ayat tentang pernikahan

Masih belum yakin untuk menikah? Berikut ini adalah hadist dan ayat tentang pernikahan yang bisa membuka hati dan pikiran untuk lebih mantap melaksanakan pernikahan. Pernikahan adalah salah satu penyempurna agama yang dengan menikah setiap ibadah yang dilaksanakan bisa mendapatkan pahala yang berlimpah.

Oleh karena itu, pada dasarnya kita tidak perlu lagi beralasan untuk tidak ingin menikah. Karena hukum tentang pernikahan telah sedemikian diatur secara lengkap melalui hadist dan ayat tentang pernikahan. Apa saja daftar hadist dan ayat yang dimaksud?

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

1. QS. An-Nisa Ayat 22

ayat alkitab tentang pernikahan
thebridedept

Ayat tentang pernikahan yang bertama yaitu QS. An-Nisa Ayat 22 yang berbunyi:

-->

وَلَا تَنْكِحُوْا مَا نَكَحَ اٰبَاۤؤُكُمْ مِّنَ النِّسَاۤءِ اِلَّا مَا قَدْ سَلَفَۗ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً وَّمَقْتًاۗ وَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu menikahi perempuan-perempuan yang telah dinikahi oleh ayahmu, kecuali (kejadian pada masa) yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu sangat keji dan dibenci (oleh Allah) dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh).”

2. QS. An-Nahl Ayat 72

ayat alquran tentang pernikahan
soulofren

Setelah ayat Alquran tentang pernikahan dari An-Nisa, terdapat juga ayat dari QS. An-Nahl Ayat 72 yaitu:

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Artinya: “Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri, menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik-baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?”

BACA JUGA: Ini Dia 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan

3 QS. Ar-Rum ayat 21

ayat al quran tentang pernikahan dan artinya
cermati

Ayat AlQuran tentang pernikahan dan artinya ini merupakan yang umum kita temui di surat undangan pernikahan, yaitu surat Ar-Rum ayat 21. Bunyi ayat ini adalah:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

4. QS. An-Nur Ayat 32

ayat quran tentang pernikahan
kumparan

Dari QS. An-Nur ayat 82, kita bisa membuka hati dan pikiran tentang pernikahan. Ayat Quran tentang pernikahan ini yaitu:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

BACA JUGA: 50 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik & Murah Tapi Mewah

5. QS Al Fathir Ayat 11

hadits tentang pernikahan dan latinnya
tirto.id

Dalam QS. A-Fathir ayat 11 terkandung makna dan tujuan dari pernikahan. Isi dari ayat tentang tujuan pernikahan satu ini adalah:

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Artinya: “Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasang-pasangan (laki-laki dan perempuan). Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.”

6. QS Al-Baqaroh Ayat 223

ayat tentang tujuan pernikahan
popmama

Sebenarnya, tidak ada ayat tentang pernikahan yang dipersulit. Adapun ayat-ayat menyampaikan tentang keutamaan dan pentingnya melakukan pernikahan. Sebagaimana dalam surat Al-Baqaroh ayat 223 di bawah ini. Yang berbunyi:

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوااللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “Istri- istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman.”

BACA JUGA: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

7. QS. An-Nisa Ayat 1

ayat tentang pernikahan yang dipersulit
sehatq

Berikut ini adalah ayat tentang pernikahan dari QS. An-Nisa ayat 1, yaitu:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Artinya: “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”

8. QS. Al-Hujarat Ayat 13

hadits pendek tentang pernikahan
idntimes

Terdapat juga ayat yang menyampaikan pesan penting tentang pernikahan, yaitu ayat QS Al-Hujarat Ayat 13, yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَٰكُم مِّن ذَكَرٖ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَٰكُمۡ شُعُوبٗا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓاْۚ إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٞ

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,” (QS Al-Hujurat: 13).

Selain ayat-ayat Al-Quran, terdapat juga beberapa hadits tentang pernikahan dan latinnya. Daftar selanjutnya akan dijelaskan beberapa hadist yang membahas tentang pernikahan.

BACA JUGA: 30 Ide Ucapan Pernikahan yang Penuh Arti, Simpel, & Berkesan!

9. Hadist dan sunnah Rasulullah SAW

Hadist dan sunnah Rasulullah
malangvoice

Rasulullah secara langsung menyampaikan sabdanya terkait pernikahan. Hadits pendek tentang pernikahan yang disampaikan Rasulullah SAW berasal dari Aisyah RA, yang berbunyi:

“Menikah itu termasuk dari sunahku, siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah, karena sungguh aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang mempunyai kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, karena sungguh puasa itu tameng baginya,” (HR Ibnu Majah).

10. Hadist tentang pernikahan dan anjuran menikah

anjuran menikah
kompas

Menikah merupakan sebuah ibadah yang dapat menyempurnakan agama. Hal tersebut juga dianjurkan dalam hadist dan ayat tentang pernikahan di bawah ini:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ أرَادَ أنْ يَلْقَى اللهَ طَاهِرًا مُطَهَّرا فَلْيَتَزَوَّجِ الحَرائِرَ.

Artinya: “Dari Anas Bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang ingin bertemu Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka menikahlah dengan perempuan-perempuan merdeka,” (HR Ibnu Majah).

BACA JUGA: Adab & Doa Berhubungan Agar Punya Anak Dalam Agama Islam

11. Hadist tentang pernikahan dan sedekah

pernikahan dan sedekah
tempo.co

Terdapat juga hadist dan ayat tentang pernikahan serta sedekah. Hadist tersebut diriwayatkan oleh Ahmad dan Ath-Thabarani. Berikut ini adalah bunyi hadist yang dimaksud:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا أطْعَمْتَ زَوْجَتَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ.

Artinya: “Dari Al-Miqdam bin Ma’di Kariba, Rasulullah SAW bersabda: “Apa yang kamu nafkahkan kepada istrimu, maka bagimu hal itu adalah shadaqah,” (HR Ahmad dan Ath-Thabarani).

12. Hadist tentang pernikahan dan rezeki

pernikahan dan rezeki
hipwee

Hadist dan ayat tentang pernikahan terakhir adalah hadist tentang rizki. Hadist ini diriwayatkan oleh Ad-Dailami. Hadist yang berbunyi:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {اِلْتَمِسُوا الرِّزْقَ بِالنِّكَاحِ.

Artinya: “Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda: “Carilah rezeki dengan menikah,” (HR Ad-Dailami).

Dari hadist di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dengan menikah bisa mencari rizki lebih berkah dan lebih baik lagi. Dari hadist di atas juga kita seringkali mendengar istilah bahwa dengan menikah kita bisa semakin mendapatkan rizki yang lebih baik lagi. Bukan hanya dalam Islam, yang terkandung dalam Al-Quran dan As-Sunnah, terdapat juga beberapa ayat alkitab tentang pernikahan yang diyakini oleh umat kristiani.

Itulah daftar hadist dan ayat tentang pernikahan yang perlu Sedulur ketahui. Dengan mengetahui ayat dan hadist tentang pernikahan, bisa membuat Sedulur semakin yakin dan semakin mantap untuk melaksanakan pernikahan. Yang paling penting adalah agar Sedulur dapat menyempurnakan agama dengan melaksanakan pernikahan.