Jus sayur dan buah-buahan merupakan salah satu minuman bernutrisi yang mudah dibuat dan dikonsumsi. Salah satu jus yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit adalah jus wortel. Manfaat jus wortel baik untuk menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Selain itu, jus wortel juga mengandung vitamin B, antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, mangan, fosfor, magnesium, serta vitamin E yang bagus untuk menyehatkan kulit. Ada sederet manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dari mengonsumsi jus wortel. Langsung simak berbagai manfaatnya di bawah ini.

BACA JUGA: Ketahui Kalori Telur Rebus & Fakta Manfaatnya bagi Kesehatan

1. Manfaat jus wortel untuk kesehatan mata

manfaat jus wortel
freepik

Wortel mengandung beta-karoten yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Kebutuhan vitamin A yang cukup dalam tubuh bisa menjaga mata tetap sehat. Tidak heran, manfaat jus wortel untuk mata minus telah dinilai efektif oleh banyak orang.

-->

Wortel menjadi obat alami penyembuh mata minus yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Sayuran ini mengandung lutein dan zeaxanthin yang memiliki kekuatan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain untuk penyembuhan mata minus, wortel dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit mata lainnya, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

2. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

freepik

Jika Sedulur memiliki riwayat penyakit kulit seperti ruam atau psoriasis, maka mengonsumsi jus wortel menjadi pilihan tepat. Kandungan vitamin C pada wortel mampu memperbaiki kerusakan sel dan jaringan kulit. Selain itu, beta-karotennya juga mampu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Sedulur bisa mengombinasikan jus wortel dengan jus tomat agar manfaatnya untuk kesehatan kulit makin optimal. Perlu diketahui, kandungan vitamin C pada tomat mampu memenuhi kebutuhan tubuh sebanyak 24 hingga 29 persen. Manfaat jus wortel dan tomat pada tubuh kita adalah memaksimalkan kestabilan kolagen pada kulit.

Kolagen sendiri merupakan nutrisi yang bisa menjaga kelembapan, elastisitas, dan kekuatan kulit. Saat jumlah kolagen pada tubuh bertambah, maka kulit bisa tetap kenyal dan lembap secara alami.

3. Baik untuk lambung dan pencernaan

freepik

Serat dan air dalam wortel mampu melancarkan proses pencernaan serta membuat tinja lebih padat dan lunak. Namun perlu diingat, kandungan serat yang banyak justru dapat menyerap air dalam usus dan menimbulkan efek samping sembelit apabila Sedulur mengonsumsi wortel secara berlebihan.

Wortel memiliki efek prebiotik untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus. Selain itu, khasiat yang tinggi pada sayuran ini juga sangat baik untuk lambung. Manfaat jus wortel untuk lambung yaitu mampu menetralkan asam lambung berlebih. Komponen alkali alami wortel menjaga kadar asam lambung tetap stabil.

BACA JUGA: Apa Itu Gerd Anxiety, Ini Gejala Penyebab & Cara Mengobatinya

4. Mencegah obesitas

manfaat jus wortel
freepik

Apakah Sedulur sedang melakukan program diet dan mengontrol berat badan? Jika iya, memperbanyak konsumsi wortel adalah pilihan tepat. Hal ini karena wortel mengandung sedikit kalori, namun padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, dan mineral.

Kandungan serat pada wortel bisa membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan lebih mudah terkontrol. Pola makan pun lebih teratur sehingga terhindar dari obesitas.

Supaya berat badan tetap terjaga secara optimal, Sedulur bisa mengonsumsi jus tomat dan wortel sekaligus. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat. Manfaat jus wortel dan tomat campur madu bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh karena kandungan likopennya.

5. Manfaat jus wortel mencegah penyakit jantung

freepik

Jus wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung karena kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan beta-karoten di dalamnya. Ini berarti, manfaat jus wortel bisa mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular. Selain itu, jus wortel juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat penuaan dini.

6. Menurunkan risiko kanker

manfaat jus wortel
freepik

Jus wortel mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi Sedulur dari penyakit kanker. Beta-karoten dalam jus wortel memiliki sifat antikanker sehingga bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, kanker darah, dan sebagainya.

Kandungan zat antioksidan dalam jus wortel mampu melawan efek radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker. Sebelum mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar.

BACA JUGA: Ciri Kanker Payudara, Gejala Awal yang Harus Kamu Kenali!

7. Mengatasi perut kembung

freepik

Manfaat jus wortel lainnya yaitu dipercaya mampu mengatasi masalah perut kembung. Perut kembung dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Sedulur bisa minum jus wortel untuk mengatasinya. Jus wortel akan mengurangi jumlah gas dalam perut dan membuat buang air kecil menjadi lebih teratur.

8. Manfaat jus wortel menurunkan tekanan darah

freepik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jus wortel juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Sedulur memiliki masalah hipertensi, minum jus wortel secara rutin bisa mengendalikan kondisi tersebut. Potasium pada wortel membantu menangkal efek natrium yang terlalu tinggi pada tubuh, yang akhirnya turut membantu mengontrol tekanan darah Sedulur.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

freepik

Jus wortel memberikan nutrisi vitamin C dan antioksidan cukup besar yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, tubuh manusia tidak dapat menyintesis vitamin C sendiri sehingga harus mendapatkan nutrisi dari makanan atau minuman. Satu di antaranya melalui jus wortel.

Sedulur disarankan mengonsumsi jus wortel secara rutin dua kali dalam sehari. Alangkah baiknya jika dikonsumsi sebelum tidur. Manfaat minum jus wortel sebelum tidur membuat penyerapan nutrisinya makin optimal dan bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Itulah ulasan terkait beberapa manfaat jus wortel. Bagi Sedulur yang bertanya-tanya, apakah jus wortel sebaiknya disaring atau tidak? Sedulur bisa menyaring jus wortel tanpa merusak kandungan nutrisinya.

Wortel sebaiknya diolah menjadi jus menggunakan alat slow juicer sehingga jus yang terbentuk sudah terpisah dari ampasnya dengan baik. Alat slow juicer sudah banyak dijual di pasaran. Namun jika tidak memilikinya, Sedulur bisa menggunakan blender yang tersedia di rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.