Ingin mencoba budidaya jahe merah? Sedulur wajib tahu harga bibit jahe merah dan langkah budidayanya. Simak ulasannya di bawah ini.

Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sedulur bisa mendapatkanya di pasar atau toko kelontong, namun akan lebih baik jika Sedulur melakukan budidaya jahe merah sendiri. Untuk melakukan itu, Sedulur perlu membeli bibit jahe merah dari petani yang jual bibit jahe merah.

Budidaya jahe merah super sangat mudah dilakukan, bisa menjadi ide bisnis pertanian bagi Sedulur. Mulai dari cara budidaya jahe merah, cara membuat bibit jahe sendiri, cara tanam jahe merah hingga panen jahe merah tidak membutuhkan waktu lama. Karena umur jahe siap panen dalam pembibitan jahe terhitung sebentar.

Terdapat beberapa bibit jahe merah unggul yang bisa Sedulur gunakan, cara paling mudah adalah budidaya jahe di polybag. Ada banyak penjual bibit yang bisa Sedulur datangi, termasuk penjual bibit jahe merah Jawa Timur salah satunya. Sebelum masuk ke cara budidaya tanaman jahe merah, alangkah lebih baik mengetahui harga bibit atau benih jahe merah terlebih dahulu.

-->

Baca Juga: 20+ Manfaat Jahe untuk Menjaga Imunitas & Kesehatan Tubuh

Daftar Harga Bibit Jahe Merah Terbaru

Daftar Harga Bibit Jahe Merah Terbaru
sbflashfarms

Harga bibit jahe merah per kg dijual bervariasi. Bibit jahe merah tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam setiap tahunnya. Berbagai bibit jahe merah unggul bisa Sedulur lihat di bawah ini:

Pembelian Bibit Jahe MerahHarga (Rp)
Bibit jahe merah per batang 4.000-5.000
Bibit jahe merah per batang panjang 30 cm7.500
Bibit jahe merah bertunas 500 gr21.000
Bibit jahe merah bertunas 1 kg40.000
Paket 5 bibit jahe merah super per polybag50.000
Bibit jahe merah Cap Jenggot Merah 1 kilogram92.250

Setelah mengetahui harga bibit, tentu saja Sedulur wajib mengetahui cara budidaya jahe merah. Sedulur bisa menyimak langkahnya di bawah ini. Simak baik-baik hingga Sedulur benar-benar paham, ya!

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

Cara Budidaya Jahe Merah

1. Persiapkan Media Tanam

1. Persiapkan Media Tanam
medium.com

Langkah paling awal yang harus Sedulur lakukan dalam melakukan budidaya jahe merah adalah menyiapkan media tanam. Biasanya, untuk budidaya jahe merah menggunakan polybag sebagai media tanam. Sedulur bisa menggunakan polybag dengan perbandingan 1:1:1 antara media tanah, pasir dan pupuk.

Sebagai langkah awal, Sedulur bisa menggunakan pupuk organis agar lebih mudah diserap oleh tanaman jahe merah. Setelah media tanam telah disiapkan. Sedulur bisa masuk ke langkah selanjutnya, yaitu menyiapkan bibit jahe.

2. Siapkan Bibit

2. Siapkan Bibit
harga.web.id

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit yang telah Sedulur beli dari daftar bibit yang telah dijelaskan di atas. Alangkah lebih baik, Sedulur memilih bibit unggul yang umurnya sudah matang atau sudah tua. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan hama dan jamur pada bibit. Serta meminimalisir bibit memiliki luka.

Setelah Sedulur memiliki bibit, Sedulur bisa merendam bibit dalam cairan fungisida selama 20 menit, hal tersebut bertujuan untuk membasmi berbagai bakteri jahat yang terdapat pada bibit jahe. Selanjutnya Sedulur tinggal semaikan bibit jahe pada tempat lembab dan jauhkan dari sinar matahari.

3. Tanam Bibit Jahe

3. Tanam Bibit Jahe
kebun.co.id

Langkah selanjutnya adalah menanam bibit jahe. Setelah proses penyemaian berhasil, bibit jahe akan mengeluarkan tunas dan Sedulur bisa memindahkan pada media tanam yang telah disiapkan. Tancapkan sekitar 3-5 rimpang jahe pada polybag yang telah disiapkan. Jangan lupa perhatikan posisi tunas sampai mata tunas berada di atas.

Selanjutnya urug tanah dan tutup dengan jerami kering. Bila proses penanaman bibit selesai, Sedulur bisa menanam jahe merah dengan air secukupnya dan letakkan pada tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari. Biar air secukupnya untuk mempertahankan kelembaban bibit.

4. Pemeliharaan Jahe Merah

4. Pemeliharaan Jahe Merah
bukalapak.com

Langkah yang tidak jauh penting dari proses budidaya bibit adalah melakukan pemeliharaan. Hal tersebut bertujuan agar mendapatkan hasil jahe merah yang berkualitas. Sedulur wajib menyiram bibit secara rutin setiap sore hari. Terutama ketika memasuki 3 bulan pertama.

Pada bulan ke- 4, Sedulur mulai melakukan penyiangan secara rutin agar tanaman jahe merah terhindar dari gulma atau tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan jahe merah. Semua kegiatan pemeliharaan dilakukan untuk menjaga kualitas jahe merah agar bisa menghasilkan kualitas yang baik saat masa panen.

5. Panen Jahe Merah

5. Panen Jahe Merah
starfarm.co.id

Masa tumbuh jahe merah hingga memasuki masa panen sangat cepat. Hanya sekitar 10-12 bulan, hal tersebut tergantung lokasi penanaman dan perawatan yang dilakukan. Jika Sedulur menginginkan masa tanam yang cepat, Sedulur bisa melakukan proses penanaman dengan menggunakan pupuk atau unsur hara yang banyak pada tanah.

Tapi, usia normal dan usia tanaman jahe merah yang baik untuk dipanen adalah sekitar 12 bulan. Setelah 12 bulan, Sedulur bisa melakukan panen jahe merah. Buka polybag, lalu ambil rimpang jahe merah dan cuci lalu bilas menggunakan air bersih yang mengalir. Selanjutnya jemur jahe yang telah dicuci hingga kering dan jahe merah pun siap dipasarkan.

Kenapa budidaya jahe merah sangat penting dan bisa memberikan keuntungan? Hal tersebut dikarenakan kandungan dari jahe merah yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja kandungan jahe merah sehingga bisa menguntungkan untuk membudidayakannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Manfaat Jahe Merah untuk Tubuh

Daftar Manfaat Jahe Merah untuk Tubuh
merdeka.com

Apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan? Hal tersebut sudah sangat jelas, segudang manfaat jahe merah bisa dirasakan oleh tubuh. Terutama, jahe bisa diolah menjadi minuman herbal, atau juga menjadi bahan bumbu masakan. Hal tersebut bisa membuat tubuh merasakan manfaatnya. Berikut ini adalah daftar manfaat jahe merah yang telah terbukti khasiatnya:

  • Meredakan Sakit Tenggorokan dan Gejala Batuk
  • Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh
  • Meringankan Sakit Kepala
  • Mengatasi Sakit Rematik
  • Sebagai Obat Herbal Saat Diet
  • Menghindari Penyakit Jantung
  • Baik Untuk Lambung dan Sistem Pencernaan Tubuh
  • Terhindar Dari Radang Usus
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Baik untuk Penderita Asma dan Sesak Napas

Segudang daftar manfaat jahe merah di atas yang membuat jahe merah sangat diminati. Sedulur bisa melakukan budidaya jahe merah dan memasarkannya. Jika ingin lebih mudah dalam memasarkannya, Sedulur bisa bergabung menjadi Super Agen atau Mitra Super Center dari Aplikasi Super.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, Sedulur bisa klik di sini untuk download. Atau Sedulur juga bisa simak informasi lengkapnya dengan mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari secara lengkap hingga Sedulur memahaminya. Selamat mencoba.