cara mengatasi laptop lemot

Cara mengatasi laptop lemot adalah jawaban yang dicari oleh banyak orang. Pasalnya, laptop lemot merupakan permasalahan umum yang sering dikeluhkan pengguna laptop. Tiba-tiba not responding, ngelag, dan permasalahan lainnya seringkali berimbas pada pekerjaan. Pekerjaan yang terganggu itu juga bisa berpengaruh pada suasana hati sehingga menjadi buruk.

Sebelum masuk pada pembahasan bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot, kita cari tahu terlebih dahulu penyebab laptop menjadi lemot. Pada umumnya, hal itu dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan saat laptop dinyalakan. Kemudian bisa juga karena kapasitas hard disk yang penuh sehingga kinerjanya menjadi lebih berat dan performa menjadi tidak maksimal.

Selain itu, bisa juga karena terlalu banyak program berat yang tidak didukung oleh processor laptop sehingga proses kerjanya menjadi lebih lambat. Hal lain juga bisa karena faktor usia seperti jenis laptop yang sudah terlampau lama atau bisa juga disebabkan oleh virus. Nah, berikut ini kita cari tahu bersama cara mengatasi laptop lemot. Yuk, simak baik-baik ya!

BACA JUGA: Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Dijamin Ampuh

-->

1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

cara mengatasi laptop lemot
it-jurnal

Hal pertama yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasi laptop yang lemot adalah dengan uninstall aplikasi. Pilihlah aplikasi yang benar-benar digunakan, kemudian hapus aplikasi lainnya. Keberadaan aplikasi ini bisa menyebabkan kinerja laptop melemah. Kapasitas Drive C yang penuh bisa membuat sistem laptop menjadi lama dalam membaca hard disk.

Cara ini cukup sederhana, sebelum Sedulur dipaksa untuk mereset semua yang ada dalam laptop. Dengan demikian, sebelum laptop benar-benar sering lemot, sebaiknya mulai perhatikan aplikasi apa saja yang benar-benar dibutuhkan dengan yang tidak. Bisa dibilang, ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak butuh teknik atau software khusus.

2. Tambah RAM

pinhome

Cara mengatasi laptop lemot yang kedua adalah lanjutan dari cara sebelumnya. Ada kalanya kita bingung harus menghapus aplikasi yang mana. Tentu saja, karena semua aplikasi sudah dipasang dan benar-benar sesuai kebutuhan. Jika demikian, tidak ada satu pun aplikasi yang bisa dihapus karena nilainya yang sama-sama penting.

Untuk mengatasi hal itu, Sedulur bisa coba menambah RAM sehingga kinerja laptop bisa lebih maksimal. Misalnya, jika Sedulur membeli membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB, Sedulur bisa menambahkannya menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB. Pastikan untuk mencari tahu kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

3. Bersihkan drive C

cara mengatasi laptop lemot
how-to-geek

Berikut ini cara mengatasi laptop lemot yang hampir sama dengan cara pertama. Satu yang harus Sedulur ingat bahwa sebaiknya laptop hanya benar-benar dipasang dan diisi dengan file penting. Apalagi pada Drive yang isinya aplikasi dan program lain. Dengan demikian, sebaiknya Sedulur segera bersihkan Drive C dan rawat dengan hanya mengisi sesuatu yang penting.

Apabila Sedulur kesulitan untuk menyimpan file lainnya, Sedulur bisa pastikan Drive D atau E dan menyimpan file penting lainnya di sana. Kemudian seperti biasa, apabila sulit untuk diatur dan tidak bisa diubah lagi, Sedulur bisa menambahkan RAM dan mengembalikan kinerja laptop sehingga bisa kembali bekerja dengan maksimal.

4. Ganti memori HDD ke SSD

suara

Kemudian ada cara mengatasi laptop lemot dengan memori SSD. Laptop lemot bisa disebabkan oleh penggunaan hard disk HDD yang memiliki kecepatan data lebih lambat dibandingkan dengan penyimpanan SSD. Cara mengantisipasinya adalah dengan mengganti HDD ke SSD agar proses booting menjadi lebih cepat.

SDD memiliki harga yang cukup mahal, namun kinerjanya jauh lebih baik dari HDD. Kemampuan SSD dalam membaca dan menulis data lebih cepat dari HDD. Karena SDD merupakan teknologi baru yang diciptakan untuk mengatasi ketidakmampuan HDD dalam menjalankan tugas dengan baik yang seringkali membuat laptop menjadi sangat lemot dan berat untuk digunakan.

5. Memanfaatkan cooling pad

cara mengatasi laptop lemot
bukalapak

Cara mengatasi laptop lemot juga bisa dengan menggunakan cooling pad. Laptop yang suhunya panas biasanya beroperasi dengan lebih lambat. Cooling pad ini digunakan untuk membuat suhu laptop menjadi lebih dingin dan mencegah overheat. Ada juga vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Udara panas yang keluar dari laptop dapat membuat laptop Sedulur berfungsi dengan baik dan tidak lemot lagi.

6. Matikan aplikasi di startup Windows

scottiestech

Berikutnya cara mengatasi laptop lemot windows 10 atau windows manapun, biasanya menjumpai aplikasi yang otomatis aktif setelah laptop dinyalakan. Ternyata, hal itu juga berpengaruh loh pada kinerja laptop. Untuk mengatasi hal itu, Sedulur bisa mematikan beberapa program yang otomatis aktif saat laptop baru saja dinyalakan.

Tahap melakukan langkah ini adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol kombinasi Windows + R.
  • Kemudian ketik msconfig, lalu enter.
  • Setelah daftar aplikasi muncul, Sedulur langsung saja klik disable program yang tidak diperlukan.

7. Hapus file di folder temporary

cara mengatasi laptop lemot
leskompi

Folder temporary diisi dengan hasil dari ekstrak aplikasi atau editing desain menggunakan aplikasi tertentu. Folder ini biasanya seringkali dilupakan sehingga tanpa disadari sudah memakan banyak tempat dalam laptop. Semakin banyak memori yang digunakan, maka makin besar juga kemungkinan laptop Sedulur menjadi lemot dan sering ngelag.

Cara mengatasi laptop lemot menggunakan langkah ini adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, lalu enter.
  • Tekan tombol kombinasi CTRL + A.
  • Klik Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut.

8. Hapus folder prefetch secara berkala

indozone

Selain Temp Folder yang sering dilupakan, ada juga folder prefetch yang semestinya dihapus secara berkala. Cara menghapusnya juga mudah, Sedulur hanya perlu mengikuti langkah berikut.

  • Klik Windows + R.
  • Ketik prefetch dan enter.
  • Jika Sedulur menjumpai izin administrator, klik OK.
  • Hapus seluruh file yang ada di folder tersebut agar laptop tidak lemot.

9. Hentikan efek visual yang berlebihan

cara mengatasi laptop lemot
nesabamedia

Langkah lain sebagai cara mengatasi laptop lemot yang bisa Sedulur lakukan adalah mematikan efek visual pada laptop. Jika alasannya adalah demi estetika, sebaiknya hentikan saja daripada pekerjaanmu terhambat. Nah, cara mematikan efek visual semacam ini tidak sulit kok. Ikuti saja langkah berikut ini:

  • Buka menu windows explorer.
  • Klik kanan pada menu this PC kemudian pilih properties.
  • Pilih Advanced system settings dan pada bagian performance, Sedulur bisa pilih setting.
  • Ubah pilihan menjadi custom.
  • Pilih visual effect yang Sedulur ingin gunakan. Pastikan memilih yang tidak membuat laptop berat dan lemot.

BACA JUGA: 7 Cara Cek Ram Laptop dan PC yang Cepat & Praktis

10. Gunakan Antivirus

tokopedia

Cara mengatasi laptop lemot windows 7 atau windows manapun salah satunya dengan menggunakan Antivirus. Anggap saja ini cara alternatif apabila ternyata semua cara sudah dilakukan dan ternyata masalahnya ada pada virus. Sedulur juga bisa memasangnya seawal mungkin agar bisa terus memantau jika saja laptop Sedulur terserang virus. Virus pada laptop tidak bisa Sedulur anggap remeh, karena banyak kemungkinan buruk bisa terjadi.

11. Restart atau install ulang Windows

cara mengatasi laptop lemot
techspot

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan restart atau instal ulang Windows. Usia laptop yang sudah tua tidak hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Salah satu yang paling sering terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows.

Jika Windows sudah error, maka kinerjanya menjadi tidak optimal atau sering crash. Bila sudah terlalu parah, saran terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstall ulang Windows di laptop Sedulur. Jika Sedulur tertairk, Sedulur juga bisa mengganti Windows ke OS lain yang lebih ringan, seperti Linux.

Ada banyak OS berbasis Linux yang beredar saat ini, tinggal Sedulur pilih yang sesuai. Memang, harus diakui jika Windows jauh lebih mendukung aktivitas dan kegiatan dengan banyaknya fitur yang dibawa. Tapi setidaknya peralihan OS ini akan membuat kinerja laptop menjadi lebih baik.

12. Gunakan Disk Deframent Tools

laptopnesia

Cara mengatasi laptop lemot dengan menggunakan diks deframent tools. Cara ini hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Semakin banyak aplikasi yang ada di dalam PC dan laptop, semakin lemot PC dan laptop Sedulur saat bekerja. Sedulur bisa memanfaatkan tool Disk Defragment yang terdapat pada control panel.

Melalui tahapan analyze dan juga optimize, file dan data Sedulur akan tertata sedemikian rupa, dan Sedulur bisa mengetahui berapa banyak file junk atau file sampah yang membuat lemot laptop dan PC. Segera hapus file-file sampah yang sudah tidak berguna dan hanya membuat laptop bekerja dengan sangat lambat.

13. Gunakan Thermal Paste pada prosesor

cara mengatasi laptop lemot
laptopnesia

Cara mengatasi laptop lemot terakhir adalah dengan menggunakan thermal paste, yang merupakan pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Dengan suhu prosesor yang stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil juga dan tidak cepat lemot.

Suhu yang tidak normal atau overheating membuat kerja laptop semakin melambat dan menunjukan gejala hang dan lag. Tentu saja hal ini menganggu aktivitas Sedulur. Terutama jika terjadi di tengah pekerjaan Sedulur. Jika tidak dapat di atas, tentu saja Sedulur harus mengulang pekerjaan kembali.

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, Sedulur juga wajib mengetahui apa saja penyebab laptop menjadi lemot. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, Sedulur bisa melakukan tindakan antisipasi agar lemot pada laptop bisa diantisipasi. Berikut ini beberapa penyebab umum yang menyebabkan laptop lemot:

  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama
  • Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. Efeknya akan berpengaruh pada performa laptop secara keseluruhan. Mengganti harddisk dari HDD ke SSD adalah solusi untuk permasalahan ini.
  • Kapasitas harddisk yang sudah penuh, menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot. Selain kapasitas harddisk, RAM yang tidak cukup juga mempengaruhi laptop berjalan sangat lemot.

Demikian cara mengatasi laptop lemot yang bisa Sedulur aplikasikan pada laptop yang sering ngelag. Cara mengatasi laptop asus lemot juga demikian. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.