

6. Melancarkan Buang Air Besar
suara.com

Manfaat lidah buaya yang terakhir ini sudah lama diketahui banyak orang. Lateks pada gel lidah buaya diketahui dapat menjadi obat pencahar. Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati karena juga bisa menyebabkan efek samping berupa diare. Sistem pencernaan sangat berperan penting dalam distribusi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

7. Menurunkan Kadar Gula Darah
kompas.com

Lidah buaya sangat berpotensi menjadi obat diabetes karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2. Kadar gula darah yang tinggi sangat dapat membahayakan untuk diri para penderita diabetes, lidah buaya bisa sangat efektif untuk hal ini.

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan. Hal ini tentu saja sangat dihindari, bukannya mendapatkan kesehatan malah memberikan kondisi yang semakin parah.

8. Memutihkan Wajah

8. Memutihkan Wajah
kompas.com

Manfaat lidah buaya selanjutnya dapat digunakan untuk memutihkan wajah. Kandungan aloesin yang terdapat pada lidah buaya dapat mencegah wajah memudar dan menjadi gelap. Lidah buaya juga bisa secara efektif untuk mencerahkan wajah. Langkah yang bisa Sedulur lakukan agar dapat memutihkan wajah yaitu meratakan cairan lidah buaya ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas wajah menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.

9. Mencegah Penuaan Dini

9. Mencegah Penuaan Dini
idntimes.com

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal tersebut didapatkan dari kandungan beta karoten, vitamin C dan E yang baik untuk mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit kencang dan tetap terhidrasi merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan nutrisi dan pelembab alami yang ada di dalam lidah buaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, menguatkan kulit dan mencegahnya dari bertambahnya kerutan. Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

10. Menjadi Handsanitizer

10. Menjadi Handsanitizer
liputan6.com

Lidah buaya bisa dijadikan sebagai handsanitizer. Handsanitizer saat ini sangat bermanfaat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Manfaat lidah buaya sebagai handsanitizer didapatkan dari kandungan lidah buaya itu sendiri.

Bahan yang dibutuhkan membuat hansanitizer dari lidah buaya adalah 3/4 cangkir isopropil atau alkohol gosok (99 persen), 1/4 cangkir gel lidah buaya (untuk membantu kulit tetap lembut dan juga halus) dan 10 tetes minyak esensial (seperti minyak lavender, atau jus lemon).

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama yang harus Sedulur lakukan dalam cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya adalah mencampurkan isopropil alkohol, gel lidah buaya, dan minyak esensial ke dalam mangkuk atau wadah bersih dan steril. Lalu aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.

Masukkan bahan yang telah diaduk ke dalam botol plastik yang bersih dan steril, dan beri label pembersih tangan atau nama apapun yang Sedulur inginkan. Cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya pun telah selesai dilakukan dan siap digunakan. Menyimak cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya, tidak sulit untuk dibuat, jika Sedulur telah memiliki bahan yang dibutuhkan.

11. Mencegah Rambut Rontok

11. Mencegah Rambut Rontok
alodokter.com

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah untuk mencegah rambut rontok. Lidah buaya adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan dasar perawatan rambut. Lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan membuat rambut menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sehingga masalah rambut rontok dapat teratasi dengan cepat. Kamu bisa mengaplikasikan lendir lidah buaya pada rambut setelah keramas.

12. Mengatasi Permasalahan Rambut

12. Mengatasi Permasalahan Rambut
halodoc.com

Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami untuk mengatasi segala permasalahan rambut, mulai dari rambut bercabang, rambut kering, hingga ketombe pun bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya secara rutin. Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya cukup mudah, Sedulur hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya dan mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan sebentar lalu bilas.

Lidah buaya secara efektif dapat mengatasi segala permasalahan rambut, termasuk ketombe. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan sejumlah vitamin yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Agar bisa mendapatkan manfaat lidah buaya secara optimal, Sedulur diharapkan menggunakannya secara rutin dan teratur.

Semoga daftar manfaat lidah buaya yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait manfaat bahan alami untuk kesehatan tubuh. Sedulur juga bisa disiplin menjaga asupan makanan dan juga berolahraga secara rutin agar bisa mendapatkan kesehatan yang baik.

Sedulur juga bisa mendapatkan lidah buaya, obat-obatan atau alat kecantikan lainnya untuk mendukung aktivitas Sedulur dengan membeli di Aplikasi Super. Klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sedulur.