Wisata puncak merupakan sarana hiburan yang banyak dicari orang ketika akhir pekan tiba. Sebab di tempat ini menawarkan keindahan dan kesejukan bagi wisatawan yang datang berkunjung. Hal ini tak lepas dari wisata puncak yang memang ada di kawasan dataran tinggi Bogor.

Namun tahukah Sedulur, ternyata ada banyak tempat  wisata menarik di daerah puncak yang wajib dikunjungi lho. Mulai dari wisata puncak bogor, wisata puncak pass sampai wisata puncak kebun teh.

Nah, bila Sedulur sedang menyiapkan rencana berwisata ke kawasan puncak Bogor berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu!

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Pasuruan Paling Hits, Wajib Ke Sini!

1. Wisata Puncak Little Venice Kota Bunga

wisata puncak
kompas

Kita tahu bawa Venice merupakan wisata terkenal yang ada Eropa dengan ciri khas keindahan kanal sungai yang dikelilingi bangunan-bangunan tua ala Italia. Namun sekarang, tak perlu jauh-jauh ke Negeri Pizza, Sedulur bisa berkunjung ke puncak dan menikmati suasana seperti itu di kawasan Little Venice.

Lokasi wisata yang satu ini terletak di Kota Bunga, Cianjur Jawa Barat. Ditempat  ini terdapat pula penginapan vila yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan dengan tempat istirahat yang nyaman. Little Venice adalah danau buatan yang dirancang dengan arsitektur yang mirip dengan Kota Venesia . Tak hanya pemandangan, wisata Little Venice juga menawarkan berbagai macam permainan seperti sepeda anak sampai gondola air yang sangat ikonik.

Untuk tarif harga masuk di wisata ini tergolong cukup murah kok. Sedulur cukup merogoh uang Rp 20.000 sampai dengan Rp 50.000 per orang untuk bisa menikmati wahana wisata ini.

2. Melihat Indahnya Bunga Sakura di Cibodas

wisata puncak
sentulcity

Wisata puncak bogor menawarkan keindahan yang tak pernah ada habisnya. Di tempat ini, kamu bisa melihat kecantikan dari bunga sakura ala Jepang lho. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati bunga ini yaitu dengan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas.

Keberadaan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas memang belum banyak diketahui wisatawan. Padahal pohon-pohon ini sudah ditanam sejak tahun 1971 untuk menambah koleksi tanaman tematik di Kebun Raya Cibodas. Tercatat ada sekitar 435 pohon bunga sakura yang bisa Sedulur temukan di sana.

Ada dua waktu yang cocok untuk menikmati keindahan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas. Pertama  pada medio bulan Januari – Februari dan yang kedua adalah bulan Juli – Agustus. Belum lagi, kamu juga bisa mendapatkan bonus keindahan alam Gunung Gede Pangrango.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah waktu berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, karena jam operasional wisata ini dimulai sejak pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Kemudian, untuk biaya tiket masuk per orang hanya Rp 9.500, dengan tarif masuk kendaraan roda  dua yakni Rp 5000 dan roda empat Rp 16.000.

3. Penangkaran Rusa Giri Jaya

wisata puncak
hotelmurah

Ada lagi tempat wisata di puncak yang menawarkan pengalaman bercengkrama dengan hewan jinak. Tempat wisata tersebut adalah penangkaran rusa giri  jaya dan sudah dibuka sejak tahun  1993 di areal seluas 5 hektar.

Penangkaran itu terletak di Desa Buana Jaya dan hewan yang dikembang biakan adalah jenis rusa dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa dan terakhir Rusa Bawean. Saat kamu ke sana membawa kendaran pribadi, Sedulur diwajibkan untuk parkir kendaraan di tempat yang sudah tersedia.

Kawasan ini sendiri termasuk dalam wisata puncak murah lho. Bagaimana tidak, kamu cukup mengeluarkan dana sebesar Rp 2.500 per orang untuk bisa berjalan-jalan dan bercengkrama dengan rusa-rusa yang ada. Sementara untuk tarif outbond atau camping akan dimulai dari Rp 3.000 per orang. Jadi, gimana sangat murah bukan!

4. Hutan Pinus Gunung Pancar

wisata puncak
hargatiket

Ingin merasakan nikmatnya berada di tengah sejuknya hutan pinus, kamu bisa mencoba tempat wisata puncak bernama taman wisata alam gunung pancar.  Lokasi ini berada di daerah Sentul Selatan, dan berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Di taman wisata alam gunung pancar ini, akan menyuguhkan suasana hutan dengan pepohonan pinus  lebat nan indah.  Jadi, tak heran jika wisata di puncak ini, sering kali dijadikan pilihan untuk melakukan pre-wedding.

Buat kamu yang ingin mengunjungi lokasi ini, hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 saat akhir pekan. Selain itu, ada juga wisata pemandian air hangat yang juga murah meriah lho.

BACA JUGA: 20 Wisata di Jember Paling Hits Tahun 2021. Wajib Ke Sini!

5. Eksostisme gunung batu jonggol

wisata puncak
jejakpiknik

Wisata puncak hits yang bisa kamu datangi saat berada di Bogor adalah eksotisme Batu Jonggol. Gunung Jonggol ini berada di ketinggian sekitar 875 mdp sehingga kamu akan mendapatkan suguhan yang pemandangan yang menakjubkan. Tidak hanya itu, Gunung Jonggol juga cocok buat Sedulur yang ingin merasakan sensasi naik gunung. Biaya tiket masuk ke wisata ini sekitar Rp 15.000 saja.

6. Wisata Gunung Munara Rumpin

wisata puncak
detik

Mendaki gunung mungkin bisa menjadi alternatif menghilangkan penat di akhir pekan. Terdapat tempat wisata bernama Gunung Munara Rumpin di kawasan wisata puncak yang cocok untuk masuk dalam daftar kunjungmu. Apalagi, wisata ini cocok sekali bagi mereka yang menyukai  tantangan dan petualangan. Jalur pendakiannya pun cukup mudah bagi para pendaki pemula dan bisa dilakukan satu hari perjalanan saja.

Buat kamu yang ingin mendaki Gunung Munara Rumpin ini, maka datanglah ke wilayah Desa Kampung Sawah yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk tiket masuk ke wisata ini hanya Rp 5000.

7. Taman Bunga Nusantara

wisata puncak
alampriangan

Bogor memang tidak ada habisnya menawarkan keindahan alam. Di daerah itu, ada tempat wisata puncak hits bernama Taman Bunga Nusantara. Koleksi Taman Bunga Nusantarajadi daya tarik tersendiri karena terdapat puluhan jenis bunga dari berbagai negara. Namun, spot paling menarik dari tempat wisata ini adalah labirin tanaman yang begitu luas dan Instagramable.

Tiket masuk untuk wisata ini berkisar antara Rp 30.000 per orang. Taman Bunga Nusantara buka dari Senin – Jumat dengan jam operasional pada pukul 08.00-17.00. Sementara saat hari Sabtu, Minggu dan hari libur buka pukul 08.00-17.30 WIB.

BACA JUGA: 15 Tempat Bersejarah di Indonesia Terpopuler, Wajib Dikunjungi!

8. Eksotisme Danau Quarry

wisata puncak
datawisata

Tempat wisata puncak selanjutnya adalah eksotisme Danau Quarry. Munculnya tempat wisata ini karena sebelumya Danau Quarry merupakan tempat bekas galian pasir. Setelah tidak terpakai, bekas galian pasir ini terisi oleh air hujan dan tetap ada hingga saat ini.

Tidak  hanya itu, kejelian  para Traveller, Vloger juga sangat membantu dalam memperkenalkan wisata yang  satu ini. Buat Sedulur yang penasaran berapa biaya masuk ke lokasi ini, per orangya hanya dikenakan biaya Rp 2000 dan berlokasi di Tegalega, Cigudeg, Bogor.

9. Pondok Rasamala

wisata puncak
hargatiket

Selain Danau Quarry yang menawarkan keindahaan pemandangannya, di tempat wisata puncak, terdapat  juga wisata yang masih bersinggungan dengan alam. Ya tempat wisata  ini bernama Pondok Rasamala. Di tempat wisata ini, kamu juga bisa merasakan camping di alam terbuka. Jadi sangat tepat buat kamu ingin merasakan suasana alam hutan. Namun, jika kamu tak mau susah payah mendirikan tenda, bisa menyewa hotel di lokasi ini.

Pondokk Rasamala juga menawarkan spot yang Instagramable banget lho. Belum lagi, di lokasi ini terdapat air terjun dan rumah pohon yang pastinya eksotik. Ingin mencobanya? Silahkan datang ke Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Jalan Gunung Bunder, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor Barat.

10. Taman safari Indonesia

wisata puncak
thejakartapost

Tempat wisata puncak selanjutnya adalah Taman Safari Indonesia. Dilokasi ini, kamu bisa bercengkrama dengan hewan-hewan peliharaan khas Taman Safari Indonesia. Jadi, jangan heran jika saat kamu akan ke puncak Bogor, pasti jalanan akan macet parah. Namun memang lokasi ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Tidak hanya bisa bercengkrama dengan hewan-hewan, terdapat pula wisata puncak kebun teh yang didirikan tahun 1980 dan masuk dalam kawasan perkebunan teh Cisarua. Nah, buat kamu yang berminat tinggal sementara di lokasi wisata ini, pengelola menyediakan rumah pohon atau hotel Safari Lodge.

Bicara mengenai tiket masuk di lokasi wisata ini, pengelola mematok tarif Rp 140.000 untuk usia 1-5 tahun. Sedangkan untuk usia 5 tahun ke atas dipatok dengan tarif Rp 150.000. Meski demikian, wisata ini menawarkan semua keindahannya. Jadi sangat rekomendasi buat Sedulur yang mengisi waktu akhir pekan.

11. Nicole’s Kitchen & Lounge

wisata puncak
zomato

Ini mungkin jadi wisata puncak hits yang wajib kamu masukkan ke dalam list saat akhir pekan. Wisata ini bernama Nicole’s Kitchen & Lounge persis seperti kebanyakan restoran pada umumnya. Buat kamu yang ingin mengujungi tempat wisata puncak ini, akan merasakan suasana berbeda. Sebab, kamu bisa melihat pohon anggur yang merambat di tiang dan adanya lampu-lampu taman bergaya Eropa.

Nah, bagi kamu yang berminat mengunjungi wisata ini, siapkan kocek sebesar Rp 18.000 – Rp 48.000 untuk minuman dan untuk makanan antara Rp 22.000 sampai  Rp 155.000 untuk makanan. Lokasi wisata ini berada di Kampoeng Brasco, Jl. Raya Cipanas – Hanjawar No.1, Cipanas, Cianjur.

12. Panorama sungai Cimory Riverside

wisata puncak
itrip

Mungkin wisata ini layak dijadikan wisata puncak untuk orang tua. Sebab, di sini bukan lidah saja yang bisa dimanjakan, tapi mata bisa kamu manjakan juga lho . Di dukung dengan udara puncak yang sejuk, Cimory Riverside pas untuk dijadikan tempat bersantai dengan keluarga. Khususnya saat waktu menjelang sore hari sambil menikmati pemandangan dan hidangan lezat.

Jangan khawatir soal biaya masuk wisata puncak ini. Sebab, untuk menikmati wisata yang satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocekk sebesar Rp 8.000 sampai dengan Rp 25.000 untuk mendapatkan minuman. Sedangkan untuk include bersama makanan tiket masuk totalnya Rp 25.000 sampai dengan Rp 55.000.

BACA JUGA: 10 Kota Terdingin di Indonesia, Nyaman Buat Rekreasi Keluarga

13. Wisata Death by Chocolate

tripadvisor

Gimana rasanya jika mendatangi tempat horor? Pastinya bulu kuduk akan merinding bukan. Nah bicara soal horor, di kawasan tempat wisata puncak terdapat wisata Death by Chocolate. Meski mengusung tema horor, namun wisata yang lebih fokus ke restoran ini, berada di Taman Kencana Bogor.

Saat kamu berada di sini, maka siap-siaplah dengan objek-objek yang bikin bulu kuduk merinding. Sebab, di setiap sudut  restoran ini terdapat patung tengkorak buatan yang membawa senjata berupa alat penjagal. Namun tenang, lokasi ini sangat aman buat kamu kunjungi Sedulur. Keunggulan di restoran ini adalah sederet makanan dan minuman yang berbahan dasar coklat.

Buat kamu yang berminat mengunjungi tempat wisata ini, lokasinya berada di Jalan Ciremai Ujung No 22, Bogor Utara, Kota Bogor. Sedangkan untuk biaya masuknya berkisar antara Rp 5.000 –Rp 48.000 (minuman) dan Rp 9.000 – Rp 59.000 (makanan).

14. Kota Bunga Estate

traveloka

Setelah tadi obyek wisata horor maka saatnya kita beranjak ke wisata di puncak bernama Kota Bunga Estate. Kota Bunga Estate merupakan sebuah vila yang bisa kamu sewa. Setiap vila di sini, memiliki gaya inggris kuno dan ada pula nuansa Jepang. Untuk kamu yang ingin mengunjungi wisata ini, lokasinya berada di Jalan Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kec. Pacet, Cipanas, Cianjur.

15. Villa Rumah Putih

sentulcity

Ketika Wisata puncak bogor sudah dibuka, maka satu spot wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Villa Rumah Putih. Lokasi wisata yang satu ini terdapat di perbukita dekat Gunung Salak. Jadi suasananya akan begitu sejuk dan nyaman. Di tempat ini, sudah tersedia fasilitas berupa area Outbonnd, ruang Meeting, Rafting, Paintball dan juga Barbequean.

Buat kamu yang memiliki acara kantor dan sedang akan menggelar meeting, harga yang ditawarkan untuk villa di sini disewakan mulai Rp 850.000 untuk 2 hari 1 malam untuk satu orang. Namun, lokasi ini sangat tepat untuk dijadikan lokasi meeting kantor. Sebab, lokasinya nyaman dan aman.

16. Hotel Rancamaya

pegipegi

Wisata puncak pass di Bogor terdapat Hotel bernama Rancamaya. Di lokasi ini kamu bisa bermain golf . Sebab, di tempat ini terdapat lapangan golf bertaraf internasional, meski belum banyak yang tahu di sini terdapat R Hotel Rancamaya. Harga untuk tiket masuk di wisata ini, dipatok dengan tarif Rp 810.600 per malam.

17. Highland Park Resort

agoda

Akomodasi terakhir  dan masuk dalam wisata puncak Bogor adalah Highland Park Resort. Wisata ini memberikan pengalaman buat kamu  yang suka dunia petualangan. Sebab, di lokasi ini, banyak mengusung konsep tenda Mongol dan resort  di tempat ini juga unik. Jika tertarik datang ke tempat ini, kamu harus merogok kocek sebesar Rp 1.502.479 per malam.

BACA JUGA: 10+ Gunung Tertinggi di Dunia & Asalnya yang Jarang Orang Tahu

18. Pemandian air panas Gunung Peyek

sentulcity

Ingin merasakan sensasi pemandian air panas di tempat wisata puncak? Tenang, ada tempat wisata bernama wisata air panas Gunung Peyek. Lokasinya berada di wilayah Gunung Ciseeng di mana hawa sejuknya akan terasa. Meski demikian, belum banyak orang tahu dengan obyek wisata  yang satu ini. Namun jika kamu sudah berada di sini, rasa lelahmu pasti akan terobati.

19. Curug Leuwi Lieuk

wisatainfo

Wisata puncak murah yang tak kalah dengan wisata lainnya adalah kawasan Curug Leuwi Lieuk. Air dalam curug ini memiliki air yang sangat jernih dan begitu memanjakan mata. Belum lagi lokasi curug yang berada di tengah kontur bebatuan, sehingga menciptakan kesan alami. Tempatnya semakin syahdu karena berada di bawah pepohonan yang letaknya di atas bukit. Sehingga  menambah kesejukan. Untuk tiket masuk ke wisata ini, adalah Rp 10.000.

20. Curug Leuwi Hejo

katadata

Masih seputar wisata curug, kali ini di kawasan wisata di puncak terdapat curug terkenal bernaa Curug Leuwi Hejo. Namun di kalangan banyak orang, Curug Leuwi Hejo biasa dinamakan Curug Bengkok. Bahkan ada pula yang menyebut curug ini seperti Green Canyon. Tapi, apapun sebutannya, semua orang sudah sepakat jika curug ini sangat istimewa dan luar biasa indahnya.

Lokasi  curug ini berada di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Dan jika kamu ingin mengunjungi lokasi ini, pastikan datang saat jam operasional yaitu pukul 08.00 -18.00 WIB. Untuk biaya masuknya berkisar antara Rp  10.000 untuk retribusi pemerintah dan Rp 5.000 untuk retribusi desa. Cara mengunjungi tempat ini, bisa melalui dua cara yaitu lewat Sentul City dan Citeureup Bigor.

Demikian rekomendasi tempat wisata puncak Bogor yang wajib kamu tahu. Gimana, sudah punya agenda kemana akhir pekan nanti? Mungkin wisata di atas bisa kamu coba untuk nikmati. Selamat berlibur!