Apakah di rumah kamu punya banyak barang bekas yang tidak terpakai? Seperti botol-botol plastik yang kondisinya masih bagus, lebih baik jangan kamu buang dulu. Sebab, bisa kamu manfaatkan menjadi barang kerajinan menarik, contohnya adalah tempat pensil. Ada beberapa cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang mudah dan bisa kamu praktikan sendiri di rumah.

Untuk membuatnya pun kamu tidak membutuhkan alat-alat yang ribet. Kamu cukup menyediakan botol-botol plastik bekas, lem, gunting, dan beberapa peralatan lain. Cara membuat tempat pensil dari barang bekas yang mudah ini juga bisa kamu coba dengan botol plastik minuman bersoda. Kamu pun bisa mengolahnya menjadi tempat pensil atau barang berguna lainnya.

Itulah kenapa daripada menumpuk di rumah dan tidak terpakai, kamu bisa memanfaatkan botol-botol plastik itu menjadi barang kerajinan yang sederhana. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan dari botol bekas beserta gambarnya yang bisa kamu coba. Di sini ada beberapa pilihan kerajinan yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

BACA JUGA: 25 Kerajinan dari Kardus Bekas yang Murah & Mudah Dibuat

1. Tempat pensil dari botol bekas dan kertas origami

Youtube channel Thahira Salsabila Fitri

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas dan kertas origami sebenarnya sangat mudah. Kamu pun bisa berkreasi sendiri sesuai dengan kreativitasmu. Namun daripada kamu bingung, berikut ini contoh sederhananya yang bisa menjadi referensi.

Alat dan bahan:

  • Botol plastik bekas (bisa botol air minum)
  • Kertas origami (warna sesuai selera)
  • Gunting
  • Pensil
  • Lem kertas

Langkah membuat:

  1. Potong bagian tengah botol plastik menjadi dua bagian. Pastikan potongannya rapi dan tidak miring.
  2. Jika bekas potongan ada yang tidak rata, kamu bisa rapikan dengan gunting. Bagian botol yang dipakai adalah bagian bawahnya. Bagian tutup bisa kamu sisihkan dulu.
  3. Lalu permukaan botol plastik bisa kamu beri lem setiap sisinya. Lalu tempelkan kertas origaminya melingkar (kertasnya lebih panjang dari botol). Pastikan semua kertas tertempel rata dan tidak ada lipatan atau gelembung.
  4. Kemudian setelah kertas tertempel melingkar, bagian ujung sisa kertasnya bisa kamu lipat ke arah dalam botol sampai rapi.
  5. Sebenarnya tempat pensil dari botol plastik ini sudah selesai. Tapi kamu bisa mempercantik tampilannya dengan menambah tempelan kertas origami yang sudah kamu bentuk.
  6. Kamu bisa membuat polanya dengan pensil di kertasnya, lalu dipotong sesuai pola dan ditempel di botol plastik.

BACA JUGA: 16 Kerajinan Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

2. Tempat pensil dari botol bekas dan sedotan

Youtube channel RDBL Mr.X

Berikutnya adalah cara membuat tempat pensil dari botol bekas dan sedotan. Untuk membuat tempat pensil ini juga cukup mudah dan simpel. Kamu pun bisa berkreasi sesuai dengan kreativitasmu. Penasaran bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Alat dan bahan:

  • Botol plastik bekas minuman (sebaiknya gunakan botol yang permukaannya rata)
  • Sedotan (warna bisa kamu sesuaikan dengan selera)
  • Gunting
  • Lem untuk plastik atau lem tembak
  • Pita (warna bisa kamu sesuaikan)

Langkah membuat:

  1. Bersihkan dulu botol plastik yang akan kamu gunakan.
  2. Kemudian potong tengahnya. Untuk ukuran tingginya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Yang digunakan adalah bagian bawah botol.
  3. Setelah terpotong, siapkan sedotannya. Kemudian bagian permukaan botol, atas dan bawah kamu beri lem. Lalu mulai tempelkan sedotannya di semua permukaan botol.
  4. Kalau semua sedotan sudah tertempel, potong sisa sedotan biar sama tinggi dengan botol. Kamu bisa merapikannya biar tampak cantik.
  5. Selanjutnya pitanya bisa kamu tempelkan bagian atas dan bawah botol secara melingkar. Selesai.

BACA JUGA: Getah Nyatu, Kerajinan khas Suku Dayak yang Nyaris Punah

3. Tempat pensil dari botol bekas dan ritsleting

wowkeren.com

Kamu juga bisa membuat tempat pensil dengan botol bekas dan ritsleting. Caranya pun juga mudah dan kamu tidak memerlukan banyak bahan. Daripada penasaran, berikut ini cara membuat tempat pensil dengan botol bekas dan ritsleting.

Alat dan bahan:

  • 2 buah botol plastik yang sama persis
  • 1 buah resleting, pilih yang bergigi besar dan seukuran diameter botol
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara membuat:

  1. Cuci dulu botol yang kamu pakai sampai bersih. Kemudian keringkan sampai benar-benar kering biar lem bisa menempel.
  2. Lalu gunting botol plastiknya. Untuk ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Namun baiknya bagian bawahnya lebih tinggi dari bagian atasnya.
  3. Selanjutnya ukur ritsleting sesuai dengan panjang leher botol. Kalau terlalu panjang, kamu bisa potong. Tapi jangan bagian kuncian resleting ya yang kamu potong, melainkan sisi satunya.
  4. Lalu rekatkan ritsleting di bagian dalam botol dengan lem tembak. Selanjutnya rekatnya sisi ritsleting satunya untuk tutupnya.
  5. Jika sudah terpasang, tempat pensil dengan botol pun siap digunakan.

BACA JUGA: 16 Kerajinan dari Tempurung Kelapa yang Kreatif Mudah Dibuat

4. Manfaat tempat pensil dari botol bekas

grid.id

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika membuat tempat pensil menggunakan botol bekas. Selain tentunya kamu bisa menyimpan pensil-pensilmu biar rapi, tapi ada juga manfaat lain yang bisa kamu peroleh. Berikut di antaranya:

  • Mengurangi limbah botol plastik.
  • Memanfaatkan daur ulang sampah plastik.
  • Mengurangi pencemaran lingkungan.
  • Hemat biaya karena kamu tak perlu beli tempat pensil.
  • Kamu bisa berkreasi sesuai dengan kreativitasmu.
  • Jika hasil tempat pensilmu bagus dan berkualitas, tentu bisa memiliki nilai jual.

Itulah tadi beberapa cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang bisa kamu coba. Tentunya masih banyak lagi berbagai kreasi tempat pensil dengan botol plastik. Jadi Sedulur bisa membuatnya sesuai dengan kreativitasmu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.