minyak atsiri

Bagi yang belum tahu, minyak atsiri adalah nama lain dari essential oil yang sering dipakai untuk minyak pijat maupun cairan yang dimasukkan ke air diffuser di dalam ruangan. Minyak aromaterapi ini memang memiliki wewangian segar yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh. 

Minyak ini dipercaya mampu mengatasi beberapa penyakit yang sudah diuji oleh penelitian dan jurnal ilmiah. Penasaran dan ingin lebih tahu tentang minyak ini? Simak penjelasan singkat dan lengkap mengenai jenis serta manfaat apa saja yang didapatkan oleh pemakainya.

BACA JUGA: Fakta dan Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan & Kecantikan

Jenis minyak atsiri

Jenis minyak atsiri
Unsplash

Oil ini sudah hadir dalam banyak wewangian. Ada beberapa tanaman yang dipakai ekstraknya untuk wewangiannya. Berikut adalah contoh minyak atsiri dan fungsi utamanya yang mudah didapati dan disediakan oleh banyak brand lokal maupun impor:

  • Lavender untuk membuat tidur lebih nyenyak dan meredakan nyeri
  • Eukaliptus atau minyak kayu putih untuk meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala
  • Peppermint untuk meningkatkan mood dan energi
  • Jahe untuk meredakan mual
  • Lemon untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres
  • Serai sebagai pengusir serangga dan pengharum ruangan

Karena sifat minyak atsiri yang muda menguap di suhu kamar secara alami, maka tak heran jika cairan ini memang sering dipakai dan diteteskan di dalam air diffuser. Ini adalah alternatif yang sering diterapkan selain dengan memakai minyak ini dengan cara digosok maupun dihirup hidung dalam jarak dekat.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut & Cara Memakainya

1. Mengatasi sakit kepala

minyak atsiri adalah
Unsplash

Setelah mengetahui apa itu minyak atsiri, kini saatnya beralih ke manfaat yang bisa didapatkan dari oil ini. Salah satunya adalah untuk mengatasi sakit kepala. 

Pada era 90-an, sudah ada penelitian yang menguji secara klinis tentang keampuhan meredakan sakit kepala dengan mengoleskan minyak yang mengandung peppermint di area dahi dan pelipis. Bila diperhatikan, banyak orang di sekitarmu yang mengoleskan minyak angin di dahi, pelipis, bahkan di dekat hidung ketika merasa pusing.

Ternyata, ada juga studi terbaru yang menunjukkan bahwa minyak atsiri yang mengandung lavender dan peppermenint mampu meredakan sakit kepala. Sekadar informasi, tenyata penduduk tradisional Persia zaman dulu sudah menggunakan minyak atsiri untuk penyakit ini.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

2. Mengurangi insomnia

Mengurangi insomnia
Unsplash

Manfaat minyak atsiri lainnya yang tak kalah ajaib adalah bisa mengurangi intensitas insomnia. Essential oil ini cukup efektif untuk membuatkan kualitas tidur seseorang jadi meningkat. Dari penelitian yang sudah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan jika ada beberapa jenis dari oil ini yang bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak serta memberikan efek positif.

Kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak atsiri dengan wewangian favoritmu yang menenangkan. Sedulur juga bisa menjajal cara yang tak kalah ampuh yakni dengan meneteskan essential oil ke dalam botol spray dan menyemprotkannya ke bantal sebelum tidur di malam hari.

3. Meningkatkan daya ingat

manfaat minyak atsiri
Unsplash

Selain mampu membuat kualitas jadi lebi tenang, minyak atsiri digunakan untuk merangsang sistem di dalam otak yang bekerja untuk merangsang emosi, indera, perilaku, serta ingatan jangka panjang. 

Ada penelitian yang membuktikan bahwa bau sesuatu dapat meningkatkan daya ingat dan emosi. Hal ini juga bisa didapatkan dengan minyak esensial ini. Supaya bisa lebih valid, masih perlu dibutuhkan studi lanjutan.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai

4. Mengurangi stres

minyak atsiri digunakan untuk
Unsplash

Beriringan dengan manfaat minyak atsiri yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dan daya ingat, oil ini juga mampu mengurangi stres. Kamu bisa memijat area pada tubuh dengan memakai minyak eselsial dengan minyak yang kamu suka. Tubuh jadi lebih relaks dan pikiran mampu jadi lebih tenang.

5. Mengurangi inflamasi

sifat minyak atsiri
Unsplash

Inflamasi yang dimaksud adalah peradangan yang terjadi di dalam tubuh yang diakibatkan oleh jamur, bakteri, dan virus. Minyak atsiri juga dipercaya memiliki kandungan dan zat yang mengandung antibiotik dan anti mikrobakterial yang baik untuk menghalau infeksi bakteri. Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk mendukung kevalidan manfaat ini, ya.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

6. Mengusir serangga

Mengusir serangga
Unsplash

Ada beberapa jenis aroma dari minyak atsiri yang sudah terbukti mampu mengusir serangga. Sebut saja nyamuk yang mengganggu aktivitas di malam hari. Kamu bisa memakai essential oil yang mengandung lavender dan serai. Kedua varian wangi ini selain harus juga bisa membuat ruangan tetap wangi. 

Selain dipakai untuk mengusir serangga di dalam rumah sekaligus mewangikan ruangan, minyak ini sering dijadikan sebagai bahan pendukung di beberapa produk kosmetik maupun perawatan wajah serta tubuh. Terbukti keampuhannya, ‘kan?

Sifat dan jenis wewangian minyak atsiri yang beragam bisa membuat kamu menemukan bau yang sesuai dengan selera. Selain selera, Sedulur juga perlu menimbang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan menyetok dan memakai essential oils ini di rumah, diharapkan kamu bisa mendapatkan manfaat baik seperti stres yang lebih terkontrol, memiliki kualitas tidur yang baik, hingga tubuh yang tetap sehat.

Selain membuat ruangan tetap terjaga sirkulasi udara dan bau yang segar, pastikan juga untuk menjaga kesehatan dengan menyantap makanan sehat dari sembako berkualitas. Dapatkan segala kebutuhan rumah tanggamu di Aplikasi Super. Harga yang ditawarkan terjangkau dan banyak diskonnya. Kapan lagi bisa belanja dengan harga murah dan pesanan diantarkan sampai di depan rumah?