Berikut ini daftar manfaat jahe yang wajib Sedulur Super Ketahui

Jahe merupakan tanaman khas Asia Tenggara yang dapat menghangatkan tubuh. Berawal dari Asia Tenggara dan kemudian menyebar ke mancanegara, jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak atau juga tanaman herbal untuk obat-obatan.

Karena terdapat manfaat jahe untuk kesehatan, maka dari itu jahe bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal. Kali ini Supperapp.id akan membahas manfaat dan khasiat jahe, berikut cara membuat minuman jahe agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Salah satu  minuman yang bisa memberikan kesehatan tubuh yang berasal dari jahe adalah wedang jahe. Manfaat wedang jahe selain dapat menghangatkan tubuh, juga dapat membuat kita tenang dan rileks saat meminumnya.

Yuk, mari langsung saja kita simak berbagai macam manfaat air jahe atau manfaat teh jahe dan juga manfaat jahe secara keseluruhan yang akan dibahas dalam daftar di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Manfaat Garam untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Daftar Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Imunitas Tubuh

1.   Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat dari jahe yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. DI tengah masa pandemi seperti saat ini, jahe akan sangat membantu kita untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah kita tertular dari virus corona.

Jahe bisa kita olah menjadi minuman yang ditambahkan dengan teh atau air lemon dan kita nikmati secara hangat. Air jahe bisa kita konsumsi secara teratur, lebih baik minum jahe ketika hendak tidur, agar kandungan jahe bisa bekerja saat tubuh kita terlelap.

2.   Mengatasi Masalah Pencernaan

2.   Mengatasi Masalah Pencernaan

Sudah sejak lama jahe dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan phenolic yang terdapat dalam jahe dapat berfungsi untuk meredakan gejala gastrointestinal dan juga dapat merangsang produksi air liur untuk mencegah terjadinya kontraksi pada perut.

Jahe juga dikenal sebagai carminative, sebuah substansi yang bisa membantu tubuh kita untuk mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe secara teratur.

3.   Mengurangi Mual

3.   Mengurangi Mual

Mual bisa kita rasakan kapan saja, bisa kita rasakan akibat makanan atau akibat kondisi tubuh yang sedang tidak fit atau sedang tidak sehat. Manfaat jahe selanjutnya adalah dapat mengurangi perasaan mual yang kita rasakan.

Mual bisa saja disebabkan oleh morning sickness, vertigo, atau juga efek samping pengobatan yang sedang dilakukan. Sedulur dapat mengkonsumsi jahe secara mentah atau menjadikanya minuman untuk mengatasi mual yang diderita ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan dalam mengalami mual-mual.

4.   Mengurangi Rasa Sakit

4.   Mengurangi Rasa Sakit

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari  University of Georgia menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen jahe secara rutin dalam setiap harinya akan mampu mengurangi sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga atau pergerakan yang berlebihan. Rasa sakit yang berkurang bisa mencapai hingga 25%.

Manfaat jahe lainnya juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea atau rasa sakit pada saat menstruasi. Setiap 60% wanita yang sedang menstruasi akan merasa rasa sakit dan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi rasa sakit menstruasi.

5.   Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit

5.   Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit

Jahe mengandung sebuah kandungan yang dapat memicu keluarnya keringat. Mengeluarkan keringat akan sangat bermanfaat bagi Sedulur yang terutama sedang mengalami sakit demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Sedulur dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para pakar dan tim ahli telah melakukan penelitian terkait keringat, bahwa keringat mengandung sejenis protein yang disebut dermcidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Baca Juga: 13 Manfaat Ketumbar untuk Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

6.   Melindungi dari Kanker

6.   Melindungi dari Kanker

Kandungan dalam jahe dapat berperan untuk mencegah kanker. Kandungan tersebut adalah gingerol dan phytonutrient, yang juga memberikan rasa unik pada jahe. Gingerol mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Penelitian dan percobaan dari University of Minnesota terhadap sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor.

Hingga saat penelitian memasuki hari ke-49, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati. Selain mencegah tumor, gingerol pada jahe juga dapat mencegah kanker.

7.   Anti Peradangan

7.   Anti Peradangan

Selain mencegah tumor dan kanker, gingerol juga memiliki sifat anti-inflamatori. Hal ini menjelaskan bagi setiap pasien yang menderita peradangan akan merasakan nyeri yang berkurang setelah mengkonsumsi jahe secara rutin.

Mengkonsumsi jahe bukan hanya mampu untuk mengurangi rasa sakit, namun juga dapat mengurangi pembengkakan pada bagian yang nyeri. Jahe diyakini mampu untuk komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

8.   Menurunkan Berat Badan

8.   Menurunkan Berat Badan

Manfaat jahe selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi jahe panas pada masa diet dapat membantu kita untuk selalu merasa kenyang lebih lama. Dengan merasa kenyang lebih lama hal tersebut membuat kita mampu untuk mengurangi makan.

Selain dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, jahe juga memiliki manfaat untuk menekan rasa nafsu makan kita. Dapat membuat kenyang lebih lama dan mampu untuk menekan nafsu makan, sangat cocok menjadikan jahe sebagai salah satu obat untuk diet.

9.   Meningkatkan Kesuburan Pria

9.   Meningkatkan Kesuburan Pria

Tidak hanya mampu untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, jahe juga dapat memberikan manfaat bagi kesuburan pria. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dipercaya dapat meningkatkan hormon testosteron.

Hormon testosteron mampu untuk meningkatkan kesuburan pria. Bagi setiap pria yang ingin lebih meningkatkan kesuburannya, bisa mengkonsumsi jahe secara rutin, baik diolah menjadi minuman ataupun diolah menjadi apapun.

10.   Mengatasi Radang Otot

10.   Mengatasi Radang Otot

Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu bekerja sebagai anti peradangan. Hal ini sehingga dapat membantu kita yang sedang mengalami peradangan untuk dapat melawan peradangan akut maupun kronis.

Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron mampu mencegah bahkan menghambat enzim siklooksigenase dan lipooksigenase. Hal ini sangat baik untuk dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan.

Terutama jika kita mengkonsumsi jahe merah. Jahe merah mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe biasa, kandungan oleoresin dapat bekerja sebagai anti peradangan yang lebih ampuh dan mujarab.

11.   Meningkatkan Stamina

11.   Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi jahe secara bersamaan dengan temulawak dapat memberikan khasiat bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh.  Bagi Sedulur yang berprofesi sebagai atlet atau juga Sedulur yang bekerja mengandalkan stamina tubuh, dapat mengkonsumsi jahe dengan temulawak secara rutin.

Karena jahe dan temulawak juga dapat meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang berlebihan bagi tubuh.

12.   Mengatasi Masuk Angin

12.   Mengatasi Masuk Angin

Perut kembung yang disebabkan oleh masuk angin akan dirasakan oleh kita tanpa kita sadari. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, Sedulur dapat mengkonsumsi jahe dengan temulawak ketika mengalami masuk angin atau perut kembung.

Jahe dan temulawak dapat mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut. Bukan hanya mengatasi namun juga dapat menyembuhkannya.

13.   Mampu Menyehatkan Hati

13.   Mampu Menyehatkan Hati

Manfaat jahe juga dapat untuk menyehatkan hati. Karena jahe juga berfungsi sebagai hepatoprotektor yang dapat melindungi hati dari efek samping penggunaan obat. Selain itu, manfaat ini juga dibarengi dengan kemampuan jahe untuk menstimulus cairan empedu.

Hati merupakan bagian dalam tubuh yang memiliki peran penting untuk mengeluarkan racun dari setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Memiliki hati yang sehat, dapat membuat tubuh kita terhindar dari segala kemungkinan buruk.

14.   Mengontrol Kadar Gula Darah

14.   Mengontrol Kadar Gula Darah

Jahe juga diyakini dapat mengontrol kadar gula darah. Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian yang dilakukan seputar manfaat jahe. Hal yang menyebabkan jahe dapat mengontrol gula darah adalah karena jahe dapat mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Para penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi jahe secara rutin, karena dapat melindungi dan mencegah para penderita diabetes dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya sebagai efek buruk dari penyakit diabetes.

15.   Menjaga Tekanan Darah

15.   Menjaga Tekanan Darah

Bagi Sedulur yang memiliki masalah tekanan darah atau menderita penyakit hipertensi, dapat mengkonsumsi jahe secara rutin. Karena jahe mampu untuk menjaga stabilitas tekanan darah. Penderita hipertensi akan mudah mengalami kenaikan tekanan darah, yang disebabkan oleh makanan atau minuman.

16.   Mencegah Kanker Usus

16.   Mencegah Kanker Usus

Secara spesifik, jahe juga dapat mencegah kanker usus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar dan ahli di Amerika Serikat, setiap masyarakat yang rajin mengkonsumsi jahe secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

17.   Mencegah Kebotakan

17.   Mencegah Kebotakan

Sedulur ingin memiliki rambut indah dan terhindar dari kebotakan? Jawaban yang tepat untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Selain itu, jahe juga bisa digunakan untuk merawat rambut dari luar dan dalam.

Jahe juga dapat mendukung proses pertumbuhan rambut. Karena jahe dapat merangsang folikel yang ada pada kulit kepala. Jahe juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya haluskan jahe, dan oleskan pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 3 menit, lalu bilas dengan air hangat.

18.   Membakar Timbunan Lemak dalam Tubuh

18.   Membakar Timbunan Lemak dalam Tubuh

Manfaat jahe untuk tubuh selanjutnya adalah mampu untuk membakar timbunan lemak yang ada pada tubuh. Hal ini disebabkan karena jahe mampu bekerja sebagai penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu untuk meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, setiap orang yang rutin mengkonsumsi minuman panas yang mengandung jahe di dalamnya, dapat lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

19.   Mencegah Penuaan dan Menghaluskan Kulit Wajah

19.   Mencegah Penuaan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Kali ini adalah manfaat jahe untuk kecantikan kulit wajah, yaitu dapat berguna untuk mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Karena jahe sudah sejak dari dulu dikenal dan digunakan dalam pengobatan kuno dari bangsa India dan Cina sebagai bahan untuk mempercantik tubuh.

Kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam jahe mampu meningkatkan produksi kolagen, dan mampu untuk mencegah ]terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan pada kulit.

Agar mampu untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit wajah, Sedulur bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu juga manfaat jahe bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang ada pada kulit.

20.   Mencegah Jerawat

20.   Mencegah Jerawat

Jerawat sering kali menjadi penyebab kita tidak percaya diri. Sedulur bisa mencegah timbulnya jerawat dengan konsumsi jahe secara rutin. Jahe mengandung zat antiseptik dan antioksidan yang mampu melawan bakteri yang disebabkan akibat radikal bebas yang masuk melalui pori-pori wajah. Selain itu juga jahe mampu untuk membuat kulit wajah tetap sehat dan menangkal segala kuman dan bakteri yang dapat membuat wajah memunculkan jerawat.

Manfaat jahe di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun bukan tanpa risiko jahe juga bisa menimbulkan efek samping. Sedulur bisa hati-hati saat mengkonsumi jahe agar tidak menderita efek samping yang ditimbulkan. Berikut efek samping yang dapat ditimbulkan dari jahe.

Efek Samping dari Jahe

Beberapa efek samping dari mengkonsumsi jahe secara berlebihan yaitu dapat membuat kita berisiko pendarahan dan menderita penyakit batu empedu. Jahe memang mampu untuk mencegah pembekuan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun, bagi yang memiliki kelainan pada darah, jahe dapat menimbulkan pendarahan.

Selain itu juga sebagai sebuah obat-obatan herbal, jahe juga mambut merangsang produksi empedu. Bagi pasien penderita batu empedu, sangat disarankan untuk tidak meminum jahe karena akan memperburuk penyakit batu empedu yang diderita.

Selain itu juga Sedulur harap mengingat untuk tidak mengkonsumsi jahe ketika akan menjalani operasi. Karena mengkonsumsi jahe sebelum operasi akan meningkatkan risiko pendarahan internal, dan hal tersebut akan mengagalkan operasi yang dilakukan.

Bagi para ibu hami juga diharapkan untuk tidak meminum jahe dulu, karena jahe dapat menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin, dan hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan janin. Selain itu juga jahe dapat menyebabkan kontraksi uterus yang akan memberikan dampak buruk bagi ibu hamil.

Sedulur tetap dapat merasakan manfaat jahe asalkan meminumnya secara cukup dan tidak berlebihan, termasuk bagi Sedulur yang mengalami beberapa kondisi di atas, diharapkan untuk tidak meminum jahe terlebih dahulu.

Karena jahe merupakan bagian dari bumbu dapur yang sangat penting, Sedulur bisa mendapatkan jahe dengan membelinya di Aplikasi Super. Membeli jahe di Aplikasi Super dapat memberikan keuntungan, karena harga setiap barang yang tersedia di Aplikasi Super sangat murah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih dekat, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.