Ide kerajinan flanel

Waktu luang bisa diisi dengan berbagai kegiatan seru, salah satunya adalah membuat kerajinan kain flanel. Mulai dari dompet, bros, boneka, sampai sepatu bayi bisa dibuat pakai bahan tekstil yang satu ini. 

Selain itu, bahannya pun mudah ditemukan dan memiliki banyak warna sehingga tidak monoton ketika dikreasikan. Tak heran jika pembuatan prakarya ini banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan, beberapa sekolah menjadikan kerajinan flanel sebagai salah satu topik pembelajaran lho.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan kain flanel yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Penasaran seperti apa? Langsung simak yuk! 

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

-->

1. Bantal leher

kerajinan kain flanel
Phinemo

Rekomendasi kerajinan kain flanel yang pertama adalah bantal leher yang nyaman untuk dipakai ketika berpergian. Selain bisa dibeli, ternyata bantal juga bisa dibuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buat pola pada kertas putih menggunakan spidol. Jika tidak yakin dengan gambaran sendiri, Sedulur juga bisa memilih dan mengunduhnya dari internet.
  • Kemudian, potong bahan utamanya dengan menggunakan gunting. Potong dengan rapi dan sesuai agar hasil akhirnya memuaskan. Sisakan juga bagian yang akan dijahit.
  • Setelah itu, jahit bagian sisi dan sisakan bagian yang ingin dibuka yang nantinya akan dibuat untuk memasukkan dakron.
  • Berikutnya, isi dakron melalui bagian yang terbuka sampai bantalnya mengembang dan padat merata.
  • Setelah sudah dimasukkan, tutup bagian yang masih terbuka dengan cara menjahitnya dengan rapi.
  • Selesai, bantal leher buatan sendiri sudah jadi. Sedulur bisa menambahkan beberapa hiasan atau menuliskan inisial nama agar bantal leher menjadi lebih menarik dan unik.

2. Ikat rambut

kerajinan kain flanel
Teman Kreasi

Bagi wanita yang memiliki rambut panjang, ikat rambut merupakan suatu hal yang wajib dibawa. Selain bisa dibeli, ikat rambut juga bisa dibuat sendiri dengan menggunakan kain flanel. Rambut Sedulur akan menjadi semakin cantik apabila dihias dengan kerajinan yang satu ini. Berikut adalah cara membuatnya yang mudah dilakukan.

  • Langkah pertama, buat pola hiasan sesuai keinginan dengan menggunakan spidol pada kertas. Contoh yang bisa ditiru adalah pola pita dan bunga.
  • Kemudian, potong kain flanel sesuai dengan pola menggunakan gunting. Gunting dan potong bahan utamanya serapi mungkin dengan menyisakan bagian yang nantinya akan dijahit.
  • Setelah digunting dengan rapi, rekatkan bagian hiasan bahan sampai menjadi bentuk yang sesuai dengan keinginan menggunakan lem.
  • Selanjutnya, jahit hiasan ke karet rambut yang sudah disiapkan.
  • Terakhir, tempelkan boneka sebagai hiasan, namun ini adalah opsional. Agar lebih menarik, Sedulur juga bisa menempelkan hiasan lainnya atau renda pada ikat rambut.

3. Tas unik

kerajinan kain flanel
Indobag

Salah satu kegunaan kain flanel adalah sebagai bahan dasar kerajinan tangan, seperti tas unik. Gayamu akan semakin keren dan unik dengan style yang satu ini. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya menyiapkan beberapa bahan yang mudah didapatkan saja seperti benang, gunting, dan kain flanel. 

Pertama-tama, siapkan beberapa kain yang telah digambar polanya. Selanjutnya, jahit keduanya dengan menggunakan mesin jahit. Apabila tidak punya, Sedulur juga bisa menjahitnya sendiri dengan cara manual. Setelah semuanya terjahit, selanjutnya adalah membuat gantungannya dan memberinya hiasan sesuai dengan selera.

Selain bisa digunakan sendiri, tas unik ini juga bisa digunakan sebagai salah satu produk yang bisa dipasarkan. Mungkin terdengar sederhana dan tidak penting, namun jika Sedulur bisa mengemasnya dengan kreatifitas yang tinggi, malah bisa menambah tebal kantong. 

BACA JUGA: Kain Bahan Rayon, Kenali Karakteristik Jenis & Cara Merawatnya

4. Hiasan bantal kursi

kerajinan kain flanel
Pinterest

Hiasan bantal kursi adalah salah satu kerajinan dari kain perca yang populer pada kalangan masyarakat luas. Akan tetapi, hiasan bantal kursi juga bisa dibuat dengan bahan lainnya, yaitu kain flanel. Caranya adalah dengan menggunting kain mengikuti pola seperti daun, buah, atau pola lainnya sesuai dengan selera.

Kemudian, tempelkan setiap polanya sampai membentuk pola yang diinginkan. Kemudian, jahit setiap polanya secara berurutan. Setelah itu, barulah kainnya dijahit diatas pola yang sudah jadi. Supaya lebih rapi dan kuat, sebaiknya seluruh proses menjahitnya menggunakan mesin jahit.

5. Dompet

kerajinan kain flanel
Teman Kreasi

Dompet merupakan salah satu kerajinan kain flanel mudah yang bisa dibuat sendiri. Caranya adalah dengan memotong selembar kain yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai keinginan. Kemudian, lipat kainnya menjadi dua dengan bagian di arah luar dan dalam. Lalu, jahit ketiga sisinya lalu pasang risleting pada salah satu sisi yang lain.

Jika sudah dijahit, balikkan dompet supaya terlihat bentuknya. Kemudian, hias salah satu atau kedua sisinya dengan bentuk-bentuk sesuai selera, seperti bunga atau daun. Untuk menempelkan hiasan, bisa dengan cara dilem atau dijahit. Apabila Sedulur tidak memiliki risleting, maka bisa diubah dengan menggunakan kancing.

6. Boneka lucu

kerajinan kain flanel
Liputan 6

Mungkin banyak orang yang tertarik dengan kerajinan kain perca tanpa mesin jahit. Namun, ada opsi lain yang tak kalah menarik dari perca, yaitu flanel. Salah satu contoh hasil prakaryanya adalah boneka yang lucu. Boneka ini cocok untuk dijadikan kado bagi teman atau saudara yang sedang berulang tahun. 

Sedulur bisa membentuk boneka sesuai dengan keinginan dan bebas berkreasi. Karena, ada banyak sekali model yang bisa dibuat dari prakarya yang satu ini. Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan terbilang cukup mudah untuk ditemukan. Siapkan kain flanel, benang, dan jarum. 

Kemudian, langkah pertamanya adalah membuat pola dan tema boneka yang akan dibuat. Berikutnya, Sedulur hanya tinggal menggunting pola yang telah dibuat tadi dan diisi dengan dakron. Terakhir, jahit kembali kain yang masih terbuka, lalu tempelkan beberapa hiasan yang menarik untuk boneka yang ingin dibuat.

BACA JUGA: Bahan Moscrepe: Ini Kelebihan Kekurangan & Cara Merawatnya

7. Bros bunga

kerajinan kain flanel
Teman Kreasi

Bros bunga pada dasarnya memiliki beragam bentuk yang unik dan menarik. Salah satu bentuk dari bros yang paling mudah dibuat adalah bentuk bunga. Pembuatannya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan kain flanel dan gunting serta lem saja. 

Caranya adalah dengan memotong kain flanel berbentuk kelopak, lalu mengeratkan dengan menggunakan lem plastik. Apabila ingin rebih rekat, bisa juga dengan cara dijahit. Bros bunga yang cantik pun sudah siap untuk dipakai.

8. Sampul buku

kerajinan kain flanel
Ada Hobi

Jika hobi yang dimiliki Sedulur adalah membaca buku, maka Sedulur bisa mencoba kerajinan kain flanel yang satu ini. Sampul buku sederhana merupakan sesuatu yang unuk dan masih jarang dimiliki oleh banyak orang. Dengan sampul buku yang unik, tentu saja Sedulur akan lebih bersemangat lagi dalam membaca dan merawat buku tersebut.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah, yaitu dengan menyampulkan dulu kain pada sampul buku. Ini berguna unntuk mengukur ukuran buku sehingga bisa pas dengan bentuk yang akan dibuat. Kemudian, tambahkan beberapa ornamen diatas bahan utamanya seperti gambar yang disukai atau tulisan dari judul buku terkait. Buku harian atau buku catatan akan menjadi terlihat cantik apabila dilapisi dengan sampul buatan sendiri.

9. Pembatas buku

Shopee

Selain diberi sampul, buku juga harus diberi pembatas yang berguna untuk menandai halaman yang belum selesai dibaca. Nantinya, Sedulur akan ingat halaman mana yang belum selesai dibaca sebelum melanjutkannya lagi tanpa perlu menekuknya. 

Jika ditekuk, maka halaman dalam sebuah buku akan rusak karena terdapat bekas lipatan. Itu semua akan menjadi terlihat jelek dan mengganggu pandangan. Agar meminimalisir hal itu, maka buku harus dirawat dengan baik. Salah satunya adalah berkreasi membuat pembatas buku sebagai kerajinan dari kain flanel. 

Agar menjadi unik dan tidak membosankan, buat pembatas buku sesuai dengan keinginan Sedulur. Bahan yang digunakan tentu saja kain flanel yang lebih dari satu warna, kemudian benang, jarum jahut, gunting, dan lem. 

Untuk membuatnya, caranya adalah membuat pola sesuai keinginan. Kemudian, potong pola yang sudah digambar dengan menggunakan gunting. Terakhir, Sedulur bisa menambahkan berbagai macam hiasan yang lucu seperti buah-buahan, hewan, tumbuhan, atau bulan dan bintang. Pembatas buku yang unik pun sudah jadi.

BACA JUGA: Bisnis Kaos Polos, Solusi Usaha Hasilkan Puluhan Juta

10. Boneka jari

Wahyuti Journal

Meskipun harga kain flanel tergolong murah, namun Sedulur bisa mengkreasikannya dengan berbagai bentuk seperti boneka jari. Untuk karakternya sendiri, Sedulur bisa membuatnya sesuai dengan keinginan dan sesuai apa yang akan diceritakan nantinya. Misalnya adalah buaya dan kancil. Boneka tangan ini bisa dibuat dengan lucu dan menggemaskan. Selain itu, teman-teman atau saudara di sekeliling Sedulur akan menjadi terhibur.

11. Hiasan toples

Catatan Kurnia Triyuli

Jika Sedulur sudah bosan dengan bentuk toples yang terkesan monoton, salah satu opsinya adalah dengan menghias toples menggunakan kerajinan kain flanel. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membuat bentuk yang diinginkan dari bahan utamanya, lalu tempelkan pada toples kesayangan Sedulur. Adapun beberapa bentuk yang direkomendasikan adalah boneka, hewan, bunga, dan yang lainnya. Maka, jadilah sebuah toples berwajah baru yang menarik dan unik.

12. Pigura

Pinterest

Contoh kain flanel yang kerajinannya mudah dibuat adalah pigura. Seringkali, kiya melihat berbagai bingkai foto yang dijual pada toko bahan plastik, melamin, dan sebagainya. Pastinya, bentuk dan model yang ditawarkan itu-itu saja dan membosankan. Untuk mengakalinya, buat sendiri pigura dengan menggunakan kain flanel.

Dengan menggunakan bingkai foto yang unik ini, memasang foto Sedulur dan keluarga akan memberikan sebuah memori tersendiri. Pertama, siapkan kertas kartun dan potong sesuai dengan ukutan pigura yang diinginkan. 

Kemudian, buat pola pada bagian tengahnya dan kosongkan agar foto bisa diletakkan. Kreasikan pigura buatan Sedulur dengan memberikan berbagai macam ornamen dengan warna yang berbeda.

Sedulur juga bisa menambahkan berbagai gambar lain seperti binatang, bunga, buah, bintang, bulan, dan pola yang lainnya. Bingkai foto akan menjadi terlihat lebih unik jika menggunakan hiasan warna yang cerah.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Terbukti Ampuh

13. Kotak tisu

Teman Kreasi

Apabila Sedulur memiliki tempat tissue di rumah namun memiliki bentuk yang membosankan dan itu-itu saja, maka salah satu inspirasi yang bisa dicoba adalah membuat tempat tissue dari kerajinan kain flanel. Kotak tissue akan menjadi terlihat lebih menawan, unik, dan menarik. Apalagi, jika diletakkan di meja makan atau ruang tamu. Pastinya, keindahan akan menjadi semakin bertambah di ruangan tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk membuatnya? Langkah pertama, siapkan kertas karton dan bentuklah pola yang sesuai dengan ukuran tissue yang ingin ditaruh. Apabila Sedulur tidak ingin repot, maka bisa memanfaatkan kotak yang lama. Pastikan kotak tissue lama tersebut memiliki bentuk yang sudah tidak karuan atau sudah tidak layak. Kemudian, tutup kotak menggunakan bahan utamanya. Kemudian, hias kotak dengan berbagai hiasan yang sesuai dengan selera.

Kegiatan membuat kotak tissue ini sangat populer dan digemari berbagai kalangan, terutama kaum ibu-ibu. Gunanya adalah untuk menambah keindahan di rumah. Bahkan, ada pula yang sengaja membuatnya dalam jumlah yang tidak sedikit dan dijual ke kerabat terdekat. Ada pula yang memasarkan produk ini dengan bantuan media online seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.

14. Tempat pensil

Liputan6

Tempat pensil dari kain flanel merupakan salah satu ide kreasi yang bisa dicoba. Tempat pensil ini cukup mudah dibuat dan memiliki bentuk yang sangat menarik. Selain itu, tempat pensil ini juga memiliki kegunaan yang cukup banyak. 

Bahan yang diperlukan pun cukup mudah untuk dicari, yaitu gunting, jarum, dan benang saja. Cara membuatnya adalah membuat desain yang diinginkan terlebih dahulu dari warna dan hiasan. Kemudian, potong sesuai ukuran pola desain Sedulur. Selanjutnya, Sedulur bisa menjahit bagian bawah dan sampingnya dengan menggunakan benang dan jarum.

Jangan lupa untuk memilih benang yang sesuai dengan warna kain supaya tambah keren, ya. Pasang resleting pada bagian atasnya supaya memudahkan untuk ditutup dan dibuka. Langkah terakhir, berikan beberapa hiasan seperti bentuk bunga atau daun pada tengah tempat pensil. Jadilah sebuah tempat pensil yang mudah pembuatannya.

15. Tempat kacamata

Blog Elevenia

Kain flanel merupakan bahan alam atau buatan yang memiliki berbagai macam bentuk yang bisa dijadikan kerajinan. Salah satunya adalah tempat kacamata yang berguna bagi pria maupun wanita yang memiliki kacamata. Sehingga, mereka tidak akan bingung untuk menyimpan kacamata ketika sedang berpergian.

Cara untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit, cukup dengan menyiapkan berbagai bahan seperti lem, jarum jahit, pensil, dan benang. Pertama, buat pola yang memiliki ukuran sama dengan tempat kacamata yang dimiliki. Kemudian, potong sesuai ukuran pola dan jahit menggunakan benang.

BACA JUGA: 16 Kerajinan dari Tempurung Kelapa yang Kreatif Mudah Dibuat

16. Buket bunga

Pinterest

Kreasi terakhir dari kerajinan kain flanel adalah buket bunga. Kreasi yang satu ini tentunya cocok untuk dipraktekkan dan bisa menjadi sebuah kado yang menarik untuk rekan atau sahabat yang wisuda atau sidang. Untuk membuatnya, Sedulur cukup membuat potongan kelopak bunga dan disatukan menggunakan lem bakar. Mudah dan menarik, kan?

Kerajinan kain flanel banyak diminati oleh masyarakat luas karena harganya terjangkau dan mudah untuk dibentuk. Tak hanya bisa digunakan sendiri, Sedulur juga bisa membuat prakarya ini untuk dijadikan ide bisnis. Ada banyak inovasi menarik yang bisa Sedulur contoh seperti diatas ini. Selamat mencoba, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.