lembah indah malang

Sedang merencanakan liburan akhir tahun? Mendatangi tempat wisata yang asri dan memiliki suhu yang dingin bisa jadi pilihan. Salah satunya yang wajib masuk wishlist adalah Lembah Indah Malang yang terletak di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Wilayahnya terletak di dekat Gunung Kawi, yaitu sebelah Barat Daya kota Malang. 

Selain suguhan pemandangan yang indah, objek wisata ini juga menyediakan fasilitas penginapan ala glamour camping untuk Sedulur yang ingin merasakan staycation bersama kerabat dan keluarga. Cocok dijadikan tujuan melepas penat barang 1 atau 2 malam. Langsung cari tahu detailnya di bawah. 

BACA JUGA: Wisata Curug Cikuluwung 1 & 2 di Bogor Penuh Keindahan dan Mitos

1. Petunjuk arah 

petunjuk arah
instagram.com/nhell_istn

Rute Lembah Indah Malang bisa Sedulur tempuh dari pusat kota Malang menuju daerah Sukun, yaitu Jalan Supriyadi. Ikuti jalurnya lurus terus tanpa belok sampai Kecamatan Kebonagung, kemudian Kecamatan Kepanjen. Teruskan perjalanan sampai Kantor Pajak Kepanjen, kemudian belok kanan ke arah Jalan Lingkar Barat Kepanjen. 

-->

Ikuti jalur sampai ujung lalu belok kanan dan Sedulur akan menemukan Jalan Raya Gunung Kawi. Ikuti jalur sampai bertemu dengan Jalan Raya Tumpangrejo dan Desa Balesari sudah mulai tampak. Di sana, Sedulur bisa mengikuti papan petunjuk arah menuju Lembah Indah. Jika bisa diperkirakan, waktu tempuh ke lokasi wisata ini sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang. 

Buat warga Malang yang sudah hapal jalan, rute menuju Lembah Indah bisa dilewati pula lewat Mulyorejo menuju Wagir, kemudian Pakisaji dan akan ada jalan alternatif menuju kawasan Gunung Kawi. 

2. Harga tiket masuk dan fasilitas

tiket masuk lembah indah malang
instagram.com/backtobaggy

Untuk masuk ke lokasi wisata, Sedulur hanya butuh membayar harga tiket masuk Lembah Indah Malang sebesar Rp15 ribu per orang. Namun, untuk menikmati fasilitas atau wahana tertentu akan ada tambahan tarif lagi. Cukup murah, kok. Tempat ini buka untuk umum mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore tiap harinya. 

Tidak hanya untuk piknik dan merasakan sejuknya udara bersih khas pegunungan, Sedulur bisa mencoba rangkaian kegiatan menarik di luar ruangan. Makan di restoran dengan pemandangan hijau yang memukau dari ketinggian, outbond yang memacu adrenalin, berfoto di spot estetik yang disediakan, berpiknik, melihat dan belajar bercocok tanam dan beternak, hingga bermalam di tempat ini. Fasilitasnya pun lengkap, sudah ada mushola dan toilet bersih yang siap dipakai. 

Objek wisata yang baru buka pada 2020 ini mengadopsi konsep sustainability. Artinya mereka memadukan harmoni antara wisata dengan kelestarian alam. Pengelola pun bekerjasama dengan pengurus lahan pertanian serta peternakan untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan objek wisata. Jadi, jangan heran kalau makanan di restoran mereka terasa berbeda dan istimewa, konsepnya dari kebun dan peternakan langsung ke meja makan pelanggan.

Walau begitu, harga makanan di Lembah Indah Malang cukup terjangkau. Tidak ditarik tarif mahal untuk raup keuntungan. Konsep seperti ini sedang digalakkan di berbagai negara, bahkan diapresiasi oleh PBB karena ikut mengusung Sustainable Development Goals (SDGs) yang sudah mereka canangkan sejak beberapa tahun lalu.

Tak menutup kemungkinan kawasan wisata di Gunung Kawi ini bisa mengekor kesuksesan Desa Nglanggeran, GunungKidul yang juga mengusung sustainability dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

BACA JUGA: 10 Wisata Paling Hits & Murah di Sidoarjo, Wajib Ke Sini!

3. Glamping Lembah Indah Malang 

glamping
instagram.com/ragatpratama

Lembah Indah Malang memfasilitasi pengunjung yang ingin merasakan keindahan dan kesejukan udaranya lebih lama lewat area kemah yang suasananya bikin betah. Banyak spot glamping alias kemah kelas atas yang siap kamu pilih sesuai dengan fasilitas dan desain yang ditawarkan. 

Harga penginapan Lembah Indah Malang yang termurah dibanderol dengan harga per malam sebesar Rp400 ribuan sampai sekitar Rp1 jutaan untuk yang termahal. Itu disesuaikan dengan ukuran dan desain tenda, jumlah tempat tidur atau kapasitas, serta fasilitas tambahan seperti paket makanan, alat pemanas dan pendingin ruangan, hiburan berupa televisi berlangganan di dalam kamar, tipe toilet, halaman pribadi, dan lain sebagainya. 

Situasi kamarnya kondusif, bersih, dan desainnya mewah. Tak kalah dengan tenda mewah di Bali atau Afrika Selatan. Ada pula yang dibuat sederhana ala kemah di gunung dengan tarif hanya Rp 75 ribu saja per malamnya. Ekonomis, tetapi tak mengurangi kualitas liburanmu.

Fasilitasnya oke dan lingkungannya bersih. Cocok buat mengurangi kejenuhan dan hiruk-pikuk perkotaan. Selama pandemi COVID-19, pihak pengelola sudah membatasi jumlah pengunjung dan tentunya semua staf sudah divaksinasi untuk memperketat keamanan. 

Selain tenda, ada pula penginapan berupa villa yang dibangun dengan material kayu yang bikin Sedulur serasa menginap di kabin estetik. Jenis penginapan ini cocok buat pengunjung yang berlibur bersama rombongan atau keluarga karena tempatnya lebih luas.

Harga sewa villa Lembah Indah Malang dikenakan tarif mulai Rp1 jutaan. Semua lokasi sudah dilengkapi jaringan WiFi yang mumpuni, jadi tak perlu takut susah sinyal dan koneksi di sini. Sedulur tetap bisa berkabar pada kerabat bahkan memperbarui status media sosial dengan lancar di kawasan tersebut. 

4. Fitur tambahan yang wajib diapresiasi

villa lembah indah malang
instagram.com/wisnhuimam

Selain beberapa fasilitas utama dan penting di atas, Sedulur wajib tahu beberapa fitur tambahan berikut. Jadi, makin mantap buat segera meluncur ke lokasi.

  • Lokasi wisata primadona ini dibangun dengan konsep inklusif untuk para pengunjung dengan disabilitas. Mulai dari jalur, tempat parkir, hingga toilet pun sudah didesain untuk memenuhi kebutuhan Sedulur yang berkebutuhan khusus. 
  • Penginapannya juga sudah dilengkapi banyak fasilitas tambahan yang bisa disewa atau digunakan gratis. Mulai dari alat masak, televisi berlangganan yang berkualitas, taman pribadi, dan lain sebagainya. Resepsionisnya pun siap siaga selama 24 jam untuk menyelesaikan masalah pengunjung bila ada. 
  • Satu hal lagi yang patut diapresiasi adalah penawaran antar jemput bandara dan transportasi di area hotel yang bisa dipesan dengan biaya tertentu. Jadi Sedulur yang berasal dari luar kota tetap bisa mengakses lokasi ini meski tidak menyewa atau membawa kendaraan pribadi. 
  • Air yang segar dari mata air pegunungan sudah pasti akan Sedulur dapatkan. Benar-benar tempat healing yang sempurna. 

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Malang yang Hits & Murah Terbaru 2021

Meski fasilitasnya lengkap, Sedulur wajib memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan 

  • Ketinggian Lembah Indah Malang lebih dari 1100 mdpl sehingga pengunjung disarankan untuk membawa pakaian hangat. Di siang hari, suhunya cukup hangat sekitar 26 ˚Celcius. Namun, di malam hari temperatur akan turun sampai 19 derajat Celcius. 
  • Bila membawa atau menyewa kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan prima. Begitu pula pengendaranya, mengingat jalur yang dilewati menanjak dan agak ekstrim karena terletak di kaki gunung. 
  • Jangan lupa membawa peralatan ibadah sendiri, mengingat masih pandemi biasanya mushola umum sudah tak lagi menyediakan alat sholat untuk dipakai bergantian. 
  • Banyak jalur yang bisa dipakai pesepeda. Pas buat Sedulur yang tertarik menghabiskan akhir pekan sambil bersepeda di kawasan yang asri dan udaranya segar. Silakan bawa sepeda Sedulur bila tertarik. 
  • Boleh bawa makanan pribadi, tetapi tetap buang sampah di tempatnya. Ikutlah menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata ini, ya Sedulur. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab, tak ada salahnya kita meringankan beban pengurus objek wisata. 

Menarik bukan berencana untuk mendatangi Lembah Indah Malang ini. Destinasi ini bisa menjadi salah satu tujuan short escape yang wajib dipertimbangkan ketika akhir pekan. Bisa didatangi bersama keluarga maupun sahabat terdekat untuk menghabiskan quality time.

Harga tiket masuk sekaligus sewa kamar per malamnya juga masuk akal. Lokasinya gampang diakses meskipun agak jauh dari pusat Kota Malang dan fasilitas yang disiapkan oleh pihak pengelolanya juga sangat lengkap.

Meskipun di sana berniat liburan, jangan lupa bahwa tetap ada protokol kesehatannya tetap dipatuhi selama beraktivitas di sana. Kalau sudah pasti berangkat, jangan lupa untuk belanja perbekalan makanan dan camilan di Aplikasi Super. Pastikan untuk mempertimbangkan waktu pemesanan dan estimasi barangnya sampai di rumah. Tinggal duduk manis dan kebutuhanmu langsung datang di depan pintu. Selain efisien, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk packing dan menyiapkan barang lainnya yang akan dibawa ke dalam tas dan bawaan lainnya.