Bungalow

Staycation kini menjadi kegiatan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kegiatan ini adalah liburan yang dilakukan dengan menginap di tempat-tempat bagus seperti hotel, villa, dan semacamnya. Staycation menjadi semakin populer ketika masa pandemi datang. Sebab berlibur di tempat umum seperti pantai atau taman bermain tidak disarankan karena adanya himbauan untuk menjaga jarak agar bisa menekan penularan virus Covid-19. Itulah mengapa staycation menjadi banyak diminati karena Sedulur bisa tetap menikmati liburan namun dengan cara yang private di hotel. Namun, selain hotel, ternyata ada jenis penginapan lain yang bisa jadi pilihan Sedulur yang berencana staycation. Tempat tersebut bernama bungalow.

Jika Sedulur belum terlalu familiar dengan bungalow, maka dalam artikel kali ini Aplikasi Super akan membahas lengkap tentang bungalow yang bisa menjadi pilihan Sedulur untuk menjadi tempat menginap saat berlibur.

BACA JUGA: Apa Itu Staycation? Trend Liburan yang Populer Masa Kini

Pengertian Bungalow

Bungalow
Kenhhomestay

Dilansir dari Pinhome, bungalow adalah sebuah rumah atau pondok yang biasanya berupa satu lantai dengan ciri arsitektur tradisional, atap rendah, dan beranda atau teras yang  luas. Selain itu, bungalow atau juga dikenal dengan nama bungalo memiliki ciri khas atapnya terbuat dari jerami. Itulah mengapa bungalo seringkali identik dengan wisata alam.

-->

Sementara itu, kata bungalow berasal dari bahasa Hindi yakni Bangla. Kata ini memiliki arti sebuah rumah bergaya Benggala Barat, India, yang biasanya hanya terdiri dari satu lantai. Istilah ini kemudian masuk dalam kosa kata bahasa Inggris sejak tahun 1676 atau pada saat era pemerintahan Inggris di India.

Dikutip dari Rumah.com, bungalo juga sempat marak dibangun di Inggris. Namun pada saat itu bangunan rumah itu masih sering mendapatkan cemooh karena terkesan dibangun asal-asalan. Baru pada tahun 1920-an, desain rumah bungalo populer untuk perumahan kota-kota Amerika atau yang disebut bungalow housing.

Bungalo dianggap cocok untuk hunian pada orang tua atau lansia. Hal ini karena bentuk bangunan yang sederhana dan hanya satu lantai, sehingga memudahkan kegiatan para orang tua atau lansia di rumah.

Setelah mengetahui pengertiannya, tentu Sedulur penasaran dengan bungalow pronunciation. Kata ini dibaca dengan cara buhng·guh·low.

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Puncak Bogor Paling Kekinian Terbaik dan Terbaru!

Ciri-ciri Bungalow

Bungalow
Wikipedia

Setelah mengetahui pengertiannya, kini akan dibahas ciri-ciri bungalow yang harus Sedulur tahu. Ciri-ciri menjadi pembeda antara bungalo dan bangunan lainnya. Yuk simak ciri-cirinya di penjelasan berikut ini:

  • Bangunan terkesan sederhana, namun ada unsur seni dalam bangunannya sehingga terlihat estetik
  • Bungalo biasa digunakan sebagai tempat berlibur atau istirahat sementara, sehingga lokasinya biasanya berada jauh dari hiruk pikuk kota. Antara lain daerah pegunungan atau pantai
  • Dipastikan bangunan bungalo tidak memanjang ke atas, melainkan hanya terdiri dari satu lantai
  • Biasanya memiliki bentuk jendela yang menggantung

Dilihat dari ciri-ciri tersebut, bungalo memiliki sejumlah kelebihan. Sehingga bisa menjadi pertimbangan Sedulur ketika akan memilih bungalow sebagai tempat menginap saat berlibur. Kelebihan tersebut antara lain:

Sirkulasi udara yang lancar

Konsep terbuka bungalo membuatnya memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sehingga Sedulur bisa lebih maksimal dalam mendapatkan udara segar selama menginap. Apalagi biasanya bungalo memang berada di kawasan yang masih asri dan jauh dari polusi perkotaan.

Privasi

Salah satu keunggulan bungalo yang jarang dimiliki tempat menginap lain seperti hotel adalah adanya privasi. Saat menginap di bangunan ini, Sedulur hanya akan tinggal bersama keluarga atau pasangan di satu rumah yang privat. Sementara jarak antara satu bungalo dengan bungalo yang lain biasanya berjauhan. Sehingga dijamin Sedulur akan mendapatkan privasi yang aman saat menginap di sini.

Mobilitas mudah

Bungalow adalah bangunan satu lantai yang tak banyak ornamen di dalamnya. Selain itu, di dalam bangunan ini tidak ada tangga, sehingga sangat memudahkan orang yang berumur atau lansia untuk berkegiatan di dalamnya.

BACA JUGA: Keindahan Lembah Indah Malang – Tiket Masuk & Aktivitasnya

Perbedaan Bungalow, Resort, dan Villa

Bungalow
iDesignArch

Sedulur mungkin masih bingung dengan perbedaan antara bungalo, resort, dan villa. Mengingat ketiganya adalah tempat menginap yang menjadi sasaran saat staycation. Agar tak salah memilih akomodasi, yuk cari tahu perbedaan ketiganya:

Kegunaan

Bungalow: Bangunan terkesan sederhana dan ada unsur tradisional. Murni hanya digunakan sebagai tempat tinggal sembari menikmati alam sekitarnya

Villa: Sebuah bangunan mewah, yang terdiri dari banyak kamar. Serta berbagai fasilitas mewah seperti dapur futuristik, kolam renang, dan sebagai macamnya

Resort: Perpaduan antara hotel dan villa. Di dalamnya juga sudah tersedia berbagai fasilitas lengkap untuk kuliner dan rekreasi. Sehingga terkadang Sedulur tak perlu keluar resort untuk melakukan kegiatan berlibur.

BACA JUGA: 15 Hotel Terbaik di Makassar dan Promonya

Kepemilikan tanah

Bungalow: Biasanya dibangun di atas tanah pribadi. Sehingga pemilik harus bertanggung jawab secara pribadi dan mandiri untuk perawatannya

Villa: Dibangun di petak yang telah ditentukan sebelumnya

Resort: Sebuah properti komersial mandiri. Biasanya dimiliki oleh grup perusahaan yang bergerak di bidang properti atau hotel

Berbagai inspirasi bungalow

Bungalow tropis

Wallpaper flare

Tema ini banyak digunakan untuk membangun bungalow Bali. Hal ini karena Pulau Dewata memang terkenal dengan wisata alamnya, baik pegunungan maupun daerah pantai. Bungalo tropis yang dibangun di kawasan seperti di Bali, biasanya memiliki konsep terbuka. Caranya dengan membuat banyak ventilasi dan jendela yang besar, agar sirkulasi udara lancar dan tetap segar. Tak hanya itu, komponen utama yang digunakan untuk bangunan adalah kayu.

Tak hanya disewakan, di Bali biasanya juga tersedia bungalow for sale. Tertarik membeli?

BACA JUGA: 15 Gedung Tertinggi di Dunia, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bungalow tradisional

bungalow
Pinterest

Bungalow Jogja biasanya banyak mengusung tema tradisional. Hal ini sejalan dengan kota Yogyakarta yang sampai saat ini masih mengusung budaya tradisional. Bungalo tema ini biasanya hampir sama dengan yang bertema tropis, yakni kebanyakan menggunakan kayu sebagai material utamanya.

Namun meski sama, pemandangan yang terlihat dari bungalo tradisional tak selalu jajaran pegunungan atau deru ombak di pantai. Melainkan bisa saja nuansa pedesaan yang kental. Sedulur bisa mengisi kegiatan dengan memasak barbeque bersama di halamannya yang luas.

Bungalow minimalis

Trendir

Sedulur mungkin bisa menemukan tema ini di bungalow Bandung. Sebab bungalo tema ini biasanya lokasinya masih di perkotaan, namun tetap memilih lokasi yang terlalu ramai dan padat. Walaupun bangunannya hampir mirip villa, namun ciri khas satu lantai tetap dipertahankan. Selain itu, tetap banyak ruang terbuka yang membuat sirkulasi udara lancar. Dari segi bangunan, biasanya menggunakan dinding plester yang bisa dilapisi warna-warna cerah seperti putih atau krem.

BACA JUGA: Mengenal Rumah Adat Lampung: Sejarah, Jenis & Keunikannya

Bungalow eksotis

Peakpx

Pernah melihat bangunan-bangunan di tengah pantai seperti di Pulau Maldives? Itulah yang dinamakan bungalow eksotis. Dibangun di kawasan wisata khusus yang memang menjual keindahan alamnya, biasanya di pulau terpencil yang indah seperti Maldives atau New Caledonia.

Dari penjelasan di atas, kini Sedulur tertarik mencari bungalow for rent? Dalam memilih sewa bungalo, Sedulur bisa tanyakan fasilitas apa yang akan didapatkan. Namun, jangan samakan dengan fasilitas yang didapatkan saat menginap di hotel. Tapi tentu pengalaman menginap di bungalow tak kalah menyenangkan lho!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.